Cyber Security: Pengertian, Manfaat, dan 9 Jenis Ancamannya

Cyber Security adalah upaya untuk melindungi suatu sistem, jaringan, serta program dari serangan bahaya digital. Teknologi ini penting untuk menjaga keamanan komputer dan perangkat lainnya.
cyber security
Daftar Isi

Berbicara tentang kejahatan digital, Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah cyber security. Kejahatan cyber dewasa ini kian marak terjadi.

Sejatinya, Anda dapat meminimalisir hal itu dengan beberapa cara, salah satu caranya adalah memanfaatkan teknologi dengan baik dan tepat guna.

Lantas, apakah yang dimaksud dengan cyber security? Apa fungsinya dan bagaimana cara untuk memaksimalkan cyber security agar dapat meminimalisir terjadinya kejahatan digital? Silakan Anda simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Cyber Security?

Cyber security adalah sebuah sistem yang berupaya untuk melindungi website atau aplikasi, baik dari aspek jaringan, sistem, ataupun program-programnya, dari serangan kejahatan digital atau cyber crime.

Cyber crime merupakan suatu upaya penyerangan berupa akses paksa, pengubahan secara paksa, pencurian informasi, maupun penyerangan berupa gangguan proses.

Sistem ini bertugas untuk melindungi komputer dan perangkat lainnya, seperti server, sistem, jaringan, serta data-data penting dari serangan yang bersifat membahayakan.

Sistem Keamanan satu ini dapat juga disebut sebagai teknologi informasi yang dapat berguna dalam berbagai konteks, seperti untuk kegiatan bisnis atau program komputerisasi.

Cyber security memang secara khusus bertujuan untuk melawan atau memerangi ancaman dari beberapa hal, baik yang berasal dari dalam maupun luar.

Sistem keamanan satu ini memiliki suatu kompleksitas yang diciptakan oleh teknologi berbeda-beda.

Manfaat Mempelajari Cyber Security

Dewasa ini, kenaikan angka pengguna serta penggunaan perangkat nyatanya berbanding lurus dengan peningkatan data-data penting yang memiliki tingkat urgensi dan sensitivitas tinggi.

Karena hal itu, peran keamanan siber menjadi penting dalam setiap proses agar tidak terjadi hal-hal yang kurang diinginkan, baik bagi individu maupun perusahaan.

Jika diibaratkan, program keamanan satu ini layaknya sebuah perisai untuk suatu website.

Selain itu, perkembangan teknologi dan pengetahuan dalam dunia cyber crime adalah sebuah alasan kuat mengapa cyber security berperan penting untuk menjaga kemananan website.

Dengan memaksimalkannya, Anda dapat melidungi website dari berbagai tindak kejahatan siber, mulai dari pola pembobolan, penyerangan, hingga peretasan dengan tingkat kerumitan yang cukup rumit.

Kejahatan cyber yang kerap terjadi belakangan ini dapat menyebabkan beberapa dampak merugikan, seperti pencurian identitas secara paksa, upaya pemerasan, dan hilangnya data-data penting berupa berkas yang tersimpan dalam perangkat.

Oleh karena itu, mengamankan beberapa data itu dengan cyber security merupakan cara yang tepat untuk meminimalisir efek merugikan tersebut.

Jenis-Jenis Cyber Security

Menurut tugas atau kegunaannya, ada beberapa jenis sistem cyber security yang harus Anda pahami. Berikut merupakan penjabaran dari masing-masing kategorinya.

1. Keamanan Jaringan

Jenis keamanan ini adalah sebuah upaya pengamanan sebuah jaringan dari serangan hacker atau penyadap, baik penyerangan tersebut dilakukan secara sengaja ataupun secara kebetulan dari beberapa celah peluang.

2. Keamanan Aplikasi

Jenis satu ini berguna untuk menjaga perangkat lunak atau software agar bebas dari segala macam ancaman.

Pada dasarnya, sebuah aplikasi atau software memang harus disertai sistem keamanan yang baik, bahkan sebelum perangkat lunak tersebut difungsikan.

Hal itu sangat penting untuk menjaga agar tidak terjadi pembobolan dan pencurian data, baik ketika proses penyimpanan maupun saat transit.

Sebab, kejahatan seperti itu tentu saja akan mengakibatkan adanya kerugian besar pada beberapa waktu ke depan.

3. Keamanan Operasional

Keamanan satu ini merupalkan proses atau keputusan yang bertujuan untuk melindungi aset data.

Keamanan operasional ini dapat mencakup pemberian izin untuk pengguna saat melakukan akses jaringan, serta prosedur untuk menentukan penyimpanan sebuah data.

4. Keamanan Mitigasi

Mitigasi serangan cyber adalah melakukan strategi untuk mengenali risiko yang bertujuan untuk mencegah ancaman digital dan mengurangi jumlah kerusakan yang diakibatkannya.

Proses ini sangat penting untuk menjaga keamanan suatu bisnis, karena hal itu dapat menentukan profesionalitas perusahaan dalam merespon insiden tersebut yang mungkin saja menyebabkan hilangnya data-data penting yang bersifat rahasia.

5. End-User Education

Jenis sistem satu ini berfokus pada faktor keamanan siber yang paling tidak terduga, yaitu manusia.

Tanpa sadar, ternyata siapapun dapat secara tidak sengaja melibatkan virus ke dalam suatu sistem dengan keamanan tertentu jika melanggar praktik keamanan yang telah ditentukan.

Oleh karena itu, edukasi atau pembekalan yang tentang bagaimana cara mencegah hal itu tentunya sangat diperlukan oleh perusahaan untuk menghindari hal tersebut.

Pembelajaran singkat dapat berupa topik menghapus lampiran email mencurigakan, tidak mencolokkan USB tidak dikenal, serta berbagai topik lain yang berkaitan dengan keamanan.

Edukasi tersebut dapat dilakukan secara berkala dengan berbagai macam langkah atau strategi tertentu agar para pengguna lebih sadar akan pentingnya informasi itu.

6. Keamanan Infrastruktur Penting

Perusahaan dengan infrastruktur yang penting cenderung rentan akan serangan daripada yang lainnya. Mengapa demikian?

Sebab, sistem Supervisory Control and Data Acquisition atau bisa disingkat dengan SCADA, kerap mengandalkan perangkat lunak dengan versi lebih lama.

Beberapa perusahaan seperti operator layanan sektor energi, transportasi, kesehatan, air, serta infrastruktur penyedia layanan digital biasanya masih terikat dengan peraturan.

Peraturan itulah yang mengharuskan perusahaan atau organisasi tersebut dapat menerapkan langkah demi langkah teknis yang sesuai untuk mengelola risiko keamanan.

Ancaman dalam Dunia Cyber Security

Contoh Ancaman Cyber Security
Beberapa Jenis Ancaman Cyber Security (Sumber: Bakamla)

Pastinya Anda sudah paham bahwa memerangi sebuah serangan secara cyber memiliki tantangan khusus.

Sebab, setiap prosesnya pun tidak selalu berjalan dengan mulus, meskipun mendapatkan bantuan dari teknologi yang mumpuni.

Paretasan, kehilangan data, pembobolan privasi, hingga perubahan strategi dalam keamanan cyber menjadi tantangan utama yang muncul ketika menerapkannya pada setiap proses.

Beberapa sumber mengatakan bahwa perubahan pada penyerangan secara cyber cenderung tidak mengalami penurunan.

Terlebih lagi, jalan untuk melakukan serangan kini bertambah. Hadirnya Internet of Things (IoT) adalah salah satu aspek mengapa tingkat kebutuhan keamanan mengalami peningkatan.

Beberapa ancaman yang dapat menyerang cyber security adalah sebagai berikut.

  • Malware
  • Phising
  • Ransomware
  • URL interpretation
  • SQL injection
  • Password attack
  • Distributed Denial of Service (DDoS)

Teknologi sejatinya akan terus mengalami perkembangan secara signifikan.

Munculnya teknologi-teknologi baru rupanya berbanding lurus dengan kemungkinan hadirnya metode atau taktik serangan baru pula. Hal ini juga dapat menjadi sebuah tantangan bagi keamanan cyber.

Tips Untuk Meningkatkan Proteksi Keamanan

Selanjutnya, Anda juga mengetahui topik yang tak kalah penting ini, yakni tips untuk memperketat proteksi keamanan.

Setelah mengenal seputar cyber security, tentu tidak afdal rasanya jika tidak membahas seputar tips-tipsnya juga, bukan?

Berikut kami sajikan beberapa poin beserta penjabaran singkatnya.

  • Perbarui perangkat lunak dan sistem operasi pada perangkat Anda. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan proteksi ekstra dari versi terbaru perangkat lunak maupun sistem operasi
  • Gunakan aplikasi anti-virus untuk memperketat keamanan pada perangkat Anda
  • Pada akun tertentu, gunakan kata sandi berkekuatan tinggi,serta perbarui secara berkala
  • Usahakan untuk tidak membuka email dengan lampiran mencurigakan atau pengirim yang tidak dikenal. Hal itu bisa saja membuat perangkat Anda terinfeksi oleh malware
  • Pada sebuah perusahaan, usahakan untuk mengadakan pelatihan terhadap karyawan agar mereka lebih teredukasi akan pentingnya menjaga keamanan data perusahaan. Kenalkan kepada mereka ancaman cyber apa saja yang dapat menyerang perangkat maupun hal lain berkenaan dengan proses bisnis.

Itulah tadi pembahasan tentang cyber security yang penting Anda ketahui untuk menghindarkan website dari serangan cyber.

Kesimpulannya, motif serta teknik penyerangan secara cyber yang terus marak mau tidak mau membuat pengguna perangkat digital untuk menguatkan proteksi seluruh perangkat.

Selalu menyiapkan diri dan rasa waspada terhadap upaya peningkatan keamanan juga merupakan salah satu langkah tepat untuk meminimalisir terjadinya serangan cyber.

Selain itu, terus terapkan tindakan preventif guna memperkuat proteksi agar Anda terhindar dari serangan cyber tersebut, salah satunya dengan rutin melakukan maintenance website.

Bagi Anda yang membutuhkan pemeliharaan website, segera percayakan pada Sekawan Studio!

Kami menyediakan jasa maintenance website yang dapat menghindarkan situs Anda dari serangan-serangan berbahaya.

Tak hanya itu, dengan maintenance website, Anda juga dapat mengurangi risiko bug dan error pada halaman, memperkuat SEO, dan juga meningkatkan pengalaman pengguna

Jika Anda tertarik, hubungi tim marketing kami untuk mendapatkan penawaran menarik sekarang juga!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.