Apa itu Link Building? Pengertian, Jenis, & Cara Membangunnya

Link building bisa menjadi strategi jitu untuk meningkatkan ranking situs web. Bagaimana tidak, link building termasuk dalam salah satu faktor ranking Google.
Link Building
Daftar Isi

Dalam SEO, link building adalah strategi penting yang harus diterapkan untuk menunjang performa situs web di mesin pencarian.

Para praktisi SEO tentu sudah familier dengan strategi satu ini. Namun bagi Anda yang baru terjun ke dunia SEO, mungkin masih belum tahu apa itu link building.

Tenang saja, artikel ini akan mengupas semua informasinya untuk Anda, mulai dari pengertian hingga strategi penerapannya.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Apa itu Link Building?

Secara sederhana, arti link building adalah proses mendapatkan link yang mengarah pada situs web Anda. Adapun tujuan dari strategi ini, yaitu meningkatkan peringkat situs web di mesin pencarian.

Umumnya, semakin banyak dan berkualitas link yang didapatkan, authority serta peringkat situs web juga akan meningkat.

Bagaimana bisa? Begini, mesin pencari, terutama Google, memandang link dari luar sebagai bentuk dukungan situs web lain terhadap website Anda.

Setiap link yang mengarah ke situs web Anda akan diinterpretasikan sebagai dukungan yang menjelaskan bahwa konten Anda memiliki value, berguna, dan kredibel.

Nah, karena inilah, mesin pencarian akhirnya percaya dengan situs web Anda, sehingga ia merekomendasikannya ke para pengguna dengan cara menampilkannya di peringkat atas SERP.

Jadi, jika Anda menginginkan peringkat situs web yang bagus, link building adalah strategi yang tepat untuk diterapkan.

Jenis-Jenis Link Building

Sebelum menerapkan strateginya, Anda perlu tahu jenis-jenis link building terlebih dahulu. Adapun jenis link building SEO adalah backlink, internal link, dan outbound link. Berikut ini penjelasannya.

1. Backlinks

Backlink adalah link dari situs web lain yang mengarah pada website Anda. Diketahui, jenis link satu ini merupakan salah satu faktor yang memengaruhi ranking Google.

Dalam praktiknya, banyak praktisi yang mencoba untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya backlink.

Namun, strategi seperti ini  tidak lagi efektif karena hal utama yang dilihat dari backlinks adalah kualitasnya.

Maka dari itu, untuk membangun authority yang kuat, dapatkan backlinks yang berkualitas dan relevan dengan bisnis Anda.

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan backlinks, di antaranya yaitu membuat konten berkualitas hingga bekerja sama dengan situs web lain.

Selain melakukan beberapa cara tersebut, Anda juga perlu memperhatikan backlink yang sudah didapatkan.

Berkenaan dengan ini, cobalah periksa setiap backlink ke website Anda dan pastikan tidak ada yang berbahaya untuk situs web.

2. Internal Links

Jenis selanjutnya, yaitu internal links. Berbeda dengan sebelumnya, internal link adalah link yang mengarah ke halaman lain dalam satu website yang sama.

Sebagai contoh, Anda bisa mencantumkan link di halaman artikel untuk menuju ke halaman produk atau konten penting lainnya.

Internal link semacam ini ditujukan untuk membantu pengguna dalam menemukan konten yang relevan dalam situs web Anda.

Di sisi lain, internal link juga dapat membantu mesin pencar untuk memahami struktur dan konteks website, sekaligus bisa meningkatkan authority halaman situs web.

3. Outbound/External Links

Outbound links adalah link dari situs web Anda yang mengarah ke website lain. Link jenis ini penting untuk meningkatkan kredibilitas situs web Anda.

Namun dengan catatan, Anda harus menggunakannya dengan tepat. Contoh link building jenis outbound link adalah Anda bisa menyematkan link dari sumber lain ke dalam konten Anda. 

Misalnya, ketika membahas mengenai “Tips Menjaga Kesehatan dan Gizi Anak”, Anda bisa menyertakan referensi link yang mengarah ke sumber kredibel, seperti World Health Organization (WHO) atau Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Tipsnya, atur outbound link agar terbuka di halaman baru. Hal ini ditujukan untuk memudahkan pengguna ketika mereka ingin kembali ke konten Anda.

Cara Membangun Link Building

Terdapat beberapa cara link building yang dapat Anda gunakan. Adapun beberapa di antaranya, yaitu sebagai berikut.

1. Buatlah Konten yang Berkualitas

Link yang paling disukai oleh mesin pencarian adalah, link yang natural. Misalnya, dalam konteks backlink, Google lebih menyukai konten-konten yang mendapatkan backlink secara alami.

Nah, untuk mendapatkan link semacam ini, cara yang bisa Anda lakukan, yaitu buatlah konten yang berkualitas.

Dengan begitu, situs web lain akan dengan suka rela mengutip konten dan memberikan Anda backlink.

2. Manfaatkan Media Sosial

Link building merupakan salah satu strategi SEO off-page, yaitu strategi yang berfokus pada hal-hal di luar website dan menekankan adanya brand mention dari media atau situs web luar.

Nah, sehubungan dengan ini, strategi membangun link yang bisa Anda lakukan, yaitu manfaatkan media sosial bisnis atau perusahaan.

Sering-seringlah membagikan konten ke media sosial, agar website Anda lebih dikenal oleh masyarakat luas.

3. Guest Blogging

Strategi selanjutnya, yaitu melalui guest blogging. Dalam strategi ini, Anda bisa menulis konten di blog orang lain dan menyematkan link yang menuju ke situs web Anda.

Agar strategi ini optimal, buatlah konten yang informatif, relevan, dan mudah dipahami oleh para pengguna.

Selain itu, pastikan juga blog yang Anda gunakan memiliki audiens yang relevan dengan bisnis.

4. Broken Link Building

Broken link building adalah strategi memperbaiki link-link yang rusak. Misalnya, ada situs web yang menyebut dan menyematkan link website Anda dalam kontennya.

Namun, konten tersebut ternyata sudah dihapus dari situs web Anda. Alhasil, pengunjung yang mengklik link tersebut akan mendapatkan kode 404 not found.

Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa menghubungi pemilik situs web untuk mengganti link-nya dengan yang baru.

5. Add Link

Strategi add link dilakukan dengan cara menyematkan link situs web di berbagai media digital. Dalam hal ini, Anda bisa mencantumkan link situs web di profil Instagram, X, dan lainnya.

Itulah penjelasan mengenai apa itu link building SEO hingga strategi melakukannya. Bagaimana? Anda tentu sudah paham, kan?

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa, link building adalah strategi untuk mendapatkan link yang mengarah ke situs web Anda.

Ada beberapa jenis link dalam strategi ini, di antaranya yaitu backlink, internal link, dan outbound link.

Setiap jenis link ini sangat bermanfaat untuk situs web karena bisa membantu meningkatkan ranking.

Namun dengan catatan, manfaat ini bisa didapatkan apabila Anda menggunakannya dengan tepat. Nah, agar tidak keliru dan Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal, gunakan jasa SEO dari Sekawan Studio.

Jasa ini menawarkan layanan SEO lengkap untuk Anda, mulai dari riset keyword, link building, content writing, hingga keyword performance monitoring.

Yuk, segera dapatkan layanan ini dengan menghubungi kami sekarang juga!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.