Google Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Cara Pembuatan Akun.

Google Bisnis merupakan layanan resmi yang berbasis internet dari perusahaan Google untuk para pelaku bisnis. Google merilis layanan ini pada Juni 2014 silam.
google bisnis
Table of Contents

Google Bisnis merupakan layanan resmi yang berbasis internet dari perusahaan Google untuk para pelaku bisnis. Google merilis layanan ini pada Juni 2014 silam. Dengan layanan ini, para pelaku bisnis merasa terbantu untuk mengendalikan tampilan bisnis mereka saat orang-orang mencari tahu tentang produk mereka. Layanan ini memiliki beberapa fitur seperti mengedit informasi, ulasan, dan postingan.

Para pelaku bisnis tampak ramai menggunakan layanan gratis  ini. Walaupun bisnis Anda sudah memiliki situs website sendiri, keberadaan layanan ini menyempurnakan situs Anda dengan meningkatkan visibilitas situs tersebut pada Google Penelusuran dan Google Maps. Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai Google Bisnis secara lengkap. Jika Anda tertarik untuk mencoba, simak uraian berikut ini.

Pengertian Google Bisnis

Mengutip laman resmi Google, Google Bisnis adalah fitur gratis yang memungkinkan Anda mempromosikan profil dan situs bisnis Anda di Google. Dengan begitu, Anda dapat memantau dan menjangkau pelanggan dengan mudah.

Selain itu, Anda juga dapat melihat cara pelanggan melakukan interaksi dengan bisnis Anda di Google. Sebagai contoh, pelanggan yang memberikan ulasan pada produk yang Anda tawarkan termasuk salah satu interaksi dari pelanggan.

Manfaat Google Bisnis

Bagi Anda para pelaku bisnis rumahan maupun bisnis jasa pelayanan dengan sistem panggilan, Anda dapat mencantumkan detail informasi mengenai penawaran produk maupun jasa layanan Anda. Sehingga, bisnis Anda akan muncul di Google dengan atau tanpa alamat fisik.

Google Bisnis memberikan Anda sebuah kemampuan untuk menarik perhatian serta berinteraksi dengan para pelanggan saat mereka melakukan penelusuran bisnis Anda di Google. Berikut ini beberapa manfaat jika Anda menggunakan layanan ini:

1. Menyediakan informasi yang akurat

Dengan adanya perkembangan teknologi digital, orang-orang memiliki kebiasaan untuk melakukan riset saat mereka ingin membuat keputusan untuk membeli sebuah produk. Riset tersebut mereka lakukan secara online.

Mereka melakukan riset online di Google Penelusuran melalui smartphone yang mereka gunakan. Sehingga, saat para pelanggan mengunjungi toko, membeli produk, atau menggunakan jasa layanan Anda, sudah pasti informasi tersebut berasal hasil penelusuran di Google.

Dengan begitu, penting untuk memberikan informasi pada Google agar detail produk dan bisnis Anda dapat dijangkau oleh pelanggan. Pada layanan ini Anda dapat mencantumkan nama, deskripsi, jam operasional, hingga ulasan pelanggan. Informasi tersebut akan terverifikasi oleh Google sehingga akurat dan terpercaya.

2. Mempermudah konsumen menemukan bisnis Anda

Selain melalui Google Maps, produk atau jasa layana yang Anda tawarkan akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google. Hal ini mempermudah konsumen saat melakukan riset produk atau layanan Anda.

Dengan informasi yang Anda cantumkan pada layanan ini, maka Google akan secara otomatis menampilkan informasi tersebut.  Dengan begitu, bisnis Anda akan lebih mudah dijangkau para pelanggan.

3. Sebagai alat analisis pelanggan

Terdapat fitur Analytics yang berfungsi sebagai alat analisis pelanggan. Dengan fitur tersebut, Anda dapat melihat perbandingan antara performa bisnis Anda dengan yang lain. Selain itu, Anda juga dapat melihat jumlah pelanggan yang menemukan dan mengunjungi bisnis Anda.

4. Sebagai media komunikasi dengan pelanggan

Selain memberikan ulasan terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan, pelanggan juga dapat memberikan pertanyaan seputar bisnis Anda. Pertanyaan tersebut terjawab oleh pelanggan lain atau pemilik bisnis.

5. Lokasi akan muncul di Google Maps

Manfaat terakhir dengan menggunakan layanan ini adalah pelanggan dapat menemukan lokasi pembelian produk atau penggunaan jasa Anda dengan mudah melalui Google Maps. Sebab, informasi yang Anda berikan pada layanan ini terekam oleh Google Maps. Sehingga, informasi mengenai alamat bisnis juga akan tercantum.

Cara Membuat Akun Google Bisnis

Mengutip laman resmi Google Bisnisku, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat akun Google Bisnisku.

1. Buka https://www.google.com/business/ pada browser yang Anda gunakan. 

2. Kemudian, klik ‘Kelola Sekarang’ pada layar pojok bagian atas.

Homepage Google Bisnis

3. Selanjutnya, login dengan menggunakan akun Gmail Anda. Sehingga, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki akun Gmail.

4. Jika sudah, akan muncul halaman pencarian bisnis Anda. Masukkan nama bisnis Anda pada kolom yang tersedia. Jika tidak menemukan, klik ‘Tambahkan Bisnis Anda ke Google’.

Google Bisnis 2

5. Setelah muncul halaman berikutnya, masukkan informasi terkait bisnis Anda pada kolom yang tersedia. Lalu, klik ‘Berikutnya’.

Google Bisnis 3

6. Masukkan informasi secara akurat hingga selesai. Jika seluruh pertanyaan sudah terjawab, akun Anda akan terverifikasi.

Google Business 4

7. Terakhir, Anda dapat memasukkan informasi tambahan secara lengkap seperti jam operasional bisnis, deskripsi bisnis, foto, dan iklan.

Baca juga: 
Ramaikan Pelanggan Dengan Branding Melalui Google Maps
Cara Menggunakan Google Analytics Beserta Tools Lengkapnya

Kesimpulan

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian, manfaat, dan cara pembuatan akun.  Anda dapat mempraktikkan sendiri dengan cara yang efektif dan efisien. Dengan begitu, bisnis Anda akan terbantu dan terverifikasi secara profesional. Semoga membantu.

Sekawan Studio menyediakan jasa maintenance website untuk mengoptimalkan traffic situs Anda secara kontinu. Selengkapnya, silakan kunjungi laman resmi kami.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.