Apa itu Website Statis? Manfaat, Kelebihan & Cara Membuatnya

Website statis adalah jenis website yang berstruktur HTML. Web statis juga disebut dengan website tradisional karena dahulu orang yang melakukan coding website sudah pasti membuat website yang statis.
website statis
Daftar Isi

Ada dua jenis website yang umum digunakan saat ini, yaitu website statis dan dinamis. Namun, apa perbedaan dari keduanya?

Perbedaan website statis dan dinamis terletak pada konten halaman, yang mana web statis memiliki isi konten yang tetap. Sementara itu, konten dalam halaman website dinamis dapat berubah-ubah.

Kali ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai website statis. Simak penjelasan lengkap tentang web statis pada artikel di bawah ini!

Apa itu Website Statis?

Website merupakan kumpulan halaman yang berisi informasi berupa konten teks, gambar, video, ilustrasi dalam satu domain. Website bertujuan untuk memberikan informasi dan dapat diakses oleh pengguna internet. 

Untuk mengakses website, Anda bisa menuliskan URL atau nama website yang akan dituju pada kotak URL. Selain digunakan sebagai media informasi, website juga bisa berfungsi sebagai media promosi.

Nah, website statis adalah jenis website yang berstruktur HTML. Kode HTML inilah yang membentuk halaman suatu situs menjadi website statis. Pada setiap halaman web statis juga memiliki kode HTML yang terpisah. 

Web statis diciptakan menggunakan bahasa pemrograman seperti CSS, JavaScript, dan HTML dan memakai server-side rendering atau yang sering disebut dengan istilah SSR.

Melansir dari situs dicoding, web statis juga disebut dengan website tradisional karena dahulu orang yang melakukan coding website sudah pasti membuat website yang statis.

Selain itu, situs website statis menjadi salah satu jenis situs yang paling banyak digunakan sejak kehadiran World Wide Web (WWW).

Baca Juga: Maintenance Website, Tujuan, dan 6 Cara Maintenance Website

Manfaat Website Statis

Website statis kerap menjadi pilihan karena memiliki beberapa manfaat unggul yang dapat didapatkan. Beberapa manfaat tersebut di antaranya:

1. Keamanan Terjamin

Dengan menggunakan web statis, keamanan situs Anda bisa terjamin. Inilah salah satu manfaat yang membedakannya dengan web dinamis, yang mana sering menjadi target peretas untuk diambil data-datanya.

Keamanan web statis berhubungan dengan penyimpanan database konten. Penyimpanan database konten tidaklah rumit dan disimpan secara independen dari interface front-end website.

Peluang peretas untuk mengambil database bisa dibilang kecil karena pada jenis web ini, pengunjung tidak terhubung secara langsung dengan database konten.

2. Skalabilitas yang Luas

Konten dalam web statis dapat ditampilkan pada beberapa channel tanpa harus melakukan penulisan ulang konten. Hal ini didukung oleh struktur web statis yang bisa dengan mudan melakukan adaptasi terhadap segala jenis perubahan pada website.

3. Kecepatan Loading Website

Web statis mempunyai file HTML yang cenderung ringan dibanding dengan website dinamis. Hal ini dapat mengoptimalkan pengalaman pengguna dengan menghindari masalah seperti gambar rusak ataupun gagal memuat.

Selain itu web statis memiliki kecepatan loading website yang cepat sehingga juga bisa meningkatkan SEO secara lebih maksimal.

4. Fleksibilitas Pengembangan Website

Pembentukan web statis yang menggunakan bahasa pemrograman seperti Vue, Ruby, Javascript, dan lain sebagainya dapat mempermudah proses pengembangan website

Selain itu, web developer juga dapat menggunakan infrastruktur teknologi cloud karena memiliki tingkat independensi yang rendah pun pengembangannya sederhana.

Kelebihan Website Statis

Beberapa kelebihan dari web statis diantaranya:

  • Tidak memerlukan skill pemrograman spesifik untuk menciptakan web statis
  • Tidak memerlukan aplikasi server
  • Kemudahan dalam segi development dan maintenance website menggunakan bahasa pemrograman HTML
  • Biaya pembuatan dan operasional yang ekonomis

Kekurangan Website Statis

Di balik kelebihan yang dimilikinya, web statis juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui. Berikut uraiannya:

  • Fungsionalitas terbatas
  • Kurang menarik dari segi tampilan
  • Konten bersifat statis
  • Intensitas interaksi dengan klien terbatas
  • Tidak memakai database dan pemrograman PHP di server

Perbedaan Website Statis dan Dinamis

Sebelum membuat website, ada baiknya untuk Anda mengetahui perbedaan antara dua jenis website yaitu web website statis dan dinamis terlebih dahulu. Berikut perbedaan keduanya:

AspekWebsite StatisWebsite Dinamis
DesainLebih sederhana dan klasikKekinian dan bervariasi
DatabaseMembutuhkan database yang kecilMembutuhkan database yang besar
KontenJarang melakukan update atau perubahan kontenKonten dapat diubah sewaktu-waktu
InteraksiInteraksi minim karena pengunjung hanya bisa mengakses dan menikmati konten yang tersediaInteraksi dapat dilakukan secara langsung dengan melakukan perubahan pada konten, melakukan login, dan lain sebagainya
Tujuan PenggunaanDigunakan untuk situs yang berfungsi sebagai media informasi seperti company profileDigunakan untuk media sosial dan marketplace yang memungkinkan terjadinya interaksi antara 2 orang seperti penjual dan pembeli
UkuranMemiliki ukuran yang kecil karena sistem pemrogramannya tidak rumitMemiliki ukuran yang besar karena bahasa pemrogramannya kompleks
Bahasa PemrogramanCSS, HTMLPHP, ASP

Contoh Website Statis

Sebelum membuat website, ada baiknya melihat referensi mengenai website statis sekaligus agar Anda memiliki gambaran yang jelas tentang jenis website ini.

Secara umum contoh website statis adalah landing page, website portofolio, formulir online, halaman dokumentasi, dan situs blog sederhana. 

Untuk lebih jelasnya, berikut kami uraikan beberapa contoh website statis secara lengkap:

1. Sekawan Studio

Contoh Website Statis Sekawan Studio
Contoh website statis Sekawan Studio

Sekawanstudio.com masuk ke dalam jenis situs web statis karena berisi konten yang berisi informasi mengenai jasa pembuatan website.

2. Adimas

Contoh Website Statis Adimas
contoh website statis Adimas

Contoh website statis selanjutnya adalah adimas. Website adimas berisi informasi mengenai produk yang mereka tawarkan berupa asbes.

3. Megah Anugerah Industri

Contoh Website Statis Megah Anugerah Energi
Contoh situs web statis Megah Anugerah Energi

Kemudian contoh website statis lainnya adalah megah anugerah industri. Website perusahaan ini berisi tentang informasi mengenai produk yang ditawarkan berupa bio solar (B30) dan marine fuel oil (minyak bakar).

Cara Membuat Website Statis

Untuk membuat website statis Anda bisa menggunakan static site generator. Aplikasi ini menyederhanakan proses konversi data ke website dengan menggunakan template HTML ke konten atau data. 

Static site generator memiliki berbagai variasi yang dapat digunakan pada bahasa pemrograman juga kerangka kerja yang berbeda. Untuk memilih static site generator, Anda bisa memperhatikan aspek tujuan web, ukuran, dan fungsionalitasnya.

Berikut beberapa static site generator (SSG) yang bisa Anda gunakan:

  • Next.js: Kerangka kerja yang biasa digunakan untuk aplikasi react statis
  • Nuxt.js: Kerangka kerja berbasis Vue
  • Hugo: SSG berbasis Go
  • Eleventy: SSG berbasis JavaScript
  • Gatsby: SSG berbasis React
  • Jekyll: SS berbasis Ruby

Baca Juga: Pahami Cara Optimasi Website WordPress dengan SEO

Itulah informasi mengenai website statis mencakup pengertian, manfaat, kelebihan, kekurangan, dan contohnya yang dapat kami sampaikan!

Dapat disimpulkan bahwa web statis merupakan opsi yang sering digunakan untuk membuat website. Hal ini didukung dengan beberapa faktor seperti database yang kecil, terjamin keamanannya, memiliki skalabilitas, dan loading website yang cepat

Jika Anda membutuhkan web statis untuk memenuhi kebutuhan company, Sekawan Studio merupakan pilihan yang tepat.

Sekawan Studio merupakan website agency dengan tim profesional yang menyediakan jasa layanan pembuatan website yang dapat mengoptimalkan user experience. Hubungi tim Sekawan Studio segera untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.