Data Scraping: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, & Jenisnya

Data Scraping adalah proses pengambilan data dari situs web ke dalam spreadsheet atau file lokal yang tersimpan di perangkat anda. Teknik ini adalah salah satu cara paling efisien untuk mendapatkan data dari web dalam jumlah yang banyak.
ilustrasi data scraping
Daftar Isi

Pernahkah Anda mendengar istilah data scraping? Istilah tersebut merujuk pada suatu teknik pengambilan data dari suatu situs atau website.

Data Scraping sendiri digunakan untuk mempercepat proses dan waktu dalam pengolahan data.

Penasaran tentang topik tersebut? Artikel kali ini akan menyajikan rangkuman informasi tentang data scraping, mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja, hingga jenis-jenisnya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Data Scraping?

Data Scraping merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengambil atau mengekstrak data dari sebuah website, aplikasi enterprise, database, ataupun sistem tertentu.

Metode ini memungkinkan Anda untuk mengambil data dan mengolahnya dalam sebuah file dengan format Spreadsheet.

Data scraping atau yang juga sering disebut dengan data extraction biasanya sering digunakan untuk keperluan digital marketing.

Penggunaan metode ini dapat berfungsi untuk riset konten, riset kompetitor, dan juga riset pasar.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengekstrak data, salah satunya dengan menggunakan Application Programming Interface atau yang biasa disingkat dengan API.

Dengan memanfaatkan API, Anda bisa mengakses website dengan format HTML yang memiliki data tidak terstruktur, kemudian mengubahnya menjadi format data yang lebih terstruktur.

Akan tetapi, perlu digaris bawahi bahwa cara tersebut tidak dapat berfungsi pada situs yang tidak terintegrasi dengan API atau yang tidak memberikan Anda izin akses data terstruktur dalam website tersebut.

Fungsi Data Scraping

Beberapa fungsi dan kegunaan dari data scraping adalah sebagai berikut.

1. Monitoring Harga 

Harga suatu produk atau jasa sangatlah bervariasi di pasaran dan cenderung berubah dari waktu ke waktu, sehingga pelaku bisnis perlu melakukan monitoring secara berkala.

Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan saat menentukan harga, seperti SDM, brand positioning, harga kompetitor, serta biaya produksi.

Data extraction dapat membantu untuk survey harga pasar, sehingga pelaku bisnis dapat menyesuaikan harga dengan yang beredar di pasaran.

2. Mencari Informasi

Data extraction dapat dimanfaatkan untuk menggali informasi mengenai strategi bisnis yang digunakan oleh kompetitor.

Tujuannya adalah untuk menjadikannya sebagai bahan pertimbangan dan insight baru untuk mengembangkan bisnis.

3. Mempelajari Kebutuhan Konsumen

Mendalami kebutuhan konsumen sangatlah penting bagi para pelaku usaha.

Oleh karena itu, Anda harus mempelajari trend yang saat ini sedang berkembang di masyarakat untuk dianalisis dan diproses sebagai produk atau jasa.

Nah, data extraction bertujuan untuk mempercepat proses tersebut.

Cara Kerja Data Scraping

Untuk mengekstrak data dari sebuah website atau sistem, Anda bisa menggunakan berbagai data scraping tools yang tersedia.

Namun, beberapa tools tersebut memiliki alur penggunaan yang berbeda-beda. Umumnya terdapat tiga proses tahapan saat melakukan scraping data:

  • Request: Pada tahap awal, manfaatkan commandGET untuk request ke sebuah situs atau sistem tertentu. Kemudian, commandGET akan mengambil semua data yang ada pada situs atau sistem tersebut
  • Parse: Pada tahap ini, tools data scraping akan menggunakan program untuk mencari data spesifik yang akan diidentifikasi
  • Display: Setelah informasi berhasil diidentifikasi, selanjutnya program akan mengolahnya menjadi sebuah report untuk proses analisis lebih lanjut

Jenis-Jenis Data Scraping

Ilustrasi Data Scraping
Ilustrasi Data Scraping (from Unsplash)

Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, selanjutnya artikel ini akan membahas tentang jenis-jenis ekstraksi data. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Screen Scraping

Screen scraping merupakan suatu jenis scraping data didapat dari analisis interface sebuah situs.

Screen scraping tidak mengambil data dari sumber website-nya, melainkan melakukan scraping terhadap konten berupa teks, gambar ataupun elemen lainnya untuk memperoleh data yang ideal untuk dianalisis.

Screen scraping umum digunakan oleh perusahaan untuk menyimpan data-data vital dalam jangka waktu yang lama sebagai arsip.

Jenis data scraping mampu mengakses data yang sudah lama dengan tingkat akurasi tinggi, sehingga efektif digunakan untuk migrasi data.  

2. Web Scraping

Web Scraping memungkinkan Anda untuk mengambil seluruh data yang lebih spesifik dari sebuah situs atau sistem menggunakan source code, seperti Javascript, CSS, maupun HTML.

Selain itu, web scraping juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan API yang tersedia pada situs atau sistem tersebut. 

Perlu diketahui, ada dua komponen penting dalam web scraping, yaitu crawler dan scraper.

Crawler merupakan algoritma Artificial Intelligence (AI) yang berfungsi untuk mencari data spesifik yang dibutuhkan dengan mengikuti link, sedangkan scraper dibuat untuk mengambil data dari suatu situs atau sistem tertentu.

Data Scraping Tools

Berikut ini beberapa rekomendasi tools untuk scraping data yang dapat Anda gunakan.

1. Data Scraper

Data Scraper merupakan salah satu extension dari Google Chrome yang dapat Anda manfaatkan untuk proses ekstraksi data.

Alat ini memungkinkan Anda untuk mengambil data dari halaman manapun dan mengubahnya menjadi format yang tertentu sesuai kebutuhan.

2. Data Miner

Alat satu ini merupakan extension dari Microsoft Edge dan Google Chrome yang membantu pengambilan data pada suatu sistem atau website dalam format CSV.

Setelah diekstraksi, Anda dapat membuka file tersebut dengan menggunakan Excel.

Tips Melakukan Data Scraping

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan mengambil data dari sebuah situs atau sistem.

1. Kecepatan Scraping

Pastikan bahwa Anda tidak melakukan scraping data dengan kecepatan yang terlalu tinggi.

Hal tersebut dikarenakan hal ini akan membuat data website yang Anda ekstraksi menjadi lemot hingga tidak bisa diakses oleh visitor.

2. Mengambil Data Secara Berlebihan

Lakukan scraping data secukupnya dan jangan terlalu berlebihan. Beberapa situs bisa memblokir IP address yang melakukan ekstraksi data secara berlebihan.

Untuk menghindari pemblokiran IP, Anda bisa menggunakan VPN ataupun proxy. Selain itu, mengambil data secara berlebihan dapat membuang waktu dan memori.

3. Aturan Privasi dan Hak Cipta

Sebelum melakukan scraping data, pastikan untuk menelaah aturan yang diterapkan oleh situs tersebut. Hormati privasi dan aturan-aturan yang ada saat melakukan scraping. Jagalah kerahasiaan data yang Anda ambil.

Jangan merugikan orang lain atau bahkan diri sendiri. Pastikan bahwa Anda selalu mendokumentasikan proses scrapping dan melaporkan perubahan pada situs sebelum dan setelah dilakukan scraping.

Itulah tadi penjelasan tentang data scraping. Pada intinya, metode ini digunakan untuk mengambil dan mengolah data dari situs tertentu.

Selain itu, data scraping juga dapat digunakan dalam SEO, misalnya untuk melakukan analisis kompetitor dan riset pengguna untuk mengoptimalkan situs yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Hal itu akan berpengaruh pada user experience, sehingga dapat meningkatkan peringkat website melalui SEO.

Berbicara tentang SEO, Anda perlu menerapkan teknik yang tepat untuk memaksimalkan performa website di search engine result page.

Tak perlu khawatir bagi Anda yang tidak menguasainya, serahkan pada Sekawan Studio!

Kami menawarkan jasa SEO dan optimasi website untuk meningkatkan peringkat situs web Anda, sehingga akan lebih mudah ditemukan melalui SERP.

Hal tersebut secara tidak langsung akan menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan konversi bisnis.

Tunggu apalagi? Hubungi kontak Sekawan Studio untuk mendapatkan penawaran yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.