Apa itu Widget? – Pengertian, Jenis, dan Cara Menambahkannya

Widget website adalah elemen kecil atau aplikasi kecil yang dapat ditambahkan atau disematkan ke dalam sebuah situs web untuk menyediakan fungsi atau informasi tambahan.
medium shot woman working laptop
Daftar Isi

Jika Anda ingin meningkatkan estetika situs web bisnis atau perusahaan, memaksimalkan penggunaan widget adalah pilihan yang tepat.

Sebab, widget memungkinkan Anda untuk menambah berbagai elemen penting yang bisa meningkatkan interaksi user dengan situs web.

Pertanyaannya, apa itu widget? Apa fungsinya? Bagaimana contohnya? Semua pertanyaan tersebut akan dijawab dalam penjelasan artikel berikut ini.

Apa itu Widget?

Desain atau estetika website merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik situs web.

Pasalnya, desain ini bisa memengaruhi kesan dan pengalaman pengguna ketika menjelajahi suatu situs web.

Diketahui, desain yang bagus dan profesional lebih disukai oleh pengguna dan dapat menciptakan persepsi bahwa, situs web tersebut terpercaya.

Nah, adapun cara untuk meningkatkan desain situs web, yaitu menggunakan widget. Secara singkat, arti widget adalah elemen website yang memiliki fungsi tertentu, seperti menambah konten dan struktur di bagian footer atau side bar.

Adapun contoh widget adalah widget Google Maps, gambar, dan channel sosial media perusahaan.

Umumnya, tujuan penggunaan widget adalah memudahkan pengguna dalam menemukan informasi yang dicari.

Tentunya, penggunaan widget bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja, jika bisnis Anda bergerak di bidang akomodasi, Anda bisa menambahkan widget kalender untuk memudahkan pengguna memilih tanggal reservasi.

Fungsi Widget

Perlu diketahui, selain memudahkan pengguna menemukan informasi, widget juga memiliki beberapa fungsi penting lainnya.

Adapun fungsi widget adalah sebagai berikut:

1. Membuat Website Lebih Menarik

Pertama-tama, fungsi widget adalah membuat tampilan situs web lebih menarik. Pasalnya, widget memungkinkan Anda untuk menambahkan elemen yang beragam dalam situs web.

Dengan demikian, situs web Anda tidak hanya dipenuhi tulisan saja, tetapi juga gambar, video, dan beberapa elemen menarik lainnya.

2. Meningkatkan Interaksi dengan Pengunjung

Dalam praktiknya, terdapat banyak jenis widget yang bisa digunakan dalam situs web. Setiap jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Nah, hal ini bisa manfaatkan untuk meningkatkan interaksi dengan para pengunjung yang menjelajahi situs web Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa meningkatkan interaksi dengan menambahkan feedback widget yang dapat digunakan sebagai wadah untuk menampung saran dari para pengunjung.

3. Memberikan User Experience (UI) yang Baik

Tahukah Anda bahwa widget bisa digunakan untuk meningkatkan User Experience (UX)? Ya, elemen satu ini memang bisa meningkatkan pengalaman pengguna.

Hal ini karena widget bisa membuat User Interface (UI) lebih menarik, sehingga para pengunjung akan nyaman saat mengunjungi situs web Anda.

Di samping itu, widget juga bisa digunakan untuk menyediakan informasi tertentu, sehingga memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

4. Berpotensi Menaikkan Engagement di Platform Bisnis yang Lain

Penggunaan widget bisa membantu Anda meningkatkan potensi engagement di berbagai platform yang dimiliki perusahaan.

Sebagai contoh, widget media sosial bisa Anda gunakan untuk mengarahkan pengunjung agar mereka mengunjungi platform media sosial yang dimiliki perusahaan.

Jenis-Jenis Widget

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis widget yang bisa Anda gunakan. Oleh karena itu, pilihlah widget yang memang sesuai dengan kebutuhan agar tidak mengganggu estetika situs web.

Nah, apa saja jenis widget-nya? Adapun jenis-jenis widget adalah sebagai berikut:

  • Audio. Anda bisa menggunakan elemen audio untuk menarik perhatian para pengunjung. Cara menggunakannya mudah, cukup unggah audio mp3, lalu tekan “Add audio”
  • Kalender. Jenis widget satu ini menampilkan kalender di halaman website Anda 
  • Arsip. Widget arsip berfungsi untuk menampilkan arsip halaman atau artikel
  • FAQ. Widget Frequently Asked Question (FAQ) bisa Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh para pengunjung. Tenang saja, widget satu ini tidak akan memenuhi layar situs web Anda karena semua jawabannya akan disembunyikan hingga pengunjung mengekliknya
  • Countdown timer. Countdown timer widget adalah elemen yang menunjukkan penghitungan waktu mundur. Widget satu ini bisa Anda manfaatkan untuk meyakinkan pengunjung situs web agar menggunakan atau membeli produk Anda dalam rentang waktu tertentu. Penggunaan widget semacam ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan konversi pembelian
  • Galeri. Gallery widget adalah elemen situs web yang memuat gambar atau video. Anda bisa menambahkan jenis widget satu ini untuk meningkatkan estetika situs web. Secara bersamaan, widget ini juga bisa digunakan untuk meyakinkan pengunjung akan kredibilitas produk atau layanan Anda
  • Recent post. Recent post widget adalah elemen yang memuat postingan terbaru situs web. Widget satu ini bisa membantu pengunjung untuk mengetahui update terbaru dari website tersebut
  • Testimoni. Widget ini bisa digunakan untuk menampilkan penilaian pelanggan yang menggunakan produk Anda. Dengan demikian, Anda bisa meyakinkan para pengunjung situs web akan kualitas produk atau layanan yang Anda tawarkan
  • Feedback. Feedback widget bisa membantu Anda untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna. Lebih dari itu, widget feedback bisa Anda gunakan untuk melakukan evaluasi produk, situs web, atau layanan yang Anda berikan
  • Related product. Widget satu ini bisa Anda gunakan untuk memberikan rekomendasi pada pengunjung akan produk-produk yang berkaitan dengan apa yang mereka cari. Dengan demikian, Anda bisa meningkatkan penjualan

Cara Menambahkan Widget Website melalui WordPress

Menambahkan widget situs web dapat dilakukan dengan mudah melalui WordPress. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan berbagai macam widget yang sudah disediakan oleh WordPress.

Jika kurang puas, Anda bisa menggunakan beberapa plugin widget lainnya. Anda penasaran dengan cara menambahkan widget di website? Jika iya, berikut cara-caranya.

Cara Menambahkan Widget Default WordPress 

Pertama-tama, Anda perlu masuk ke akun WordPress terlebih dahulu, kemudian ikuti langkah-langkah berikut.

  • Masuk menu “Dashboard”
  • Klik opsi “Appearance”
  • Pilih “Widgets”

  • Setelah muncul berbagai jenis widget yang tersedia, pilihlah widget sesuai kebutuhan Anda
  • Drag and drop widget yang Anda pilih ke area penempatan widget yang diinginkan
  • Jika sudah, klik tombol “save” untuk menyimpan perubahan

Cara Menambahkan Widget Baru di WordPress

Anda bisa menggunakan berbagai jenis widget yang sudah disediakan oleh WordPress. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan jika widget yang Anda inginkan tidak tersedia.

Apabila hal ini terjadi, cara yang bisa Anda lakukan adalah tambahkan widget baru menggunakan plugin WordPress.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan plugin SiteOrigin Widget Bundle untuk menambahkan satu set widget sesuai kebutuhan. 

Contoh lainnya, Anda juga bisa menggunakan plugin Simple Social Icons untuk menambahkan media sosial dalam situs web.

Caranya mudah, Anda hanya perlu menambahkan widget tersebut, lalu paste link media sosial Anda, seperti Instagram, X, YouTube, ataupun lainnya.

Itulah dia penjelasan mengenai apa itu widget beserta fungsi, jenis-jenis, dan cara menambahkannya menggunakan WordPress. Bagaimana? Apakah pertanyaan Anda mengenai widget artinya apa sudah terjawab?

Intinya, widget adalah elemen website yang memiliki fungsi khusus dan ditujukan untuk memudahkan pengunjung dalam mencari informasi.

Elemen satu ini bisa digunakan untuk promosi produk dan meningkatkan interaksi atau keterlibatan pengunjung.

Jadi, jika Anda yang ingin meningkatkan engagement atau conversion rate, maka maksimalkan penggunaan widget saat membuat website.

Jika merasa kesulitan, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional dari Sekawan Studio. Jasa ini menyediakan layanan yang lengkap dan komprehensif untuk Anda.

Sekawan Studio akan membantu Anda mewujudkan situs web yang interaktif menggunakan berbagai jenis widget.

Bahkan, jasa pembuatan website Sekawan Studio juga akan membantu Anda untuk menciptakan situs yang responsif serta intuitif menggunakan teknologi terkini dan coding yang ringan.

Jika tertarik, silakan kunjungi laman kontak dan segera hubungi tim kami!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.