Apa itu E-A-T? Mengapa Hal ini Penting dalam Praktik SEO?

E-A-T menjadi faktor-faktor yang diperhatikan oleh Google dari konten yang dihasilkan oleh suatu laman web. E-A-T dapat membantu menjaga kestabilan bisnis. Google berfokus pada E-A-T untuk mencari sebuah nilai guna serta keakuratan konten pada setiap halaman web yang dijelajahi oleh pencari. 
e-a-t adalah
Daftar Isi

Pernahkah Anda mendengar istilah E-A-T sebelumnya? Istilah E-A-T mulai ramai dibicarakan pada tahun 2018. Padahal, konsep tersebut sudah digagas sejak tahun 2014 silam.

Diketahui, E-A-T digadang-gadang sebagai salah satu tren SEO di awal tahun 2022 lalu. Namun di tahun 2022 akhir, Google melakukan update terbaru, sehingga istilah E-A-T kini digantikan dengan E-E-A-T.

Meski begitu, mari cari tahu informasi lebih lanjut mengenai apa itu E-A-T dan pentingnya dalam praktik SEO. Yuk, simak artikel berikut baik-baik.

Apa itu E-A-T?

Google E-A-T Seo
E-A-T dalam SEO | Sumber: artimization.com

E-A-T adalah akronim dari kata Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti keahlian, keaslian, dan kepercayaan (dapat dipercaya).

Hingga bulan November tahun 2022 lalu, E-A-T merupakan aspek penting yang diperhatikan oleh Google ketika menilai kualitas konten suatu website.

Bahkan, E-A-T juga digunakan untuk mempertimbangkan ranking website di Search Engine Result Pages (SERP).

Nah, agar Anda lebih paham dengan apa itu E-A-T SEO, berikut penjelasan mengenai setiap aspek yang ada di dalamnya:

Expertise

Expertise memiliki arti kepemilikan terhadap suatu pengetahuan di bidang tertentu dalam tingkat yang tinggi. Dengan kata lain, istilah expertise merujuk pada keahlian akan suatu bidang tertentu.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki pengetahuan mendalam terkait IT dan telah menggeluti bidang tersebut selama bertahun-tahun, maka bisa dikatakan bahwa Anda ahli di bidang tersebut.

Nah, keahlian semacam inilah yang digunakan oleh Google untuk mengukur kualitas konten Anda.

Google lebih cenderung menyukai konten yang diproduksi oleh para ahli, terutama untuk konten Your Money or Your Life (YMYL).

YMYL sendiri mencakup konten yang membahas mengenai medis atau kesehatan, keuangan, dan juga hukum.

Untuk beberapa topik tersebut, peran ahli sangat penting dan begitu dipertimbangkan oleh Google. Sebab, topik YMYL ini berkaitan dengan kesehatan, keuangan, dan keselamatan para pembaca.

Authoritativeness

Authoritativeness merupakan aspek yang erat kaitannya dengan reputasi website dan perusahaan. Secara umum, aspek satu ini mengarah pada keakuratan dan keorisinalan konten.

Authoritativeness ini penting bagi website karena bisa menumbuhkan kepercayaan dan menarik perhatian para user.

Biasanya, user cenderung mencari suatu produk atau konten yang menurut mereka dibuat oleh para ahli karena informasinya lebih bisa dipercaya.

Trustworthiness

Trustworthiness berkaitan dengan transparansi, legitimasi, serta keakuratan suatu konten. Trustworthiness juga bisa dilihat sebagai tolok ukur akan seberapa percaya user terhadap situs dan konten Anda.

Khusus untuk topik YMYL, tuntutan akan trustworthiness ini semakin tinggi. Sebab, user membutuhkan informasi yang akurat dan tidak menyesatkan.

Maka dari itu, Anda perlu transparan mengenai siapa dan seperti apa background penulis Anda, hingga sumber informasi mana yang digunakan.

Perlu diperhatikan bahwa, sekali Anda kehilangan kepercayaan dari user, maka akan sulit untuk mendapatkannya kembali.

Nah, Google sendiri menilai tingkat kepercayaan suatu situs web berdasarkan backlink yang didapatkan dari domain lain.

Mengapa E-A-T Penting dalam SEO?

Google mengerti bahwa user cenderung membuat keputusan yang bisa mengubah hidupnya berdasarkan informasi yang mereka dapatkan dari media daring.

Oleh karena itu, setiap konten yang ditampilkan di halaman hasil pencarian bisa berpengaruh langsung kepada para user.

Di sisi lain, user juga memiliki kecenderungan untuk mencari konten yang relevan, akurat, dan bisa menjawab pertanyaannya.

Melihat dua kecenderungan ini, Google berkomitmen untuk menyajikan konten berkualitas dan memiliki expertise, authoritativeness, dan trustworthiness yang tinggi.

Sejalan dengan penjelasan sebelumnya, konten yang memenuhi E-A-T lebih disukai Google dan memiliki potensi besar untuk ditampilkan di halaman pertama SERP.

Jadi bisa dibilang, faktor E-A-T ini menguntungkan banyak pihak, termasuk user, search engine, dan juga pemilik website.

Inilah yang menjadi alasan kenapa faktor expertise, authoritativeness, serta trustworthiness penting dalam strategi SEO.

Cara Meningkatkan E-A-T Website

Sebelum menerapkan cara meningkatkan E-A-T, Anda harus memahami konsepnya terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan sumber dayanya.

Jika sudah, maka Anda bisa memulai menerapkan strategi untuk meningkatkan ketiga aspek tersebut. Pertanyaannya, area website mana saja yang harus dioptomasi agar bisa meningkatkan E-A-T?

Melansir dari SEMrush, terdapat tiga area yang bisa Anda optimasi, di antaranya yaitu halaman beranda (home), halaman tentang (about), dan halaman produk.

Di samping itu, Anda juga bisa meningkatkan E-A-T dengan memperhatikan kualitas konten yang diproduksi. Selengkapnya, berikut upaya meningkatkan E-A-T yang bisa Anda lakukan:

1. Buatlah Konten yang Orisinal dan Bermanfaat

Pertama-tama, Anda harus memastikan bahwa konten yang dibuat tidak plagiat, bermanfaat, dan bisa menjawab pertanyaan para user secara akurat.

Keaslian dan keakuratan informasi dalam konten membuat user sekaligus search engine percaya pada situs Anda.

Namun perlu diingat, penting juga untuk membuat konten yang fresh dan sesuai dengan perkembangan informasi terbaru.

Sebab, meski konten Anda sudah ditulis oleh ahli tapi informasinya tidak sesuai dengan perkembangan zaman, maka hal ini tentu kurang bermanfaat bagi user.

2. Gunakan Sumber Terpercaya

Dalam rangka membangun trustworthiness, upaya yang bisa Anda lakukan adalah gunakan rujukan dari sumber yang terpercaya.

Dalam hal ini, Anda bisa mencantumkan referensi dari situs resmi, seperti website database akademis, publikasi berita, atau wawancara dengan pakar.

Di sisi lain, Anda juga bisa mencantumkan referensi yang merujuk pada makalah penelitian, jurnal internasional, atau bahkan kutipan dari media sosial seorang ahli.

3. Transparan dengan Identitas Penulis

Upaya meningkatkan E-A-T selanjutnya adalah beri tahu Google dan pembaca terkait siapa penulis konten Anda.

Baik pembaca dan Google ingin memastikan bahwa konten yang disajikan ditulis oleh orang yang ahli dan kompeten.

Maka dari itu, buatlah halaman website khusus untuk memperkenalkan para penulis Anda. Namun, memberi tahu penulis saja terkadang tidak cukup.

Demi memperkuat kepercayaan user, Anda bisa meminta bantuan para ahli untuk me-review konten yang sudah ditulis.

4. Bangun Backlink yang Kuat

Mendapatkan backlink dari situs ternama sangat menguntungkan bagi website karena bisa meningkatkan authoritativeness. Jika demikian, artinya E-A-T juga akan meningkat.

Backlink sendiri merupakan tautan dari website lain yang mengarah ke situs Anda. Pemberian backlink oleh situs lain dapat diartikan bahwa mereka percaya dengan website Anda.

5. Dapatkan Banyak Ulasan

Ulasan secara daring merupakan salah satu hal yang dilihat oleh Google dalam menilai E-A-T sebuah website.

Semakin banyak ulasan baik yang didapatkan, maka Google akan mempertimbangkannya sebagai website yang bagus. Dengan demikian, E-A-T website Anda juga akan meningkat.

Maka dari itu, mintalah ulasan dari para pelanggan terkait layanan atau produk yang Anda sediakan.

Nantinya, ulasan tersebut bisa ditampilkan di halaman website, Google bisnis, atau media sosial perusahaan.

6. Ciptakan Reputasi yang Positif

Cara meningkatkan E-A-T selanjutnya, yaitu ciptakan reputasi brand yang positif untuk menjaga kepercayaan pengguna.

Anda harus bisa mengelola reputasi Anda baik secara online maupun offline. Jangan sampai, Anda mendapatkan ulasan yang buruk.

Jika pun hal ini terjadi, tanggapi ulasan tersebut dengan profesional, agar tidak mencoreng citra brand Anda.

Demikianlah informasi mengenai E-A-T. Dapat disimpulkan, E-A-T adalah faktor yang harus diperhatikan jika Anda ingin menciptakan konten yang berkualitas dan bisa perform baik di SERP.

Semakin kuat nilai 3 aspek tersebut, maka Google akan merekomendasikan website Anda untuk pengguna dan menampilkannya di SERP.

Namun sebaliknya, rendahnya tingkat E-A-T dapat membawa dampak kurang baik untuk website, seperti rendahnya peringkat di SERP dan menurunya traffic.

Nah, agar E-A-T website meningkat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari mengoptimasi halaman web hingga membangun backlink yang kuat.

Beberapa cara tersebut masuk dalam strategi SEO yang ditawarkan Sekawan Studio melalui jasa SEO yang tersedia.

Dengan jasa SEO ini, Anda bisa menaikkan jumlah traffic, memperluas jangkauan bisnis, hingga meningkatkan konversi penjualan.

Yuk, gunakan jasa SEO Sekawan Studio sekarang! Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi laman kontak atau langsung menghubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.