Apa itu VPN? – Arti, Fungsi, Manfaat, & Cara Menggunakannya

Virtual Private Network (VPN) menjadi solusi yang sangat efektif dalam menjaga keamanan dan privasi internet. VPN melindungi data sensitif dan keamanan online menjadi lebih terjamin.
vpn
Daftar Isi

Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah VPN. Ketika Anda pergi ke tempat umum, pernahkah smartphone Anda menangkap jaringan publik?

Tentu Anda lebih tertarik untuk menggunakan koneksi internet gratis tersebut daripada menggunakan kuota internet pribadi, bukan?

Keberadaan koneksi internet gratis di tempat umum ini cukup membantu, tetapi seringkali jaringan tersebut tidak aman untuk digunakan, karena peretas dapat mengakses data Anda dengan mudah melalui jaringan tersebut.

Bagaimana untuk mencegahnya? Anda dapat meminimalisir hal itu nya dengan menggunakan software VPN.

Penasaran apa itu VPN? Artikel berikut akan menjelaskannya, mulai dari pengertian, kegunaan, dan cara menginstalnya. Simak dengan baik!

Apa itu VPN?

VPN atau Virtual Private Network adalah koneksi yang mengenkripsi koneksi internet dari device ke jaringan. Istilah tersebut juga biasa dikenal dengan jaringan privat virtual.

Virtual private network dapat mengenkripsi internet traffic dan dapat menyembunyikan identitas online, sehingga dapat melindungi dari oknum tidak bertanggung jawab yang sewaktu-waktu dapat mengintai dan mencuri data Anda.

Jaringan ini juga memungkinkan Anda untuk dapat menggunakan komputer server dari negara yang berbeda.

Dengan itu, Anda dapat mengakses jaringan yang mungkin tidak bisa diakses ketika menggunakan jaringan dalam negeri.

Fungsi VPN

Berikut adalah beberapa fungsi dari virtual private network. Simak penjelasannya!

1. Menjaga Privasi Online

Virtual private network akan menyembunyikan alamat IP Anda dan mengenkripsi semua data yang dikirim atau diterima. Hal tersebut memungkinkan untuk menjaga privasi online Anda.

2. Mengakses Situs Website Terblokir

Selain itu, jaringan ini juga dapat membantu mengakses situs web yang diblokir di wilayah tertentu atau oleh penyedia layanan internet.

Akan tetapi, fungsi ini seringkali disalahgunakan oleh beberapa oknum, seperti membuka situs judi online yang sudah diblokir oleh pemerintah Indonesia.

3. Keamanan Jaringan Publik

Virtual private network juga dapat melindungi Anda dari serangan online dan kejahatan siber ketika terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, seperti peretasam, penyadapan, atau bentuk cyber crime lainnya.

4. Menghindari Pemantauan Aktivitas Online

Dengan VPN, aktivitas online menjadi lebih sulit untuk dilacak atau dimata-matai.

Hal ini disebabkan karena virtual private network menggunakan sistem enkripsi untuk menjaga data dan informasi sensitif, terutama ketika terhubung dengan jaringan publik.

5. Mengakses Konten yang Dibatasi Geografis

Jaringan ini juga memungkinkan Anda untuk mengakses konten yang dibatasi geografis, seperti siaran olahraga atau program TV.

Caranya adalah dengan membuat IP address terlihat seolah-olah berasal dari negara tertentu.

Manfaat VPN

Beberapa manfaat dari jaringan privat ini adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan Internet Publik dengan Aman

Mayoritas user cukup sering melibatkan internet di setiap aktivitasnya. Contohnya adalah ketika Anda berbelanja di supermarket dan menggunakan layanan WiFi publik untuk membuka aplikasi pembayaran.

Hal ini dapat memungkinan terjadinya peretasan dan pencurian data pribadi, sehingga penggunaan virtual private network saat terkoneksi dengan WiFi publik sangat disarankan untuk menghindari hal tersebut.

2. Menjaga Riwayat Penelusuran Tetap Rahasia

Mungkin Anda sering mendapatkan broadcast iklan tertarget yang kemungkinan disebabkan oleh penyalahgunaan informasi pribadi oleh pihak ketiga.

Untuk menghindari hal ini, user dapat menggunakan virtual private network untuk menjaga riwayat penelusuran internet tetap rahasia dan aman dari pelacakan.

3. Melindungi Identitas

Selain itu, identitas user akan tetap anonim ketika menggunakan jaringan privat ini. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi user dari pelacakan jejak digital.

4. Mengakses Layanan Streaming Global

Manfaat lainnya dari penggunaan jaringan privat ini adalah dapat membantu user dalam mengubah alamat IP dari negara asal ke negara yang ingin dituju.

Contohnya, ketika ingin menonton pertandingan badminton di suatu negara tetaoi terkendala geo-blocking, maka Anda butuh bantuan virtual private network untuk mengubah alamat IP agar bisa menonton pertandingan tersebut.

Jenis-Jenis VPN

VPN memiliki banyak jenis, tetapi yang paling umum digunakan adalah 3 jenis, yaitu remote access, site to site, dan juga SSL. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Remote Access

Jenis ini menggunakan sistem konfigurasi host-to-network untuk mengkoneksikan komputer ke area jaringan lokal.

Virtual private network jenis ini menyediakan akses ke enterprise network, seperti intranet.

Penggunaan jenis jaringan ini akan memungkinkan remote worker untuk mengakses sumber daya pribadi atau tools penting tanpa diketahui oleh publik.

2. Site-to-Site

Konfigurasi site-to-site dapat menghubungkan dua jaringan. Konfigurasi ini dapat memperluas jaringan melewati dua kantor yang terpisah secara geografis atau beberapa cabang kantor ke instalasi data pusat.

Site to site dapat dijalankan menggunakan jaringan perantara yang berbeda, seperti jaringan IPv6 yang terkoneksi dengan IPv4.

3. SSL

SSL atau Secure Socket Layer adalah salah satu jenis VPN yang memberikan keamanan dengan menggunakan sistem enkripsi.

Sistem ini digunakan sebagai solusi perusahaan saat terjadi outbreak COVID-19 pada tahun 2020 lalu, karena masih banyak yang tidak memiliki device memadai untuk digunakan work from home, sehingga karyawan perusahaan menggunakan device pribadi.

Cara Kerja VPN

VPN bekerja dengan menyembunyikan alamat IP dan mengarahkannya langsung ke jaringan melalui remote server yang dijalankan oleh host.

Ketika Anda berinternet menggunakan VPN, maka jaringan itu merupakan sumber dari data. Hal ini akan menjadikan ISP (Internet Service Provider) dan pihak ketiga lainnya tidak dapat melacak dan melihat jejak internet Anda.

Selain itu, protokol seperti IPSec (Internet Protocol Security), akan melakukan pengacakan terhadap data sebelum mengirimkannya kepada jaringan.

Nantinya, IPSec akan membantu mengamankan komunikasi IP (Internet Protocol) dengan cara autentikasi dan enkripsi.

Virtual private network berfungsi sebagai filter yang tidak bisa dibaca di satu sisi. Jaringan ini hanya bisa di-decode di sisi lainnya, sehingga Anda akan terhindar dari penyalahgunaan data pribadi atau penyusupan selama berselancar di internet.

Akan tetapi, bagaimana VPN seharusnya bekerja agar akses Anda benar-benar terlindungi? Simak penjelasan berikut ini.

1. Enkripsi Alamat IP

Fungsi utama virtual private network adalah untuk menyembunyikan alamat IP Anda dari ISP user dan pihak ketiga lainnya.

Selain itu, jaringan ini juga memberikan keleluasaan untuk mengirim dan menerima informasi apapun secara online tanpa perlu khawatir dapat dilihat oleh orang lain.

2. Kill Switch

Saat koneksi VPN user terganggu, maka hal tersebut juga akan berpengaruh pada keamanannya.

Virtual private network dapat mendeteksi downtime yang terjadi tiba-tiba dan memutus program untuk mengurangi kemungkinan peretasan data.

3. Enkripsi Protokol

Jaringan privat virtual juga dapat mencegah user meninggalkan jejak internet, seperti riwayat akses, riwayat pencarian, dan cookies.

Enkripsi terhadap cookies sangat penting karena dapat mencegah pihak ketiga memanfaatkannya untuk mengakses informasi penting, seperti data pribadi, informasi finansial, ataupun konten lainnya dari situs-situs yang dikunjungi.

4. Two-Factors Authentication

Two factor authentication atau 2FA dapat menggunakan berbagai metode autentikasi untuk mengecek siapa saja yang mencoba masuk pada akses pribadi Anda.

Dilansir dari Karpersky, contoh dari penggunaan two-factors authentication adalah dengan meminta user untuk memasukkan password, kemudian sebuah kode akan dikirimkan melalui telepon seluler user yang digunakan untuk autentikasi.

Cara Menggunakan VPN

Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, apakah Anda penasaran bagaimana cara menggunakannya?

Berikut adalah penjelasan terkait cara menggunakan virtual private network yang dapat diterapkan. Simak langkah-langkahnya!

  • Pilih layanan VPN yang sesuai: Langkah pertama untuk menggunakan jaringan ini adalah memilih layanan VPN yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, daftarkan akun dengan mengisi data yang diperlukan secara detail
  • Unduh dan instal aplikasi: Setelah itu, unduh aplikasi dari penyedia layanan yang Anda pilih, kemudian instal pada perangkat yang ingin digunakan
  • Sambungkan ke server VPN: Buka aplikasi dan sambungkan ke server VPN yang tersedia di lokasi yang Anda inginkan
  • Nikmati privasi dan keamanan online: Setelah terhubung ke server, semua data yang dikirim atau diterima akan dienkripsi, sehingga privasi online Anda terjaga
  • Putuskan koneksi: Saat selesai menggunakannya, pastikan untuk memutuskan koneksi dengan aman dari aplikasi yang digunakan

Metode Install VPN di Komputer

Menggunakan Vpn Di Komputer
Menggunakan VPN di Komputer (Sumber: Unsplash)

Terdapat beberapa metode untuk melakukan instalasi virtual private network di komputer, antara lain adalah sebagai berikut.

1. VPN Client

Perangkat lunak virtual private network dikonfigurasi untuk memenuhi persyaratan endpoint.

Ketika melakukan pengaturan, endpoint akan menjalankan link dari jaringan privat virtual dan mengubungkannya untuk membentuk terowongan enkripsi.

2. Browser Extension

Virtual private network juga tersedia dalam bentuk ekstensi di Google Chrome dan Firefox. Beberapa browser juga memiliki jaringan privat mereka sendiri, seperti Opera.

Ekstensi ini akan lebih memudahkan penggunaannya, karena user cukup mengaktifkannya dengan menekan tombol switch.

Akan tetapi, penggunaan ekstensi ini hanya terbatas untuk informasi yang dibagikan dengan browser. Apabila menggunakan ekstensi di luar browser, maka data tidak bisa dienkripsi.

3. Router VPN

Apabila beberapa device terkoneksi dengan satu jaringan internet, maka akan lebih mudah untuk menggunakan virtual private network di router daripada harus install VPN masing-masing.

Router VPN sangat berguna saat Anda ingin memproteksi device dengan koneksi internet yang tidak mudah untuk dikonfigurasi, seperti smart TV.

Selain itu, hal tersebut dapat membantu user untuk mengakses konten yang terkena geo-blocking melalui sistem smart TV.

Instalasinya pun cukup mudah, tetapi apabila router tidak memiliki user interface sendiri, maka dapat menyebabkan koneksi selanjutnya terblokir.

4. VPN Perusahaan

Virtual private network perusahaan merupakan solusi yang dibuat oleh sebuah perusahaan yang membutuhkan setup dan technical support.

Umumnya, metode ini dibuat oleh tim IT dari perusahaan tersebut. Penggunaannya dapat mencegah terjadinya kebocoran data rahasia perusahaan.

Dengan jaringan ini, koneksi pada perusahaan menjadi lebih terlindungi di intranet perusahaan dan server.

Cara Install VPN di Smartphone

Menggunakan Vpn Di Smartphone
Menggunakan VPN di Smartphone (Sumber: Unsplash)

Tak hanya digunakan pada komputer, virtual private network juga dapat diinstal di smartphone, bahkan dengan penggunaan yang lebih mudah.

Cara menginstalnya dapat Anda simak pada informasi berikut.

  • Proses instalasi diawali dengan mengunduh perangkat lunak VPN dari iOS App Store atau Google Play Store. Pilihlah layanan yang profesional untuk keamanan yang terpercaya
  • Login menggunakan akun Anda. Kemudian, Anda akan dipandu untuk mengenal key function dan layanan yang diberikan
  • Setelah itu, Anda dapat mengubah server yang akan digunakan. Umumnya dilakukan secara manual dengan memilih server negara yang akan digunakan
  • Sebelum berlangganan, Anda perlu memperhatikan dan mempelajari fitur-fitur yang disediakan untuk menemukan VPN yang sesuai
  • Untuk berselancar di internet dengan aman, Anda hanya perlu mengaktifkan VPN di smartphone melalui aplikasi yang telah diunduh

Demikianlah penjelasan lengkap tentang apa itu virtual private network, mulai dari pengertian hingga cara instalnya.

Kesimpulannya, VPN adalah jaringan yang mengenkripsi koneksi internet dari device ke jaringan.

Tujuan utamanya adalah untuk membuat aktivitas user di internet aman dari peretasan atau pencurian data pribadi.

Selain itu, jaringan ini dapat digunakan untuk menghindarkan website Anda dari serangan siber. Hal itu tentu saja akan berpengaruh terhadap keamanan website.

Berbicara tentang keamanan website, Anda juga perlu melakukan maintenance website untuk memastikannya tetap berfungsi dengan maksimal.

Oleh karena itu, yuk lindungi website Anda dari berbagai aktivitas mencurigakan dengan jasa maintenance website dari Sekawan Studio!

Selain menghindarkan dari serangan siber, maintenance website secara rutin juga dapat mencegah adanya bug dan error pada situs tersebut, sehingga semua elemen dapat berfungsi dengan maksimal.

Tertarik untuk menggunakan layanan kami? Hubungi kontak Sekawan Studio sekarang juga untuk mendapatkan informasi dan penawaran menarik!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.