Apa itu GPRS, Fungsi, Kelebihan, dan Perbedaan dengan GSM

GPRS adalah protokol layanan komunikasi jaringan nirkabel dan seluler generasi kedua. Fungsi penggunaan GPRS yaitu kecepatan yang ditawarkan mencapai hingga 171.2kbps serta memiliki banyak fitur seperti SMS, MMS dan lain-lain.
gprs
Daftar Isi

GPRS adalah protokol jaringan seluler generasi kedua yang sedang berkembang, sehingga protokol jaringan ini sangat banyak digunakan untuk konektivitas IoT. Penggabungan GPRS dengan jaringan telepon seluler dinamai dengan generasi 2.5G, sehingga GPRS seringkali disebut dengan 2.5G. Namun, penghentian jaringan 2G dan 3G berarti bahwa teknologi alternatif harus diadopsi baik untuk proyek IoT yang sudah ada maupun yang baru.

Apa Itu GPRS

Jaringan GPRS atau General Packet Radio Service adalah upaya terbaik protokol packet-switching untuk layanan komunikasi jaringan nirkabel dan seluler. Jaringan ini dianggap sebagai upaya terbaik karena semua “paket” dalam proses pengiriman diberikan prioritas yang sama.

Proyek Kemitraan Generasi ke-3 (3GPP) menstandarisasi GPRS pada awal tahun 1998, tetapi jaringan seluler komersial tidak secara luas mengadopsi teknologi tersebut hingga tahun 2000. Ini adalah teknologi pertama yang berhasil digunakan dalam sistem telepon seluler 2G.

Apa yang membuat teknologi ini berbeda dari teknologi nirkabel seluler lainnya?seperti Global System for Mobile Communications (GSM), yang tersedia pada saat itu adalah penggunaan data packet-switched alih-alih data circuit-switched tradisional. Saat ponsel dalam mode circuit-switched, sirkuit secara permanen diaktifkan ke pengguna tertentu. Sebaliknya, transfer data packet-switched terjadi dalam ledakan selama puncak singkat, diikuti oleh jeda.

Pendekatan ini adalah penggunaan kapasitas yang tersedia secara lebih efisien karena, dengan membagi data menjadi paket dan tag, General Packet Radio Services berbagi kapasitas keseluruhan di antara banyak pengguna. Ini dimungkinkan karena semua orang tidak sering online pada waktu yang sama. Alamat tujuan menjadi tersedia saat dimasukkan ke dalam paket, yang memungkinkan paket dari berbagai sumber untuk dikirim melalui satu tautan.

Sejarah GPRS

Dalam proses perkembangannya, General Packet Radio Service melalui beberapa proses developing yang panjang, dengan rincian sebagai berikut:

  • 1991-1992 – Protokol CELLPAC dikembangkan. 
  • 1993 – Fungsi suara dan data CELLPAC diperkenalkan di bengkel ETSI
  • 2000 – GPRS dibuka sebagai layanan data packet-switched yang disematkan ke jaringan radio seluler saluran-switched GSM. GPRS memperluas jangkauan akses internet ke terminal seluler di seluruh dunia. Sistem penerus GPRS seperti CDMA dan LTE membalas pada fungsi kunci protokol jaringan ini untuk akses internet seluler seperti yang diperkenalkan oleh CELLPAC. 

Manfaat Menggunakan GPRS

ilustrasi menara BTS untuk menggambarkan GPRS
Ilustrasi General Packet Radio Service (from Unsplash)

Berikut beberapa manfaat dari protokol paket-switching General Packet Radio Service:

1. Sistem Billing yang Sederhana

Jika dibandingkan dengan layanan circuit-switched, General Packet Radio Service packet transfer menawarkan billing yang lebih baik bagi konsumen. Panjangnya koneksi ditentukan layanan circuit-switched. Salah satu kelemahan signifikan dari circuit switching untuk IoT adalah efisiensi biaya.

2. Konektivitas yang selalu On

Manfaat lain dari GPRS adalah koneksi yang selalu tersedia. Koneksi General Packet Radio Service menyediakan konektivitas Internet yang konstan, pengiriman pesan yang cepat, dan transfer SMS yang lebih baik.

Protokol packet-switching ini juga merupakan jaringan tercepat yang pernah ada saat pertama kali diluncurkan.

3. Kecepatan yang Meningkat

Keuntungan yang signifikan dari sistem General Packet Radio Service adalah sistem ini menyediakan kecepatan data yang lebih tinggi daripada GSM. GSM didesain untuk mentransmisikan data pada kecepatan sekitar 14,4 Kbit/s pada awalnya.

Di sisi lain, General Packet Radio Service memberikan kecepatan data hingga 86 kbit/dtk. Hal ini membuat hal-hal seperti streaming dan bermain game menjadi mungkin bagi pelanggan.

Baca Juga:
Kode OTP, Kode Rahasia Yang Tidak Boleh Disebar
Mengulas SPAM: Upaya Distraksi Kenyamanan Aktivitas Internet

Fungsi GPRS

Diberikan di bawah ini adalah beberapa fungsi dari jaringan ini:

  1. Menawarkan kecepatan teoritis maksimum dapat dicapai hingga 171.2kbps dengan memanfaatkan semua slot delapan kali secara bersamaan.
  2. Adanya layanan instan serta informasi dapat dipertukarkan segera sesuai kebutuhan dan mengandalkan jangkauan dan kekuatan.
  3. Pengembangan protokol jaringan ini dapat dilakukan untuk berbagai ponsel mulai dari akses web browser, berselancar di dunia maya, chatting, transfer lampiran.
  4. Memungkinkan aplikasi seluler yang dibuat untuk mencapai aplikasi yang lebih cepat dan lebih baik yang tidak tersedia di generasi sebelumnya.
  5. Perluasan GPRS ke rangkaian paket GSM memungkinkan beberapa fitur layanan berikut ini:
    • Menyiarkan pesan dengan opsi SMS.
    • Ini memungkinkan akses internet Always-on.
    • Memungkinkan layanan pesan pada gambar multimedia.
    • Mengaktifkan PoC, yaitu Push to Talk melalui layanan seluler.
    • Implementasi desa nirkabel dengan layanan dan kehadiran pesan instan.
    • Protokol aplikasi nirkabel dibuat sebagai koneksi internet untuk perangkat pintar.
    • Internet tersebar dalam antar jaringan dengan layanan point to point.
    • Point to multipoint disediakan dengan opsi multicast dan panggilan grup yang menghubungkan beberapa node.
    • Kecepatan transmisi SMS adalah sekitar 30 pesan SMS per menit, yang jauh lebih cepat daripada SMS standar, di mana kecepatan transmisinya sekitar enam hingga sepuluh pesan SMS per menit.

Kelebihan GPRS

1. Biaya Koneksi Relatif Rendah

Dalam jaringan GSM, ia memiliki pemanfaatan sumber daya yang tinggi.

General Packet Radio Services pertama kali memperkenalkan packet-switching, mode transmisi, membuat penggunaan asli dari mode transmisi data GSM circuit-switching mengubah fundamental, yang sangat penting dalam kasus kelangkaan sumber daya nirkabel.

2. Tingkat Transfer Tinggi

General Packet Radio Services dapat memberikan kecepatan transfer hingga 115kbit/s (maksimum 171.2kbit/s, tidak termasuk FEC).

Ini berarti bahwa pengguna GPRS dan ISDN dapat dengan cepat menjelajahi Internet melalui komputer portabel dalam beberapa tahun, pada saat yang sama, membuat beberapa aplikasi multimedia seluler yang sensitif terhadap kecepatan transmisi menjadi mungkin.

3. Waktu Akses Singkat

General Packet Radio Services terutama menyediakan koneksi antara pengguna seluler dan jaringan data jarak jauh (mis. mendukung TCP/IP, X.25 dan jaringan lain), sehingga memberikan layanan IP nirkabel berkecepatan tinggi dan layanan X.25 nirkabel kepada pengguna seluler.

GPRS Performance Classes

Industri mengklasifikasikan jaringan seluler General Packet Radio Services berdasarkan jumlah slot yang dapat ditampungnya.

Kelas multislot menentukan kecepatan uplink dan downlink suara dan transfer data berkisar 1 hingga 45. Karena tingkat operasi dan kemampuan bervariasi, indikator yang baik dari kemampuan layanan perangkat adalah kelas kinerja-nya. GPRS memiliki tiga kelas berdasarkan kemampuan untuk menghubungkan layanan GSM dan GPRS. 

Ketiga klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kelas A

Telepon seluler yang terhubung ke layanan GSM dan GPRS secara bersamaan.

2. Kelas B

Dapat terhubung ke layanan GSM dan GPRS tetapi tidak secara bersamaan. 

3. Kelas C

Gunakan layanan GPRS atau GSM, tetapi pengguna harus beralih di antara keduanya secara manual.

Kecepatan data General Packet Radio Services bergantung pada jumlah slot waktu yang tersedia untuk digunakan di kedua arah. Slot ini mengirim dan menerima data, uplink, and downlink. GPRS juga menggunakan proses pengkodean saluran yang disebut kode siklik dan kode konvolusi, yang terakhir adalah jenis kode koreksi kesalahan. 

Perbedaan GSM dan GPRS

GSM merupakan sistem circuit-switching, sedangkan GPRS adalah sistem packet-switching. GPRS menawarkan lebih banyak pilihan transmisi data untuk perangkat berbasis GSM, karena jaringan GSM pada saat itu hanya menggunakan Short Message Services (SMS), misalnya untuk mengirimkan sejumlah kecil data. 

Dengan teknologi General Packet Radio Services, perangkat seluler dapat mendukung fungsi data di seluruh koneksi internet seluler. GPRS merevolusi GSM dengan menyediakan kemampuan data nyata dan memungkinkan email dan penjelajahan web-sederhana meskipun pada kecepatan yang jauh lebih lambat dari standar saat ini. 

Karakteristik utama General Packet Radio Services adalah kecepatan, koneksi data instan. Hal ini tergantung pada kekuatan dan jangkauan sinyal dan fasilitas pengembangan aplikasi seluler. Jadi, kemampuan mengaktifkan GPRS seperti transfer file, obrolan online, dan aplikasi seluler, web, multimedia, seperti platform konferensi video, pada perangkat seluler dan komputer laptop. 

Kesimpulan

Sejak kemunculannya dua dekade lalu, General Packet Radio Services telah menjadi sistem seluler yang paling banyak diadopsi untuk menghubungkan perangkat dengan volume data rendah. GPRS pada dasarnya adalah versi upgrade dari GSM (Global System for Mobile Communications), yang merupakan standar inti di belakang jaringan seluler generasi kedua (2G).

Perbedaan teknis yang besar antara GSM dan GPRS menyangkut teknik yang digunakan untuk transfer data. GSM menggunakan metode Circuit-Switched (CS). Dengan ini, sirkuit khusus diaktifkan untuk seluruh durasi koneksi antara dua pengguna.

Sebaliknya, GPRS adalah protokol packet-switching. Di bawah teknik ini, paket data ditransfer pada interval waktu yang berbeda untuk membuat penggunaan kapasitas transfer data di seluruh jaringan menjadi lebih efisien.

Demikian informasi dari kami yang dapat membantu Anda memahami teknologi jaringan.

Jika Anda berencana untuk mengembangkan situs web, hubungi kami. Sekawan Studio akan membantu Anda membuat situs web profesional dengan pengalaman pengguna yang optimal, untuk meningkatkan bisnis Anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal