Mockup: Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya

Mockup adalah sebuah konsep desain yang akan diimplementasikan oleh desainer. Aplikasi yang dapat digunakan untuk membuatnya yaitu Balsamiq, Figma, Mockflow, Marvelapp, UXPin, Pidoco dan NinjaMock.
Mockup
Daftar Isi

Mockup sangat erat hubungannya dalam desain produk karena penting dalam proses pengembangannya. Membuat desain secara cepat dengan menggunakan kertas dan alat tulis saja tidaklah cukup.

Rancangan desain yang baik juga akan mempengaruhi implementasi dalam pengembangan produk. Sebaliknya, jika rancangan desain yang diberikan tidak baik juga akan berpengaruh dalam implementasi produknya. 

Rata-rata para desainer grafis membuat rancangan produk terlebih dahulu jika ingin benar-benar membuat sebuah desain produk. Salah satunya dengan bantuan mockup.

Pada dasarnya, gambaran ini dapat Anda gunakan untuk desain dengan tujuan dan kepentingan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Artikel ini akan membahas mengenai pengertian mockup, fungsi, kelebihan dan kekurangan, contoh, serta aplikasi seperti Balsamiq dan aplikasi lainnya. Yuk, simak!

Apa itu Mockup?

Mockup Adalah
© Unsplash

Mockup adalah rancangan desain yang akan diimplementasikan pada produk dan terdiri dari beberapa elemen warna, tipografi, layout, spasi dan navigasi.

Pada dasarnya, mockup memang lebih kompleks daripada sketch serta wireframe yang umumnya berisi gambaran secara garis besar dari desainnya. 

Di samping itu, mockup adalah alat yang memudahkan desainer untuk memberikan gambaran desain sebagai contoh desain sebenarnya untuk ditunjukkan pada klien.

Sebaliknya, klien dapat melihat desain terkait dan tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan feedback sebagai preferensi sistem sebelum desain tersebut menjadi produk jadi.

Fungsi Mockup

Setelah mengetahui pengertiannya, dapat dilihat bahwa fungsi utama mockup adalah sebagai preview sebelum dirilis atau diproduksi. Selain fungsi utama tersebut, ada pula beberapa fungsi lain seperti :

  • Membandingkan antara desain saat masih rancangan dengan desain yang sudah dicetak
  • Menggunakannya sebagai acuan teknik dalam merancang desain
  • Menghemat pengeluaran untuk mencetak terlebih dahulu jika ingin melihat desain yang Anda buat
  • Menyesuaikan dengan rancangan yang akan Anda buat, seperti warna, desain, tipografi, dan template.
  • Media promosi atau portofolio.

Keuntungan dan Kekurangan Mockup

Melansir dari situs glints, berikut beberapa keuntungan dan kekurangannya:

Keuntungan MockupKekurangan Mockup
Memberikan perspektif yang realistisKurang menggambarkan flow produk
Mempermudah perbaikanMenimbulkan ekspektasi yang berbeda
Mempermudah stakeholderHanya berupa tampilan visual
Hemat Anggaran

Anatomi Mockup

Setiap desain pasti memiliki anatomi. Berikut beberapa anatomi mock up yang wajib dipahami:

1. Layout

Layout merupakan gambaran penempatan konten. Layout ini ada beberapa jenis, seperti F-shape, Z-Shape, Single Column dan masih banyak lagi.

2. Warna

Warna merupakan salah satu elemen penting saat mendesain produk, karena penggunaannya dalam desain dapat memengaruhi pengguna terhadap suatu produk.

3. Tipografi

Penggunaan jenis font, ukuran, dan spacing pada teks dapat memengaruhi kualitas produk. Untuk itu, dalam penentuan komponen mock up, tipografi merupakan salah satu yang wajib diperhatikan.

4. Kontras

Selain warna, kontras juga aspek dari mockup yang harus diperhatikan. Tingkat kontras dalam tampilan web ataupun aplikasi sangatlah berpengaruh.

Jika tingkat kekontrasan tidak sesuai, maka pengguna akan mengalami kesulitan dalam membaca kontennya.

Contoh Mockup

Berikut adalah beberapa contoh mockup dari beberapa macam produk.

1. Aplikasi atau Website

Rancangan mockup pada pembuatan aplikasi atau website sangat diperlukan untuk melihat kesesuaian rencana dengan konsep yang dibuat.

Tujuannya adalah agar setiap tim maupun klien mendapatkan gambaran real dari website dan aplikasi tersebut.

Beberapa yang termasuk pada mockup website dan aplikasi adalah meliputi warna, navigasi, tipografi, tampilan secara menyeluruh, dan elemen-elemen lainnya.

2. Kemasan Produk

Contoh gambaran desain yang lainnya adalah kemasan produk. Jenis mockup ini sangat penting untuk mengetahui hasil desain kemasan secara aplikatif. Hal tersebut dikarenakan bentuk fisik dari sebuah kemasan tidak selalu datar dan berbentuk simetris.

3. Logo

Mockup biasanya juga dilakukan pada desain logo. Biasanya, desain logo akan diaplikasikan pada beberapa gambaran, seperti logo untuk tampilan website, logo untuk merchandise, logo untuk ID card, dan lain sebagainya.

Aplikasi Mockup

Bagi Anda yang tertarik membuat mock up, berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan:

1. Balsamiq 

Gambar Halaman Balsamiq
Gambar Halaman Balsamiq (from personal screenshot)

Balsamiq adalah salah satu aplikasi mockup yang sering digunakan oleh web designer. Aplikasi ini berbasis online dan offline dengan versi terbarunya yaitu Balsamiq 3.

Manfaat aplikasi ini adalah untuk membantu klien mereview hasil dengan mudah dan memberikan komentar secara langsung terkait desain tersebut.

Kelebihan balsamiq adalah terdapat fitur kolaborasi dengan sesama tim dalam satu projek yang sama menggunakan fitur collaborative editing. Baru-baru ini balsamiq tersedia dalam versi web-app yaitu Balsamiq Cloud.

Balsamiq dapat diakses secara online dengan cara membuat akun kemudian membuat projek baru. Anda dapat mengedit atau membuat projek baru dengan membuka akun tersebut.

Projek yang sebelumnya kita buat juga akan tersimpan. Hasil mockup dapat disimpan dalam bentuk file pdf atau png.

2. Figma 

Gambar Halaman Mock Up Page Figma
Gambar Page Mock Up Figma (from personal screenshot)

Figma adalah salah satu aplikasi mockup yang juga tersedia dalam web-app maupun versi desktopnya. Fiturnya lebih lengkap daripada fitur Balsamiq dan juga terdapat fitur drag-and-drop dalam space Figma. 

Sama halnya, ketika menggunakan Google Docs, anggota tim dapat Anda atur sebagai commenter sehingga dapat memberikan feedback pada desain tersebut. 

Adanya fitur menarik lainnya yaitu tersedia pencarian gambar online untuk desain yang terintegrasi dengan Unsplash sehingga gambarnya akan mendapatkan kualitas terbaik. Begitu juga mockup yang dihasilkan juga bernilai baik.

3. MockFlow 

Gambar Halaman Mockflow
Gambar Halaman Mockflow (from personal Screenshot)

MockFlow adalah tools yang dapat Anda gunakan versi desktopnya dalam sistem operasi Windows maupun Mac. Tools ini mempunyai fitur yang bisa menempatkan projek sesuai dengan kategorisasi yang ada.

Misalnya, projek yang sedang Anda kerjakan selesai maupun di-approved. Keunggulan tersebut pastinya akan menambah performa mockflow serta dapat meningkatkan collaboration

Tools ini juga merupakan multiplatform dan multifungsi karena dapat Anda gunakan dalam membuat desain apapun selain mockup.

Jika kurang puas dengan template yang tersedia, Anda dapat mengunduh template lain pada mock store dengan menambahkan fitur atau mengklik tombol “+” kemudian akan otomatis tersedia dan terinstal langsung.

4. MarvelApp

Gambar Halaman Marvelapp
Gambar Halaman MarvelApp (from personal screenshot)

MarvelApp adalah salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk desain dengan tampilan yang sangat sederhana.

Banyak template desain yang telah tersedia. Anda juga dapat memilih template secara langsung dengan drag-and-drop pada area untuk desain.

Tidak kalah menarik, tools ini mempunyai fitur handoff yang dapat Anda pakai untuk mengubah desain mockup kedalam kode aset sehingga dapat dilanjutkan untuk proses coding.

5. UXPin

Gambar Halaman Uxpin Mockup
Gambar Halaman UXPin Mockup (from personal screenshot)

UXPin mempunyai dua versi, yaitu versi desktop dan web App, sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakan versi offline yang tidak bergantung dengan koneksi internet.

Tampilannya mempunyai view setting dark mode atau gelap dan juga bisa diubah menjadi terang. Sama halnya dengan software lainnya yang mempunyai fitur untuk kolaborasi dengan sesama tim untuk saling kerjasama dalam desain.

Anda dapat menggunakan proteksi password untuk melihat desain demi keamanan proyek. Kelebihan dari tools ini yaitu terdapat fitur smart guide serta snapping untuk lebih mempermudah pekerjaan Anda.

6. Pidoco 

Gambar Halaman Pidoco
Gambar Halaman Pidoco (from personal screenshot)

Pidoco adalah platform yang bisa digunakan tanpa harus mendapatkan versi desktop karena dapat langsung digunakan dalam website atau secara online.

Setelah proses desain selesai, akan otomatis tersimpan di dalam storage Pidoco. Banyak kelebihan fitur yang tersedia, seperti reusable component yang bisa membuat pekerjaan semakin cepat dalam menyelesaikannya. 

Berkolaborasi antar tim juga semakin mudah karena adanya comment history yang dapat dilihat oleh semua anggota. File desain dapat Anda simpan dalam format pdf, png, svg, serta html.

7. NinjaMock

Gambar Halaman Ninjamock
Gambar Halaman NinjaMock (from personal screenshot)

NinjaMock hampir sama dengan Pidoco yang dapat digunakan langsung melalui laman website resminya secara online tanpa harus mengunduh versi desktopnya.

Fitur yang sangat menarik yang tersedia yaitu vector editor tool yang bisa Anda gunakan untuk menggambar setiap elemen yang diinginkan dengan ukuran berbeda. 

Terdapat pula fitur untuk sharing project serta dapat melakukan online commenting secara bersama sehingga semakin memudahkan tim dalam berkolaborasi mengerjakan projek. Toolbar yang tersedia tergolong lengkap yang memuat tabel data, chart, peta, basic, dan sebagainya.

Platform juga tersedia gratis tanpa harus berbayar. Namun, apabila ingin menggunakan tanpa NinjaMock branding, Anda dapat membayarnya sekitar $6,99 untuk versi personalnya.

Cara Membuat Mockup 

Umunya, mockup adalah rancangan desain, tetapi Anda bisa membuat mockup dengan menggunakan aplikasi maupun tools untuk mempermudah dalam pembuatannya. Pembuatannya memang mudah, tetapi Anda harus melakukan penempatan komponennya dengan tepat.

Secara umum, cara membuat mockup terdiri dari lima cara seperti dibawah ini, tetapi langkah pembuatannya diselaraskan dengan aplikasi maupun mockup tools yang Anda gunakan.

Adapun cara membuat mockup secara umum, sebagai berikut:

  • Pilihlah aplikasi atau mockup tools untuk membuat desain, sesuaikan dengan kebutuhan Anda karena setiap aplikasi mempunyai spesifikasi yang berbeda.
  • Setelah menemukan aplikasi yang cocok, pilihlah topik desain apa yang ingin Anda buat, seperti desain e-commerce, business, marketing, e-government ataupun yang lainnya
  • Pilihlah ukuran maupun gambar yang akan Anda sisipkan pada template desain. Ukurannya dapat Anda sesuaikan dengan kertas yang akan digunakan, seperti poster, A4 ataupun lainnya
  • Tentukan komponennya, seperti tipografi. Selain itu, penulisannya juga dapat disesuaikan dengan spasi, konten, dan warna
  • Lihat hasil akhirnya, terlebih dalam keselarasan antara desain dengan topik yang Anda pilih sebelumnya. Apabila belum sesuai, Anda dapat menunjang kembali dan memperbaikinya
  • Jika sudah selesai membuat desain, download hasilnya dengan format yang sesuai dengan kebutuhan. Format yang tersedia biasanya beragam jenisnya

Beberapa langkah tersebut, dapat Anda gunakan sebagai referensi cara membuat mockup secara umum. Namun, hal tersebut juga bergantung dengan aplikasi atau tools yang anda gunakan.

Kesimpulan 

  • Pengertian mockup adalah sebuah rancangan desain yang terdiri dari beberapa elemen terkait dengan warna, tipografi, layout serta elemen lain yang harus ada seperti spasi dan navigasi.
  • Ada beberapa mockup tools yang bisa Anda gunakan dalam membuat desain, yang terdiri dari versi desktop serta dalam versi web app.
  • Balsamiq adalah salah satu yang umum digunakan oleh desainer dalam membuat sebuah desain. Dalam membuatnya juga memperhatikan cara membuat mockup yang benar, dari memilih aplikasi hingga menghasilkan desain yang terbaik.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu contoh mock up adalah pada rancangan pembuatan website.

Nah, jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website bisnis dengan desain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, Sekawan Studio dapat menjadi solusinya.

Sekawan Studio telah dipercaya puluhan klien dari berbagai industri dan perusahaan terkemuka di Indonesia. Oleh karena itu, kunjungi situs web Sekawan Studio untuk informasi lebih lengkapnya!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.