Ketahui Cara Optimasi SEO Untuk Website Anda.

SEO adalah teknik yang digunakan untuk membuat website dan blog Anda tetap relevan terhadap keyword-keyword tertentu yang dicari oleh user melalui search engine. Tidak hanya mengimplementasikan keywords saja, namun Anda juga perlu melakukan optimasi SEO.
cara optimasi seo
Table of Contents

Optimasi SEO dapat membantu meningkatkan konten yang telah Anda rilis agar tetap mudah ditemukan dan dibaca oleh user. Nah, untuk membahas lebih lanjut tentang optimasi SEO dan bagaimana caranya, simak artikel di bawah ini, ya!

Pengertian SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses yang secara berkelanjutan untuk meningkatkan peringkat organik dari website Anda di search engine, seperti di Google dan Bing. SEO sangat penting bagi seorang marketer karena dapat membantu website Anda mudah ditemukan dan user dapat menemukan produk atau jasa Anda dengan cepat.

Dalam pengaplikasiannya, optimasi SEO dibagi menjadi dua jenis, yaitu optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Keduanya memiliki cara yang berbeda dalam mengoptimasi SEO website Anda. Selanjutnya, kita membahas tentang apa itu SEO on page dan perbedaannya dengan SEO off page.

Apa Itu SEO On Page dan Off Page

Optimasi Seo Google
Search Engine © Unsplash

Optimasi SEO on page adalah implementasi proses optimasi konten di webpage untuk search engine. Dalam tingkatan yang lebih lanjut, SEO on page memiliki tujuan untuk membantu search engine memahami seperti apa halaman website Anda. Optimasi SEO on page berfokus pada faktor-faktor ada terdapat di dalam konten. Sederhananya, optimasi SEO on page dapat disebut sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas dari konten sehingga konten yang telah Anda buat dapat mudah ditemukan dan dibaca oleh user.

Sedangkan, optimasi SEO off page adalah cara optimasi dengan memanfaatkan backlinks untuk membantu search engine memahami website mana yang memiliki otoritas. Hal ini berarti backlinks berfungsi sebagai votes of confidence untuk search engine. Nah, penggunaan backlinks ini akan meningkatkan otoritas dari website Anda.

Faktor Penting Google Ranking

Dilansir dari semrush.com, SEO dapat berubah dengan cepat yang menyebabkan penggunaan strategi SEO turut berubah-ubah juga. Karena SEO sangat kuat kaitannya dengan algoritma Google, maka untuk membuat suatu strategi SEO perlu memperhatikan 3 faktor penting pe-ranking-an Google di bawah ini.

1. Relevansi

Google hanya akan menampilkan hasil pencarian yang paling relevan kepada user. Google masih memperhatikan keberadaan beberapa keyword yang spesifik pada halaman website Anda, namun Google sekarang pada dasarnya hanya akan membaca sebuah artikel dan memahami topik yang dibicarakan oleh artikel tersebut. Dengan begitu, Google bisa memberikan hasil yang relevan yang kemungkinan tidak mengandung keyword yang persis dicari oleh user.

2. Authority

Authority adalah cara yang dilakukan oleh Google untuk mencari website mana yang merupakan website terpercaya. Google sebagian besar menggunakan backlinks yang mengarahkan ke halaman untuk menentukan otoritas dari sebuah website. Dapat disimpulkan bahwa semakin banyak backlinks yang ada pada halaman website Anda, maka semakin Google mempercayai bahwa halaman website Anda adalah yang paling terpercaya.

3. Kualitas Konten

Google akan mempertimbangkan halaman website memiliki konten yang berkualitas bukan berdasarkan penulisan yang bagus, namun berdasarkan pada search intent

Misalnya, sebuah halaman website akan lebih dianggap berkualitas oleh Google dan mencapai peringkat pertama jika dalam halaman tersebut menyediakan informasi-informasi yang menarik, bukan hanya niche saja. Halaman website yang menyediakan kualitas konten seperti itu akan lebih unggul daripada halaman website yang hanya memberikan konten standar dan tidak memberikan informasi yang dicari oleh user.

Baca juga:
Lebih Aman Pakai Proxy atau VPN?
Fleksibilitas Work from Home (WFH)

Cara Optimasi SEO

Nah, Anda telah mengetahui istilah SEO dan optimasi SEO serta faktor yang bisa mempengaruhi peringkat website Anda di Google. Selanjutnya, bagaimana cara untuk mengoptimasi SEO pada halaman website Anda? Berikut adalah cara-caranya:

Optimasi Seo Mobile Friendly
Mobile-friendly © Unsplash

1. Melakukan Update Konten

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan meng-update konten yang sudah ada atau konten yang tidak pernah Anda update selama lebih dari 12 bulan. Sebelum Anda mulai update konten, Anda perlu memeriksa kembali isi konten apakah ada bagian konten yang sudah outdate atau hanya perlu peningkatan kualitas saja.

2. Meningkatkan Halaman yang Berpotensi Tinggi

Sesuai dengan namanya, Anda bisa mengoptimasi SEO pada halaman yang memiliki daya tarik yang bisa menarik user untuk terus mengunjungi halaman website Anda. Anda bisa memanfaatkan halaman ini dengan membuatnya berada pada posisi ketiga teratas pada pencarian search engine. Hal ini sekaligus membantu untuk memaksimalisasi organic traffic ke halaman website Anda.

3. Menyusun Konten untuk Featured Snippets

Featured snippet adalah kolom besar yang muncul pada bagian teratas hasil pencarian Google (biasanya berada di atas halaman website peringkat pertama). Untuk bisa berada pada featured snippets, Anda perlu memformat konten Anda dengan benar.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah gunakan subheading untuk menjelaskan setiap bagian dari konten Anda. Pastikan setiap subheading menggunakan tag H yang sama (H2, H3, H4, dan seterusnya).

4. Membuat Konten dengan KD yang Rendah

Agar halaman website Anda tetap bisa mudah ditemukan, Anda perlu membuat konten dengan KD (keyword difficulty) yang rendah. Hal ini dikarenakan kemungkinan konten yang dibuat menjadi terlalu kompetitif yang menyebabkan konten Anda sulit ditemukan.

Anda bisa memanfaatkan PAA (People Also Ask) untuk menemukan keywords lainnya yang berkaitan dengan topik konten Anda. Dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam PAA, hal tersebut dapat membantu mengoptimasi halaman Anda.

5. Mengoptimasi Menggunakan Long-Tail Keywords

Istilah long-tail keywords adalah istilah yang merujuk pada keywords yang tidak banyak dicari oleh user secara individual, namun membuat persentase yang tinggi dari jumlah keywords yang dicari oleh user dalam skala besar.

Penggunaan long-tail keywords sangat cocok digunakan bagi website dari bisnis kecil karena hal ini dapat membantu bisnis Anda untuk muncul di hasil pencarian utama.

6. Mengoptimasi Gambar

Optimasi gambar dapat dipertimbangkan untuk me-boosting SEO halaman website Anda. Selain itu, optimasi gambar juga dapat membantu mendorong traffic website Anda dengan benar.

Beberapa manfaat dari penggunaan gambar/visualisasi yang berkualitas tinggi antara lain:

  • Membantu pembaca untuk memahami konten yang ditulis lebih baik.
  • Menyediakan konten mini yang bisa pembaca bagikan menggunakan link atau share ke media sosial.
  • Membantu memisahkan teks.
  • Membuat konten Anda stand out.

7. Mobile Friendly

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa 9 dari 10 pengguna internet mengakses internet melalui layar mobile phone mereka.

Anda perlu membuat versi mobile dari website Anda untuk dapat bisa diakses, baik dalam versi desktop maupun versi mobile. Tolok ukur dari sebuah website yang mobile friendly adalah dari kecepatan loading. Apabila website Anda mengalami loading yang lambat pada versi mobile, maka website Anda kemungkinan tidak mobile-friendly.

8. Optimasi SEO On Page

Nah, selanjutnya Anda bisa melakukan optimasi SEO dengan SEO on page. SEO on page ini dilakukan dengan meletakkan keywords secara strategis pada halaman website Anda. Cara untuk menerapkan SEO on page ini dengan meletakkan keywords di bagian title dan letakkan beberapa di dalam artikel Anda.

Cara lainnya adalah Anda bisa menggunakan kata atau frasa yang berkaitan erat dengan topik artikel Anda. Dengan meletakkan kata atau frasa yang berkaitan dengan topik artikel, maka Google akan lebih mudah memahami halaman website Anda.

9. Meningkatkan SEO Lokal

Anda bisa memanfaatkan penggunaan SEO lokal. Strategi ini dapat membantu bisnis Anda muncul pada hasil pencarian lokal. Secara ideal, bisnis Anda akan muncul apabila user lokal mencari istilah yang mendeskripsikan tentang bisnis Anda.

10. Menggunakan Internal Linking

Dan yang terakhir adalah penggunaan internal linking. Mengapa ini berguna? Karena internal linking dapat membuat perbedaan yang signifikan pada ranking hasil pencarian Anda. Internal linking juga dapat membantu dalam penambahan ranking pada setiap halaman pada website Anda.

Kesimpulan

  • SEO (Search Engine Optimization) adalah proses yang secara berkelanjutan untuk meningkatkan peringkat organik dari website Anda di search engine. Optimasi SEO ada dua cara, yaitu optimasi SEO on page yang dilakukan untuk proses optimasi konten di webpage untuk search engine. Sedangkan, optimasi SEO off page adalah cara optimasi dengan memanfaatkan backlinks untuk membantu search engine memahami website mana yang memiliki otoritas.

Cara optimasi SEO dapat dilakukan dengan update konten, meningkatkan halaman yang berpotensi tinggi, menyusun konten sesuai H tag, membuat konten dengan KD rendah, penggunaan long-tail keywords, optimasi gambar, website yang mobile friendly, SEO on page, memanfaatkan SEO lokal, dan yang terakhir penggunaan internal linking.

Sekawan Studio menawarkan paket jasa pembuatan website terbaik dan profesional di Malang. Kunjungi laman resmi kami dan dapatkan berbagai penawaran khusus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.