Mengenal Rack Server, Solusi Efisiensi Peralatan Maintenance Anda

Rack server adalah komputer yang dirancang untuk ditempatkan dalam struktur persegi panjang dengan berbagai ukuran. Fungsi rack server untuk menyimpan server dengan kelebihannya yaitu hemat tempat serta mudahnya perawatan.
rack server
Daftar Isi

Ada beberapa jenis komputer kasar di luar sana yang mendukung berbagai aplikasi militer, industri, dan komersial yang berbeda. Namun, yang paling umum dikenal dengan sebutan Rack Server.

Komputer tangguh yang dapat digeser, hot-swappable, bertenaga tinggi ini ideal untuk lingkungan dan program yang keras yang menekankan konservasi ruang, skalabilitas, kemampuan upgrade, dan perluasan.

Dalam posting blog ini, kita akan membahas cara kerja server rack, berbagai ukuran server rack dan bagaimana Anda dapat memilih yang terbaik dari keduanya agar sesuai dengan program atau aplikasi Anda.

Pengertian Rack Server

Rack Server, juga dikenal sebagai server pemasangan rak, server pemasangan rak, atau komputer pemasangan rak, adalah komputer yang dirancang untuk ditempatkan dalam struktur persegi panjang.

Keuntungan dari rack server termasuk penghematan ruang yang lebih baik untuk server rack, peningkatan skalabilitas, aliran udara maksimal bila digabungkan dengan sistem pendingin dan kemudahan perawatan dan diagnostik komputer secara teratur, mengingat desainnya memungkinkan teknisi dan operator untuk dengan mudah memasukkan server rack ke dalam dan dari mereka.

Tujuan Penggunaan Rack Server

Seperti semua server, rack server menyediakan data dan layanan khusus untuk klien. Mereka biasanya ditemukan di pusat data yang penuh dengan lusinan, atau bahkan ratusan, rack server dan lemari rak server. Rack Server yang kokoh sering ditemukan di lapangan yang mendukung aplikasi militer dan industri.

Bersertifikat untuk standar militer dan industri seperti MIL-STD-810, MIL-STD-461, CE, FCC atau DO-160, mesin bertenaga tinggi yang andal ini telah diuji stres untuk menahan kondisi lingkungan yang keras, seperti sangat tinggi atau suhu rendah, getaran selama transportasi atau operasi dan kelembaban di bagian dunia di mana kelembaban atmosfer meresap.

Dalam program militer, sering ditemukan terletak di dalam kotak server bersertifikasi  MIL-STD-810, yang ringkas dan kokoh atau mendukung aplikasi komputasi tertanam.

Rack Server memungkinkan operasi TI Anda untuk mengoordinasikan, melindungi, dan menyimpan sumber daya pemrosesan data Anda. Saat Anda memasang unit server Anda ke rack server Anda membuat jaringan untuk perusahaan Anda yang dapat diskalakan dan dikelola. Sebagian besar organisasi memiliki lusinan rack server , dan beberapa bahkan memiliki ratusan atau lebih, semuanya merupakan bagian dari jaringan perusahaan yang sama, dan bekerja untuk menjaga operasi data tetap berjalan.

Sebagian besar rack server adalah alat tulis dan terbuat dari logam. Namun, dalam instalasi militer, rack server dirancang agar portabel untuk bekerja di lapangan, dan dirancang dengan tas jinjing, pelindung anti debu, peralatan pendingin portabel, bumper karet, dan elemen desain lain yang memungkinkan untuk menjaga server mereka. sistem di perjalanan.

Cara Kerja Rack Server

Secara mekanis, rack server dapat masuk dan keluar dari server dengan mudah. Fitur ini sangat berguna, memungkinkan administrator sistem, teknisi, dan operator untuk mendiagnosis masalah teknis dan suku cadang hot-swap tanpa mematikan dan membongkar seluruh sistem. Fitur tersebut sangat penting untuk program dan aplikasi yang sangat penting, di mana periode waktu henti yang lama dapat mengakibatkan kerugian finansial, cedera, atau bahkan kematian.

Secara komputasi, kinerja, sumber daya, dan layanan rack server adalah khusus untuk kebutuhan program atau aplikasi.

Instalasi militer jarak jauh di gurun mungkin memerlukan basis data rak, email, web, file, atau server aplikasi berdaya tinggi untuk mendukung komputasi di tempat dan akses ke sumber daya dan intelijen penting, sementara gudang komersial atau rig minyak industri dapat mengoperasikan serangkaian server rack yang menyimpan dan memproses data dari kamera keamanan, komputer jalur perakitan, atau sistem kontrol fracking.

Baca juga :
Mengetahui ISP, Provider Pendukung untuk Koneksi Internet Anda
Mengenal Perkembangan dan Penggunaan Internet Beserta Manfaatnya
Simak 4 Fitur CRM yang Penting untuk Pemasar Bisnis Kecil

Komponen Pada Rack Server

Sementara kapasitas semua komponen ini dapat sangat bervariasi tergantung pada data dan kebutuhan komputasi Anda, sebagian besar rack server individu berisi komponen umum berikut:

  • Motherboard—Papan server tunggal ini menghubungkan semua sistem di rak Anda, dan memungkinkan komponen dan bus data untuk berkomunikasi satu sama lain.
  • Unit Pemrosesan Pusat (CPU)—Juga dikenal sebagai prosesor. Sementara motherboard menyediakan koneksi, itu adalah CPU yang memungkinkan Anda untuk mengatur proses dan mengeluarkan instruksi ke server di rak Anda. Anggap saja sebagai pikiran yang berjalan di otak komputer Anda.
  • RAM (Random Access Memory)—Singkatnya, ini adalah kapasitas pemrosesan data aktif dari tumpukan server Anda. Tingkatkan dengan lebih banyak unit server, atau turunkan dengan menghapusnya. Tetapi rak server dengan slot memori server paling banyak akan memudahkan untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan Anda di masa mendatang, tanpa konfigurasi ulang yang memakan waktu.
  • Host-Bus Adapter (HBA)—Item sederhana ini memungkinkan Anda menghubungkan perangkat eksternal ke server Anda, seperti penyimpanan jaringan.
  • Port I/O—Port ini merupakan subkategori tersendiri, dan tempat Anda menempatkannya dapat berdampak besar pada desain dan fungsionalitas server Anda. Jenis port termasuk USC, port serial atau port AUX. Yang mana yang Anda pilih akan bergantung pada ukuran server, kasus penggunaan, dan konfigurasi Anda.
  • Ruang drive—Hampir setiap konfigurasi rak server akan memiliki ruang drive tambahan yang disertakan. Ini memungkinkan Anda untuk membawa lebih banyak hard disk drive (HDD) atau solid State drive (SSD) sesuai kebutuhan Anda.
  • Peralatan ekstra—Ini adalah pengaya kecil yang membuat tumpukan server Anda lebih mudah dikelola. Item umum termasuk rel rak, palang untuk mengikat kabel Anda, dan sistem pendingin yang menjaga rak server Anda tetap sehat dan kuat.

Ukuran Rack Server

Sebagian besar memiliki lebar 19 inci dan dengan demikian dapat memenuhi konfigurasi standard 19 inci. Pada dunia industri biasanya datang dalam konfigurasi 19 inci tetapi juga ditawarkan dengan lebar 23 inci dan 24 inch.

Ketinggian biasanya diukur dalam unit rak. Satu unit rak (U) sama dengan 1,75 inci.

Server racking adalah proses menentukan berapa banyak  rackmount yang dapat ditampung. Saat berbelanja komputer rak, Anda akan sering melihat ukuran unit rak dinyatakan sebagai [angka]U. Untuk menentukan tinggi server atau rak Anda dalam inci, cukup kalikan nomor unit rak dengan 1,75 inci.

Misalnya, mungkin memiliki tinggi rack 1U, yang setara dengan 1,75 inci ruang vertikal; oleh karena itu, rak harus memiliki setidaknya 1U dimensi rak, atau setidaknya 1,75 inci ruang vertikal, agar server tak dapat meluncur ke dalamnya dengan benar.

Pertimbangkan dengan dimensi rak 4U , yang setara dengan 7 inci ruang vertikal. Rack server kecil yang khas dengan tinggi rack 4U dapat menampung satu rack server 4U, yang akan menjadi ukuran 7 inci yang sempurna, tetapi juga dapat menampung:

  • Empat server rack 1U , membutuhkan ruang vertikal 1,75 inci 
  • Dua server rack 2U , membutuhkan ruang vertikal 3,5 inci 
  • Satu server rack 3U dan satu rack server 1U, masing-masing membutuhkan ruang vertikal 5,25 dan 1,75 inci
  • Satu  2U dan dua 1U, membutuhkan ruang vertikal 3,5 inci untuk server 2U dan ruang vertikal 1,75 inci untuk setiap server 1U

Secara alami, ada rack server yang jauh lebih tinggi daripada rak 4U.

Ketinggian rak umum lainnya termasuk rack 42U dan 44U, yang masing-masing setara dengan 73,5 dan 77 inci ruang yang dapat digunakan. Anda dapat memasukkan segudang berukuran berbeda ke dalam rak setinggi ini, atau Anda dapat menggunakan dua puluh satu  2U untuk  42U dan dua puluh dua 2U untuk 44U.

Jenis Rack Server

Closed Rack Server

Closed Rack adalah rak server tertutup yang dilengkapi dengan double ceiling fan, menggunakan pintu kaca dan pelindung sisi metal galvanis yang kuat dan kaku untuk menahan beban hingga 50 kg lebih. Hal ini membuat rak tertutup menjadi server rak yang kuat dan aman.

Open Rack Server

Berbeda dengan closed rack, tipe open rack server merupakan tipe yang paling sederhana, dimana penempatan semua peralatan jaringan lebih tertata dan mudah. Sehingga harga open rack server lebih murah dibandingkan dengan harga closed rack. Tetapi jenis server rak ini cocok untuk penggunaan bisnis kecil untuk menyimpan data bisnis penting.

Wallmount Rack Server

Jenis rack server yang satu ini biasanya digunakan untuk menyimpan semua peralatan jaringan termasuk hub switch, modem, dan peralatan jaringan lainnya. Biasanya rak dinding ini memiliki satu pintu atau dua pintu. Namun model dan desainnya cukup sederhana. 

Kesimpulan

Rack server adalah salah satu item yang paling berguna dalam perangkat keras TI, memungkinkan Anda untuk menyimpan beberapa server dalam struktur rak yang hemat tempat. Modul server disimpan dalam slot pemasangan yang disebut bay dan seringkali dapat menampung antara satu dan delapan unit server. Tidak seperti rak menara yang dirancang untuk disimpan di lemari mereka sendiri, server ini juga memiliki profil yang lebih rendah yang memungkinkan  Anda untuk duduk di rak, menjaga mereka dari lantai.

Rack Server praktis karena keserbagunaannya, yang memungkinkannya untuk ditumpuk, diperluas, dan mungkin yang paling penting, berjejaring. Mari kita lihat mengapa server rack telah menjadi aksesori standar dalam manajemen perangkat keras TI.

Sekawan Studio membuka jasa desain website, jasa pembuatan website, dan jasa maintenance website berkualitas. Jika anda tertarik, silakan hubungi kontak kami lebih lanjut.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.