12 Cara Optimasi Website WordPress dengan SEO, Mudah & Ampuh!

SEO hadir untuk membantu anda dalam mengoptimalkan website Anda. Terdapat berbagai macam cara dalam mengoptimasi website yang sesuai dengan kaidah SEO.
hand arrange white letters as seo
Daftar Isi

Website merupakan salah satu media digital yang efektif untuk pemasaran digital. Oleh karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara optimasi website WordPress dengan benar.

Saat ini, sudah banyak sekali macam website di mesin pencari dan salah satunya adalah website WordPress, sehingga Anda perlu melakukan optimasi website agar website mampu bersaing dengan milyaran website lainnya yang mungkin saja berisi konten yang sama dengan Anda. 

SEO hadir untuk membantu anda dalam mengoptimalkan website Anda. Terdapat berbagai macam cara dalam mengoptimasi website yang sesuai dengan kaidah SEO.

Lantas, apa saja cara optimasi website? Ayo, simak dan pelajari lebih lanjut cara optimasi website WordPress berikut ini!

Cara Mengoptimasi Website WordPress dengan SEO

2 Cara Optimasi Website Wordpress Dengan Seo
Sumber: glints.com

Agar website Anda berada di peringkat teratas mesin pencari, Anda perlu mengoptimasi website. Dalam upaya tersebut, terdapat beragam cara optimasi website WordPress Anda dengan SEO, antara lain:

1. Optimasi On-page

Teknik optimasi ini merupakan optimasi yang hanya berfokus pada halaman utama website Anda. Optimasi ini juga dapat membuat website Anda memiliki peluang untuk menempati peringkat teratas mesin pencari.

Lantas, bagaimana Cara optimasi website WordPress yang baik dan benar? Adapun cara optimasi website WordPress adalah sebagai berikut:

a. Optimasi Title Gag

Cara optimasi website WordPress yang pertama adalah optimasi title tag. Anda perlu melakukan optimasi judul agar Google dapat memahami dengan mudah terkait website.

Judul yang baik yaitu judul yang singkat, padat, mengandung kata kunci, dan mudah dipahami. Judul juga tidak seharusnya panjang karena dapat menimbulkan bias dan mengaburkan makna asli.

b. Optimasi Description Tag

Optimasi ini dapat membuat website Anda menjadi lebih menarik dan eye-catching sehingga akan lebih banyak pengguna yang mengakses website Anda.

Description tag atau meta description harus mengandung kata kunci seperti yang ada pada judul agar Google crawler dapat memahami maksud dari website Anda.

c. Optimasi URL

Title Tag, Meta Description, Dan Url Di Serp
Contoh title tag, meta description, dan URL di SERP | sumber: Morningscore

URL atau Uniform Resource Locator adalah identitas dari suatu laman website. Agar website Anda menarik perhatian mesin pencari, URL seharusnya singkat dan mengandung kata kunci. Semakin singkat URL, maka semakin baik pula website Anda.

d. Optimasi Konten/Isi

Cara optimasi website WordPress selanjutnya adalah memberikan informasi yang lengkap sesuai dengan apa yang user cari melalui konten atau isi pada website Anda.

Konten yang baik adalah konten yang lengkap, informatif, berkualitas, dan natural, artinya tidak mengandung unsur plagiasi.

e. Optimasi Multimedia

Multimedia dapat berupa gambar, video, dan lain sebagainya. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal ketika hendak menambahkan bahan penunjang pada website.

Anda perlu menuliskan text atau tag alternatif agar Google crawler dapat mengenali gambar tersebut. Selain itu, Anda juga perlu menambahkan title image (judul atau caption) dan membuat image description

Anda tidak boleh membuat title image dan image description asal-asalan karena hal tersebut dapat mempengaruhi website.

Google crawler mungkin saja mendefinisikan dan mengelompokkan website Anda tidak sesuai dengan tujuan atau keinginan Anda karena title image dan image description yang asal-asalan.

f. Internal Link

Internal link adalah link yang berada di dalam website Anda dan menuju ke website lain yang masih relevan.

Berkaitan dengan hal ini, hindari menghubungkan website Anda dengan link yang tidak relevan atau dengan artikel yang persis sama karena tidak akan memberikan manfaat apapun ke website Anda.

g. Kecepatan Website

Kecepatan website juga berpengaruh dalam optimasi website. Semakin cepat website, maka semakin baik pula website tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kecepatan website Anda, yaitu lokasi dan spesifikasi server hosting, kecepatan koneksi internet, ukuran file (gambar, video, atau file multimedia lainnya), plugin, dan source code yang digunakan (HTML, Javascript, CSS, dll).

2. Optimasi Off-page

2 Cara Optimasi Website Wordpress Dengan Seo
Sumber: unsplash.com

Sesuai dengan namanya, optimasi off-page berlawanan dengan optimasi on-page karena optimasi ini dilakukan di luar halaman utama website Anda. Berbagai cara dalam optimasi ini, antara lain:

a. Link Building

Link building merupakan aspek kunci dalam strategi SEO off-page yang sangat vital. Teknik ini melibatkan usaha untuk memperoleh tautan (backlink) dari situs lain yang mengarah ke situs Anda.

Penting untuk memastikan bahwa backlink berasal dari situs berkualitas dan relevan, agar dapat meningkatkan reputasi situs Anda di mesin pencari.

Algoritma page rank yang dikembangkan oleh Google menjadi acuan bagi banyak pengelola situs dalam menentukan kualitas backlink.

Dalam praktik link building, terdapat empat faktor utama yang perlu diperhatikan, yakni authority (otoritas), relevansi topik, jenis tautan dofollow dan nofollow, serta volume traffic atau kunjungan ke situs.

b. Pemasaran Konten

Cara optimasi website WordPress selanjutnya adalah dengan melakukan pemasaran konten. Pemasaran konten memainkan peran penting dalam strategi SEO off-page.

Memasarkan konten berkualitas ke platform digital seperti penerbit online dapat meningkatkan visibilitas konten Anda.

Contoh strategi pemasaran konten termasuk pembuatan dan distribusi konten berkualitas, publikasi guest post, dan pembuatan infografis. Pemasaran konten juga dapat terintegrasi dengan link building, media sosial, dan media iklan.

c. Brand Mention di Media Sosial

Media sosial dapat digunakan sebagai sarana untuk mendukung strategi SEO off-page. Berbagi informasi setelah merilis konten baru atau artikel di situs Anda dapat meningkatkan visibilitas dan menciptakan sinyal positif kepada Google.

Meskipun tidak secara langsung memengaruhi peringkat, kehadiran aktif di media sosial dapat meningkatkan reputasi dan kesadaran merek.

Komunikasi yang efektif dengan pelanggan potensial dapat dibangun melalui media sosial, memudahkan interaksi dan meningkatkan pemahaman merek.

d. Memanfaatkan Google Bisnis

Cara optimasi website WordPress selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur, seperti Google My Business atau Google Bisnisku dapat memberikan informasi tambahan tentang bisnis Anda.

Menambahkan informasi dasar, foto, dan tentu saja alamat situs web dapat membantu peningkatan visibilitas dalam hasil pencarian Google.

e. Listing Bisnis

Melibatkan identitas bisnis dalam listing bisnis merupakan salah satu cara optimasi website WordPress yang efektif.

Khususnya untuk bisnis yang menawarkan produk seperti makanan, minuman, jasa penginapan, atau rekreasi, menempatkan informasi di situs ulasan dapat meningkatkan eksposur bisnis Anda.

Itulah dia penjelasan lengkap terkait bagaimana cara optimasi website WordPress dengan SEO. Dalam melakukan optimasi website WordPress, terdapat berbagai macam optimasi yang dapat Anda lakukan.

Anda dapat memilih untuk menggunakan optimasi on-page atau off-page atau bahkan keduanya. Semua pilihan ada di tangan Anda.

Agar website dan bisnis Anda dapat dijangkau oleh pasar yang lebih luas, gunakan layanan jasa SEO dari Sekawan Studio.

Kami akan membantu meningkatkan peringkat website Anda secara organik dan meningkatkan konversi bisnis menggunakan kata kunci yang sesuai yang sering dicari oleh user, sehingga leads masuk dan menjadi konversi penjualan.

Kunjungi website Sekawan Studio untuk informasi selengkapnya terkait jasa SEO sekarang juga!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.