User Centered Design: Pengertian, Fungsi, dan Tahapannya

User Centered Design (UCD) adalah sebuah model desain yang berfokus pada pengguna. UCD akan memperhitungkan bagaimana kebiasaan atau perilaku pengguna dalam melakukan sesuatu yang berhubungan dengan produk yang akan Anda buat. 
user centered design
Daftar Isi

Beberapa dari Anda mungkin masih asing dengan istilah user centered design. Padahal saat ini, mayoritas orang membutuhkan desain yang berorientasi pada pengguna.

Seiring berjalannya waktu, teknologi mulai berkembang pesat dan menyebabkan kebutuhan desain mengalami perubahan. Hal itu ternyata juga mempengaruhi trend desain dari waktu ke waktu.

Sebelumnya, mungkin indikasi utama dari desain yang baik hanyalah aspek estetika dan keunikannya.

Akan tetapi, ternyata keindahan desain saja tidak cukup untuk membuat produk berfungsi dengan maksimal.

Sebab, desain seperti itu akan menjawab beberapa masalah yang dialami oleh pengguna. Desain seperti itulah yang biasa dikenal dengan istilah user centered.

Penasaran dengan topik tersebut? Artikel berikut akan memberikan rangkuman informasi tentangnya. Oleh karena itu, simak dengan saksama!

Apa itu User Centered Design?

User Centered Design (UCD) adalah sebuah model desain yang berfokus pada pengguna. Pada model ini, pengguna mempunyai andil yang besar dalam pembuatan desain produk yang baik.

Hal itu disebabkan karena mereka lah yang nanti akan benar-benar menggunakan produk tersebut. Jadi tak hanya berorientasi pada persiapan, UCD akan melibatkan pengguna di setiap prosesnya.

Tujuannya adalah memastikan bahwa desain produk tersebut sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta dapat menjadi solusi atas permasalahan mereka. 

UCD juga menggabungkan kebutuhan pengguna dengan empati pada setiap fase desain.

Selain itu, model desain ini juga memperhatikan pengulangan dan percobaan desain untuk memastikan produk dapat berfungsi dengan maksimal, serta berpengaruh secara emosional.

User centered design akan memperhitungkan bagaimana kebiasaan atau perilaku pengguna dalam melakukan sesuatu yang berhubungan dengan produk yang akan Anda buat. 

Seringkali UI/UX designer memaksakan desain dan teknologi yang asing bagi pengguna, sehingga mereka akan kesulitan untuk menyesuaikannya. Hal itu tentu saja akan berdampak pada user experience yang buruk.

Pentingnya User Centered Design

User centered design sangat penting diperhatikan untuk menghasilkan pengalaman pengguna yang baik pada produk Anda.

Namun, tak hanya itu saja tujuan utamanya. UCD memiliki beberapa fungsi lainnya bagi proses pembuatan produk Anda.

Beberapa fungsi dan tujuan user centered design dapat Anda simak pada informasi berikut.

1. Hemat Biaya dan Mengurangi Risiko

Untuk menghasilkan desain yang baik, Anda dapat bekerja sama dan berinteraksi dengan pengguna secara intuitif.

Dengan itu, Anda tak perlu mengeluarkan budget yang lebih besar untuk membantu mereka menyelesaikan masalahnya.

Selain itu, menggunakan model UCD  juga dapat mengurangi risiko ketidaksesuaian fungsi produk, sehingga tak membutuhkan biaya dan waktu lebih untuk memperbaiki elemen-elemen yang tidak sesuai dengan tujuan pembuatan produk. 

2. Meningkatkan User Experience

Menggunakan model UCD berarti desainer akan melibatkan rasa empati yang besar dalam memahami kebutuhan pengguna.

Dengan itu, pengguna akan lebih nyaman dalam menggunakan produk Anda, sehingga akan meningkatkan kepuasan dan user experience.

3. Meningkatkan Produktivitas

Sebagaimana UCD dapat menghemat biaya, waktu, dan tenaga, artinya UI/UX designer dapat lebih fokus untuk menyelesaikan pembuatan produk tersebut.

Selain itu, desainer juga akan lebih produktif untuk mengerjakan produk lainnya tanpa menghabiskan waktu untuk beberapa hal yang tidak dibutuhkan.

4. Melibatkan Seluruh Anggota Tim

Proses user centered design akan melibatkan banyak anggota tim untuk pembuatan produk yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

Pelibatan seluruh tim akan membantu untuk menciptakan produk dengan fungsi maksimal sesuai kebutuhan pengguna.

Untuk menciptakan produk dengan menggunakan user centered design, perusahaan biasanya membutuhkan beberapa tim, seperti programmer, designer, researcher, marketing, dan juga stakeholder.

Prinsip User Centered Design

Untuk menerapkan model desain ini, terdapat prinsip-prinsip utama yang perlu Anda pahami. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Empathy

Prinsip utama dari UCD adalah rasa empati yang mendalam terhadap sudut pandang pengguna. Anda harus mengutamakan pengguna alih-alih menggunakan pendapat sendiri.

Hal tersebut disebabkan karena pendapat Anda mungkin bukan hal yang benar-benar mereka butuhkan.

2. Keterlibatan Pengguna

Selanjutnya, proses user centered design tentu saja harus ada keterlibatan dari pengguna.

Jadi, Anda harus memastikan pengguna terlibat pada seluruh proses dan fase desain dari awal hingga akhir. 

Dengan melibatkan pengguna di setiap proses, Anda dapat memastikan setiap step sudah sesuai, sehingga tidak perlu merombak dari awal jika terdapat ketidaksesuaian desain.

3. Feedback

Tak hanya melibatkan pengguna, Anda juga dapat meminta mereka untuk memberikan masukan dan evaluasi dari desain produk tersebut.

Feedback yang didapat dari pengguna akan menjadi pertimbangan keputusan untuk menciptakan produk yang mereka butuhkan.

4. Pengulangan

Desain yang baik tidak selalu tercipta dalam waktu yang singkat. Anda juga perlu melakukan iterasi atau pengulangan untuk terus mempelajari elemen-elemen penting yang menjadi kebutuhan pengguna. 

Jangan takut jika Anda melakukan sebuah kesalahan pada proses desain. Anda perlu memiliki rasa percaya diri untuk mengembangkan kreativitas dan berempati pada kebutuhan pengguna.

Tahapan User Centered Design

Berikut merupakan beberapa tahapan untuk melakukan desain dengan model UCD.

1. Research

Tahapan pertama dari proses desain ini adalah melakukan riset pengguna.

Dalam tahap ini, Anda perlu mencari tahu siapa mereka, kendala apa saja yang sering mereka alami, dan juga bagaimana mereka berinteraksi dengan produk Anda.

Riset ini sangat dibutuhkan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang target market yang akan menggunakan produk Anda.

Selain itu, Anda juga dapat membangun user persona untuk memudahkan riset tersebut.

2. Align

Setelah melakukan riset pengguna, tahapan selanjutnya dari user centered design adalah menentukan solusi dan cara terbaik untuk menyelesaikan permasalahan mereka, baik dari segi teknis maupun desainnya.

3. Build

Pada tahapan ini, Anda sudah bisa mulai membuat rancangan desain dengan menggunakan wireframe atau kerangka produk yang dapat dipahami dengan mudah.

Selain itu, Anda juga perlu membuat beberapa material lainnya seperti user flow, mockup, dan lain sebagainya.

Untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan tujuan, trial and error adalah hal yang biasa dilakukan.

Maka dari itu, tahapan ini biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada proses lainnya.

4. Test

Tahapan ini merupakan hal yang tidak boleh diabaikan pada proses pembuatan desain apapun.

Untuk melakukan pengujian, prototype dan usability testing sangat berperan di tahap ini. Pastikan bahwa semua elemen berfungsi dengan baik sesuai tujuan pembuatannya.

Contoh user centered design dalam tahap ini adalah dengan meminta pengguna untuk melakukan beberapa tugas tertentu dan memastikan mereka dapat menggunakannya dengan nyaman.

Jangan lupa untuk meminta feedback dan evaluasi dari pengguna untuk mengembangkan produk Anda agar lebih sempurna.

5. Iteration

Empat tahapan di atas tidak bisa menjamin Anda akan menyelesaikan desain dengan baik.

Untuk itu, pada tahapan kelima, Anda perlu mengulangi empat langkah jika diperlukan sampai produk tersebut siap digunakan.

Misalnya, ketika pengguna memberikan feedback bahwa produk tersebut membutuhkan peningkatan tertentu, maka Anda perlu mengulangi proses build untuk merancang ulang.

User Centered Design vs Design Thinking

Mungkin Anda penasaran, apa perbedaan design thinking dan user centered design? Keduanya memang saling berhubungan, tetapi memiliki beberapa perbedaan.

Baik UCD maupun design thinking sama-sama membutuhkan empati, kolaborasi, dan juga iterasi.

Bedanya, design thinking berfokus pada kreasi dan inovasinya pada pengembangan produk, sedangkan UCD fokus pada peningkatan pengalaman pengguna.

User Centered Design vs Human Centered Design

Selain design thinking, ada juga model lainnya bernama human centered design atau HCD. Human centered design adalah desain yang berorientasi pada manusia. Pada dasarnya, user centered design adalah bagian dari HCD.

Singkatnya, semua pengguna adalah manusia, tetapi tidak semua manusia akan menjadi pengguna produk Anda.

Oleh karena itu, UCD akan lebih mengerucutkan desain pada kebutuhan manusia yang akan benar-benar menggunakan produk tersebut.

Human centered design tidak mempertimbangkan jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan, status sosial, dan lain sebagainya.

Sementara itu, metode user centered design akan menekankan untuk  melakukan riset demografi pengguna tersebut untuk menentukan kebutuhan desain mereka.

Nah, itulah beberapa informasi tentang UCD. Pada intinya, model desain ini dapat Anda manfaatkan untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan itu, Anda akan meningkatkan user experience. 

Sudah tak asing lagi desain yang baik akan mempengaruhi kenyamanan pengguna dalam mengakses produk Anda, terutama pada website.

Desain website yang user friendly akan mempengaruhi waktu kunjung pengguna, sehingga mereka akan betah berlama-lama menyelami halaman situs Anda.

Untuk itu, pastikan Anda memperhatikan kebutuhan pengguna saat mengembangkan website. Anda dapat menerapkan model user centered design sebagai solusinya.

Tak ingin repot melakukannya? Serahkan saja pada Sekawan Studio! Kami menawarkan layanan jasa desain website profesional yang sesuai dengan karakteristik pengguna Anda, sehingga akan menghasilkan produk yang tepat sasaran.

Tentunya, kami akan membuatkan desain yang sesuai dengan standar SEO yang direkomendasikan oleh Google.

Tak usah ragu, sudah banyak brand yang mempercayakan segala permasalahan website-nya kepada Sekawan Studio.

Tertarik? Hubungi kontak kami sekarang juga untuk menentukan paket yang paling cocok untuk Anda!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.