Apa itu Cloudflare? Ketahui Fungsi Pentingnya bagi Website! 

Cloudflare adalah layanan yang mengirimkan konten (CDN) serta memberikan kemanan pada website. Terdapat beberapa fitur unggulan yang dapat Anda gunakan seperti DNS Firewall, Cloudflare's CDN, Cloudflare DDoS dan masih banyak lagi.
cloudflare
Daftar Isi

Apakah Anda tahu apa itu Cloudflare? Dalam dunia programming, mungkin tak jarang muncul kata Distributed Denial Of Service (DDoS) atau serangan dunia maya yang dibuat oleh oknum tidak bertanggung jawab. Untuk menghindarinya, layanan ini wajib Anda gunakan pada website.

Oknum pelaku DDoS akan mencurangi dan mengganggu kegiatan pencarian informasi di internet, sehingga pengguna akan merasa terbatasi, bahkan tidak dapat menemukan website Anda. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan CDN jenis ini.

Nah, bagaimana CDN ini bekerja? Apa saja keunggulan yang ia punya hingga bisa melindungi website dari ancaman DDoS? Simak informasi berikut dengan saksama!

Apa itu Cloudflare?

Apa Itu Cloudflare?
Logo Cloudflare (Sumber: Cloudflare.com)

Cloudflare adalah salah satu Content Delivery Network (CDN) yang berfungsi sebagai pengirim konten dari suatu server ke website. Melansir jurnal Sisfotenika, Cloudflare adalah salah satu dari CDN yang dapat membuat kecepatan pemuatan situs web lebih cepat.

Posisi CDN ini berada di antara domain dan web hosting, biasanya juga disebut sebagai proxy. CDN jenis ini merupakan hal yang wajib digunakan oleh para developer ketika mengelola website perusahan besar.

Dengan menggunakan CDN ini, hal-hal yang merugikan seperti serangan DDoS bisa teratasi dengan baik. Hal tersebut disebabkan karena proxy ini adalah layanan pengirim konten yang mampu menyembunyikan IP address yang asli.

Fungsi Cloudflare

Setelah mengetahui pengertian di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa CDN ini memiliki fungsi utama untuk menjaga keamanan website dari serangan hacker, serta menjaga lalu lintas pengaksesan internet oleh pengguna agar tetap aman. 

CDN jenis ini merupakan layanan pengantar konten yang memiliki server terbanyak di dunia. CDN ini bertugas untuk mendistribusikan salinan data yang kepada klien untuk mengurangi keterlambatan komunikasi jaringan.

Kelebihan Cloudflare

Kelebihan dari CDN ini dapat dirasakan ketika Anda melakukan akses internet lintas negara. Ketika Anda berlibur ke luar negeri dan ingin mengakses website Indonesia, maka tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mengaksesnya dengan CDN ini.

Kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  1. Layanan ini bersifat gratis. Jadi, Anda dapat menggunakan CDN ini untuk meningkatkan pengalaman
  2. Mampu melindungi IP original, sehingga aman dari serangan DDoS. Aktivitas ini terjadi karena CDN ini mampu menyamarkan IP dan menggantinya dengan yang lain.
  3. Menghemat bandwith. Hal ini terjadi karena konten statis tersimpan sebagai cache.
  4. Fitur Cache akan membuat akses website lebih cepat, sehingga dapat mengurangi jumlah bounce rate pada website. Selain itu, pengalaman pengguna juga menjadi lebih terjaga dengan kelebihan ini. 
  5. Pengarahan DNS yang fleksibel, termasuk Cloudflare DNS android.
  6. Mendapatkan SSL secara gratis dengan fitur crypto.

Kekurangan Cloudflare

Berikut adalah kekurangan dari DNS ini yang perlu Anda ketahui:

1. Berada di Antara Web Hosting dan Website

Jika CDN ini mengalami gangguan, maka website juga akan mengalami down. Keadaan ini juga berlaku jika hosting tidak sengaja memblokir IP Cloudflare, pasti ia akan menganggap website Anda down dan hanya menampilkan cache website saja.

2. Dapat Melakukan Kesalahan Proteksi

Kekurangan ini banyak dikeluhkan oleh para pengguna. Bagaimana tidak? Beberapa pengguna mengeluh ketika mengakses informasi website, tiba-tiba terblokir dengan sendirinya, sehingga mereka tidak bisa mengaksesnya dengan baik. 

Selain itu, kasus ini juga bisa ditemukan pada pengisian captcha yang tiba-tiba error. Hal tersebut terkadang dapat mengganggu kenyamanan pengguna saat melakukan pengaksesan.

3. Dapat Menjadikan Website Lebih Lambat

Inilah kekurangan yang sangat disayangkan dari CDN ini. Jika terdapat error pada Cloudflare, maka website Anda mungkin akan menjadi lambat, bahkan tidak bisa diakses selama beberapa waktu.

Fitur-Fitur Cloudflare

Nah, setelah mengetahui cara aktivasi akun, pastinya Anda akan dibuat penasaran dengan fitur-fitur unggulan yang ditawarkan CDN ini. Apa sajakah itu? Simak informasi berikut!

1. DNS Firewall

DNS Firewall adalah fitur utama dalam Cloudflare. Jenis CDN ini mampu memberikan perlindungan kuat untuk website dan jaringan. Cara kerja Firewall adalah dengan memblokir ancaman yang mungkin dapat membahayakan kesehatan website.

2. Cloudflare’s CDN

Karena server ini adalah jenis CDN yang banyak digunakan di dunia, tentu juga memiliki dampak pada kecepatan jaringannya yang lebih lambat. Supaya terhindar dari masalah tersebut, Cloudflare membuat sistem yang memadai dan memastikan lalu lintas internet berjalan dengan baik. 

3. Cloudflare DDoS

CDN jenis ini adalah layanan keamanan website yang mampu meningkatkan sistem keamanan dengan cara mempelajari pola penyerangan DDoS. Sistem keamanan tersebut tentunya dapat meningkatkan keamanan secara otomatis.

4. Cloudflare’s Data Localization Suite

Ketika mengirim pesan, pernahkah Anda melihat keterangan enkripsi? Nah, CDN ini juga memiliki sistem yang sama. Layanan ini dapat memastikan komunikasi pusat data dan server sepenuhnya aman, sehingga proses pengiriman konten tetap berjalan dengan baik tanpa gangguan pihak ketiga.

Cara Kerja Cloudflare

CDN jenis ini bekerja dengan cara mengarahkan lalu lintas web melalui infrastruktur global mereka. Caranya adalah dengan menggabungkan berbagai teknologi dan layanan untuk meningkatkan kinerja dan keamanan situs web atau aplikasi Anda.

Berikut adalah langkah-langkah umum tentang bagaimana server ini bekerja.

1. Pengalihan DNS

Saat melakukan konfigurasi situs web dengan server, Anda perlu mengubah pengaturan DNS untuk mengarahkan nama domain ke server DNS Cloudflare. Hal ini memungkinkan server tersebut mengelola lalu lintas situs Anda.

2. Content Delivery Network (CDN)

Cloudflare menyediakan jaringan server yang tersebar di seluruh dunia. Saat pengguna mengakses situs Anda, konten seperti gambar, file CSS, dan JavaScript akan menjadi cache di server proxy yang terdekat dengan lokasi pengguna. Hal ini dapat mempercepat waktu loading halaman.

3. Optimasi Kinerja

Server ini melakukan berbagai optimasi, seperti kompresi konten dan file, serta pemadatan gambar untuk mengurangi ukuran halaman web dan meningkatkan waktu loading.

4. Keamanan DDoS

CDN ini melindungi situs Anda dari serangan DDoS dengan mendistribusikan lalu lintas melalui infrastruktur mereka. Teknologi dan perangkat lunak tersebut dapat mendeteksi serangan dan meredamnya sebelum mencapai server asli Anda.

5. Web Application Firewall (WAF)

Server ini juga menyediakan firewall aplikasi web yang memantau dan melindungi aplikasi Anda dari cyber crime, seperti SQL injection, cross-site scripting (XSS), dan lain sebagainya. WAF dapat menerapkan aturan keamanan untuk mencegah akses yang tidak sah atau berbahaya.

6. SSL/TLS

Server juga menyediakan sertifikat SSL gratis yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi lalu lintas antara pengguna dan server Anda. Hal ini dapat membantu menjaga data agar tetap aman dari pihak yang tidak berwenang.

7. Pemantauan dan Analitik

CDN ini menyediakan alat pemantau yang memungkinkan Anda melacak lalu lintas situs web, menganalisis performa, dan mengidentifikasi trend.

8. Pemantauan Ancaman

Server ini tentu juga menggunakan sistem untuk menganalisis lalu lintas dan mengidentifikasi potensi ancaman, seperti serangan bot atau upaya peretasan pada sebuah website.

9. Load Balancing

Selain itu, server ini juga dapat melakukan pengaturan load balancing dengan mendistribusikan lalu lintas antara beberapa server untuk mengoptimalkan kinerja website.

Cara Menggunakan Cloudflare

CDN ini adalah layanan gratis, sehingga pemilik website bisa mendapatkannya secara mudah.

Berikut adalah cara menggunakan server ini.

1. Buka situs “Cloudflare

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetikkan kata kunci tersbut di mesin pencari. Setelah itu, pilih situs yang sesuai, lalu akan tampil home page dari halaman tersebut. 

2. Buat Akun Cloudflare

Cara ini sama seperti pembuatan akun pada situs lainnya. Anda tinggal memasukkan email dan kata sandi, lalu check kembali apakah data sudah sesuai. Selanjutnya, klik “Create Account Now

3. Masukkan Domain Website Anda

Pada tahap ini, Anda akan melihat kotak kosong di tengah. Ketiklah nama domain Anda pada kotak tersebut.

Penulisan domain tidak perlu menggunakan awalan WWW. Jadi, Anda hanya perlu mengetikkan nama domain atau second level diikuti dengan Top Level Domain (TLD). Lalu, tunggu beberapa waktu untuk diarahkan ke tahap selanjutnya.

4. Pilih Plan

Pada tahapan ini, Anda berhak memilih paket sesuai dengan kebutuhan website. Paket yang disediakan oleh CDN ini ada tiga, yaitu pro, business, dan juga enterprise. Pilihlah paket yang paling tepat agar penggunaannya lebih optimal.

5. Sortir Subdomain

Pada tahap ini, Anda akan memilih subdomain mana yang akan Anda aktifkan bersama Cloudflare. Jika ada suatu hal yang perlu disampaikan, tuliskan pada bagian catatan tersebut, lalu klik “Next”.

6. Tahap Verifikasi

Dalam tahap ini, Anda akan mendapatkan nama server nama Cloudflare dari domain yang diinput. Setelah itu, Anda dapat melanjutkannya ke tab Crypto untuk verifikasi catatan Universal SSL.

7. Menunggu Konfirmasi

Langkah terakhir adalah menunggu konfirmasi. Biasanya, tahapan ini membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu berkisar antara 24 jam hingga 72 jam. Anda akan mendapatkan email konfirmasi tentang pembaharuan nama server.

Cloudflare vs VPN

Manakah yang lebih aman? Pertanyaan tersebut sering diajukan oleh beberapa orang. VPN (Virtual Private Network) adalah perantara antar lokasi. Ia berfungsi untuk mengenkripsi lalu lintas dan menyamarkan lokasi pengaksesan yang sebenarnya, sehingga mereka bisa mengaksesnya lebih leluasa. 

Sedangkan DNS milik Cloudflare melakukan keamanan dengan cara menerjemahkan alamat IP numerik menjadi nama domain yang dapat dibaca. DNS ini menawarkan pengaksesan website lebih cepat dan lebih aman.

Jadi, pada dasarnya memang lebih aman menggunakan Cloudflare, tetapii bukan berarti VPN kurang aman. Jika Anda tetap menggunakan VPN, maka sebaiknya upgrade-lah ke versi berbayar. 

Itulah dia beberapa informasi tentang Cloudflare. Pada intinya, layanan ini dibutuhkan untuk meningkatkan keamanan pada website. Jadi, pastikan bahwa website Anda aman dari berbagai serangan dan ancaman.

Tetapi, tak perlu khawatir jika Anda tak menguasai sistem keamanan website. Kami dapat melakukannya untuk Anda. Serahkan saja masalah keamanan website Anda dengan jasa maintenance website dari Sekawan Studio.

Sudah banyak perusahaan besar yang mempercayakan keamanan website-nya pada kami. Berbasis pengetahuan yang luas, kami dapat memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.