Optimasi Website WordPress dengan SEO.

SEO hadir untuk membantu anda dalam mengoptimalkan website Anda. Terdapat berbagai macam cara dalam mengoptimasi website yang sesuai dengan kaidah SEO.
Maximalfocus Asset
Table of Contents

Website merupakan salah satu media digital yang efektif apabila Anda ingin menggunakannya sebagai media pemasaran produk. Saat ini, sudah banyak sekali macam website di mesin pencari dan salah satunya adalah website wordpress sehingga Anda perlu melakukan optimasi website agar website Anda mampu bersaing dengan milyaran website lainnya yang mungkin saja berisi konten yang sama dengan Anda. 

SEO hadir untuk membantu anda dalam mengoptimalkan website Anda. Terdapat berbagai macam cara dalam mengoptimasi website yang sesuai dengan kaidah SEO. Lantas mungkin Anda penasaran Apa saja cara optimasi website? 

Ayo, simak dan pelajari lebih lanjut karena semuanya akan dibahas di artikel ini!

Cara Mengoptimasi Website WordPress dengan SEO

Agar website Anda berada di peringkat teratas mesin pencari, Anda perlu mengoptimasi website Anda. Dalam upaya tersebut, terdapat beragam cara untuk optimasi website wordpress Anda dengan SEO, antara lain:

1. Optimasi On-page

Teknik optimasi ini merupakan optimasi yang hanya berfokus pada halaman utama website Anda. Optimasi ini juga dapat membuat website Anda memiliki peluang untuk menempati peringkat teratas mesin pencari.

Adapun cara-caranya, seperti:

  • Optimasi title tag

Anda perlu melakukan optimasi judul agar Google dapat memahami dengan mudah terkait website Anda. Judul yang baik yaitu judul yang singkat, padat, mengandung kata kunci, dan mudah dipahami. Judul juga tidak seharusnya panjang karena dapat menimbulkan bias dan mengaburkan makna asli.

  • Optimasi description tag

Optimasi ini dapat membuat website Anda menjadi lebih menarik dan eye-catching sehingga akan lebih banyak pengguna yang mengakses website Anda. Description tag atau meta description harus mengandung kata kunci seperti yang ada pada judul agar Google crawler dapat memahami maksud dari website Anda.

  • Optimasi URL 

URL atau Uniform Resource Locator adalah identitas dari suatu laman website. Agar website Anda menarik perhatian mesin pencari, URL seharusnya singkat dan mengandung kata kunci. Semakin singkat URL, maka semakin baik pula website Anda.

  • Optimasi konten/isi

Konten atau isi harus memberikan informasi yang lengkap sesuai dengan apa yang user cari. Konten yang baik adalah konten yang lengkap, informatif, berkualitas, dan natural, artinya tidak mengandung unsur plagiasi.

  • Optimasi bahan penunjang

Bahan penunjang dapat berupa gambar, video, dan lain sebagainya. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal ketika hendak menambahkan bahan penunjang pada website Anda. Anda perlu menuliskan text atau tag alternatif agar Google crawler dapat mengenali gambar tersebut. Selain itu, Anda juga perlu menambahkan title image (judul atau caption) dan membuat image description

Anda tidak boleh membuat title image dan image description asal-asalan karena hal tersebut dapat mempengaruhi website Anda. Google crawler mungkin saja mendefinisikan dan mengelompokkan website Anda tidak sesuai dengan tujuan atau keinginan Anda karena title image dan image description yang asal-asalan.

  • Link internal

Link internal adalah link yang berada di dalam website Anda dan menuju ke website lain yang masih relevan. Berkaitan dengan hal ini, hindari menghubungkan website Anda dengan link yang tidak relevan atau dengan artikel yang persis sama karena tidak akan memberikan manfaat apapun ke website Anda.

  • Kecepatan website

Kecepatan website juga berpengaruh dalam optimasi website. Semakin cepat website, maka semakin baik pula website tersebut. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kecepatan website Anda yaitu lokasi dan spesifikasi server hosting, kecepatan koneksi internet, ukuran file (gambar, video, atau file multimedia lainnya), plugin, dan source code yang digunakan (HTML, Javascript, CSS, dll).

2. Optimasi Off-page

Sesuai dengan namanya, optimasi off-page berlawanan dengan optimasi on-page karena optimasi ini dilakukan di luar halaman utama website Anda. Berbagai cara dalam optimasi ini, antara lain:

  • Link building

  • Brand mention di media sosial

  • Review user

  • Share di media sosial

Baca juga :
Teknik White Hat SEO dalam Optimasi Gambar di Website
Mengenal Backlink, Faktor Penting Dalam SEO Off-Page
5 Cara Terampuh Untuk Mempercepat Loading Website Anda

Kesimpulan

Dalam melakukan optimasi website wordpress, terdapat berbagai macam optimasi yang dapat Anda lakukan. Anda dapat memilih untuk menggunakan optimasi on-page atau off-page atau bahkan keduanya. Semua pilihan ada di tangan Anda.

Ingat untuk selalu memperhatikan kaidah SEO dalam optimasi website Anda.

Sekawan Studio menyediakan Jasa Maintenance Website untuk memudahkan Anda dalam mengoptimasi website yang Anda miliki.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.