Pengertian PWA Serta Hubungannya Dengan SEO.

PWA adalah satu aplikasi maupun situs web yang dirancang secara khusus sebagai alternatif untuk platform seluler. Memiliki tujuan untuk meningkatkan konversi maupun traffic.
PWA adalah
Table of Contents

Sebagai seorang webmaster, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi berupa aplikasi yang disebut PWA atau progressive web app. Pada artikel kali ini, kami kembali akan membahas tentang teknologi yang berhubungan dengan upaya SEO maupun digital marketing, yakni PWA.

Penasaran apakah PWA itu dan bagaimana jika teknologi ini dihubungkan dengan SEO maupun digital marketing? Apa yang membuat PWA penting untuk website Anda? Mari sama-sama tengok pembahasan seputar progressive web app berikut ini!

Pengertian PWA

Sebenarnya, apa itu PWA? Pada dasarnya, PWA atau singkatan dari progressive web app mengacu pada suatu aplikasi maupun situs web yang dirancang secara khusus sebagai alternatif untuk platform seluler. Dengan progressive web app, Anda dapat memberikan layanan dengan kualitas tinggi melalui push notification maupun sinkronasi informasi detail.

Menggunakan website aplikasi ini dapat menunjang kecepatan dalam hal page speed atau page load, memberikan tampilan andal, serta tampilan yang lebih menarik perhatian para audiens pada situs web Anda. Tidak hanya itu saja, progressive web app juga memiliki tujuan yang tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan tingkat konversi maupun traffic dari suatu situs web.

PWA dapat dibuat dengan menggunakan teknologi pembuat website pada umumnya. Oleh karena itulah Anda dapat membangun atau membuat sebuah aplikasi satu ini dengan cepat, sebab versi asli dari aplikasi mungkin lebih sulit untuk berkembang. Namun, Anda tetap dapat menawarkan fitur-fitur yang ada pada aplikasi asli ke progressive web app, salah satunya adalah notification push.

Lantas, Apa Yang Jadi Pembeda Antara Aplikasi Asli Dengan PWA?

Mungkin, saat ini Anda sedang bertanya-tanya apa yang menjadi pembeda di antara aplikasi asli dengan progressive web app. Jika sudah ada aplikasi, mengapa harus ada progressive web app dan sebaliknya? Apakah memang ada perbedaan signifikan di antara kedua aplikasi ini? Mari kita sama-sama ketahui jawaban untuk pertanyaan itu pada pembahasan berikut ini.

Seperti yang kita ketahui, pengunduhan sebuah aplikasi dapat melalui beberapa toko aplikasi dalam perangkat masing-masing. Dalam pembuatannya, suatu aplikasi memerlukan serta melibatkan bahasa pemrograman tertentu. Anda juga perlu memperhatikan komponen-komponen yang ada dalam pembuatannya. Tentu saja, penyusunannya dilakukan dengan langkah-langkah presisi, bantuan teknologi sebagai jalan pintas tidak bisa selalu diandalkan.

Berbeda dengan progressive web app yang dapat diakses melalui browser masing-masing device, website aplikasi satu ini berfungsi sebagai penyokong untuk aplikasi asli. Dalam pembuatannya, Anda dapat menggunakan teknologi sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan untuk membantu proses itu. Namun, tidak semua browser mendukung teknologi ini.

Baca Juga :
Cara Promosi Produk yang Tepat dengan Menggunakan Website
Mengulas Riset Pasar, Salah Satu Metode Investasi Bisnis Anda
Apa itu Core Web Vitals dan Panduan Tepat untuk Mengoptimalkannya

Pada Kondisi Apakah Anda Membutuhkan PWA?

Apakah Anda saat ini berminat dan berniat untuk menerapkan serta mengikutsertakan progressive web app pada kegiatan bisnis Anda setelah mengetahui keuntungan yang ada? Jika jawabannya iya, tunggu sebentar! Ada beberapa poin serta kondisi yang harus Anda perhatikan sebelum mengaplikasikannya. Berikut merupakan kondisi yang optimal untuk mengikutsertakannya pada kegiatan bisnis Anda.

1. Anda Baru Saja Menjalankan Bisnis Pada Pasar Digital

Saat baru saja ada, pasar digital cenderung berisi dengan ide mentah yang perlu pengolahan lanjut namun bersifat menarik. Salah satu kekurangannya adalah arahan akan tujuan dan visi yang harus menjadi prioritas. Oleh karena itu, Anda dapat menerapkan progressive web app untuk membantu Anda menyelesaikan masalah ini. Selain itu, PWA juga dapat menjadi pilihan saat waktu serta sumber daya dalam bisnis Anda belum banyak.

2. Android Sebagai Target

Sedikit berbeda dengan Android, melansir dari laman Semrush, salah satu sumber pendapatan utama dari Apple tidak lain dan tidak bukan adalah toko aplikasi. Hal itulah yang melatarbelakangi izin akses untuk progressive web app tidak sebebas seperti pada Android. Android sendiri tidak terlalu memiliki seleksi terhadap akses PWA yang ketat sehingga untuk memasukkannya membutuhkan waktu lama. Seperti yang pengguna Android rasakan, mereka dapat mengakses progressive web app apada browser tanpa harus mengunduh aplikasi aslinya.

3. Menurunnya Tingkat Konversi

Ada beberapa kemungkinan yang menunjukkan bahwa aplikasi untuk perangkat seluler bisa saja menjadi ancaman pada merek Anda serta pertumbuhannya. Namun, hal itu merupakan hal wajar. Hadirkan PWA dalam proses ini agar Anda dapat memberikan kesempatan pada para pelanggan untuk merasakan pengalaman terbaik pada situs web pasar digital milik bisnis Anda.

Baca juga :
Marketing Automation untuk Langkah Pemasaran Efektif
SEO dan SEM: Mengenal Perbedaan Beserta Manfaatnya
Apa itu Chatbot? Urgensinya untuk Proses Bisnis Anda

PWA dan SEO

Sekarang, mari kita beralih ke bagian yang tidak kalah pentingnya dengan pembahasan lain. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang apakah progressive web app dan SEO bisa saling mendukung satu sama lain, kami akan menjawab pertanyaan ini.

Fakta bahwa laman web pada umumnya dengan progressive web app memanglah berbeda. Selain itu, beberapa ahli juga menyebutkan bahwa melakukan optimasi mesin telusur pada sebuah PWA bisa menjadi tantangan. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda tetap dapat melakukan indexing pada web satu ini. Perlu diperhatikan bahwa ada cara-cara khusus untuk melakukan hal itu seperti melakukan rendering.

Langkah yang dapat anda lakukan guna menindaklanjuti proses rendering adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan audit pada SEO untuk menawarkan solusi akan masalah yang ada dengan proses optimasi.
  2. Pastikan untuk memanfaatkan solusi yang sudah siap diimplementasikan pada proses penyelesaian masalah.
  3. Libatkan ahli SEO sejak awal proyek Anda untuk mencegah adanya kemungkinan masalah terjadi.
  4. Lakukan uji coba terhadap progressive web app Anda setelah mengikuti seluruh langkah pengupayaan sesuai prosedur.

Manfaat Terhadap SEO

Lantas, apakah PWA juga dapat berpengaruh pada SEO? Jika iya, apakah manfaat atau keuntungan dari progressive web app terhadap SEO? Poin-poin penjabaran di bawah ini akan menjawab pertanyaan itu. Mari kita simak bersama!

1. Dapat Mempercepat Kemampuan Indeks

Cepatnya proses indexing dalam proses optimasi suatu website dapat menjadi manfaat tertentu bagi Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan integrasi dari hal itu dengan strategi pemasaran agar mesin pencari lebih cepat melakukan indexing sebab website tersebut dioptimalkan untuk seluler guna menambah pengalaman dari para audiens.

2. Meningkatkan Keterlibatan Serta Performa

Meningkatkan kecepatan dari situs ternyata juga dapat memberikan pengaruh terhadap meningkatnya keterlibatan serta performa dari website. Seperti yang sudah dijabarkan di awal, bahwa Anda dapat menerapkan push notification jika melibatkan progressive web app. Dengan diterapkannya push notification, tingkat keterlibatan, konversi, maupun performa juga dapat meningkat.

3. Mengurangi Risiko Friction

Penggunaan progressive web app juga dapat mengurangi langkah-langkah yang harus ditempuh oleh para pengguna untuk mengunjungi atau mengakses serta melakukan keterlibatan pada aplikasi Anda. Progressive web app tidak memerlukan waktu pengunduhan atau waktu muat yang lama.

Baca Juga:
Mengenal Istilah SERP dan Pentingnya dalam Dunia SEO

Kesimpulan

Setelah membaca informasi tentang progressive web app, Anda pasti telah menyadari adanya potensi besar dari teknologi satu ini. Keuntungan yang ditawarkan mungkin membuat Anda berencana untuk memilih progressive web app untuk diterapkan pada proses bisnis. Namun, di balik keuntungan dari progressive web app, Anda juga harus siap untuk memahami tantangan serta sigap menyediakan solusi untuk tantangan itu. Tetap perhatikan hal-hal krusial dalam pengaplikasian progressive web app sebelum Anda benar-benar menerapkannya.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.