Apa itu Link Dofollow? Ketahui Perbedaannya dengan Nofollow!

Penggunaan jenis link ini ikut andil dalam optimasi website supaya dapat menduduki peringkat pertama pada SERP. Dofollow link merupakan link yang mengizinkan robot pencari atau web crawler untuk mencari dan mengindeks tautan yang kita berikan menuju website lainnya.
online message blog chat communication
Daftar Isi

Di era digital yang terus berkembang, strategi pencarian dan SEO memegang peran utama dalam menentukan kesuksesan suatu situs web, salah satunya adalah dofollow link.

Dofollow link memiliki peran yang penting dalam menentukan peringkat dan otoritas suatu halaman web di mesin pencari. 

Dalam artikel ini, Anda akan mengertahui pengertian dofollow link, kelebihan, kekurangan, dampaknya dalam dunia website, dan perbedaan mendasar antara dofollow link dan nofollow link. Yuk, simak artikel berikut ini!

Apa itu Link Dofollow?

Link dofollow adalah tautan yang memungkinkan mesin pencari mem-follow atau “mengikuti” tautan tersebut.

Maksud Link Dofollow
Dofollow Link | Sumber: seranking.com

Maksudnya adalah ketika mesin pencari menemui link dofollow dalam suatu website, mereka akan mengikuti tautan tersebut dan mengindeks halaman terhubung.

Tautan ini memberikan sinyal positif kepada mesin pencari dan membantu meningkatkan peringkat halaman web di hasil pencarian.

Kelebihan Link Dofollow

Link dofollow memiliki manfaat baik untuk pemilik website dan pengguna. Berikut merupakan beberapa kelebihan menggunakan link dofollow dalam website:

1. Meningkatkan Peringkat Pencarian

Link dofollow memberikan sinyal positif kepada mesin pencari, yang dapat meningkatkan peringkat halaman web di hasil pencarian.

Tautan dari situs web berkualitas tinggi memberikan otoritas tambahan pada konten yang terhubung, menjadikannya lebih relevan di mata mesin pencari.

2. Trafik Organik yang Lebih Banyak

Tautan dari situs web terkemuka atau terpercaya dapat berperan sebagai pintu gerbang untuk traffic organik yang lebih banyak.

Pengguna yang mengikuti tautan ini cenderung menjadi pengunjung yang lebih terkualifikasi, meningkatkan peluang konversi.

3. Peningkatan Otoritas Domain

Link dofollow dapat meningkatkan otoritas domain (Domain Authority – DA) suatu situs web. Mesin pencari memberikan nilai tambah pada situs dengan tautan dari situs berkualitas tinggi, yang dapat berdampak positif pada peringkat keseluruhan.

4. Indeksasi Cepat oleh Mesin Pencari

Mesin pencari cenderung mengikuti link dofollow lebih cepat, memungkinkan halaman terkait diindeks dengan lebih cepat.

Upaya ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa konten terbaru atau perubahan dalam situs segera terlihat oleh pengguna dan mesin pencari.

5. Relevansi dan Kepercayaan

Link dofollow dari situs yang relevan dan terpercaya membantu membangun kepercayaan dan otoritas terkait topik tertentu.

Hal ini tidak hanya meningkatkan peringkat, tetapi juga memberikan keunggulan kompetitif di pasar daring yang padat.

6. Dukungan dalam Pencarian Lokal

Link dofollow dapat menjadi kunci dalam strategi SEO lokal. Tautan dari situs-situs lokal yang mapan dapat membantu meningkatkan visibilitas di hasil pencarian lokal.

Kekurangan Link Dofollow

Link dofollow berperan dalam meningkatkan website untuk mendapatkan halaman pertama pada mesin pencari Google, namun link dofollow juga memiliki kekurangan. Lantas, apa saja kekurangannya? Berikut penjelasannya:

1. Potensi Spam dan Manipulasi

Salah satu kelemahan utama link dofollow adalah berpotensi tinggi untuk disalahgunakan. Jika digunakan secara tidak etis atau berlebihan, dapat dianggap sebagai upaya manipulasi mesin pencari, meningkatkan risiko penghukuman, dan penurunan peringkat.

2. Resiko Tautan dari Situs Berisiko Tinggi

Jika mendapatkan link dofollow dari situs web yang dianggap berisiko atau tidak etis, maka dapat merugikan reputasi situs dan menyebabkan penalti mesin pencari.

3. Tidak Semua Tautan Sama Efektifnya

Meskipun tautan dari situs web berkualitas tinggi memberikan manfaat, tidak semua tautan memiliki dampak yang sama.

Tautan dari situs web yang kurang berkualitas atau relevan mungkin tidak memberikan kontribusi positif yang signifikan.

4. Kontrol yang Terbatas

Setelah link dofollow diberikan, kontrol atas bagaimana tautan tersebut dikelola oleh situs web lain menjadi terbatas.

Jika situs yang memberikan tautan tersebut mengalami perubahan atau penurunan kualitas, hal ini dapat berdampak pada situs yang menerima tautan.

5. Proses Perolehan yang Memerlukan Waktu dan Upaya

Mencari dan memperoleh tautan dofollow yang berkualitas memerlukan waktu dan upaya. Ini tidak selalu merupakan tugas yang mudah, terutama dalam lingkungan online yang semakin kompetitif.

6. Tidak Sepenuhnya Menjamin Konversi

Meskipun tautan dofollow dapat membawa traffic yang lebih banyak, ini tidak selalu menjamin konversi. Konten dan pengalaman pengguna yang baik tetap kunci untuk memastikan bahwa pengunjung tetap dan berinteraksi dengan situs.

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow

Link dofollow dan nofollow adalah atribut yang digunakan dalam kode HTML untuk memberi petunjuk kepada mesin pencari mengenai cara mengikuti atau mengabaikan tautan tersebut.

Kedua jenis link ini sebenarnya merupakan bagian dari backlink. Jadi, ketika situs web Anda disisipkan atau disebut dalam web lain, maka bisa jadi link tersebut diset dofollow atau nofollow.

Adapun perbedaan antara keduanya adalah sebagai berikut:

1. Link Dofollow

  • Link dofollow adalah tautan yang tidak memiliki atribut “nofollow” dalam kode HTML.
  • Mesin pencari seperti Google mengikuti dan mengindeks tautan dofollow, dan menganggapnya sebagai bagian dari perhitungan peringkat situs web.
  • Backlink dari tautan dofollow dapat membantu meningkatkan otoritas dan peringkat SEO situs web yang menerima tautan tersebut.

2. Link Nofollow

  • Link nofollow adalah tautan yang memiliki atribut “nofollow” dalam kode HTML
  • Mesin pencari mengabaikan tautan nofollow dalam perhitungan peringkat dan pengindeksan
  • Umumnya, link jenis ini digunakan sebagai strategi SEO berbagai situs web ketika ingin menyebut sumber website luar. Sebab, tautan nofollow berfungsi untuk menghindari transfer otoritas SEO dari satu situs ke situs lain
  • Media sosial dan situs-situs dengan fitur berbagi sering menggunakan tautan nofollow untuk menghindari penyalahgunaan dan manipulasi

Dalam praktik SEO, kombinasi link dofollow dan nofollow dapat membantu menciptakan profil backlink yang seimbang dan alami, serta membantu menghindari potensi masalah yang mungkin timbul akibat tautan yang tidak relevan atau berpotensi merugikan.

Contoh Struktur Penulisan HTML Link Dofollow

Berikut adalah contoh struktur penulisan HTML untuk tautan (link) dengan atribut dofollow dan nofollow:

1. Dofollow

<a href="https://www.contohwebsite.com" target="_blank">Ini adalah contoh dofollow link</a>

Dalam contoh di atas, tautan tersebut adalah tautan dofollow karena tidak ada atribut “rel” yang menyertakan nilai “dofollow“. Mesin pencari akan mengikuti tautan ini dan menganggapnya sebagai bagian dari perhitungan peringkat.

2. Nofollow

<a href="https://www.contohwebsite.com" target="_blank" rel="nofollow">Ini adalah contoh nofollow link</a>

Dalam contoh di atas, tautan tersebut adalah tautan nofollow karena atribut “rel” disetel menjadi “nofollow“. Mesin pencari akan mengabaikan tautan ini dalam perhitungan peringkat dan pengindeksan.

Perhatikan bahwa atribut target="_blank" digunakan dalam contoh-contoh di atas untuk membuka tautan dalam jendela atau tab baru.

Upaya ini bersifat opsional dan digunakan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan mencegah pengguna meninggalkan halaman asal tanpa harus kembali.

Cara Membuat Link Dofollow

Membuat link dofollow pada sebuah situs web atau blog umumnya melibatkan beberapa langkah sederhana, tergantung pada platform atau CMS (Content Management System) yang Anda gunakan. Berikut adalah panduan umum cara membuat link dofollow:

1. HTML (HyperText Markup Language)

Jika Anda mengedit konten secara langsung melalui HTML, Anda dapat menentukan apakah tautan yang Anda tambahkan adalah dofollow atau nofollow. Berikut adalah contoh tautan HTML dofollow:

htmlCopy code

<a href="URL_TUJUAN" target="_blank" rel="dofollow">Teks Tautan</a>

Pastikan untuk menggantikan URL_TUJUAN dengan URL halaman atau situs yang ingin Anda tuju, dan sesuaikan teks tautan sesuai kebutuhan.

2. Platform WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress, biasanya Anda dapat membuat tautan dofollow melalui editor konten tanpa harus berurusan dengan HTML. Berikut langkah-langkahnya:

Contoh Pengaturan Set To Nofollow Pada Wordpress
Contoh pengaturan set to nofollow pada WordPress
  • Pilih teks atau gambar yang ingin dijadikan tautan
  • Klik ikon “Link” di toolbar atau tekan Ctrl + K (Windows) / Cmd + K (Mac)
  • Isi URL tujuan dan tekan enter
  • Klik anchor text yang telah dimasukkan, kemudian pilih ikon pensil di sebelahnya untuk mengedit
  • Pada opsi yang muncul, klik “set to nofollow
  • Anda juga bisa klik pada opsi “Open link in a new tab” jika ingin pengguna membuka halaman baru ketika mengeklik tautan tersebut

3. Platform lain

Jika Anda menggunakan platform CMS atau situs web builder lainnya, langkah-langkahnya mungkin bervariasi, tetapi prinsip dasarnya akan mirip.

Temukan pengaturan atau opsi untuk menentukan atribut rel=”dofollow” ketika Anda menambahkan atau mengedit tautan.

Pastikan untuk memahami kebijakan dan aturan dari platform yang Anda gunakan dan gunakan tautan dofollow dengan bijak untuk menghindari potensi masalah dengan mesin pencari atau administrator situs web.

Itulah dia penjelasan lengkap terkait apa itu link dofollow, kelebihan, kekurangan, dan perbedaannya dengan link nofollow.

Dofollow link memiliki peran yang sangat penting dalam strategi SEO, tetapi penting untuk memahami bahwa keberhasilannya bergantung pada implementasi yang bijak dan etis.

Memaksimalkan kelebihan tautan dofollow sambil meminimalkan risikonya memerlukan pendekatan yang seimbang dan pemahaman mendalam tentang dinamika SEO.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki bisnis online, sangat penting bagi Anda untuk memaksimalkan kelebihan dofollow pada website Anda.

Jangan khawatir karena Sekawan Studio dapat membantu untuk meningkatkan peringkat SEO pada website bisnis online Anda!

Kami menawarkan jasa SEO dan optimasi website, khususnya bagi Anda yang memiliki bisnis online. Kami akan membantu meningkatkan peringkat website, meningkatkan konversi bisnis, dan meningkatkan kunjungan website Anda!

Tentunya, Sekawan Studio memberikan banyak variasi harga yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jadi, kunjungi website Sekawan Studio untuk informasi lengkapnya sekarang juga!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.