Linux: Pengertian, Sejarah, Kelebihan, Kekurangan, dan Jenis

Linux merupakan sistem operasi open source yang cukup familiar dikalangan developer untuk memodifikasi source code operation system agar lebih mudah dikembangkan.
programming
Daftar Isi

Linux adalah sebuah operation system yang dapat digunakan secara bebas gratis. Sistem operasi ini bisa dipakai untuk berbagai macam alat komunikasi, seperti komputer, laptop, maupun ponsel. 

Hampir sama seperti Windows, Linux juga biasanya digunakan sebagai sistem operasi perangkat komputer.

Berbeda dengan Windows yang menggunakan tipe file FAT-32 dan NTFS, tipe file yang digunakan oleh sistem operasi ini secara umum adalah ext2, ext3, ext, atau btrfs. 

Sayangnya, sistem operasi ini tidak lebih populer daripada Windows di kalangan pengguna komputer. Padahal sebenarnya, ini juga memiliki beberapa manfaat dan keuntungan. 

Apa saja manfaat dan keuntungan menggunakan Linux sebagai operation system? Simak artikel lengkapnya berikut ini!

Apa itu Linux?

Linux Operation System

Linux adalah sebuah sistem operasi yang dapat digunakan secara open source atau bahkan gratis. Artinya, pengguna dapat lebih bebas menggunakan dan memodifikasi operasi sistem tersebut tanpa harus membayar lisensi.

Pengguna dapat dengan mudah memodifikasi kode sumber atau source code operation system sehingga lebih mudah untuk dikembangkan.

Oleh karena itu, Linux adalah salah satu operation system yang familiar di kalangan para brainware atau orang-orang yang mengoperasikan perangkat komputer. 

Selain itu, sistem operasi ini juga biasanya digunakan pada beberapa alat elektronik seperti ponsel android dan mobil.

Sejarah Linux

Sebelum ini diluncurkan, beberapa sistem operasi seperti UNIX dan Windows sudah muncul terlebih dahulu.

Namun, sistem operasi sebelumnya bersifat close source atau tertutup sehingga pengguna harus membeli lisensi untuk menggunakannya. 

Hal tersebut membuat komunitas developer membentuk sebuah grup yang bernama GNU (akronim dari GNU’s Not Unix). Grup tersebut bertujuan untuk menciptakan sistem operasi yang bebas dan gratis. 

Penggagas grup ini adalah Richard Stallman. Ia ingin pengguna komputer dapat dengan mudah mempelajari source code dari perangkat yang mereka gunakan. 

Pada tahun 1991, seorang mahasiswa komputer dari Universitas Helsinki menemukan sebuah sistem operasi mandiri yang dapat digunakan tanpa menggunakan kode unik yang bernama Linux.

Linux dikembangkan pertama kali oleh Linus Benedict Torvalds, seorang perekayasa perangkat lunak dari Finlandia.

Pada tahun 1993, Linux merilis Slackware sebagai distribusi pertama secara komersial. Setelah Slackware, muncul distribusi yang lainnya seperti Red Hart, SUSE, Ubuntu, dan Debian. 

Linux adalah sebuah sistem operasi yang populer karena dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Pada perkembangannya, sistem operasi juga mampu mendukung perangkat mobile seperti tablet dan juga smartphone.

Fungsi Linux

Linux adalah salah satu sistem operasi yang memiliki banyak manfaat. Manfaat yang paling utama adalah dapat dioperasikan secara bebas tanpa menggunakan kode unik apapun, sehingga pengguna dapat memodifikasi dan menyesuaikannya sendiri sesuai kebutuhan. 

Sistem operasi ini juga dapat digunakan sebagai sistem operasi dari berbagai macam perangkat, seperti smart TV dan smartphone android.

Tak hanya itu, sistem operasi ini biasanya dimanfaatkan sebagai sistem operasi desktop, sehingga dapat digunakan dalam hal pengolahan dokumen dan pengeditan video. 

Sistem operasi ini juga dapat digunakan sebagai server, sehingga cocok untuk digunakan pada pengembangan organisasi maupun bisnis.

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangannya:

1. Kelebihan Linux

  • Dapat digunakan secara bebas dan gratis
  • Pengguna dapat mengembangkannya dengan mudah karena Linux adalah sistem operasi open source
  • Memiliki keamanan yang cukup terjamin, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang jaminan privasi
  • Memiliki performa baik
  • Selalu melakukan pembaruan secara rutin
  • Memiliki banyak jenis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan
  • Memiliki komunitas yang sangat luas di seluruh dunia, sehingga dapat memudahkan penggunanya untuk mengakses informasi tentang sistem operasi ini
  • Proses instalasi yang mudah dan booting yang cepat
  • Ringan untuk dijalankan, sehingga tidak membutuhkan banyak sumber daya dari perangkat komputer

2. Kekurangan Linux

Banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh Linux bukan berarti sistem operasi ini sudah sempurna. Beberapa kelemahannya antara lain adalah sebagai berikut.

  • Sedikitnya dukungan terhadap hardware dan aplikasi yang terdapat pada sistem
  • Kurang cocok digunakan untuk gamis, sehingga memerlukan alternatif lain

Jenis-Jenis Linux

Sistem operasi ini memiliki berbagai macam jenis. Hal tersebut disebabkan karena kebebasan dan kemudahan dalam pengembangannya.

Berikut adalah beberapa jenisnya yang umum digunakan.

1. Ubuntu

Ilustrasi Ubuntu
Ilustrasi ubuntu (sumber: Hostinger)

Salah satu jenis distribusi yang paling populer dari Linux adalah Ubuntu. Sistem ini dapat digunakan pada server dan desktop. 

Ubuntu dikembangkan oleh Canonical Ltd, salah satu perusahaan asal Afrika. Sistem operasi ini melakukan pembaruan secara rutin setiap enam bulan sekali. Ubuntu juga tidak perlu spek yang tinggi untuk instalasinya.

2. Debian

Debian Ubuntu
Ilustrasi Debian (Sumber: MRFDN)

Debian merupakan salah satu distribusi yang cukup stabil dan memiliki manajemen paket yang baik. Oleh karena itu, Debian sangat cocok untuk digunakan dalam server atau komputer admin.

Operasi sistem Debian juga memiliki pemeliharaan yang canggih dengan basis APT, sehingga dapat dijalankan di semua jenis komputer.

3. Fedora

Fedora adalah jenis sistem operasi Linux yang cukup populer di Amerika. Hal tersebut disebabkan karena Fedora memiliki tampilan desktop yang menarik. 

Selain itu, Fedora juga memiliki sistem keamanan yang canggih, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai sistem perkantoran karena tidak mudah terserang virus.

4. Mint

Pada dasarnya, Mint adalah sistem operasi yang berbasis Ubuntu dan Debian. Oleh karena itu, seluruh aplikasi yang dapat beroperasi di sistem operasi Debian juga dapat dioperasikan di sistem operasi Mint. 

Keunggulan dari sistem operasi ini adalah terintegrasi dengan codec multimedia dan juga Java Runtime. Mint juga memiliki dua tipe, yaitu Cinnamon dan Mate.

5. Slackware

Sistem operasi Slackware sangat konservatif, sehingga cocok digunakan untuk pengguna yang berpengalaman. 

Sistem operasi ini dapat memberikan kontrol yang memungkinkan pengguna dapat melakukan instalasi komponen yang dibutuhkan saja.

6. Red Hat

Red Hat adalah salah satu jenis distribusi yang sangat cocok untuk digunakan dalam pengembangan bisnis. Sistem ini dikembangkan oleh Red Hat Inc. 

Kelebihan dari sistem operasi ini adalah kemudahannya dalam instalasi. Selain itu, sistem ini juga memiliki tampilan grafis yang menarik dan pengoperasian yang cukup mudah.

Itulah beberapa informasi tentang Linux. Karena kemudahan dan kebebasannya dalam pengembangan, tak heran jika sistem operasi ini  cukup populer dan banyak digunakan oleh komunitas pengembang perangkat lunak. 

Singkatnya, Linux adalah sistem operasi yang memang bertujuan untuk mempermudah developer dalam mengembangkan berbagai perangkat, aplikasi dan juga website.

Jika Anda ingin membuat website untuk kebutuhan bisnis, Sekawan Studio menawarkan jasa pembuatan website yang cocok untuk bisnis Anda. 

Anda dapat memiliki website yang eksklusif dan tentunya SEO-friendly untuk pengembangan bisnis digital. Tunggu apa lagi? Hubungi Sekawan Studio sekarang!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.