Figma: Tool Wajib UI/UX Designer.

Figma kini menjadi salah satu tools yang harus dikuasai oleh UI/UX designer. Penggunaan tools ini yang dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan tools lainnya, membuat figma banyak dipakai oleh UI/UX designer.
figma
Table of Contents

UI/UX designer memiliki kontribusi penting dalam mendesain sebuah aplikasi atau website. Untuk menghindari terjadinya redesign antara pihak UI/UX designer dengan tim pengembangan, kini telah muncul tool baru yakni Figma. Tool ini dapat diakses secara online sehingga tidak perlu mengunduh aplikasinya. Penggunaannya yang terbilang cukup simpel dan efisien membuat tool ini banyak digunakan oleh UI/UX designer. Bagi anda yang belum mengetahui mengenai tool ini, mari kita ulas lebih jelas dalam artikel kali ini !

Apa Itu Figma?

Figma adalah tool desain berupa website yang terhubung dengan cloud sehingga bisa digunakan kapanpun dan dimanapun melalui koneksi internet. Tool ini berbasis vector, sehingga akan lebih cocok untuk mendesain UI website atau mobile dan aset ilustrasi. 

Kelebihan dari tool ini yakni Figma lebih mengutamakan kemudahan design jamming atau mendesain bersama-sama dalam satu platform tanpa harus menggabungkan secara manual. Hal inilah yang menjadi poin menarik bagi designer untuk memilih tool tersebut dibandingkan tool lainnya. 

Agar dapat menggunakan seluruh fitur yang ada, anda perlu melakukan registrasi dengan alamat email atau pilihan akun lain yang tersedia pada menu login. Terdapat tiga pilihan paket yang ditawarkan oleh tool ini yakni :

  • Starter – paket untuk personal yang gratis tanpa tenggat waktu
  • Professional – paket berbayar cocok untuk bekerja secara tim dengan project kecil hingga sedang
  • Organization – paket berbayar cocok untuk perusahaan atau tim dengan project sedang hingga besar

Manfaat Figma bagi UI/UX Designer

1. Fitur Kolaboratif 

Figma memiliki fitur kolaboratif yang memudahkan suatu kelompok untuk melakukan kolaborasi kerja secara real-time dengan peranti masing-masing. Sehingga, mereka dapat mengerjakan designnya dalam waktu bersamaan dan mengeditnya secara bersama. Atasan bisa memantau pekerjaan kelompoknya dengan mudah dari rumah. Jika terdapat kesalahan informasi dan kesalahan pada design, atasan dapat segera melihat dan mengoreksi kesalahan tersebut.

Bahkan, setiap orang memiliki nama cursor-nya masing-masing, sehingga kita bisa mengetahui siapa saja dan berapa orang yang sedang bekerja dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu, pekerjaan yang biasanya memakan waktu lama dapat selesai lebih cepat dan efisien dengan menggunakan design tools ini. Aplikasi ini juga sangat mempermudah pekerjaan yang bersifat remote.

2. Berbasis Website dan Gratis

Figma merupakan aplikasi berbasis website atau browser. Pengoperasian aplikasi ini dapat berjalan pada sistem desktop Mac Os dan Windows. Selain itu, aplikasi ini juga dapat beroperasi pada Android dan iOS dengan aplikasi pendampingnya yaitu Figma Mirror. Tersedianya tool ini secara website membuat penggunanya tidak perlu repot-repot menginstal design tools ini. UI/UX designer hanya membutuhkan internet untuk mengaksesnya. 

3. Menyediakan Berbagai Macam Fitur

Aplikasi ini memberikan keleluasaan penggunanya untuk menggunakan berbagai macam fitur yang lengkap. Beberapa fitur yang tersedia dalam Figma di antaranya yakni smart animation, drag and drop, selection tools, font open type, fitur pembuatan komponen desain, dan kolom komentar.

Adapun fitur plugin agar UI/UX desainer dapat bekerja lebih efektif dan cepat. Selain itu, dengan aplikasi ini kita dapat mengetahui segala progres yang terjadi dan siapa saja yang mengerjakannya melalui fitur version history.

4. Simpel dan Cocok bagi Pemula

Berbeda dengan aplikasi desain untuk UI/UX lainnya seperti Adobe Photoshop, Adobe XD, dan Sketch. Fitur-fitur dan tools dalam Figma lebih terlihat simpel. Desainer pemula akan lebih cepat memahami dan mempelajari fitur-fitur dan tools-nya.

Baca Juga:
Ternyata Big Data Bermanfaat bagi Bisnis!
Bisnis Franchise Bikin Untung atau Buntung?

Fitur-fitur Figma

Tool Design
Tool Design  ©Unsplash

1. Design Features

Design features pada Figma menawarkan kemudahan untuk membuat desain yang responsif serta otomasi menggunakan plugin. Fitur ini sangat cocok digunakan untuk mendesain UI aplikasi atau website. Atribut yang tersedia pada design features yakni:

  • Pen tool modern
  • Open type 
  • Stretch to fill
  • Auto layout untuk tim developer
  • Plugin tambahan

2. Prototyping Features

Setelah melakukan proses desain, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan pada saat membangun website atau aplikasi adalah dengan melakukan prototyping. Figma juga menyediakan elemen berupa prototyping features yang membuat proses pembuatan alur ini semakin mudah dan tetap menarik.

Tersedia fitur andalan seperti menambah animasi, GIF, jenis interaksi, dan pilihan transisi yang bisa diatur secara singkat. Untuk melihat hasil prototyping,anda bisa menggunakan fitur mobile viewing yang dibuat semirip mungkin pengaturan yang telah diimplementasi.

3. Design Systems Features

Design system features merupakan fiture yang dengan mudah terdapat aksesibilitas dan elemen pendukung lain yang lengkap. Fitur ini menawarkan library dan aset yang lengkap sehingga dapat ditemukan secara cepat. Selain itu, anda juga dapat mengukur penggunaan dan perubahan apa yang dilakukan tim pada desain tersebut.

4. Collaboration Features

Jenis fitur terakhir merupakan keunggulan Figma yang sangat dibutuhkan jika bekerja dengan tim. Collaboration features memudahkan para tim untuk bisa bekerja bersama dalam satu page atau halaman secara realtime.

Keberadaan tool Figma sangatlah berperan besar dalam membantu tugas UI/UX design dalam merancang design website maupun aplikasi. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh tool ini membuat figma banyak digemari oleh UI/UX designer dibandingkan dengan tool serupa lainnya.

Sekawan Studio menawarkan paket jasa pembuatan website terbaik dan profesional di Malang. Kunjungi laman resmi kami dan dapatkan berbagai penawaran khusus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.