Direct Marketing untuk Membangun Komunikasi yang Baik dengan Customer.

Direct marketing adalah pemasaran produk atau layanan jasa kepada customer secara langsung. Beberapa jenis direct marketing yang sering digunakan yaitu email notifications, mobile marketing, push notification dan messenger marketing.
direct marketing
Table of Contents

Apakah Anda masih ragu dengan kualitas strategi pemasaran yang anda lakukan terhadap produk anda? Saat ini, semakin banyak bisnis yang berkembang persaingan muncul pada semua ceruk, dan kebutuhan untuk menemukan dan menerapkan cara baru tentang cara mengubah customer potensial menjadi customer tetap juga meningkat. Oleh karena itu, Anda membutuhkan Direct Marketing dalam bisnis Anda. 

Menurut riset, Direct Marketing dapat membantu Anda meningkatkan tingkat pembukaan aplikasi sebesar 26% dan tingkat retensi seluler sebesar 92%. Dalam artikel ini kami akan membantu Anda untuk mempertahankan lebih banyak customer dan memberikan tips memahami apa itu Direct Marketing. 

Pengertian Direct Marketing

Direct Marketing atau pemasaran secara langsung adalah jenis promosi yang menawarkan transfer informasi tentang produk, layanan, atau perusahaan secara langsung kepada customer. Dengan demikian, target audiens menerima semua informasi iklan tanpa perantara dan pihak ketiga. 

Fitur utamanya adalah respons langsung – sebuah organisasi yang terlibat dalam pemasaran harus langsung menetapkan saran bagi pelanggan untuk merespons secara langsung upaya pemasaran mereka, terutama pesanan dan permintaan pembeliaan. Pemasaran langsung diarahkan melalui hak beriklan keapada konsumen untuk memperoleh tangga langsung dari mereka terhadap daya tarik iklan: yang seringkali dipandang sebagai salah satu alat komunikasi marketing 

Jenis Direct Marketing

Berikut ini merupakan beberapa Direct Marketing yang paling populer : 

1. Email Notifications

Email Notification atau pemberitahuan email, adalah cara sederhana, terjangkau, dan terukur untuk berkomunikasi dengan customer. Berikut ini beberapa contoh strategi yang efektif 

  • Email promotion 
  • Buletin 
  • Trigger email 

2. Mobile Marketing

Jenis Direct Marketing ini dianggap 4-5 kali lebih efektif daripada bentuk periklanan online lainnya. Hal ini didasarkan pada pengiriman materi promosi ke perengakta seluler Anda. Dengan bantuan Mobile Marketing, jika Anda berbiara tentang penawaran saat ini, maka pembeli akan langsung mengecek pemberitahuan tersebut dan mengetahui status pesanan mereka sekaligus. 

3. Push Notification

Push Notification adalah pesan yang dikirim ke pengguna melalui browser yang muncul di sudut layar ponsel atau komputer, Pemberitahuan push memungkinkan Anda berinteraksi dengan calon pelanggan secara langsung. Tidak perlu mengumpulkan alamat email atau data pribadi lainnya karena pelanggan diidentifikasi oleh informasi yang disimpan di browser yang digunakan.

Namun, jangan lupa untuk mengingat kemungkinan resiko saat mengirim Push Notification, misalnya, pemberitahuan tersebut dapat mengganggu atau bahkan dianggap sebagai spam, yang akan mempengaruhi sudut pandang pelanggan terhadap produk Anda. Notifikasi yang mengganggu hanya akan memaksa pengguna untuk berhenti berlangganan. Juka, pemberitahuan push telat menetapkan batas karakter, dimana judul tidak boleh melebihi 64 karakter dan teks – 240 karakter. Oleh karena itu, jaga relevansi dan kegunaan konten Anda untuk meningkatkan minat. Terlebih lagi, perlu diingat bahwa notifikasi ini hanya ditampilkan sekali dan akan sulit untuk menemukannya lagi. 

4. Messenger Marketing

Dengan jenis ini, Anda dapat membuat chatbot untuk messenger populer seperti Telegram, Facebook, Messenger, WhatsApp. Chatbots membantu sebuah brand untuk mengoptimalkan jawaban atas pertanyaan umum dari pelanggan, memungkinkan mereka untuk memesan produk Anda serta mempelajari lebih dalam tentang produk Anda. 

Baca juga :
Mengulas SPAM: Upaya Distraksi Kenyamanan Aktivitas Internet
Apa Itu Viral Marketing dan Manfaat Bagi Bisnis Agar Tepat Sasaran

Manfaat Direct Marketing

Direct Marketing memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk atau layanan Anda langsung ke target audiens Anda dan mengukur hasil dengan cepat, tetapi manfaatnya tidak berhenti di situ. Berikut manfaat Direct Marketing : 

1. Tingkatan Proses Menarik Prospek

Kampanye pemasaran langsung memungkinkan Anda terhubung dengan cepat dengan audiens target Anda dan membuat penawaran yang tepat pada waktu yang tepat.

2. Memungkinkan Anda Mengirim Konten yang Dipersonalisasi

Pemasar mengumpulkan informasi seperti usia, pendapatan, faktor perilaku untuk mengirim pesan yang dipersonalisasi. Jadi, dengan usaha yang relatif kecil, merek menunjukkan minat pada setiap pelanggan.

3. Mempromosikan Pemasaran Layanan dan Produk yang Efektif

Tidak seperti strategi lainnya, pemasaran langsung memungkinkan Anda membuat kampanye bertarget untuk menarik pelanggan potensial yang bermotivasi tinggi. Ini memastikan efisiensi maksimum saat mengirim email promosi ke audiens yang tersegmentasi.

Contoh Direct Marketing

1. Toyota Corolla

Direct Marketing adalah peluang besar bagi bisnis, jika digunakan dengan cara yang benar, tetapi juga merupakan cara yang baik bagi agency untuk memamerkan keahlian mereka. 

2. Touch Branding

Merupakan agensi branding yang memaksimalkan potensi brand mereka. Mereka di Praha dan berpengalaman dari 15 tahun dalam kampanye yang mereka lakukan. Mereka menyusun direct Marketing dengan salinan yang berdampak pada brand besar mereka. 

3. Canva

Keindahan email Canva terletak pada kesederhanaannya. Ketika mereka membuat konsep desain baru, mereka mengiklankan ke semua pelanggan mereka dan mengirim email sehingga mereka tahu dan dapat mulai menerapkan template baru dalam presentasi dan infografis mereka 

Kesimpulan

Direct Marketing merupakan hal bisa Anda terapkan, terutama sebagai cara untuk mengatur penjualan barang secara langsung ke jumlah maksimum pelanggan tanpa iklan perantara dan kontak pribadi yang mahal. Pada saat yang sama, Direct Marketing adalah alat yang efektif untuk melibatkan audiens target dalam komunikasi dengan perusahaan untuk menginformasikan dan membangun hubungan saling percaya dengan calon customer Anda.

Sekawan Studio membuka jasa desain website, jasa pembuatan website, dan jasa maintenance website untuk membantu proses optimasi kecepatan situs Anda di search engine Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.