Mengenal Pengertian TCP/IP, Fungsi, Layer & Cara Kerjanya

TCP/IP adalah protokol yang digunakan dalam jaringan komputer untuk mengatur komunikasi antar perangkat. Terdiri dari beberapa layer yang memiliki fungsi khusus dan bekerja bersama untuk memastikan data dapat dikirim dan diterima dengan aman dan efisien di seluruh jaringan
TCP/IP
Daftar Isi

Dalam dunia teknologi dan informasi, jaringan memiliki peran yang sangat penting. Karena, koneksi antar perangkat tidak dapat dilakukan tanpanya.

TCP/IP merupakan protokol yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer di seluruh dunia. Protokol ini memungkinkan komunikasi antara komputer-komputer di jaringan dan menjadi tulang punggung bagi komunikasi di internet.

Jadi, apa itu TCP/IP? Pada artikel ini, Sekawan Studio akan memberikan informasi lengkap tentang TCP/IP mulai dari pengertian hingga cara kerjanya. Simak penjelasan berikut, ya!

Pengertian TCP/IP

Kepanjangan dari TCP/IP adalah Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Dilansir dari laman TechTarget, TCP/IP merupakan merupakan seperangkat protokol komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan di internet.

Protokol ini juga digunakan sebagai protokol komunikasi dalam jaringan komputer pribadi (intranet atau ekstranet).  Namun, TCP dan IP adalah protokol jaringan komputer yang berbeda peran dalam proses transmisi data.

IP berperan dalam mendapatkan alamat tujuan data, sementara TCP memastikan pengiriman data yang akurat setelah alamat IP tersebut ditemukan, sebagai dilansir dari Avg.

Fungsi TCP/IP

Fungsi Tcp/Ip
(Foto: Unsplash.com)

TCP/IP memiliki beberapa fungsi penting dalam jaringan komputer, antara lain:

1. Pengiriman Data

Salah satu fungsi utama dari TCP/IP adalah untuk memastikan pengiriman data yang andal melalui jaringan.

Protokol TCP (Transmission Control Protocol) memastikan bahwa data dikirim dan diterima dengan benar, sementara protokol IP (Internet Protocol) memastikan bahwa data dikirim ke alamat tujuan yang tepat.

2. Identifikasi Host

TCP/IP juga berfungsi untuk mengidentifikasi host dalam jaringan. Setiap host memiliki alamat IP unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat tersebut dalam jaringan.

Hal ini memungkinkan data untuk dikirim ke host yang tepat dalam jaringan.

3. Pembagian Jaringan

Fungsi lain dari TCP/IP adalah untuk membagi jaringan menjadi beberapa segmen yang lebih kecil.

Hal ini memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan mudah di antara segmen tersebut, bahkan jika segmen tersebut berbeda di lokasi yang berbeda.

4. Pengiriman Pesan

TCP/IP juga memungkinkan pengiriman pesan dan data dalam bentuk yang berbeda seperti email, file sharing, chatting, dan banyak lagi.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dan bertukar informasi dengan mudah di seluruh jaringan.

5. Keamanan Jaringan

Terakhir, TCP/IP memiliki fungsi keamanan yang sangat penting dalam jaringan. Protokol TCP/IP digunakan dalam firewall dan sistem keamanan jaringan lainnya untuk memantau dan mengelola lalu lintas data dan melindungi jaringan dari serangan dan ancaman potensial.

Baca Juga: Router: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Bedanya dengan Modem

Layer TCP/IP

TCP/IP terdiri dari empat layer yang masing-masing memiliki peran dan fungsi tertentu dalam mentransfer data melalui jaringan. Keempat layer tersebut adalah:

1. Layer Aplikasi

Layer aplikasi adalah salah satu layer yang ada pada TCP/IP, dimana layer ini berada pada lapisan paling atas. Fungsi utama dari layer ini adalah menyediakan berbagai layanan aplikasi yang sering digunakan pada internet, seperti email, web browsing, dan file sharing.

Selain itu, layer aplikasi ini juga bertugas sebagai perantara antara aplikasi dengan jaringan yang digunakan. Dalam menjalankan tugasnya, layer aplikasi ini menggunakan protokol yang berbeda-beda tergantung pada jenis layanan aplikasi yang digunakan.

Sebagai contoh, untuk layanan email, protokol yang digunakan adalah Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), sedangkan untuk web browsing, protokol yang digunakan adalah Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

Dengan adanya layer aplikasi, pengguna dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan aplikasi yang tersedia pada internet dengan mudah dan cepat.

2. Layer Transport

Layer ini berfungsi untuk memastikan data yang dikirimkan melalui jaringan terkirim dengan aman dan terurut. Selain itu, layer transport juga bertanggung jawab dalam pengaturan aliran data dan pemeliharaan koneksi antara pengirim dan penerima data.

Protokol yang digunakan pada layer transport adalah TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol). TCP digunakan untuk memastikan bahwa data terkirim dengan aman dan terurut, sedangkan UDP digunakan untuk koneksi yang lebih cepat dan lebih efisien, namun data yang dikirimkan tidak dijamin akan sampai ke tujuan dengan terurut atau aman.

Dalam penggunaannya, TCP umumnya digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan pengiriman data yang akurat dan terurut, seperti transfer file dan email. Sementara itu, UDP digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan koneksi yang lebih cepat dan efisien, seperti game online dan video streaming.

3. Layer Internet

Layer internet merupakan layer yang berfungsi sebagai pengatur pengiriman paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Pada layer ini, protokol yang digunakan adalah Internet Protocol (IP) yang memiliki tugas untuk memetakan alamat IP tujuan dan asal dari setiap paket data. Alamat IP ini akan digunakan oleh router untuk mengirim paket data ke jaringan tujuan dengan tepat.

Selain itu, layer internet juga bertanggung jawab dalam mengatur rute pengiriman data. Dalam hal ini, protokol IP akan menentukan jalur mana yang harus dilewati oleh setiap paket data untuk sampai ke tujuan dengan efisien. Proses ini disebut dengan proses routing.

Secara umum, fungsi dari layer internet adalah memastikan setiap paket data dapat dikirim dari jaringan sumber ke jaringan tujuan dengan efektif dan efisien.

Layer internet juga berperan dalam mengamankan paket data yang dikirimkan melalui jaringan dengan mengenkripsi dan mendekripsi data pada saat pengiriman dan penerimaan paket data.

4. Layer Jaringan Fisik

Layer jaringan fisik atau Physical layer merupakan layer paling bawah dari TCP/IP. Layer ini memiliki peran yang sangat penting karena berfungsi untuk mengirimkan data dalam bentuk bit melalui media fisik seperti kabel, serat optik, atau wireless.

Dalam hal ini, layer jaringan fisik harus menjamin kestabilan dan keandalan transmisi data agar dapat diakses dan digunakan dengan baik oleh layer-layer di atasnya.

Oleh karena itu, pada layer ini terdapat standar dan protokol yang mengatur tentang bagaimana bit data dikirimkan dan diterima oleh perangkat jaringan. Beberapa teknologi yang digunakan antara lain Ethernet, Wi-Fi, Bluetooth, dan lain sebagainya.

Dengan adanya layer jaringan fisik ini, maka dapat menghubungkan berbagai perangkat jaringan dengan media yang berbeda-beda dan memungkinkan terjadinya komunikasi antar perangkat dengan efisien dan efektif.

Baca Juga: Apa Itu ICMP? Cara Kerja, Fungsi dan Tujuan

Cara Kerja TCP/IP

Ilustrasi Sebuah Mesin Cpu Untuk Mengetahui Cara Kerja Tcp/Ip
Ilustrasi Cara Kerja TCP/IP (Foto: Unsplash.com)

Cara kerja TCP/IP sangat kompleks dan melibatkan empat lapisan atau layer yang berbeda dalam mengirimkan data melalui jaringan komputer. Berikut ini adalah penjelasan lebih detail tentang cara kerja TCP/IP:

1. Cara Kerja TCP/IP Pada Layer Aplikasi

Cara kerja TCP/IP dimulai dari layer aplikasi yang bertanggung jawab untuk mengirimkan data ke layer transport. Data yang akan dikirimkan biasanya berupa file atau pesan teks yang dikirim melalui aplikasi seperti email, web browser, atau aplikasi lainnya. Data ini kemudian dipecah menjadi bagian-bagian kecil yang disebut sebagai segment.

2. Cara Kerja TCP/IP Pada Layer Transport

Pada layer transport, segment-segment tersebut diberi nomor urutan dan dipecah menjadi paket-paket kecil. Selain itu, informasi header ditambahkan pada setiap paket untuk memberikan informasi tentang sumber dan tujuan data, nomor urutan, dan informasi pengiriman lainnya. Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP) adalah protokol yang digunakan pada layer ini.

3. Cara Kerja TCP/IP Pada Layer Internet

Setelah itu, paket-paket tersebut dikirim ke layer internet yang menentukan bagaimana paket akan di routing atau dialamatkan ke tujuan yang tepat. Pada layer internet, setiap paket ditambahkan informasi header dan footer untuk menentukan alamat sumber dan tujuan, serta informasi lain seperti versi protokol dan kontrol kesalahan. Internet Protocol (IP) adalah protokol yang digunakan pada layer ini.

4. Cara Kerja TCP/IP Pada Layer Jaringan Fisik

Pada layer jaringan fisik, paket-paket tersebut dikirimkan melalui media fisik seperti kabel, serat optik, atau wireless. Setiap paket diberi alamat fisik (MAC Address) yang unik dan ditambahkan informasi header dan footer untuk menentukan sumber dan tujuan data, serta informasi lain seperti pengiriman ulang (retransmisi) dan deteksi kesalahan (error checking).

Dengan menggabungkan keempat layer tersebut, memungkinkan pengiriman data yang efektif dan efisien melalui jaringan komputer dengan jaminan keamanan dan integritas data yang terjaga.

Oleh karena itu, pemahaman tentang cara kerja TCP/IP sangat penting untuk memastikan koneksi internet yang stabil dan aman.

Demikian pembahasan mengenai contoh metadata dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga dapat menggunakan jasa seo di Sekawan Studio untuk peningkatan traffic website.

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.