API adalah: Pengertian, Jenis-Jenis, Cara Kerja, dan Contoh

API atau application programming interface adalah sebuah sistem yang dapat menghubungkan dua atau lebih aplikasi membuat pemrograman menjadi lebih mudah.
API atau application programming interface
Daftar Isi

Ketika mengembangkan sebuah aplikasi, seorang pengembang atau developer pasti mengenal istilah API. Apa yang dimaksud API?

Kepanjangan API adalah application programming interface atau bisa juga disebut dengan antarmuka pemrograman aplikasi.

Singkatnya, pemrograman ini membuat suatu aplikasi lebih efisien dan mengembangkan aplikasi hingga memiliki fitur yang menunjang. Lalu, bagaimana cara kerja dari sistem ini?

Artikel ini akan membahas mengenai pengertian, macam-macam, manfaat, cara kerja, dan contoh dari application programming interface. Simak artikel berikut!

Pengertian API

API adalah sebuah sistem yang dapat menghubungkan dua atau lebih aplikasi secara bersamaan dan membuat aktivitas pemrograman menjadi lebih mudah.

Singkatnya, application programming interface adalah interface yang dapat menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Sistem application programming interface dapat menggabungkan dua atau lebih aplikasi sehingga fitur yang ada di dalamnya terkoneksi dan terakses pada masing-masing aplikasi. 

Secara umum, fungsi application programming interface adalah menghubungkan dua aplikasi. Hal ini bertujuan agar mendapatkan fungsionalitas dari suatu aplikasi tersebut. 

Sistem ini juga berfungsi untuk mengirimkan permintaan respons tanpa harus terlibat dengan internal sistem.

Manfaat API

Penggunaan sistem ini tentu sangat memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah penjelasan dan manfaat application programming interface.

1. Memudahkan Pengembangan Aplikasi

Penggunaan sistem ini dapat memberi kemudahan dalam membuat aplikasi yang fungsional.

Aplikasi yang sistem pengembangnya menggunakan application programming interface akan memiliki fitur tanpa perlu menambahkan data secara manual.

2. Efisiensi Pengembangan Aplikasi

Pengembang atau developer tentu memiliki keinginan untuk dapat menggunakan platform sekaligus dengan mudah.

Penerapan application programming interface dalam mengembangkan aplikasi memberikan kemungkinan komunikasi yang baik pada setiap aplikasi.

3. Beban Server lebih Ringan

Application programming interface memiliki sistem pengolahan server yang terpusat sehingga Anda tidak memerlukan server sendiri untuk menyimpan data secara menyeluruh.

Adapun data terbaru dapat diperoleh dengan mengambil dari server aplikasi yang terhubung.

Macam-Macam API

Application Programming Interface Pada Sistem
Application Programming Interface (Douglas Lopes/Unsplash)

Application programming interface dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tingkat aksesibilitasnya dan lingkup kegunaan. Berikut ini adalah jenis-jenis API.

1. Public atau Open

Public atau open API adalah sistem yang dirancang untuk memungkinkan penggunaan dan akses data serta fungsionalitas secara terbuka.

Dapat dipahami bahwa sistem ini dapat digunakan di berbagai platform oleh siapa saja. 

2. Internal atau Private

Internal atau private API adalah sistem yang hanya ada dalam perusahaan atau organisasi tertentu.

Sistem ini tidak tersedia untuk publik dan hanya digunakan oleh internal perusahaan atau organisasi. 

3. Partner

Partner API adalah sistem yang berfungsi untuk berinteraksi dengan mitra atau pihak eksternal yang memiliki kerja sama bisnis.

Oleh karena itu, jenis sistem ini hanya dapat digunakan bagi pihak yang mendapat akses saja.

4. Composite 

Sistem yang menyimpan data dari berbagai server atau hosting dalam satu tempat disebut dengan composite API.

Jenis ini dapat menghemat waktu dan menguntungkan user. Pengguna dapat mempersingkat pekerjaan karena cukup sekali akses, data sudah didapatkan.

Cara Kerja API

Setelah memahami pengertian API, memahami cara kerja dari application programming interface juga penting.

Berikut ini adalah cara kerja application programming interface.

  1. Pekerjaan API dimulai dengan membuka aplikasi. Misalnya, pengguna aplikasi Gojek yang akan melakukan pemesanan makanan di sebuah restoran secara online. Aplikasi akan mengakses application programming interface dari restoran yang telah dihubungkan
  2. Setelah aplikasi berhasil mengakses alamat application programming interface, permintaan akan diteruskan ke server restoran. Jadi, sistem ini akan memberitahukan bahwa Gojek membutuhkan data mengenai pemesanan makanan
  3. Application programming interface meneruskan informasi ke server aplikasi. Gojek akan mendapatkan informasi yang didapat dari restoran yang dihubungi. Proses ini berlangsung secara bersamaan dengan permintaan restoran lain sehingga muncul banyak restoran yang sesuai
  4. Setelah memilih restoran yang diinginkan melalui application programming interface, detail pesanan berupa item makanan, jumlah, dan informasi catatan lainnya akan dimasukkan
  5. Application programming interface akan menghitung total harga pesanan berdasarkan item yang dipilih dan pengguna dapat melakukan pembayaran dengan metode yang telah terhubung dengan aku mereka
  6. Sistem ini juga akan mengonfirmasi pesanan dan mengirimkan rincian pesanan ke restoran
  7. Pesanan dikirimkan melalui layanan yang telah disediakan. Pengguna dapat menggunakan sistem ini untuk memeriksa status pesanan, waktu pengiriman, dan melacak perjalanan pesanan

Arsitektur API

Arsitektur application programming interface merupakan acuan pada struktur dan pola desain yang berguna untuk pengembangan dan penyusunan sistem ini. 

Manfaat dari arsitektur application programming interface adalah agar pengembangan dan penyusunan lebih efisien, diandalkan, dan mudah digunakan oleh developer.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai arsitektur dari sistem application programming interface.

1. SOAP (Simple Object Access Protocol)

Arsitektur ini menggunakan XML (Extensible Markup Language) yang dapat menyimpan semua data dalam sebuah dokumen. Standar SOAP sangat ketat dan sering digunakan dalam lingkup enterprise.

2. RPC (Remote Procedure Calls)

Sistem ini membuat teknologi komunikasi antara clients side dan server side dapat dilakukan secara bersamaan.

Remote Procedure Calls terdiri dari dua jenis, yaitu XML-RPC berarti menggunakan format XML dan JSON-RPC menggunakan format JSON

3. REST (Representational State Transfer)

REST banyak digunakan oleh pengembang karena penggunaannya yang mudah dan tidak perlu belajar coding yang rumit.

Arsitektur ini menggunakan metode HTTP, seperti GET, POST, PUT, dan DELETE. REST menggunakan JSON sehingga datanya lebih ringan dan performa aplikasi menjadi lebih baik.

Contoh API

Untuk memahami application programming interface, perhatikan contoh penerapan API pada beberapa aplikasi berikut ini.

1. Google Maps

Google Maps Api Untuk Memberi Kemudah
Ilustrasi Google Maps API (Henry Perks/Unsplash)

Google Maps API membuat pengembang dapat mengintegrasikan peta yang interaktif pada situs mereka.

Pada sistem ini, aplikasi peta menggunakan Google Maps application programming interface untuk menampilkan peta dan rute, navigasi, mencari lokasi, serta memberikan petunjuk arah kepada pengguna.

2. Media Sosial

Dengan adanya sistem API ini, memungkinkan pengguna untuk login dengan akun media sosial, membagikan konten, atau melihat beberapa aktivitas sosial melalui web atau aplikasi tertentu.

Platform media sosial yang dapat dijangkau, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok.

3. GitHub

GitHub API memberikan kemungkinan pengembang untuk menggabungkan fitur dan fungsionalitas dari GitHub, seperti akses ke repositori, manajemen isu dan proyek, kolaborasi, serta statistik.

4. YouTube

Beberapa aplikasi yang menampilkan video dapat menggunakan YouTube API untuk mengintegrasikan fungsionalitas dengan menampilkan video, mengelola playlist, dan mengintegrasikan fungsionalitas YouTube lainnya.

Itulah penjelasan dari sistem API. Application programming interface merupakan salah satu sistem yang dapat membantu developer untuk menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Fungsi application programming interface adalah menghubungkan dua aplikasi yang bertujuan agar mendapatkan fungsionalitas dari suatu aplikasi tersebut. 

Perlu mengintegrasikan API pada sebuah website atau membuat sebuah website dari awal?

Nah, jika membutuhkannya, Sekawan Studio menyediakan jasa pembuatan website yang sesuai dengan cakupan bisnis Anda.

Yuk, kunjungi website Sekawan Studio untuk informasi selengkapnya!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.