Apa itu Bot? Ini Pengertian, Jenis, dan Perannya bagi SEO!

Bot adalah kependekan dari robot, yaitu sebuah software atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melakukan tugas tertentu sesuai perintah manusia. Selain itu, bot juga berperan penting dalam proses optimasi website dengan SEO.
ilustrasi bot membantu pekerjaan manusia
Daftar Isi

Beberapa dari mungkin sudah tak asing dengan istilah bot. Istilah tersebut sudah banyak dibicarakan oleh orang-orang, terlebih di era teknologi yang semakin berkembang ini.

Secara tidak langsung, istilah ini dikenal sebagai alat yang dapat meringankan pekerjaan manusia.

Tetapi, apakah Anda tahu bahwa bot juga memiliki peran penting bagi praktik SEO?

Nah, artikel ini akan membahas seputar topik tersebut yang meliputi pengertian, manfaat, jenis-jenis, dan perannya bagi teknik SEO. Simak artikel berikut!

Apa itu Bot?

Sebelum membahas perannya pada SEO, Anda harus mengetahui terlebih dahulu arti bot. Bot adalah kependekan dari robot, yaitu sebuah software atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melakukan tugas tertentu sesuai perintah manusia. 

Pada dasarnya, bot adalah sebuah program otomatis yang dapat merespon perintah dengan cepat dan akurat.

Beberapa tugas yang biasa diberikan pada perangkat tersebut antara lain seperti mengumpulkan data, mencari informasi, menjalankan perintah tertentu, dan lain sebagainya.

Software tersebut juga dapat berinteraksi dengan penggunanya dengan baik layaknya komunikasi dengan sesama manusia.

Biasanya, perangkat tersebut digunakan untuk kebutuhan respon yang cepat, seperti layanan pelanggan atau customer service, e-commerce, social media, hingga teknik SEO.

Hal tersebut dikarenakan bot adalah perangkat yang dapat menjalankan tugas operasional secara lebih efisien.

Manfaat Bot

Manfaat utama dari bot adalah membantu mengerjakan tugas dan kebutuhan manusia dengan lebih mudah.

Beberapa tugas yang dapat dilakukan oleh bot adalah sebagai berikut.

1. Analisis Data

Software ini dapat digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengatur data dengan efisiensi yang tinggi melalui interaksi dengan pengguna. 

Data memanglah hal yang sangat krusial dalam melakukan decision making sebuah bisnis. Analisis data secara aktual harus diperhatikan dengan baik untuk mendapatkan insight yang dibutuhkan, seperti preferensi, perilaku, demografi, hingga kebutuhan pengguna.

Oleh karena itu, pekerjaan menganalisis data akan lebih mudah dan efisien jika dilakukan dengan bantuan perangkat lunak tersebut.

2. Optimalisasi Pengalaman Pengguna

Manfaat selanjutnya dari bot adalah dapat meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience.

Hal tersebut disebabkan karena perangkat lunak ini dapat melakukan respon cepat dan efisien dengan informasi yang relevan dengan permintaan mereka. 

Hal tersebut dapat mempengaruhi kenyamanan dan kepuasan dari pengguna, sehingga akan meningkatkan profesionalisme bisnis Anda.

3. Memudahkan Aktivitas

Sudah bukan rahasia umum bahwa bot adalah sebuah perangkat yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari Anda.

Di era ini, Anda akan hampir selalu menemukan perangkat tersebut di mana-mana. Sebab, software ini juga biasa difungsikan sebagai virtual assistant untuk manusia, seperti contohnya Siri dan Alexa.

Beberapa kemudahan aktivitas tersebut dapat berupa pengingat, lampu otomatis, smart TV, pengunci pintu otomatis, dan lain sebagainya.

4. Automating Task

Jika Anda memerlukan tugas yang dilakukan secara berulang dan rutin, bot adalah software yang sangat berguna untuk membantu otomatisasi pekerjaan tersebut.

Sebab, penggunaan perangkat ini akan menghemat waktu dan usaha daripada mengerjakannya secara manual.

Jenis-Jenis Bot

Berdasarkan tujuan dan kegunaannya, beberapa jenis bot adalah sebagai berikut.

1. Crawler 

Crawler Dari Google Bernama Google Bot
Crawler Milik Google (Sumber: Analytical House)

Sistem ini juga seringkali disebut sebagai web crawler atau web spider. Fungsinya adalah untuk mengunduh beberapa data dari sebuah website seperti konten, dan mengindeksnya untuk disimpan pada database search engine.

Biasanya, crawler akan melakukan web crawling atau merayapi halaman website di internet sesuai dengan algoritma mesin pencarian, kemudian mengindeksnya.

Setelah itu, algoritma mesin pencarian akan memberikan peringkat sesuai dengan relevansi dan kualitas isinya.

Artinya, semakin berkualitas konten yang Anda buat, maka akan semakin besar peluangnya untuk mendapatkan ranking yang tinggi berdasarkan kata kunci yang digunakan.

Contoh crawler pada mesin pencarian adalah seperti Google, Bing, Slurp, DuckDuck, Baiduspider, dan lain sebagainya. Dari beberapa jenis tersebut, Googlebot adalah yang paling banyak digunakan.

2. Chat

Chat Gpt Yang Merupakan Salah Satu Chat Bot
ChatGPT (Sumber: Unsplash)

Chat bot adalah sebuah software yang dapat membantu mengelola pesan. Jenis ini biasanya dapat Anda temukan pada beberapa bisnis.

Software tersebut digunakan untuk merespon beberapa pertanyaan atau pesan yang diajukan oleh pengguna dengan lebih cepat dan akurat. Contoh dari bot jenis ini adalah ChatGPT.

3. Shop 

Software ini biasanya digunakan pada e-commerce atau marketplace. Sistem ini dapat digunakan untuk membandingkan harga.

Fitur tersebut dapat memudahkan customer untuk menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Social

Jenis ini dapat Anda temukan pada beberapa platform sosial media. Software jenis ini dapat digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna, seperti membalas pesan, menanggapi komentar, mengikuti akun, dan lain sebagainya.

5. Transactional

Sebagaimana namanya, jenis ini digunakan untuk memudahkan transaksi, seperti pembelian produk secara online, pemesanan transportasi, reservasi tempat, booking hotel, dan lain sebagainya.

Biasanya, jenis ini disertai dengan fitur keamanan yang cukup ketat, karena berkaitan dengan data-data pribadi dari pengguna yang sensitif dan rahasia.

6. Malicious

Ilustrasi Malicious Bot Yang Berbahaya
Ilustrasi Bot Berbahaya (Sumber: CPO Magazine)

Meskipun bot adalah perangkat yang dapat memudahkan aktivitas manusia, tetapi ada juga oknum yang menggunakannya untuk kepentingan yang berbahaya seperti jenis yang satu ini.

Jenis ini biasanya digunakan oleh hacker untuk melakukan serangan DDoS atau Distributed Denial of Service, meretas, menyadap, mencuri data, dan lain sebagainya.

Peran Bot bagi SEO

Dari beberapa penjelasan di atas, mungkin Anda sudah mengetahui gambaran bagaimana sistem ini dapat mempengaruhi SEO.

Beberapa teknik optimasi SEO yang dapat Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas konten, memperhatikan waktu loading, dan pengalaman pengguna yang baik.

Bot adalah salah satu perangkat lunak yang dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Software tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan user experience, merespon pelanggan, dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung website.

Selain itu, adanya web crawler seperti Googlebot juga sangat berpengaruh untuk proses optimasi website Anda.

Web crawler akan mengindeks website dengan konten yang relevan dan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

Jika web crawler tidak dapat mengindeks website Anda, maka kemungkinan besar halaman tersebut tidak akan muncul di search engine result page.

Oleh sebab itu, Anda akan memerlukan crawler bot untuk meningkatkan peringkat Anda dengan SEO.

Itulah beberapa informasi tentang bot, meliputi pengertian, manfaat, jenis-jenis, dan juga perannya dalam proses optimasi menggunakan SEO.

Pada intinya, bot, khususnya crawler, sangat bermanfaat untuk meningkatkan traffic dan peringkat website Anda agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna.

Dengan menggunakan crawler, mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya dapat menemukan website Anda dengan mudah dan menampilkannya pada halaman hasil pencarian. 

Hal itu dapat mempengaruhi kredibilitas website Anda, sehingga pengunjung akan lebih percaya untuk mengklik dan menyelami setiap halaman yang ada. Untuk itu, pastikan menggunakan strategi SEO yang tepat.

Jika Anda belum berpengalaman dalam menangani masalah optimasi website dengan SEO, serahkan urusan tersebut pada Sekawan Studio.

Kami menyediakan layanan jasa SEO dan optimasi website untuk membantu situs Anda muncul di peringkat teratas.

Berbasis pengalaman dan pengetahuan yang luas, kami dapat memberikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan website Anda.

Kami juga memastikan untuk menerapkan teknik SEO yang sesuai dengan pedoman Google, sehingga akan aman dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Sudah banyak perusahaan yang mempercayakan urusan SEO-nya pada Sekawan Studio. Mulai dari 5 juta-an saja, Anda akan mendapatkan strategi optimasi lengkap disertai dengan report dan analisis setiap bulannya.

Tertarik? Hubungi kami sekarang juga untuk menentukan paket yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.