Apa itu Internet of Things (IoT)? Arti, Cara Kerja, & Manfaat

Internet of Things (IoT) adalah teknologi yang memungkinkan antar perangkat bertukar data. Penerapannya banyak dijumpai di Industri pada segala sektor untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan kerja. Contoh penerapannya di kehidupan sehari-hari yaitu virtual assisstant, security camera dan smart door lock.
interkoneksi IoT
Daftar Isi

Internet of Things atau IoT adalah salah satu teknologi penting bagi peradaban manusia yang hidup dalam fluktuasi dunia digital. Jadi, tak heran jika kini IoT sering dijadikan bahan perbincangan yang menarik di dunia digital.

Diketahui, internet of things sendiri memiliki berbagai manfaat dan kegunaan yang sangat beragam, salah satunya yaitu membantu meningkatkan efisiensi produksi.

Lantas, apa itu internet of things? Bagaimana IoT dapat mempengaruhi teknologi? Berikut akan kami coba jelaskan terkait pengertian, cara kerja, dan contoh implementasinya. 

Apa itu IoT?

Internet of Things atau disingkat IoT adalah teknologi penyematan sensor dalam sebuah perangkat lunak untuk menciptakan mikro interkoneksi jaringan fisik yang menghubungkan dan menyediakan kemampuan bertukar data dengan perangkat atau sistem lain melalui internet. 

Penyematan sensor ini, memungkinkan suatu objek bisa ditingkatkan kecerdasannya, sehingga objek tersebut dapat mengkomunikasikan data secara real time tanpa melibatkan peran manusia.

Sebagai contoh, di London, internet of things telah digunakan untuk meningkatkan pelayanan transportasi umum secara signifikan.

Internet of things dimanfaatkan untuk mengelola jadwal yang terganggu, menawarkan berita relevan untuk pengguna transportasi umum, menampilkan pemetaan perjalanan umum, dan memperjelas kebutuhan perjalanan di masa depan.

Dari sini, dapat dilihat bahwa, internet of things bisa membuat tatanan dunia di sekitar jadi lebih cerdas, responsif, dan mampu menggabungkan dunia digital hingga fisik.

Kelebihan IoT

Hadirnya IoT bisa meningkatkan konektivitas dalam dunia digital dan membawa berbagai kelebihan atau manfaat bagi masyarakat. Adapun kelebihan IoT adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Efisiensi Produksi

Salah satu manfaat penggunaan internet of things adalah meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam aktivitas industri.

Mesin dapat terus dipantau dan dianalisis untuk memastikan kinerjanya maksimal. Selain itu, produk juga dapat dipantau secara real-time, sehingga kualitasnya tetap terjaga.

2. Meningkatkan Konektivitas

Selanjutnya, IoT bisa meningkatkan konektivitas. Contohnya, perangkat internet of things bisa digunakan untuk memantau berbagai aset perusahaan yang saling terhubung.

Adanya IoT memungkinkan Anda untuk memantau kesehatan mesin jarak jauh dan memicu panggilan layanan untuk pemeliharaan preventif.

Kemampuan untuk memantau mesin dari jarak jauh juga memungkinkan model bisnis produk sebagai layanan baru, di mana pelanggan tidak lagi perlu membeli produk tetapi membayar untuk penggunaannya.

3. Mengurangi Resiko Bahaya dan Kegagalan

Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk melacak kegiatan dengan mudah dan cepat. Jadi, jika terjadi kesalahan, perusahaan dapat menganalisisnya dengan cepat. Hal ini dapat meningkatkan keselamatan kerja dan mengurangi cacat produksi.

Kekurangan IoT

Internet of things memang memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan sehari-hari. Namun, inovasi satu ini memiliki beberapa tantangan dan kekurangan. Adapun di antaranya, yaitu:

1. Rentan Serangan Siber

Kekurangan IoT adalah rentan terhadap serangan siber. Tak dapat dipungkiri, segala hal yang terhubung dengan internet memiliki potensi diserang oleh hacker.

Hal ini tentu berbahaya dan bisa menyebabkan para pengguna kehilangan data pribadi dan data penting lainnya. Lebih parahnya, data-data tersebut bisa disalahgunakan.

2. Kurangnya Regulasi

Selanjutnya, kekurangan IoT adalah kurangnya regulasi. Di beberapa wilayah atau negara tertentu, aturan mengenai penggunaan IoT masih belum maksimal.

Hal ini mengakibatkan rendahnya perlindungan hukum atas internet of things, sehingga penerapannya di masyarakat terhambat.

3. Terlalu Kompleks

Penerapan internet of things bisa jadi terlalu kompleks untuk sebagian orang, organisasi, atau bisnis. Pasalnya, dalam internet of things banyak perangkat yang saling terhubung dan harus dikelola dengan baik.

Unsur atau Komponen IoT

Komponen Iot
Virtual assistant, contoh IoT yang dapat memudahkan kegiatan sehari-hari

Untuk memahami internet of things lebih lanjut, Anda perlu tahu beberapa unsur atau komponen yang ada di dalamnya. Adapun komponen IoT adalah sebagai berikut:

1. Sensor

Sensor yang terjangkau memungkinkan teknologi internet of things untuk membantu lebih banyak produksi manufakturing di Industri.

2. Konektivitas

Dengan adanya internet of things, aktivitas transfer data dapat berjalan dengan lancar nan mudah karena protokol jaringan internet telah terhubung melalui sensor. Dengan demikian, data bisa diakses melalui cloud dan platform lain. 

3. Cloud

Peningkatan ketersediaan platform cloud computing memungkinkan pebisnis dan konsumen untuk mengakses infrastruktur yang mereka butuhkan untuk ditingkatkan tanpa benar-benar harus mengelola semuanya.

Dalam internet of things, komponen cloud ini digunakan untuk mengolah data yang sudah dikumpulkan oleh sensor.

4. Teknologi Machine Learning and Analytic

Dengan kemajuan dalam teknologi Machine Learning and Analytic, serta akses ke beragam jumlah big data yang tersimpan di cloud, manusia dapat mengumpulkan wawasan dengan lebih cepat.

5. Conversational Artificial Intelligent

Kemajuan dalam neural network telah membawa Natural-Language Processing (NLP) ke perangkat internet of things, seperti asisten pribadi digital Alexa, Cortana, dan Siri.

Nah, semua perangkat tersebut menggunakan teknologi Artificial Intelligent (AI) untuk menerjemahkan dan memberikan perintah atas data-data yang sudah didapatkan dari proses sensor.

Cara Kerja IoT

Setelah mengetahui berbagai komponen dalam internet of things, Anda akan lebih mudah dalam memahami cara kerjanya.

Sederhananya, IoT bekerja dengan cara mengumpulkan dan melakukan pertukaran data secara real-time atau waktu nyata.

Pertama-tama, hardware atau perangkat elektronik, seperti kamera dan televisi akan mengumpulkan data dari lingkungan menggunakan sensor, baik sensor cahaya, sensor suhu, atau lainnya.

Kemudian, data tersebut akan diproses dan diterjemahkan oleh machine learning atau AI hingga menghasilkan keputusan tertentu. Setelah itu, keputusan tersebut akan dikirimkan kembali ke perangkat internet of things.

Contoh Penerapan IoT dalam Berbagai Industri

Iot Dalam Berbagai Industri
Salah satu penerapan IoT pada industri

Lebih spesifik lagi, berikut akan kami jelaskan terkait contoh penggunaan IoT dalam berbagai macam industri:

1. Manufaktur

Produsen dapat memperoleh keunggulan kompetitif dengan melakukan pemantauan lini produksi menggunakan internet of things.

Hal ini memungkinkan pemeliharaan proaktif pada peralatan saat sensor IoT mendeteksi adanya potensi kegagalan.

Sensor internet of things benar-benar dapat mengukur output produksi terganggu. Selain itu, sensor IoT dapat membantu industri untuk melakukan inventaris, pemeriksaan terkait penggunaan peralatan, sampai analisa kondisi alat atau mesin yang digunakan.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya operasi, mendapatkan efisiensi waktu kerja, dan meningkatkan manajemen kinerja aset.

2. Otomotif

Dalam otomotif, sensor IoT dapat mendeteksi segala kegagalan atau kerusakan pada mesin serta interior maupun eksterior kendaraan.

Tak hanya sebatas itu, internet of things juga bisa memperingatkan pengemudi dengan banyak detail dan rekomendasi yang tersedia.

Berkat kumpulan informasi dan data yang dikumpulkan oleh aplikasi berbasis IoT, produsen serta pemasok otomotif dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara menjaga dan memproduksi mobil kemudi otomatis dengan tetap memperhatikan keselamatan berkendara para pengemudi.

3. Transportasi dan Logistik

Dengan data yang diperoleh dari sensor IoT, segala armada pengiriman logistik dapat menginventaris segala produk yang dikirimkan sesuai dengan jenis produk, kondisi cuaca wilayah, ketersediaan armada pengiriman, sampai ketersediaan pengirim.

Inventaris itu sendiri juga dapat dilengkapi dengan sensor untuk pelacakan jejak dan pemantauan suhu.

Industri makanan dan minuman, bunga, sampai farmasi seringkali membawa inventaris yang peka terhadap suhu yang akan sangat diuntungkan dari aplikasi pemantauan IoT

4. Bisnis Ritel

Aplikasi internet o things memungkinkan perusahaan ritel untuk mengelola inventaris, meningkatkan pengalaman pelanggan, mengoptimalkan rantai pasokan, dan mengurangi biaya operasional.

Misalnya, rak pintar yang dilengkapi dengan sensor berat dapat mengumpulkan informasi berbasis RFID untuk mengirim data ke platform IoT.

Secara otomatis, platform ini akan memantau inventaris dan memicu peringatan jika barang hampir habis. 

5. Sektor publik

Manfaat internet of things di sektor publik dan lingkungan terkait layanan lainnya juga sangat luas. Misalnya, utilitas milik pemerintah dapat menggunakan aplikasi berbasis IoT untuk memberi tahu penggunanya tentang pemadaman massal dan bahkan gangguan kecil pada layanan air, listrik, atau saluran pembuangan.

Melalui aplikasi IoT, publik dapat mengumpulkan data mengenai ruang lingkup pemadaman dan mengetahui segala sumber daya yang ada untuk membantu penanganan sampai pemulihan pasca bencana dengan cepat dan tepat. 

6. Kesehatan

Dengan internet of things, rumah sakit dapat memantau aset-aset kesehatan yang ada di dalamnya. Mulai dari ketersediaan, sampai pada ketepatan penggunaan aset kesehatan tersebut.

Selain itu, perangkat yang dapat dikenakan IoT memungkinkan orang untuk lebih memahami kesehatan mereka sendiri dan memungkinkan dokter untuk memantau pasien dari jarak jauh.

7. Keamanan Umum di Semua Industri

Karyawan di lingkungan berbahaya seperti tambang, ladang minyak, ladang gas, serta pembangkit listrik dan kimia, perlu mengetahui potensi bahaya yang mungkin menimpa mereka.

Saat mereka terhubung ke aplikasi berbasis sensor IoT, mereka dapat diberi tahu tentang segala potensi kecelakaan dan diselamatkan dari kecelakaan kerja tersebut secepat mungkin.

Aplikasi internet of things juga untuk memantau kondisi fisik kesehatan manusia dan kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya.

Selain itu,  Aplikasi IoT dalam bidang ini tidak hanya tidak membantu para pekerja untuk mengenal konsep keselamatan kerja dan potensi kecelakaan kerjanya, tetapi juga dapat memberikan identifikasi pemahaman terkait kondisi kesehatan fisik mereka.  

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai apa itu internet of things, komponen, cara kerja, kelebihan kekurangan, hingga contoh penerapannya dalam berbagai industri.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa, IoT adalah konsep yang merujuk pada objek fisik yang saling terhubung menggunakan internet, sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran data.

Dewasa ini, perkembangan digital semakin masif, sehingga banyak perusahaan yang mulai menerapkan internet of things di lini bisnisnya.

Nah, upaya digitalisasi bisnis dengan menerapkan IoT bisa dilakukan dengan cara memiliki platform digital untuk bisnis, seperti website.

Website sangat dibutuhkan untuk menunjang keberadaan dari bisnis, sehingga mudah ditemukan oleh pelanggan potensial.

Ini saat yang tepat untuk menciptakan website bisnis yang profesional. Jika Anda membutuhkan bantuan, jasa pembuatan website Sekawan Studio solusinya!

Sekawan Studio akan membantu Anda dalam menciptakan website bisnis yang responsif dan profesional, sesuai dengan persona brand.

Layanan kami menawarkan fitur yang lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Soal biaya juga tak perlu khawatir, karena kami telah menyediakan berbagai pilihan paket untuk Anda.

Yuk, segera kunjungi laman kontak dan hubungi tim kami sekarang juga!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.