Apa itu DOM dalam JavaScript? Arti, Cara Kerja, & Fungsinya

DOM adalah penghubung JavaScript dan HTML atau CSS. DOM bisa membuat website statis menjadi dinamis dan responsif.
Document Object Model (DOM)
Daftar Isi

Sebelum membuat sebuah website, Anda perlu tahu alur dan istilah-istilah yang digunakan. Dalam hal ini, JavaScript DOM adalah salah satu istilah yang harus Anda pahami.

DOM adalah salah satu kunci utama dalam JavaScript yang bisa digunakan untuk menciptakan situs web yang dinamis.

Apakah Anda sudah paham dengan istilah satu ini? Jika belum, Anda tak perlu khawatir, artikel ini akan mengulas penjelasannya secara lengkap, mulai dari pengertian hingga fungsinya.

Jadi, tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu DOM dalam JavaScript?

Struktur Dom
Struktur DOM (Sumber: W3School)

Secara umum, situs web dibangun menggunakan HTML dan CSS. Pelru diketahui, kedua elemen tersebut hanya mampu menciptakan situs website statis.

Jika ingin mengubah website menjadi lebih dinamis, Anda membutuhkan JavaScript. Apakah hanya itu saja? Tentu tidak.

Untuk menyambung bahasa JavaScript dengan situs web yang statis, Anda perlu Document Object Model atau biasa disebut dengan DOM.

Arti DOM adalah interface yang bisa digunakan oleh web developer untuk memanipulasi atau mengubah tampilan, konten, hingga struktur halaman website.

Jadi, dengan adanya DOM ini, Anda bisa membuat website statis menjadi lebih dinamis menggunakan bahasa pemrograman JavaScript.

Fungsi DOM dalam JavaScript

Pada dasarnya, fungsi DOM adalah memanipulasi interface website dengan cara mengubah, menambah, atau menghapus elemen HTML. Lebih dari itu, fungsi document object model adalah sebagai berikut:

  • Menjadi penghubung interaksi JavaScript dengan dokumen HTML atau XML dan memastikan kode yang ditulis dapat berfungsi di semua browser
  • Document object model dapat membantu meningkatkan kecepatan loading situs web. Hal ini dikarenakan, interface satu ini memungkinkan developer untuk melakukan perubahan pada struktur website menggunakan JavaScript
  • Membantu developer menciptakan situs web atau aplikasi web yang interaktif dan responsif terhadap interaksi pengguna
  • Memudahkan developer untuk mengubah atau memperbarui konten dan struktur halaman situs web

Properti dalam DOM

Hierarki Properti Dom
Hierarki Properti DOM (Sumber: Geeksforgeeks)

Document object model bisa bekerja optimal dengan bantuan properti yang ada di dalamnya. Properti inilah yang memiliki fungsi untuk mengakses dan memodifikasi elemen HTML.

Lantas, apa saja properti yang ada dalam document object model? Melansir dari Geeksforgeeks berikut beberapa properti DOM:

  • Document object. Untuk mengakses elemen dalam HTML, Anda bisa mengakses document object-nya. Dalam hal ini, document object adalah dokumen HTML yang dimuat di window. Document object ini berisikan berbagai properti yang dapat diakses dan dimodifikasi
  • Window object. Properti ini digunakan untuk mengakses semua properti. Biasanya, window object ini berada di bagian paling atas hierarki DOM
  • Link object. Link object adalah properti DOM yang diwakili oleh tag link
  • Form object. Properti satu ini diwakili dengan tag form
  • Form control elements. Properti from memiliki banyak elemen kontrol, seperti tombol radio, checkboxes, dan lainnya
  • Anchor objects. Properti satu ini diwakili dengan a href tag

Cara Kerja DOM

Sampai sini, apakah Anda penasaran bagaimana cara kerja document object model? Sederhananya, DOM bekerja dengan cara mengambil, menambahkan, mengubah, dan menghapus elemen HTML.

Tak hanya itu, document object model juga bekerja dengan cara mengumpulkan atribut, data, dan fungsi elemen yang diakses.

Cara kerja yang seperti ini memungkinkan para web developer untuk mengubah situs web menjadi lebih dinamis dan tampilannya up to date. Selengkapnya, berikut cara DOM mengambil, mengubah, dan menambahkan elemen HTML.

Cara Mengubah Elemen HTML

Telah dikatakan di awal, JavaScript DOM memungkinkan Anda untuk mengubah elemen HTML. Berikut cara mengubah elemen dalam HTML.

1. Mengubah Value Atribut

Pertama, Anda bisa mengubah value atribut sebuah elemen menggunakan getElementsByTag.

Misalnya, Anda ingin mengaubah value atribut img menjadi img.png, maka cara yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

document.getElementsByTag(“img”).scr = “img.png”;

2. Mengubah Konten

Selanjutnya, DOM memungkinkan Anda untuk mengubah isi konten dalam suatu webpage menggunakan innerHTML yang dikombinasikan dengan getElementsById() atau getElementsByTag. Berikut contohnya:

document.getElementsByID(“#header”).innerHTML = “Welcome”

3. Mengubah Style

Di samping mengubah konten dan value atribut, JavaScript DOM juga bisa memodifikasi tampilan atau style HTML. Caranya, ubah property style terlebih dahulu menggunakan elemen getElementsById.

document.getElementById(id).style.property = new style

Jika sudah, Anda bisa mengubah tampilannya sesuai dengan style yang Anda inginkan.

Cara Mengambil HTML dan CSS

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengambil elemen dalam HTML. Adapun beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Mengambil Elemen dengan ID

Pertama, Anda bisa menggunakan fungsi getElementByID(). Fungsi ini akan membantu Anda untuk mengambil elemen dengan ID tertentu dan memasukkannya ke dalam variabel.

2. Mengambil Elemen dengan Class

Selanjutnya, Anda bisa mengambil elemen HTML menggunakan metode getElementByClassName(). Nantinya, metode ini akan mengambil semua elemen yang ada dalam suatu kelas.

Berikut contoh skripnya:

var items = document.getElementsByClassName(‘list-items’);

3. Mengambil Elemen dengan querySelectorAll

Berbeda dengan sebelumnya, cara kali ini digunakan untuk mengambil elemen dari CSS. Caranya yaitu menggunakan querySelectorAll.

4. Mengambil Elemen dengan querySelector

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan fungsi querySelector untuk mengambil elemen CSS. Cara ini sebenarnya mirip dengan sebelumnya. Berikut contoh skripnya:

Var header = document.querySelector(“#header)

5. Mengambil Elemen dengan Nama Tag

Terakhir, Anda bisa mengambil elemen HTML dengan menggunakan nama tag. Nantinya, DOM JavaScript akan mengambil semua elemen dengan tag yang Anda masukkan. Berikut contohnya:

Var listItems = document.getElementsByTagName(‘li’);

Cara Menambah atau Menghapus Elemen HTML

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan DOM JavaScript untuk menambah atau menghapus elemen HTML. Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya yaitu:

1. Menambah Elemen

Untuk menambah elemen, Anda bisa menggunakan fungsi createElement (). Dengan fungsi ini, JavaScript akan membuatkan elemen baru untuk Anda, di mana elemen tersebut bisa Anda isi dengan konten baru.

2. Menghapus Elemen

Kemudian, untuk menghapus elemen HTML, Anda bisa menggunakan fungsi querySelector dan removeChild().

Adapun contoh script menghapus elemen adalah sebagai beirkut:

var elem = document.querySelector(‘#header) ; elem.parentNode.removeChild(elem) ;

3. Mengganti Elemen

Untuk mengganti elemen, Anda perlu membuat elemen baru terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

var div = document.querySelector(‘#div’);

var newDiv = document.createElement(‘div’)

Setelah itu, ganti elemennya dengan menggunakan skrip berikut:

newDiv.innerHTML = “Welcome”;

div.parentNode.replaceChild(newDiv, div);

4. Menulis Elemen di HTML Output Stream

Nah, cara yang terakhir, Anda bisa menulis elemennya langsung di HTML output stream.

Ya, DOM bisa digunakan untuk menggabungkan HTML dan JavaScript dalam satu baris kode. Adapun caranya, yaitu menggunakan metode write().

Demikian penjelasan mengenai apa itu DOM hingga cara-cara yang digunakan untuk mengubah, menghapus, dan mengambil elemen HTML.

Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa, DOM adalah interface yang menjadi jembatan interaksi antara JavaScript dengan HTML dan CSS.

DOM ini memungkinkan para web developer untuk menciptakan situs web yang dinamis, interaktif, dan responsif terhadap input pengguna.

Website yang responsif dan interkatif sangatlah penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menjelajahi situs web.

Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki situs web seperti ini, Anda bisa membangunnya menggunakan bahasa pemrograman JavaScript.

Namun, untuk menghasilkan situs web yang profesional menggunakan JavaScript bukanlah hal mudah.

Namun tenang saja, persoalan seperti ini bisa Anda serahkan ke jasa pembuatan website Sekawan Studio. Tim kami ahli dalam menciptakan situs web yang responsif, interaktif, dan user friendly.

Tak hanya itu, desain website Anda juga akan kami sesuaikan dengan persona perusahaan, sehingga tampilannya akan lebih profesional.

Yuk, gunakan jasa pembuatan website Sekawan Studio dan ciptakan situs web yang eksklusif! Hubungi tim marketing kami sekarang juga!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.