SSD dan Pengaruhnya Terhadap Performa Komputer Anda.

SSD merupakan bagian dari komputer atau laptop yang berfungsi sebagai memori. SSD dan HDD memiliki fungsi yang sama namun keduanya jauh berbeda. SSD dinilai memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan HDD.
ssd
Table of Contents

Jika berkeinginan untuk membeli laptop atau PC baru, tentu Anda akan mencari tahu rincian spesifikasinya bukan? Kini, sudah banyak perangkat yang menawarkan SSD. Solid-state drive (SSD) adalah perangkat penyimpanan data secara permanen dengan sumber daya rendah.

Lantas, bagaimana dengan HDD atau hard disk biasa? Bisa dibilang keduanya memiliki fungsi yang serupa. Tetapi, dari segi konstruksi dan kapabilitasnya SSD tergolong lebih unggul. Ia dapat menyimpan data dengan teknologi cloud hybrid.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan serba-serbi SSD, mulai dari pengertian hingga fungsinya. Kemudian, kami akan membandingkan dengan HDD untuk mengetahui mana perangkat penyimpanan yang cocok Anda gunakan. Yuk, simak artikelnya di bawah ini!

Apa Itu SSD?

Solid-state drive atau SSD adalah media penyimpanan dengan memori non-volatile untuk menyimpan dan mengakses data. Ia memiliki karakteristik pengoperasian tanpa suara, aksesibilitas cepat,  dan konsumsi daya yang lebih rendah.

Media ini telah menjadi pengganti yang sesuai untuk hard drive standar di komputer desktop maupun laptop. Ini merupakan solusi terbaik untuk perangkat yang tidak memerlukan banyak penyimpanan dan cenderung minimalis.

Mengapa disebut minimalis? Ia tidak memiliki bagian yang “bergerak”, karena semua data tersimpan dalam microchip mungil dan ringan. Bahkan, SSD bisa terpasang langsung pada motherboard. Maka dari itu, ia layaknya versi lain dari USB, namun lebih canggih.

SSD bergantung pada memori berbasis flash, seperti NOR dan NAND. Sebagian besar media penyimpanan ini menggunakan memori flash NAND karena lebih cepat untuk menulis dan berukuran lebih kecil daripada NOR. NAND adalah flash non-volatil yang dapat menyimpan data di dalamnya meskipun disk mati.

Fungsi SSD

Tidak hanya mendukung penyimpanan, pembacaan, dan penulisan data, SSD juga menawarkan fungsi aplikatif lainnya untuk kegiatan Anda sehari-hari. Tentunya hal ini akan menunjang kebutuhan atau pekerjaan Anda yang berhubungan dengan komputer. Berikut rangkumannya:

1. Professional

Kebanyakan perkantoran membutuhkan data dalam jumlah besar, untuk dokumen-dokumen penting atau file pemrograman. Anda dapat mengandalkan SSD menyimpannya dalam laptop atau komputer. Aksesibilitasnya tinggi sehingga transfer data Anda dapat berlangsung secara cepat. 

2. Gaming

Apabila Anda hobi bermain game, maka media penyimpanan ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Game terkenal memakan banyak penyimpanan, baik dari segi grafis, audio, hingga beberapa printilan lainnya. Nah, SSD mampu menawarkan performa game supaya lebih praktis dan tidak lemot dalam mengirimkan data.

3. Perangkat Keras

Laptop, komputer, atau tablet Anda dapat terlindungi dari kehabisan daya ataupun dari kerusakan eksternal. Sebabnya adalah media penyimpanan ini memiliki fungsi alternatif sebagai shock resistance, yang mampu menahan guncangan sehingga meminimalisir kehilangan data. Selain itu, ia juga memiliki masa baterai yang sangat lama.

4. Server

Untuk Anda yang berkutat pada bidang server, tidak perlu khawatir ketika melayani PC klien apabila sudah memiliki media penyimpanan ini. Proses transfer dan pembacaan data akan berlangsung secara cepat dan efisien sehingga klien Anda tidak perlu menunggu lama.

Baca Juga: 
Mengenal Structured Data: Komponen Penting untuk Mengelola Website
Peran File Transfer Protocol (FTP) dalam Pertukaran Informasi
Mengenal Rack Server, Solusi Efisiensi Peralatan Maintenance Anda

Perbedaan SSD dan HDD

Untuk memahami mengapa SSD bisa lebih populer daripada HDD, Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara kerjanya dan perbedaannya dengan teknologi penyimpanan lama. Meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk menyimpan data, mereka beroperasi secara berbeda. Berikut penjelasannya:

1. HDD

HDD telah ada lebih dulu jauh sebelum SSD. Anda dapat menemukannya di berbagai perangkat elektronik seperti desktop, laptop, konsol game, ponsel, dan tablet. Namun, sekarang orang-orang lebih mengenal HDD sebagai teknologi lama untuk menyimpan data karena metode operasinya.

Jika Anda familiar dengan pemutar rekaman lama, cara kerja HDD agak mirip dengannya. Ia adalah perangkat penyimpanan volatile yang terdiri dari beberapa piringan atau disk yang berputar di sumbu pusat. Penyimpanan ini memiliki lengan mekanis untuk memungkinkannya menulis dan membaca data.

Terdapat dua ukuran HDD yang populer, antara lain ukuran 2,5 inci pada di laptop dan ukuran 3,5 inci yang ada di desktop. Kecepatan HDD tergantung pada jumlah putaran atau rotasi yang terjadi tiap menitnya. Sehingga, kondisi fisik dari HDD mempengaruhi kinerjanya pula.

2. SSD

Tidak seperti HDD, perangkat penyimpanan SSD tidak memiliki bagian yang bergerak sehingga aksesibilitasnya berjalan secara instan. Sementara HDD memiliki lengan mekanis untuk membaca dan menulis data, SSD menggunakan prosesor atau pengontrol untuk membaca dan menulis data. 

Ia juga berfungsi untuk menyimpan, memulihkan, menyimpan, dan membersihkan data. Oleh karena itu, kecepatan membaca dan menulis data beserta kinerja keseluruhannya pada media penyimpanan ini bergantung pada pengontrolnya.

Kelebihan SSD

Sekarang, mari kita beralih ke perbandingan antara keduanya. Walaupun HDD masih banyak beredar dan terjual di pasaran, kini lebih banyak perusahaan dan konsumen beralih ke drive penyimpanan modern seperti SSD. Inilah alasannya:

1. Kecepatan

Kecepatan adalah keunggulan yang paling menonjol dan signifikan apabila disandingkan dengan HDD. Menurut Kinsta.com, SSD dapat membaca data 10 kali lebih cepat daripada HDD dan menulis 20 kali lebih cepat. Dengan cara ini, ia memberikan waktu booting yang lebih cepat untuk penyalinan dan transfer data.

2. Efisiensi Daya

Karena ketergantungan HDD pada banyak operasi mekanis, maka penyimpanannya membutuhkan daya terus menerus. Sebaliknya, SSD lebih hemat energi dan mengonsumsi lebih sedikit daya karena tidak mempunyai bagian bergerak, sehingga dapat memperpanjang masa pakai baterai.

3. Tidak Overheat

HDD yang melibatkan spare part yang bergerak cenderung membuatnya panas, sehingga mengurangi kinerja sistem secara keseluruhan. Namun, hal ini tidak berlaku pada SSD.

4. Ringan

SSD adalah perangkat penyimpanan yang lebih andal karena dan dapat menahan guncangan, yang tidak dapat dilakukan HDD. Media penyimpanan ini lebih ringan dan senyap daripada HDD, membuatnya lebih efisien dari segi kinerja dan fungsionalitas.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, SSD adalah media penyimpanan modern yang tepat untuk penggunaan laptop dan komputer. Tidak diragukan lagi bahwa pasar media penyimpanan ini sedang booming karena meningkatnya permintaan dari bisnis dan layanan hosting web. 

Namun, apakah SSD akan menggantikan HDD secara permanen? Hal ini tidak bisa kita pastikan, mengingat kapasitas penyimpanannya yang sama-sama besar dan biayanya lebih terjangkau. Namun demikian, kami menyarankan Anda menggunakan SSD daripada HDD untuk perangkat keras Anda.

Sekawan Studio menyediakan jasa pembuatan website untuk mengoptimalkan situs pada SERP.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.