Kenali Karier Front End Developer: Skill, Tugas, dan Gaji.

Front end developer kini menjadi salah satu profesi yang sedang banyak dicari oleh perusahaan. profesi ini bertugas untuk mengembangkan sebuah website atau aplikasi melalui tampilan yang menarik pengguna.
Front End Developer
Table of Contents

Di era perkembangan teknologi yang sangat cepat ini, banyak suatu badan usaha yang memasarkan produknya dengan memanfaatkan media digital atau digital marketing. Pemasaran secara digital biasanya berbasis website atau aplikasi. Dalam praktiknya, tentu saja pasti ada kendala terkait website atau aplikasi tersebut. Oleh karena itu, seorang Front End Developer sangat berperan penting dalam hal ini.

Karier sebagai seorang Front End Developer (FED) saat ini tengah naik daun karena banyak perusahaan yang mulai menyadari pentingnya peran seorang FED dalam pengembangan sebuah website atau aplikasi. Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara menjadi seorang Front End Developer? Jangan khawatir karena semuanya akan dibahas di dalam artikel ini.

Sekilas Tentang Front End Developer

Front End Developer atau FED merupakan orang yang bertugas untuk mengembangkan sebuah website atau aplikasi dalam upaya menampilkan interface yang menarik untuk user. Dalam berkarier di bidang ini, seorang FED tentunya harus menguasai berbagai macam skill atau kemampuan yang dapat menunjang performa kerja. 

Tentunya anda juga membutuhkan kemampuan-kemampuan tersebut sebelum memulai terjun di karier ini. Lantas, apa saja skill atau kemampuan yang harus anda kuasai? Simak berikut ini!

Skill yang Dibutuhkan

Seperti yang telah anda ketahui, anda membutuhkan beberapa skill untuk berkarier di bidang ini, antara lain:

1. HTML dan CSS

Html Dan Css Front End Developer

Hyper Text Markup Language (HTML) dan Cascading Style Sheets (CSS) merupakan dua bahasa pemrograman harus anda kuasai. Pasalnya, kedua bahasa pemrograman ini sangatlah esensial dengan sebuah website. 

HTML dapat membantu anda dalam memberikan sebuah struktur website, sedangkan CSS berperan dalam menentukan gaya elemen HTML dengan warna, font, dan lain sebagainya. Apabila anda belum familiar atau bahkan belulm tahu sama sekali dengan kedua bahasa programan ini, anda dapat mempelajarinya dengan belajar mandiri atau mengikuti online course karena saat ini sudah banyak platform yang menyediakan jasa kursus online, baik secara gratis ataupun berbayar.

2. JavaScript

Canonnical Tag

JavaScript merupakan bahasa pemrograman selanjutnya yang harus anda kuasai. Sebenarnya, apabila anda menggunakan HTML dan CSS itu sudah cukup untuk membuat sebuah website sederhana. Namun, agar sebuah website lebih ineteraktif dan tidak membosankan, maka anda dapat menggunakan JavaScript sebagai solusinya.

Sebenarnya, bahasa pemrograman ini merupakan skill dasar untuk seorang Front End Developer. Dengan bahasa ini, anda dapat mengatur berbagai tampilan, seperti motion, layout, interaksi button, dan efek animasi. Hal tersebut bertujuan agar website yang anda kembangkan dapat berjalan secara dinamis. Anda juga dapat mempelajari bahasa pemrograman ini secara mandiri atau dengan mengikuti kursus.

4. Framework

Framework yang biasa digunakan oleh seorang Front End Developer adalah Framework CSS dan JavaScript. Hal tersebut karena anda memang membutuhkan framework untuk menjalankan program dari CSS dan JavaScript agar sesuai dengan apa yang anda inginkan. Oleh karena itu, menguasai hal ini akan sangat membantu anda dalam berkarier di bidang ini. Dengan skill ini, anda akan membantu anda dalam membuat struktur sebuah halaman.

5. Version Control System

Version Control System atau VCS merupakan tools untuk mengontrol versi dan aplikasi yang biasanya FED gunakan adalah Git. Saat ini, banyak para developer yang sudah menggunakan aplikasi ini untuk membuat aplikasi atau sistem.

Git memiliki peran yang cukup penting karena dapat mempermudah dan mempercepat seorang developer dalam mengembangkan website. Banyak pula perusahaan yang telah menerapkan Git dalam upaya menunjang dalam pembuatan sebuah aplikasi. Pengontrol versi, seperti Git, sangat dibutuhkan agar seorang FED dapat memonitoring manajemen website atau aplikasi engan lebih mudah tanpa harus merubah susunan kode. 

6. Testing dan Debugging

Seorang developer harus mampu melakukan testing karena hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kesalahan atau error dalam menjalankan website atau aplikasi tersebut. Testing ini sebenarnya bukan tugas utama dari seorang Front End Developer, tetapi seorang FED harus memiliki kemampuan ini.

Debugging juga biasanya dilakukan oleh seorang FED yaitu dengan testing dan memperbaikinya sendiri tanpa bantuan seorang tester. Debugging akan membaca setiap kode yang anda tulis dan akan menampilkan output apabila kode tersebut benar. Apabila kode yang anda tulis itu salah, maka akan muncul sebuah peringatan sehingga FED dapat langsung memperbaikinya.

7. Optimasi Tools/Website

Seorang Front End Developer harus mampu melakukan optimasi terhadap tools atau website yang ia kembangkan. Berkaitan dengan hal tersebut, seorang FED dapat menggunakan Gulp dan Grunt untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan kinerja website. 

FED juga harus bisa mampu mengoptimalkan kinerja dari website atau aplikasi yang telah ia buat atau kembangkan. Adapun caranya yaitu dapat menggunakan SEO. SEO adalah upaya pengoptimalan website agar muncul di peringkat pertama sebuah mesin pencari. Selain itu, FED juga harus memperhatikan baris HTML, JavaScript, atau CSS.

Baca juga: 
SEO dan SEM: Mengenal Perbedaan Beserta Manfaatnya
Mengenal Profesi UI UX Designer dalam Mengembangkan Produk Aplikasi

Tugas Front End Developer

Anda sudah mengetahui skill yang harus anda kuasai sebelum terjun ke bidang ini, maka inilah saatnya anda mengetahui apa saja tugas dari seorang Front End Developer.

  • Memaksimalkan User Experience (UX), seorang FED harus mampu membuar website yang user-friendly yaitu website yang dapat diakses dengan mudah.
  • Meoptimasi website, optimasi mencakup berbagai macam aspek, seperti konten, halaman, dan lain sebagainya.
  • Bekerja sama dengan Back End Developer, kedua posisi ini masih bersinambungan antara satu dengan yang lainnya sehingga seorang FED harus mampu bekerja sama dengan BED dalam memecahkan suatu masalah atau lainnya.
  • Optimasi SEO, seperti yang telah anda ketahui sebelumnya bahwasanya seorang FED tidak hanya melakukan pengoptimalan untuk aplikasi, tetapi website juga.
  • Mengimplementasikan design web, hal ini perlu untuk FED lakukan karena berhubungan dengan pengalaman seorang user ketika menjelajahi website tersebut.

Gaji

Gaji Front End Developer

Setelah mengetahui skill dan tugas-tugas Front End Developer, saatnya anda mengetahui berapa sih gaji seorang FED. Berdasarkan glassdor.com, rata-rata gaji Front End Developer di Amerika Serikat adalah sekitar $73,000 hingga $164,000 atau setara dengan Rp 1-2,4 M per tahunnya.

Untuk di Indonesia sendiri, gaji FED berkisar antara Rp 10-11 juta per bulan untuk Kota Surabaya dan Rp 10-37 juta per bulan untuk daerah DKI Jakarta. Tentunya, besaran gaji tersebut bermacam-macam bergantung pada jenis perusahaan dan lokasi perusahaan tersebut.

Mendengar gaji seorang FED yang cukup menggiurkan mungkin membuat anda semakin tertarik untuk berkarier di bidang ini. Hal tersebut tentu wajar, hanya saja anda juga perlu mengetahui bahwa besaran gaji tersebut berbanding lurus dengan work-load dan skill yang harus anda miliki. 

Kesimpulan

Front End Developer (FED) merupakan orang yang memiliki tugas untuk mengembangkan suatu website atau aplikasi. Terdapat pula berbagai macam skill yang harus anda miliki sebelum mulai berkarier di bidang ini. Selain itu, ada juga tugas-tugas dari seorang FED dan gaji yang begitu menggiurkan. 

Untuk anda yang ingin memulai karier di bidang ini bersemangatlah karena sejatinya setiap hal pasti membutuhkan pengorbanan. Jangan berhenti untuk terus belajar! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sekawan Studio menyediakan jasa pembuatan website untuk mengoptimalkan situs pada SERP.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.