Apa itu Coding? Ini Manfaat dan Bedanya dengan Programming

Coding adalah sebuah kegiatan memasukkan atau merancang bahasa pemograman atau yang biasa kita sebut kode. Bahasa pemograman yang sering digunakan adalah Python, Java, C++, PHP, dan Ruby. Jika Anda tertarik untuk melakukan coding maka Anda bisa mencoba aplikasi seperti Sublime hingga Notepad ++
coding
Daftar Isi

Perkembangan teknologi dalam dunia coding semakin hari semakin terasa manfaatnya. Pada dasarnya, coding tidaklah sulit seperti yang kita bayangkan, hanya saja membutuhkan pengetahuan dan strategi yang cukup.

Coding adalah salah satu hal yang harus dipahami ketika ingin terjun ke dunia IT. Meskipun tidak berlatar belakang IT, kegiatan ini tetap bisa dilakukan oleh semua kalangan.

Hal yang penting untuk dipelajari adalah bahasa pemrograman dan beberapa aplikasinya. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai apa itu coding, bahasa pemrograman, serta aplikasi apa saja yang digunakan. Simak informasi lengkapnya berikut!

Apa itu Coding?

Setiap kode yang dimasukkan ke dalam komputer mempunyai makna yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Seseorang yang ahli di bidang kode disebut sebagai seorang coder. Belajar coding juga harus memperhatikan dan mengikuti sintaks yang berlaku. 

Sebelum belajar coding, kita harus memahami dulu apa pengertiannya. Coding adalah salah satu kegiatan yang dilakukan dengan menuliskan kode tertentu ke dalam bahasa pemrograman. Penulisannya menggunakan aturan tertentu, tergantung dengan kebutuhan bahasa yang diperlukan. 

Aturan sintaks atau kode yang digunakan bergantung pada bahasa yang digunakan. Komputer berbeda dengan manusia, sehingga membutuhkan pemahaman khusus untuk menggerakkannya.

Kode yang dimasukkan ke dalam komputer harus bisa terbaca. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam penulisan kodenya. Jika kurang satu karakter titik saja, komputer tidak bisa bekerja membacanya dan akan terjadi error

Manfaat Coding

Mempelajari coding tentu saja memiliki beberapa manfaat. Manfaat tersebut tidak hanya dirasakan pada saat ini, tetapi juga dapat menjadi peluang yang baik pada masa mendatang.

Beberapa manfaat mempelajari hal ini adalah sebagai berikut.

1. Prospek Kerja yang Baik

Di era digital ini, hampir semua bisnis membutuhkan programmer ataupun developer. Hal tersebut disebabkan karena perkembangan teknologi semakin berkembang pesat setiap harinya.

Oleh karena itu, belajar pemrograman memiliki prospek kerja yang bagus di masa sekarang, bahkan hingga beberapa tahun ke depan. Dengan mempelajarinya, Anda dapat menyiapkan rencana masa depan yang baik.

2. Bekerja secara Remote

Hanya dengan modal laptop atau komputer, belajar coding dapat dilakukan dari mana saja. Sama halnya dengan programmer atau developer, pekerjaan tersebut juga dapat dilakukan dari mana saja. Oleh karena itu, salah satu manfaat coding adalah memiliki potensi bekerja secara remote.

3. Penghasilan yang Tinggi

Rata-rata gaji sebagai developer juga cukup tinggi. Rata-rata penghasilan tahunan developer atau software engineer di Amerika adalah sekitar 100.000 USD. Artinya, pekerjaan ini merupakan peluang baik untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi

Jenis Bahasa Pemrograman

Untuk melakukan perancangan kode, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan digunakan.

Menentukan bahasa akan mempermudah seseorang dalam melakukan coding untuk menyesuaikan kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai.

Salah satu contohnya adalah ketika melakukan pembuatan aplikasi berbasis Andorid maupun website, maka bisa menggunakan bahasa pemrograman Java atau PHP.

Ada beberapa jenis bahasa yang digunakan, antara lain :

1. PHP 

Hypertext Preprocessor (PHP) adalah salah satu bahasa coding yang digunakan untuk mengembangkan website maupun aplikasi.

Dalam hal ini, PHP digunakan sebagai user-generated untuk mengambil data yang berasal dari database kemudian dikirimkan ke browser.

Keunggulan lain dari PHP adalah dapat digunakan sebagai pembuatan konten pada website yang bersifat dinamis.

2. Python 

Python merupakan rekomendasi bagi pemula ketika ingin belajar coding. Program yang dapat dibuat dengan bahasa pemrograman ini adalah program GUI, aplikasi berbasis mobile, game dan sebagainnya.

Setiap programmer bebas untuk memilih jenis bahasa yang digunakan, bergantung pada keunggulan masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Selain itu, Phyton juga memiliki kemampuan untuk mendukung object oriented.

3. Java

Java sudah banyak digunakan di kalangan programmer. Bahasa ini mempunyai banyak kegunaan dan dapat digunakan dalam berbagai platform, sehingga disebut sebagai multiplatform. Tahun 1991, Java pertama kali digunakan untuk mengembangkan sebuah proyek oleh Sun Mycrosystem.

Setiap sintaks atau kode yang dimasukkan dapat dijalankan di berbagai platform yang berbeda-beda. Tetapi, penggunaannya cukup memakan storage yang besar. Selain itu, tampilan tools yang disajikan seperti GUI masih kurang menarik. 

4. Ruby 

Ruby juga merupakan bahasa pemrograman open source yang dinamis dengan memiliki sintaks yang berorientasi objek. Pemula juga bisa menggunakan bahasa ini karena memiliki kemampuan yang mudah dan cepat penggunaannya. 

Ada beberapa situs pengembangan yang menggunakan Ruby. Beberapa contohnya adalah Airbnb, Hulu, hingga Twitter, semuanya menggunakan bahasa ini dalam pengembangannya.

5. C++

C++ merupakan pengembangan dari bahasa C yang lebih banyak memiliki fitur, sehingga ada penambahan ++ pada namanya. Bahasa ini berorientasi pada objek dengan membagi ke dalam beberapa kategori atau class.  

Belajar coding adalah hal baru, terutama dalam belajar C++, karena hal dasar terkait pemrograman seperti input-output, percabangan maupun perulangan, ada pada bahasa ini.

Umumnya, bahasa ini digunakan pada perusahaan yang cukup besar karena bahasa coding-nya lebih sulit jika dibandingkan dengan lainnya.

Aplikasi Coding

Dalam belajar coding, kita perlu untuk mengetahui aplikasi apa saja yang dapat digunakan setelah mengetahui bahasa yang digunakan. Di bawah ini ada beberapa aplikasi coding yang dapat digunakan, antara lain:

1. Notepad ++

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi open source yang disediakan gratis dan tidak berbayar. Biasanya, aplikasi ini bawaan dari komputer Anda. Penggunaannya ringan, tetapi fitur yang disediakan juga masih terbatas.

Perusahaan besar tidak memungkinkan untuk menggunakan aplikasi ini, sehingga penggunaannya kurang maksimal. Tampilan yang digunakan juga masih sederhana, aplikasi ini digunakan dalam pembuatan program yang hanya berskala kecil saja.

2. Visual Code Studio 

Keunggulan pada aplikasi ini terletak pada tampilannya yang menarik. Fitur yang disajikan juga bervariasi, ada yang berbayar dan juga gratis.

Fitur yang disediakan juga banyak, seperti Intellisense, Git Integration, Ekstensi serta fitur debugging. Teks editor ini juga multiplatform dan bisa digunakan sebagai operating system pada Windows maupun Linux. 

3. Sublime

Aplikasi ini memiliki penggunaan yang ringan jika dibandingkan dengan Atom. Selain itu, Sublime juga mempunyai tampilan yang menarik dan berwarna.

Sublime dapat digunakan dengan bahasa C++, PHP, CSS, HTML, dan lain sebagainnya. Penggunaan aplikasi ini juga disediakan dalam bentuk gratis bisa diinstal pada Windows maupun Linux. 

4. Atom 

Atom merupakan text editor yang banyak digunakan oleh pengembang website maupun aplikasi. Aplikasi ini termasuk open source, sehingga pengguna dapat menikmati fitur tanpa berbayar.

Salah satu kelebihannya adalah dapat terhubung langsung dengan Github, sehingga akan memudahkan dalam menyelesaikan sebuah projek. 

Selain itu, Atom menyediakan packages yang bisa digunakan dengan menginstalnya sesuai dengan kebutuhan. Hal yang menarik lainnya juga terdapat pada tema yang beragam dalam text editor-nya.

Dengan demikian, aplikasi ini tidak terasa membosankan karena tampilannya berwarna. Fitur lain seperti customize styling juga tersedia, sehingga dapat merubah pengaturan saat ingin digunakan. 

5. Emacs 

Emacs biasanya banyak digunakan oleh pengguna Linux. Aplikasi coding ini menggunakan bahasa C dan Lips. Fitur yang disediakan meliputi berita, debugger serta email.

Kemampuan yang dimiliki terkait dengan integrasinya yang sangat baik jika disebut sebagai text editor saja. Namun, tampilannya masih belum menarik karena dikembangkan jauh sebelum GUI berkembang seperti sekarang.

Selain itu, sebagian besar pengguna menyebutnya kurang user friendly terhadap tampilannya.

Perbedaan Coding dan Programming 

Banyak orang yang masih belum tahu apa perbedaan coding dan programming dan menyamakan kedua istilah tersebut. Meskipun serupa, tetapi keduanya merujuk pada hal yang berbeda.

Programming adalah membubuhkan semua set kode yang berisi instruksi untuk membuat sebuah program.

Biasanya, pemrograman dimulai dari membuat, menguji serta memperbaiki dan melakukan testing dari program yang telah dirancang.

Sementara itu, coding adalah penerjemah bahasa manusia ke dalam mesin dalam bentuk kode. Kebutuhannya yaitu text editor dan hasilnya hanya sebagian dari proyek, sehingga memerlukan pengetahuan dasar mengenai sintaks maupun kode untuk memahami makna tertentu.

Programming membutuhkan tools analisis generator kode maupun tools untuk testing. Selain itu, untuk menghasilkan satu kesatuan projek yang terdiri dari beberapa jenis code menjadi aplikasi atau produk lainnya, memerlukan keahlian untuk modelling, manajemen, proses data dalam suatu projek.

Itulah dia beberapa informasi yang penting untuk Anda ketahui tentang coding. Seperti yang sudah dijelaskan, coding memiliki hubungan yang erat dengan pemrograman, khususnya pada website ataupun aplikasi.

Coding adalah menerjemahkan kode ke dalam komputer. Jenis bahasa yang digunakan sangat beragam, mulai dari kompleks hingga sederhana. Pemilihan bahasa juga disesuaikan dengan kebutuhan.

Sementara itu, untuk aplikasi yang digunakan juga sesuai dengan kebutuhan program yang akan dibuat.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan bahasa yang digunakan ketika kita akan memasukkan kode kedalam komputer.

Jika Anda ingin memiliki website yang nyaman dan profesional tanpa bersusah payah, Sekawan Media adalah solusi terbaik untuk masalah tersebut. Kami menawarkan jasa pembuatan website yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Butuh website untuk toko online? pemerintahan? atau travel? Kami bisa membuatkannya untuk Anda. Mulai dari 15 juta an saja, Anda akan mendapatkan website yang ringan lengkap dengan domain dan fitur-fiturnya. Segera hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya.

 

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.