Kenali Motherboard, Penyedia Konektivitas Elektrik Penghubung Komputer.

Motherboard dianggap sebagai hub pusat di mana semua perangkat komputer yang berbeda terhubung dengannya.Dianggap sebagai tulang punggung sistem komputer. Ada berbagai formasi motherboard yang dapat dibedakan berdasarkan anggaran, kebutuhan, persyaratan, dan kecepatan.
motherboard
Table of Contents

Memilih motherboard adalah bagian yang sangat penting dalam membangun PC.

Apa yang dilakukan motherboard? Ini adalah papan sirkuit yang menghubungkan semua perangkat keras Anda ke prosesor Anda, mendistribusikan listrik dari catu daya Anda, dan menentukan jenis perangkat penyimpanan, modul memori, dan kartu grafis (di antara kartu ekspansi lainnya) yang dapat terhubung ke PC Anda.

Di bawah ini, kami akan menyelami anatomi dan memberi Anda semua informasi yang Anda butuhkan untuk mempelajari cara memilih motherboard untuk build Anda.

Apa Itu Motherboard?  

Motherboard adalah papan sirkuit utama di dalam komputer yang menghubungkan berbagai bagian komputer bersama-sama. Ini memiliki soket untuk CPU, RAM dan kartu ekspansi dan juga menghubungkan ke hard drive, drive disk dan port panel depan dengan kabel dan kabel.

Motherboard juga dikenal sebagai mainboard, planar board atau logic board, system board, mobo atau MB. Ini menghubungkan semua bagian individu dari komputer bersama-sama dan juga, memungkinkan CPU untuk mengakses dan mengontrol bagian-bagian yang terpisah ini. Selain menjembatani komponen internal, port motherboard juga memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat eksternal ke komputer. Perangkat eksternal tersebut akan mencakup monitor, speaker, headphone, mikrofon, keyboard, mouse, modem, dan perangkat USB lainnya.

Mengetahui Komponen Utama Motherboard

1. Keyboard dan Mouse

Ada terutama 2 jenis konektor mouse dan keyboard. Konektor pertama dikenal sebagai PS/2 & konektor kedua dikenal sebagai USB.

2. Universal Serial Bus (USB)

Port USB digunakan untuk menghubungkan sistem komputer. Dalam sistem komputer terdapat berbagai jenis perangkat yang terhubung dengan port USB seperti keyboard, mouse, kamera, pemindai, printer, dan perangkat lainnya. Penggunaan utama port USB adalah untuk menghubungkan perangkat periferal dan motherboard komputer. Perangkat periferal yang terhubung ke sistem komputer dapat dimasukkan atau dilepas tanpa sistem restart yang dapat menjadi keuntungan utama dari port USB.

3. Port Paralel

Printer lama yang digunakan di masa lalu menggunakan port paralel untuk terhubung dengan sistem komputer. Di port paralel, beberapa kabel digunakan untuk mengirim atau menerima banyak bit data dalam satu instance. Di sisi lain, port serial hanya menggunakan satu kabel pada satu waktu. Pada port paralel digunakan konektor tipe female DB 25 pin.

4. Chip CPU

Unit pemrosesan pusat adalah prosesor yang mengontrol semua fungsi sistem komputer. Keseluruhan aliran tugas dan fungsi dikendalikan oleh unit pemrosesan pusat. Untuk sistem komputer, unit pemrosesan pusat disebut otak dari sistem komputer.

5. Slot RAM

Slot RAM digunakan untuk menghubungkan RAM (memori) dalam sistem komputer. Pada sistem komputer umum, terutama ada dua slot RAM tetapi terkadang ada empat slot plus di motherboard untuk menambah memori sistem komputer.

6. Kontroler Floppy

Chip motherboard yang lebih tua berisi kabel pita tipe 34-pin untuk menghubungkan sistem komputer dengan floppy drive. Pada kabel pita ini, salah satu ujungnya terhubung langsung dengan sistem komputer dan salah satu ujungnya terhubung dengan motherboard.

7. Pengontrol IDE

Elektronik drive terintegrasi juga dikenal sebagai ATA atau Parallel ATA. IDE adalah jenis komponen yang dikeluarkan untuk kontrol hard drive. Dalam sistem komputer saat ini, dukungan pengontrol IDE tidak didukung.

8. Slot PCI

Bentuk lengkap dari PCI adalah antarmuka komponen periferal. Slot PCI terutama digunakan untuk memasukkan kartu ekspansi ke komputer. Perangkat PCI lainnya juga dapat dihubungkan seperti kartu suara, kartu jaringan, video, kartu, modem, dan perangkat3 lainnya. Dalam dukungan sistem komputer saat ini untuk slot ekspansi PCI tidak ada.

9. Slot ISA

Arsitektur standar industri (ISA) didefinisikan sebagai arsitektur standar untuk bus ekspansi. Slot ISA dikeluarkan untuk menghubungkan perangkat input dan modem.

10. Baterai CMOS

Baterai CMOS digunakan untuk menyimpan pengaturan BIOS pada motherboard. Baterai CMOS juga mampu menyimpan waktu dan data di dalamnya.

11. Slot AGP

AGP (Accelerated Graphics slot) adalah jenis slot komputer yang digunakan untuk memasang kartu video ke sistem. Slot ini merupakan slot berkecepatan tinggi sehingga transfer data dapat dilakukan dengan kecepatan tinggi.

12. Slot CPU

Slot CPU adalah jenis port yang digunakan untuk menghubungkan unit pemrosesan pusat ke motherboard sistem komputer.

13. Slot Catu Daya

Slot catu daya digunakan untuk memberikan suplai listrik ke sistem komputer sehingga dapat memulai dan menjalankan fungsinya. Total catu daya yang diberikan ke sistem adalah sekitar 110 daya ac. Pada konektor jenis power supply terdapat total 20 pin yang digunakan untuk menjaga power supply ke sistem komputer.

Bagaimana Cara Kerja Motherboard?

Definisi motherboard resmi adalah bahwa itu adalah papan sirkuit cetak utama di dalam komputer, yang berarti itu adalah bagian utama dari sirkuit yang dicolokkan oleh semua bagian lainnya untuk menciptakan keseluruhan yang kohesif. 

Motherboard adalah tulang punggung yang mengikat komponen komputer bersama-sama di satu tempat dan memungkinkan mereka untuk berbicara satu sama lain. Tanpa itu, tidak ada bagian komputer, seperti CPU, GPU, atau hard drive, yang dapat berinteraksi. Fungsionalitas total diperlukan agar komputer dapat bekerja dengan baik. Jika motherboard Anda bermasalah, perkirakan beberapa masalah besar.

Baca juga :
Konsep Wireframe dan Implementasinya dalam Desain UI/UX

Faktor Bentuk Utama Motherboard 

Faktor bentuk utama untuk motherboard adalah ukuran dan bentuk. Faktor lainnya adalah tata letak fisik, lubang pemasangan, dan organisasi dewan.

Pada bagian di bawah ini, beberapa faktor bentuk disebutkan di bawah ini:

1. ATX

Dalam tipe ini, lokasi standar ditentukan untuk mouse, keyboard, perangkat input/output, konektor video, dan perangkat lainnya. Pada tahun 1990, faktor bentuk ATX dikembangkan. Slot ekspansi diberi lokasi baru seperti pada slot ekspansi faktor bentuk ini diberi ruang terpisah sehingga dapat dihubungkan dengan motherboard.

2. Mikro-ATX

Manfaat yang didapat dari Micro-ATX sama dengan dari form factor ATX. Perbedaan utama adalah peningkatan dalam desain sistem sehingga biaya keseluruhan komponen dapat dikurangi karena ukuran motherboard berkurang dalam faktor bentuk ini. Ukurannya diperkecil dengan mengurangi nomor slot I/O pada motherboard.

Apa Saja Fungsi Motherboard? 

  • Bertindak sebagai tulang punggung pusat komputer di mana bagian modular lainnya dipasang seperti CPU, RAM, dan hard disk.
  • Motherboard juga bertindak sebagai platform di mana berbagai slot ekspansi tersedia untuk menginstal perangkat / antarmuka lain.
  • Motherboard juga bertanggung jawab untuk mendistribusikan daya ke berbagai komponen komputer.
  • Mereka juga digunakan dalam koordinasi berbagai perangkat di komputer dan memelihara antarmuka di antara mereka.
  • Beberapa Ukuran motherboard yang tersedia adalah: BTX, ATX, mini-ATX, micro-ATX, LPX, NLX dll.

Kesimpulan 

Motherboard adalah jenis papan sirkuit yang dipasang di sistem komputer di mana semua komponen sistem komputer terhubung. Dianggap sebagai tulang punggung sistem komputer. Ada berbagai formasi motherboard yang dapat dibedakan berdasarkan anggaran, kebutuhan, persyaratan, dan kecepatan. Motherboard dianggap sebagai hub pusat di mana semua perangkat komputer yang berbeda terhubung dengannya.

Motherboard tidak semenarik mengambil CPU yang terlalu kuat atau kartu grafis luar biasa yang mampu memompa kecepatan bingkai tinggi pada 4K. Namun demikian, berkualitas baik dengan fitur yang Anda butuhkan adalah bagian penting dari PC Anda, dan sangat penting dalam hal overclocking. Melakukan sedikit riset untuk mendapatkan papan yang tepat akan sangat membantu dalam menciptakan PC yang kokoh.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.