E-A-T: Konsep Gagasan Google yang Menekankan Kualitas Konten.

E-A-T menjadi faktor-faktor yang diperhatikan oleh Google dari konten yang dihasilkan oleh suatu laman web. E-A-T dapat membantu menjaga kestabilan bisnis. Google berfokus pada E-A-T untuk mencari sebuah nilai guna serta keakuratan konten pada setiap halaman web yang dijelajahi oleh pencari. 
e-a-t adalah
Table of Contents

Pernahkah anda mendengar istilah E-A-T sebelumnya? Tahukah anda konsep yang digagaskan oleh Google satu ini juga berperan penting pada SEO? Konsep yang berkaitan erat dengan SEO ini mulai ramai dibicarakan pada tahun 2018. Padahal, konsep tersebut sudah digagaskan sejak sekitar tahun 2014.

Belakangan ini pun, E-A-T digadang-gadang sebagai salah satu tren SEO yang akan ramai di tahun 2022 ini. Lantas, peran penting seperti apakah yang dipegang oleh konsep E-A-T pada aspek SEO?

Selain memegang peran penting pada SEO, apakah konsep ini dapat mempengaruhi peringkat suatu merek maupun suatu konten yang dihasilkan dalam suatu laman web? 

Mari cari tahu lebih dalam terkait dengan konsep E-A-T, seberapa pentingnya konsep ini, dan juga apa-apa saja yang harus diperhatikan.

Apa itu E-A-T?

E-A-T merupakan akronim dari kata expertise, authoritativeness, trustworthiness, yang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti keahlian, keaslian, kepercayaan (dapat dipercaya). Konsep ini berasal dari Google Quality Raters Guidelines yang menjelaskan terkait jenis konten yang diinginkan oleh Google

E-A-T marak dikenal oleh khalayak ramai pada tahun 2018. Setiap kata dalam E-A-T menjadi faktor-faktor yang diperhatikan oleh Google dari konten yang dihasilkan oleh suatu laman web. E-A-T dapat membantu menjaga kestabilan bisnis. Guna menampilkan hasil yang memiliki kualitas serta relevansi yang tinggi dalam proses pencarian, Google berfokus pada E-A-T untuk mencari sebuah nilai guna serta keakuratan konten pada setiap halaman web yang dijelajahi oleh pencari. 

Saat ini, E-A-T menjadi salah satu komponen penting dalam SEO untuk strategi pembuatan konten.

1. Expertise

Expertise memiliki arti sebagai kepemilikan terhadap suatu pengetahuan maupun bidang tertentu dalam tingkat yang tinggi. Hal tersebut menjadi sebuah bahan evaluasi terutama pada tingkatan konten. Jika anda memiliki pengetahuan yang dalam akan produk, jasa, maupun konten yang anda produksi, anda akan diklasifikasikan sebagai seorang ahli yang bergerak pada bidang terkait. Mengapa? Karena Google lebih cenderung mencari suatu konten yang dibuat oleh ahli pada bidangnya masing-masing. Hal tersebut tentunya berlaku pada berbagai macam bidang, tidak hanya pada bidang tertentu saja. 

Jika ditinjau dari topik YMYL atau Your Money or Your Life, keahlian atau expertise dapat diartikan merupakan sebuah keahlian, kualifikasi, serta pendidikan yang bersifat formal dari pembuat konten. Pada topik YMYL, keahlian formal dianggap sangat pentig, terutama pada bidang medis, keuangan, maupun hukum. Berbeda dengan topik non-YMYL, yang mana lebih berfokus pada keahlian yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

2. Authoritativeness

Authoritativeness merupakan aspek yang erat kaitannya dengan reputasi, secara umum, aspek satu ini mengarah kepada bagaimana suatu produk, jasa, layanan, maupun konten yang ditawarkan kepada masyarakat luas memiliki bersifat akurat atau orisinal. Dalam menciptakan atau membuat suatu suatu produk, jasa, layanan, maupun konten, diperlukan keorisinalan dalam masing-masing hal tersebut agar dapat dengan mudah menarik kepercayaan calon konsumen serta meningkatkan daya saing. 

Calon konsumen cenderung mencari suatu produk atau konten yang menurut mereka dibuat oleh para ahli, yang tentunya dapat mereka percaya karena terjamin keasliannya. Tidak hanya itu, mereka juga ingin memastikan bahwa pilihan mereka merupakan yang terbaik pada bidangnya. 

Baca juga: 

3. Trustworthiness

Sedangkan trustworthiness adalah tentang bagaimana sebuah merek atau konten memiliki transparansi, legitimasi, serta keakuratan yang baik. 

Merupakan sebuah tolok ukur akan seberapa banyak atau seberapa besar kepercayaan dari para konsumen yang dimiliki oleh suatu merek maupun konten. Pada situs YMYL, tuntutan akan besarnya tingkat kepercayaan pun semakin tinggi. Sebab para konsumen maupun penikmat suatu konten membutuhkan informasi yang dapat memuaskan rasa penasaran mereka terkait dengan siapa yang memiliki tanggung jawab pada suatu konten yang dimuat oleh situs web. 

Sama halnya dengan authoritativeness, trustworthiness juga merupakan sebuah konsep yang bersifat relatif. Perlu diperhatikan bahwa sekali anda kehilangan kepercayaan dari para pemirsa, maka akan sulit untuk mendapatkannya kembali karena Google akan selalu menilai kepercayaan suatu situs web berdasarkan backlink yang dapat dideteksi dari domain yang lain.

Baca juga :
Panduan Menggunakan Google Search Console untuk Monitoring Website
Teknik White Hat SEO dalam Optimasi Gambar di Website
Optimasi Website WordPress dengan SEO

Mengapa E-A-T Penting?

E-A-T Seo
© Unsplash

Seperti yang kita ketahui, saat mencari informasi yang kita butuhkan pada mesin pencari, tak jarang kita menemukan informasi yang dirasa kurang relevan. Namun, di antara informasi-informasi tersebut, kita masih bisa menemukan banyak informasi yang dimuat dalam suatu laman web yang relevan, akurat, serta dapat dipercaya kebenarannya. 

Google mengerti bahwa para pencari informasi cenderung membuat keputusan yang mengubah hidupnya dari informasi melalui media daring. Oleh karena itu, konten yang memiliki kualitas buruk tentu saja akan berpengaruh secara langsung kepada para pembaca.

Dalam mencari informasi, jika kualitas informasi dalam suatu laman web kurang relevan dan tidak akurat, ada kecenderungan dalam diri pembaca untuk mencari laman web lain yang lebih baik dalam segi kualitas. Kurang lebih untuk saat ini, seperti itulah bagaimana Google melatih algoritmanya dalam menyeleksi konten-konten dalam website. Untuk melihat apakah domain, laman web maupun suatu merek dapat mereka percaya untuk memenuhi kebutuhan para pengguna?

Hal tersebut yang menjadikan faktor expertise, authoritativeness, serta trustworthiness menjadi penting dalam strategi SEO. Karena selai melakukan usaha optimasi dengan cara memberi apa yang mesin pencari butuhkan untuk menemukan merek atau konten yang kita buat, kita juga dapat melakukannya dengan membuktikan bahwa merek atau konten yang kita buat merupakan yang tepat dalam bidangnya, memiliki kualitas serta keakuratan yang baik, dan juga dapat dipercaya.

Bagaimana Cara Membangun Serta Meningkatkan E-A-T?

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa anda memahami ketiga konsep E-A-T sebelum mencoba untuk membangun serta meningkatkannya sebelum membuat suatu merek atau konten yang anda produksi. 
  2. Menerapkan setiap konsep dari E-A-T, yakni expertise, authoritativeness, serta trustworthiness merupakan langkah pertama yang penting untuk dilakukan dalam membangun E-A-T itu sendiri. 
  3. Menguasai niche saja belum tentu cukup untuk dijadikan modal dalam persaingan dengan para kompetitor. Dalam upaya membangun ketiga konsep tersebut, hal yang harus dilakukan adalah membangun sebuah komunikasi yang baik dengan para pemirsa. 
  4. Tentu saja diperlukan adanya pengalaman yang cukup dalam bidang tersebut, untuk dapat membangun sebuah citra baik pada proses komunikasi dengan pemirsa. 
  5. Tak hanya itu saja, untuk menjaga konsistensi perlu memperbarui konten secara kontinu. Tetap ikuti alur perkembangan bidang khusus yang anda geluti dalam usaha anda, jangan lupa pula hasilkan konten-konten menarik dengan kualitas baik terkait dengan perkembangan tersebut. 
  6. Apa saja yang sedang tren? Mengapa hal tersebut menjadi tren dalam bidang tertentu? Usahakan untuk tidak membuat konten dengan topik yang sudah ketinggalan zaman. 
  7. Perhatikan pula fakta-fakta yang anda muat di dalam konten tersebut. Perhatikan pula sumber-sumber yang menjadi rujukan dari konten yang anda hasilkan.

Area dalam Laman Web yang Dapat Meningkatkan E-A-T

Menurut Nathan Driver, pada laman Semrush, terdapat tiga area dalam website yang bisa anda jadikan media untuk meningkatkan E-A-T. Tiga area tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Halaman beranda (Home) 
  2. Halaman tentang (About)
  3. Halaman produk atau layanan yang juga memuat tentang pembaruan konten juga testimoni atau ulasan dari pemirsa maupun konsumen. 

Tips untuk Meningkatkan E-A-T

E-A-T Tips
© Unsplash

Berikut ini beberapa tips yang menjadi pertimbangan saat anda mulai membuat konten dalam laman situs. 

  1. Sertakan sumber yang jelas
  2. Kutip dari sumber yang relevan dan akurat
  3. Kelola reputasi dari laman web
  4. Manfaatkan faktor pembeda pada konten yang anda hasilkan
Baca juga :
Ingin Memasang Sitemap di WordPress Anda? Lakukan 3 Hal ini! 
Mengenal Apa itu Landing Page Beserta Jenis, dan Contohnya

Kesimpulan

E-A-T merupakan faktor yang penting untuk diperhatikan dalam proses optimasi mesin pencari. Juga merupakan faktor yang penting untuk ditingkatkan dalam pembuatan suatu konten. Kurangnya E-A-T pada suatu konten tentu dapat membawa dampak kurang mengenakkan dan dapat mempengaruhi tingkatan pengunjung atau pemirsa. 

Keahlian dalam suatu bidang, tingkat akurasi, serta kepercayaan dari pemirsa merupakan faktor yang penting. Sebab, Google atau mesin pencari tentu mengetahui apa dan informasi mana saja yang dapat memenuhi kebutuhan dari pencari informasi.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.