UX Writer: Pengertian, Tugas, Skill, dan Besaran Gajinya

UX writer merupakan profesi yang bertugas membuat teks singkat atau microcopy untuk pelanggan yang tulisannya akan muncul di dalam sebuah produk digital. Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang UX writer adalah kemampuan menulis dengan singkat, padat, dan jelas, kemampuan riset, dan kemampuan tambahan seperti kemampuan tentang desain visual.
Ilustrasi UX writing menggunakan media kertas dan laptop
Daftar Isi

Keberadaan perusahaan teknologi sudah cukup menjamur di Indonesia. Perusahaan teknologi banyak mengembangkan produk digital yang membutuhkan profesi seorang UX writer.

Sebenarnya bagaimana profesi UX writer itu dan bagaimana prospek kerjanya di masa depan? Simak terus artikel ini untuk mengetahuinya!

Apa itu UX Writer?

UX writer (User Experience Writer atau Pengalaman Pengguna) adalah profesi dengan tugas utama membuat teks atau copy yang muncul pada aplikasi atau produk digital.

Tugas UX writer adalah membuat microcopy atau kata-kata singkat yang intuitif bagi pengguna sesuai dengan brand’s voice. Seorang user experience writer menekankan pada kesederhanaan dan kemudahan untuk pengguna.

User experience writer merencanakan dan menunjukkan pembicaraan antara pengguna dan produk Anda, memperkirakan dan membantu pengguna dalam memecahkan masalah, mencari informasi, dan mengarahkan ke tempat yang tepat.

Penulisan copy pada produk digital bertujuan untuk memandu pengguna untuk menyelesaikan tasks dalam sebuah produk di website atau mobile apps.

UX writing dapat membantu pengguna untuk memahami bagaimana menggunakan atau berinteraksi dengan perangkat lunak (software). Termasuk di dalam desktop, mobile apps, games, dan interaksi suara multimodal experience (smart tv, Google Home, atau interface dari sebuah mobil).

Tugas UX Writer

User experience writer tidak hanya menulis teks microcopy, tetapi juga berperan dalam membantu membuat brand atau product voice dan memastikan seluruh content creator dalam organisasi mudah memahami dan menggunakan voice tersebut.

Tampilan Ux Yang Digunakan Oleh Seorang Ux Writer
Tampilan UX (Christopher Gower/Unsplash)

UX writer harus berpihak kepada pengguna apabila sebuah produk sulit digunakan atau tidak mudah dipahami. User experience writer harus memberi tahu bagaimana fitur, task, dan project dikomunikasikan dengan jelas.

User experience writer juga memiliki beberapa tanggung jawab lainnya, seperti:

  • Menganalisis kompetisi dengan perusahaan kompetitor yang beroperasi di sektor yang sama.
  • Melakukan partisipasi dalam pembuatan strategi pengembangan suatu konten dalam aplikasi.
  • Melakukan koordinasi dengan tim UI designer mengenai permasalahan dalam aplikasi.
  • Melacak kualitas dari usability microcopy.
  • Menyiapkan laporan untuk senior management.
  • Melakukan pengembangan mockup dan copy dengan tim pengembangan dan desain.
  • Melakukan percobaan usability di setiap jenis produk dan halaman independen website.
  • Membuat laporan dengan menunjukkan temuan.

Baca Juga: Cara Membuat Portofolio Profesional dalam 7 Tahapan

Kemampuan yang Harus Dimiliki UX Writer

Jika Anda berminat menjadi seorang user experience writer, maka Anda memerlukan beberapa kemampuan penting, yaitu:

1. Writing Skills

Tidak hanya harus mengetahui tata bahasa, padanan kata, atau ejaan kata, tetapi juga harus bisa menulis dengan ringkas dan jelas agar dapat memberikan pengguna banyak keleluasaan saat menggunakan produk.

Perlu banyak berlatih menulis dengan teknik penulisan yang spesifik pada UX untuk membantu dalam meningkatkan kemampuan penulisan.

2. Research Skills

Riset untuk berasal dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pengguna saat menggunakan produk.

Teknik riset yang dilakukan bisa user testing, A/B testing, atau card sorting. Tujuan melakukan riset bagi seorang user experience writer adalah agar bisa membuat copy yang user-friendly.

3. Digital Design Program

Tampilan Ux Design Yang Digunakan Oleg Ux Writer Untuk Diisi Dengan Tulisannya
Tampilan UX Design (Sigmund/Unsplash)

Meskipun tidak semua seorang UX writer mengerti tentang tools desain visual, tetapi dengan memiliki pengetahuan tentang hal tersebut dapat meningkatkan kredensial Anda.

Tools desain visual, seperti Sketch atau Figma, dapat membantu Anda untuk belajar dan membangun portfolio.

Perbedaan UX Writer dan Copywriter

Seorang UX writer akan melakukan riset tentang target audiens mereka agar dapat merasakan apa yang pengguna rasakan saat menggunakan produk. Umumnya, profesi ini berorientasi pada produk karena bekerja dengan product designer dan juga engineer.

UX writer membuat sebuah copy yang singkat, jelas, dan padat, namun lebih berfokus pada teknik penulisan yang bisa memberikan instruksi kepada pengguna apa yang bisa dilakukan oleh produk dan bagaimana menggunakannya.

Seorang UX writer harus memahami apa yang bisa dilakukan oleh produk untuk pengguna dan bagaimana produk tersebut bisa membuat kehidupan pengguna lebih baik. Hal ini berbeda dengan kalimat “bagaimana produk ini bekerja”.

Sedangkan, copywriter umumnya bekerja bersama tim marketing dengan menuliskan copy yang singkat, jelas, dan padat sesuai dengan brand voice perusahaan.

Namun, yang membedakan dengan UX writer, seorang copywriter cenderung menulis copy untuk memperoleh pelanggan dan menyebarkan brand awareness melalui ads, social media posts, atau di slogan perusahaan.

Baca juga: Mengenal Content Writer, Tugas beserta Gaji yang Diperolehnya

Peluang Kerja UX Writer

Seorang Ux Writer Yang Sedang Menulis Untuk Sebuah Website
Ilustrasi Writer (Cristin Hume/Unsplash)

Nah, sampai di bagian bagaimana peluang kerja UX writer saat ini? Seperti apa yang sudah dijelaskan, UX writer merupakan salah satu profesi most wanted saat ini mengingat teknologi saat ini berkembang sangat cepat.

Selain itu, jenjang karir UX writer juga cukup menjanjikan. Pada perusahaan sudah cukup mapan, maka profesi ini dapat naik jabatan menjadi editor UX.

Kemudian, apabila sudah mulai banyak pengalaman dan kemampuan yang memadai, bisa juga menjadi seorang product manager.

Apabila sudah menjadi product manager, maka pekerjaan mereka tidak lagi membuat copy, namun juga menciptakan tujuan dan fungsionalitas dari sebuah produk.

Gaji UX Writer

UX writer junior di Amerika Serikat rata-rata bisa menghasilkan sekitar $75.000 sedangkan untuk seorang senior bisa mencapai $125.000.

Di Indonesia sendiri, gaji profesi ini sekitar Rp3.500.000 hingga Rp7.000.000 per bulan tergantung pada pada company tempat bekerja.

Pada perusahaan Gojek, gaji profesi tersebut menyentuh angka Rp10.000.000 per bulan. Perusahaan Traveloka menyentuh angka Rp 11.000.000 per bulan sedangkan pada perusahaan Kompas Gramedia berkisar Rp6.600.000 per bulan.

Baca juga: Panduan untuk Memulai Karier Menjadi seorang UX Researcher

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai profesi user experience writer mulai dari pengertian, tugas, skill, hingga jenjang karier dan gaji yang didapat.

Jika Anda ingin berkarir menjadi seorang writer, yuk gabung bersama Sekawan Studio! Sekawan Studio menyediakan beberapa posisi di bidang kepenulisan.

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi laman karir Sekawan Studio sekarang juga!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.