Mengenal Cyber Security dan Tips untuk Proteksi Keamanan Digital.

Cyber Security adalah upaya untuk melindungi suatu sistem, jaringan, serta program dari serangan bahaya digital. Teknologi ini penting untuk menjaga keamanan komputer dan perangkat lainnya.
cyber security
Table of Contents

Jika mendengar istilah cyber-crime, Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah cyber security. Kejahatan cyber dewasa kini marak terjadi. Sejatinya, kita sendiri dapat meminimalisir hal itu dengan beberapa cara. Salah satu caranya adalah memanfaatkan teknologi dengan baik dan tepat guna. Lantas, apakah yang dimaksud dengan cyber security? Apa fungsinya serta bagaimana cara untuk memaksimalkan cyber security agar dapat meminimalisir terjadinya cyber-crime? Mari sama-sama kita simak pembahasan tentangnya di bawah ini!

Mengenal Cyber Security

Cyber security mengacu pada sebuah upaya dalam melindungi baik suatu sistem, jaringan, serta program dari serangan bahaya digital. Seperti yang kita ketahui, cyber-attack merupakan suatu upaya penyerangan berupa akses paksa, pengubahan secara paksa, pencurian informasi, maupun mengganggu suatu proses.

Teknologi ini bertugas untuk melindungi komputer dan perangkat lainnya, server, sistem, jaringan, serta data-data penting dari serangan yang bersifat penting. Keamanan satu ini dapat juga disebut sebagai keamanan teknologi informasi yang dapat berguna dalam berbagai konteks dalam kegiatan bisnis hingga program komputerisasi.

Serangkaian langkah dalam upaya memperkuat keamanan memang secara khusus bertujuan untuk melawan atau memerangi ancaman beberapa hal, baik ancaman yang berasal dari dalam maupun dari luar. Sistem keamanan satu ini memiliki suatu kompleksitas yang diciptakan oleh suatu teknologi berbeda-beda.

Jika Anda memiliki suatu strategi komprehensif pada setiap proses termasuk dalam upaya keamanan, hal itu akan mempermudah kecerdasan buatan serta machine learning dalam menangkis ancaman siber agar lebih efektif.

Baca juga :
Mengenal Bahaya Phising: Ancaman Kebocoran Data Digital
Mengenal Tindakan Fraud yang Merugikan Pihak Perusahaan
Mengulas Spam: Upaya Distraksi Kenyamanan Aktivitas Internet

Kategori Cyber Security

Menurut tugas atau kegunaannya, ada beberapa kategori program keamanan satu ini. Berikut merupakan penjabaran dari masing-masing kategori cyber security.

1. Keamanan Jaringan

Merupakan program keamanan yang berfokus pada praktik dalam mengamankan jaringan komputer dari serangan atau penyusup. Baik dalam bentuk serangan penargetan ataupun berbentuk malware oportunistik.

2. Keamanan Aplikasi

Kategori satu ini memiliki fokus guna menjaga perangkat lunak bebas dari segala macam ancaman. Penyusup yang masuk dalam aplikasi biasanya dapat memberikan akses pada data yang dirancang khusus untuk dilindungi. Fungsi utama program satu ini adalah mencegah agar tidak adanya pembobolan data terlindungi pada suatu aplikasi.

3. Keamanan Operasional

Keamanan satu ini meliputi beberapa proses serta keputusan guna menangani serta melindungi aset data. Pemberian izin untuk masing-masing pengguna saat melakukan akses pada jaringan serta prosedur untuk menentukan bagaimana dan di mana penyimpanan atau pembagian sebuah data merupakan cakupan dari keamanan operasional.

4. Pemulihan terhadap bencana serta kelangsungan bisnis

Dalam upaya pemulihan baik bencana maupun kelangsungan bisnis dapat menunjukkan bagaimana organisasi bertindak terhadap suatu insiden yang terjadi pada keamanan siber maupun peristiwa lain yang menyebabkan hilangnya proses operasi maupun sebuah data. Program ini memiliki kebijakan yang dapat menentukan bagaimana suatu perusahaan melakukan pemulihan terhadap operasi, data, dan informasi yang dimilikinya.

5. End-user Education

Program satu ini berfokus pada faktor keamanan siber yang paling tidak terduga, yaitu manusia. Tanpa sadar, ternyata siapapun dapat secara tidak sengaja melibatkan virus ke dalam suatu sistem dengan keamanan tertentu jika melanggar praktik keamanan yang telah ditentukan. Pembekalan yang berhubungan dengan bagaimana mencegah hal itu tentunya sangat perlu oleh perusahaan. Pembelajaran singkat dengan topik menghapus lampiran email mencurigakan, tidak mencolokkan USB yang tidak dikenal, serta topik lain berkaitan dengan keamanan dapat dilakukan secara berkala dengan berbagai macam langkah atau strategi tertentu supaya para pengguna lebih sadar akan pentingnya informasi itu.

6. Keamanan Infrastruktur Penting

Perusahaan dengan infrastruktur kritis kerap kali dan cenderung rentan akan serangan daripada yang lainnya. Mengapa demikian? Sebab sistem Supervisory Control and Data Acquisition atau bisa disingkat dengan SCADA, kerap mengandalkan perangkat lunak dengan versi lebih lama. Beberapa perusahaan seperti operator layanan sektor energi, transportasi, kesehatan, air, serta infrastruktur dan penyedia layanan digital rupanya terikat dengan peraturan. Peraturan itulah yang mengharuskan perusahaan atau organisasi untuk dapat menerapkan langkah demi langkah teknis yang sesuai guna mengelola risiko keamanan.

Mengapa Cyber Security Penting?

Jika diibaratkan, program keamanan satu ini layaknya sebuah perisai untuk suatu perangkat. Dewasa ini, kenaikan angka pengguna serta penggunaan sejumlah perangkat nyatanya berbanding lurus dengan peningkatan data-data penting yang memiliki tingkat urgensi serta sensitivitas berbeda. Karena hal itu, peran keamanan siber menjadi penting dalam setiap proses agar tidak terjadi hal-hal yang kurang diinginkan, baik oleh suatu individu maupun perusahaan.

Selain itu, perkembangan teknologi dan pengetahuan dalam dunia cyber-attack, mulai dari pola pembobolan atau penyerangan hingga tingkat kerumitan teknik yang ada juga menjadi latar belakang atau alasan kuat mengapa cyber security memegang peranan penting.

Penyerangan secara cyber pada satu individu dapat menghadirkan dampak merugikan seperti pencurian identitas secara paksa, upaya pemerasan, dan hilangnya data-data penting seperti berkas yang tersimpan dalam perangkat. Mengamankan beberapa data itu dengan cyber security merupakan cara yang tepat untuk meminimalisir efek merugikan.

Tantangan Dalam Cyber Security

Pastinya sudah tidak asing lagi bukan jika memerangi sebuah serangan secara cyber memiliki tantangan khusus? Sebab setiap prosesnya pun tidak selalu berjalan dengan mulus, walaupun mendapatkan bantuan dari teknologi yang mumpuni.

Para hacker, kehilangan data, mengenai privasi, perubahan strategi dalam keamanan cyber menjadi beberapa tantangan utama yang muncul ketika menerapkannya pada setiap proses. Beberapa sumber mengatakan bahwa perubahan pada penyerangan secara cyber cenderung tidak mengalami penurunan. Terlebih lagi, jalan untuk melakukan serangan kini bertambah, hadirnya Internet of Things adalah salah satu contoh yang tepat. Hal itu dapat membuat tingkat kebutuhan akan proses keamanan pada beberapa hal mengalami peningkatan.

Teknologi sejatinya akan terus mengalami perkembangan secara signifikan. Munculnya teknologi atau berkembangnya teknologi baru rupanya berbanding lurus dengan kemungkinan hadirnya metode atau taktik serangan baru yang telah ada. Hal ini juga dapat menjadi sebuah tantangan bagi keamanan cyber.

Tips Untuk Meningkatkan Proteksi Keamanan

Kita memasuki pembahasan yang tidak kalah pentingnya, yakni tips untuk memperketat proteksi keamanan! Setelah mengenal seputar cyber security, tentu tidak afdal rasanya jika tidak membahas seputar tips-tipsnya juga, bukan? Berikut kami sajikan beberapa poin beserta penjabaran singkatnya.

  1. Perbarui perangkat lunak beserta sistem operasi pada perangkat Anda, dengan cara ini Anda akan mendapatkan proteksi ekstra dari versi terbaru dalam perangkat lunak maupun sistem operasi.
  2. Gunakan aplikasi anti-virus untuk memperketat keamanan pada perangkat anda
  3. Pada akun tertentu, tetapkan atau gunakan kata sandi berkekuatan tinggi, perbarui kata sandi secara berkala.
  4. Usahakan untuk tidak membuka email dengan lampiran serta pengirim yang tidak dikenal. Hal itu bisa saja membuat perangkat Anda terinfeksi oleh malware.
  5. Pada sebuah perusahaan, usahakan untuk mengadakan sebuah pelatihan terhadap karyawan agar para karyawan lebih teredukasi akan pentingnya menjaga keamanan dari data perusahaan. Kenalkan kepada mereka ancaman cyber apa saja yang dapat menyerang sebuah perangkat maupun hal lain berkenaan dengan proses bisnis. Bekali karyawan dengan pengetahuan yang cukup.
Baca juga :
Memahami Apa itu Vulnerability dalam Keamanan Siber
IoT dan Berbagai Kegunaan Hingga Dampak Negatif dari Implementasinya

Kesimpulan

Tuntutan zaman akan berkembangnya motif serta teknik penyerangan secara cyber mau tidak mau membuat kita sebagai pengguna perangkat digital mempertebal proteksi seluruh perangkat. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal itu. Selalu menyiapkan diri serta rasa waspada yang selaras dengan upaya peningkatan keamanan juga merupakan salah satu langkah tepat untuk meminimalisir terjadinya serangan cyber. Terus lakukan langkah-langkah guna memperkuat proteksi agar anda terhindar dari serangan cyber itu.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.