Keyword Research adalah: Manfaat & Cara Riset yang Benar

Dalam praktik SEO, salah satu hal kunci yang harus dilakukan adalah research keyword atau kata kunci yang dimasukkan user ke search engine. Dari riset kata kunci tersebut, maka seorang SEO bisa merumuskan strategi apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan visibilitas website di laman hasil pencarian.
keyword research concept with glass wooden cubes rad table flat lay
Daftar Isi

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan keyword research? Istilah tersebut sangat populer di kalangan penggiat SEO.

Bagaimana tidak? Tanpa riset tersebut, sebuah website mungkin akan memuat informasi yang tidak dibutuhkan oleh pengguna.

Contohnya, ketika mencari sebuah informasi, maka Anda akan mengetikkan sebuah kata kunci di mesin pencari.

Pastinya, Anda berharap bahwa konten yang muncul sesuai dengan yang diinginkan. Semakin relevan konten dengan kata kuncinya, maka semakin besar potensi Anda memilihnya, bukan?

Bagi pemilik website, keyword research adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan potensi tersebut. 

Akan tetapi, sebenarnya apa pengertian keyword research? Apa saja fungsinya? Bagaimana cara dan tips melakukannya? Simak artikel berikut dengan saksama, ya!

Apa itu Keyword Research?

Secara bahasa, arti dari keyword research adalah riset kata kunci. Keyword research adalah proses mencari kebutuhan dan permintaan pengguna internet melalui kata kunci yang diketikkannya melalui mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya.

Bagi pemilik atau pengelola website, hal ini sangat penting untuk dilakukan sebelum memilih kata kunci sebuah topik konten.

Mengapa demikian? Karena riset ini akan menentukan seberapa besar potensi kata kunci digunakan oleh pengguna pada mesin pencari. 

Aktivitas ini sangat erat kaitannya dengan Search Engine Optimization (SEO). Artinya, SEO keyword research adalah strategi digital marketing yang organic.

Tanpa mengeluarkan biaya, Anda dapat mengoptimasi website dan mengundang banyak pengguna untuk mengunjungi halaman tersebut.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Ahrefs, lebih dari 90% halaman di internet tidak mendapatkan organic traffic dari Google.

Hal tersebut disebabkan karena pemilik website tidak melakukan riset kebutuhan dan permintaan pengguna pada konten yang mereka sajikan.

Dengan riset kata kunci, Anda dapat memastikan bahwa keyword konten yang disajikan pada website memiliki search demand yang cukup untuk menaikkan traffic halaman tersebut.

Tak hanya itu, website Anda juga berpotensi akan mendapatkan ranking yang tinggi di Search Engine Result Page (SERP).

Manfaat Keyword Research

Dari penjelasan sebelumnya, sudah jelas bahwa keyword research adalah hal yang bermanfaat untuk meningkatkan organic search traffic website Anda. Tak hanya itu, riset ini juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Beberapa manfaat dan output dari proses keyword research adalah sebagai berikut.

  • Memberikan ide topik konten yang sesuai dengan niche website Anda
  • Mengetahui topik atau kata kunci yang banyak dicari pada search engine
  • Meningkatkan traffic website jika kata kunci yang digunakan relevan dengan search demand
  • Mempengaruhi conversion rate dan dapat mendatangkan calon pelanggan baru bagi sebuah bisnis
  • Menentukan prioritas keyword yang ditargetkan
  • Meningkatkan potensi munculnya konten pada halaman pertama SERP

Istilah-Istilah pada Keyword Research

Dalam melakukan riset kata kunci, ada beberapa istilah metrik yang harus Anda pahami. Istilah-istilah tersebut dapat membantu Anda untuk menentukan keyword yang tepat untuk meningkatkan traffic website

Beberapa metrik yang harus Anda ketahui pada keyword research adalah sebagai berikut. 

1. Search Volume

Metrik ini menunjukkan berapa kali rata-rata sebuah keyword dicari pada search engine dalam satu bulan atau beberapa waktu tertentu.

Perlu diingat, bahwa search volume pada keyword research adalah jumlah pencariannya, bukan jumlah pengguna yang mencari kata kunci tersebut.

Biasanya, search volume juga ditentukan oleh area yang spesifik. Oleh karena itu, Anda akan menemukan search volume keyword yang berbeda pada beberapa negara. 

Akan tetapi, biasanya beberapa tools akan menyediakan opsi untuk menunjukkan search volume secara global.

Search volume yang ditunjukkan pada sebuah keyword tidak selalu 100% akurat. Terkadang, metrik ini memiliki jumlah yang berbeda antar tools.

Meskipun demikian, metrik yang satu ini akan sangat berguna untuk memperkirakan seberapa banyak permintaan pencarian pada kata kunci tersebut.

2. Keyword Difficulty

Metrik yang tak kalah penting dari riset ini adalah Keyword Difficulty (KD). KD akan menentukan seberapa sulit kata kunci tersebut akan mendapat ranking di halaman pertama SERP.  

Biasanya, KD dihitung pada skala 1 hingga 100. Jika KD menunjukkan angka yang tinggi, berarti lebih banyak kompetitor yang juga menargetkan kata kunci tersebut.

Artinya, semakin rendah angka keyword difficulty, maka akan semakin besar kesempatan Anda untuk memenangkan kata kunci tersebut.

3. Related Keywords

Hal lain yang penting untuk diperhatikan ketika melakukan keyword research adalah melihat kata kunci yang terkait.

Related Keyword adalah kata kunci yang masih berhubungan dengan keyword tersebut. Metrik ini biasanya berupa persamaan istilah atau merupakan spesifikasi dari keyword yang diriset.

Dengan memperhatikan metrik ini, Anda mungkin akan mendapatkan traffic dari kata kunci yang berhubungan.

Sebab, pengguna biasanya akan mencari alternatif kata kunci lain jika tidak menemukan informasi yang sesuai pada SERP.

Cara Research Keyword yang Benar

Setelah mengetahui keyword research, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara melakukan riset kata kunci yang benar untuk memaksimalkan optimasi konten website.

Beberapa tips dan langkah yang sebaiknya Anda lakukan ketika melakukan keyword research adalah sebagai berikut.

1. Pahami Niche Website

Sebelum mulai melakukan keyword research, pelajari terlebih dahulu tentang niche website Anda.

Niche adalah sebuah tema khusus yang digunakan sebagai acuan pembahasan dari sebuah website. Artinya, kata kunci yang Anda riset harus sesuai dengan niche tersebut.

Hal tersebut akan mempengaruhi kredibilitas website. Bayangkan jika terdapat konten bertopik kesehatan pada website dengan niche otomotif, apakah Anda akan mempercayai isi konten tersebut? 

Oleh sebab itu, untuk melakukan riset kata kunci, pastikan Anda menggunakan keyword yang tidak melenceng dari niche website tersebut.

2. Buat Daftar Seed Keyword

Setelah memahami niche website, yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan keyword  yang berkaitan dengan topik utama

 Misalnya, jika niche website Anda adalah kuliner, maka carilah istilah-istilah yang sesuai, seperti fine dining, restoran, resep makanan, dan lain sebagainya.

3. Competitor Research

Tips untuk melakukan keyword research adalah dengan menganalisis kata kunci mana sajakah yang berhasil menaikkan traffic website kompetitor. Sebelum itu, ketahui dulu mana website yang menjadi kompetitor Anda.

Cara yang paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengetikkan kata kunci yang mirip dengan topik website Anda.

Setelah itu, lihatlah beberapa website yang mendapatkan ranking dengan topik pembahasan yang sama.

Kemudian, Anda dapat melihat keyword mana saja yang berhasil mengangkat website serupa.

Dengan itu, Anda dapat menggunakan keyword tersebut agar juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan ranking pada SERP.

4. Gunakan Tools

Tips yang paling utama dalam keyword research adalah dengan menggunakan tools yang ada.

Saat ini, banyak tersedia tools untuk riset kata kunci yang masih bisa digunakan secara gratis seperti Google Keyword Planner dan Google Trends, atau tools berbayar seperti Ahrefs, Semrush, dan Ubersuggest.

Dengan keyword research tools, Anda akan lebih mudah menemukan search volume, keyword difficulty, atau kata kunci yang berhubungan dengan yang ditargetkan.

Nah, itulah informasi yang wajib Anda ketahui tentang riset kata kunci. Keyword research adalah hal yang sangat penting dalam SEO.

Dengan melakukannya, website Anda akan memiliki potensi lebih tinggi untuk memenangkan ranking keyword dan menaikkan organic traffic.

Berbicara tentang organic traffic, SEO adalah hal yang sangat penting untuk mencapainya.

Jadi, pastikan untuk menerapkannya pada website Anda. Namun, jika Anda tak punya sumber daya yang cukup, serahkan semuanya pada Sekawan Studio!

Sekawan Studio menawarkan jasa SEO dan optimasi website untuk Anda. Tentunya, kami dapat meningkatkan kunjungan dan peringkat website Anda dengan SEO.

Mulai dari 5 juta per bulan, dapatkan paket menarik untuk optimasi website Anda! Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih detail!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.