Apa itu Cloud Hosting? Ini Perbedaannya dengan Web Hosting!

Cloud hosting merupakan salah satu jenis hosting yang cara kerjanya adalah dengan menggunakan beberapa server untuk menjalankan sebuah situs web.
cloud hosting
Daftar Isi

Tahukah Anda apa itu cloud hosting? Ternyata, jenis hosting satu ini menawarkan banyak manfaat bagi penggunannya.

Adapun salah satu manfaatnya, yaitu loading time yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis hosting lainnya. Inilah salah satu alasan, kenapa cloud hosting kini banyak digunakan.

Namun sayangnya, masih banyak yang belum paham mengenai jenis web hosting satu ini. Apakah Anda salah satunya?

Jika iya, tenang saja, artikel ini akan mengulas apa yang dimaksud dengan cloud hosting secara lengkap. Jadi, simak sampai habis, ya!

Apa itu Cloud Hosting?

Perkembangan teknologi berdampak pada munculnya inovasi-inovasi baru yang semakin mempermudah berbagai aspek kehidupan.

Dalam hal ini, cloud hosting adalah salah satu inovasi yang muncul dalam dunia web hosting dan belakangan semakin populer digunakan. 

Secara sederhana, arti cloud hosting adalah web hosting yang menggunakan beberapa server untuk menjalankan sebuah website.

Ilustrasi Cloud Hosting
Ilustrasi cloud hosting (sumber: Freepik)

Di sisi lain, cloud hosting juga bisa diartikan sebagai kemampuan untuk membuat suatu aplikasi atau website tersedia di internet.

Jika ingin menggunakan jenis web hosting ini, Anda perlu membayar cloud provider untuk meng-host website atau aplikasi di seluruh jaringan fisik dan virtual yang ada.

Cloud hosting ini cocok bagi Anda yang masih pemula karena bisa menampung banyak pengunjung dengan biaya yang lebih efisien.

Cara Kerja Cloud Hosting

Perlu diketahui, cara kerja cloud hosting tidaklah sama dengan jenis hosting tradisional pada umumnya.

Jenis hosting yang satu ini bekerja dengan metode cluster yang menggabungkan beberapa server fisik dan virtual menjadi satu server virtual (cloud) pusat.

Kemudian, server tersebut digunakan untuk meng-hosting sebuah website, aplikasi, atau software lainnya.

Apabila salah satu server mengalami down, server lain akan menggantikannya dan menyediakan resources yang dibutuhkan pengguna.

Hal ini berarti, pengguna tetap bisa mengakses website atau aplikasi meski salah satu server-nya sedang bermasalah.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting

Sama halnya dengan jenis lainnya, cloud hosting juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut penjelasannya.

Kelebihan Cloud Hosting

Seperti yang sudah disebutkan di awal, cloud hosting bisa menjadikan waktu loading lebih cepat. Lantas, apakah hanya itu saja kelebihannya? Tentu tidak, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Waktu Loading Lebih Cepat

Mungkin Anda penasaran bagaimana bisa cloud hosting membuat loading time lebih cepat? Jadi, teknologi satu ini memiliki fitur unggulan yang disebut dengan load balancing.

Fitur ini akan mendistribusikan beban kerja ke seluruh cluster server secara merata, sehingga tidak ada server yang kelebihan beban.

Nah, hal inilah yang menjadikan waktu loading sebuah website, aplikasi, ataupun perangkat lunak lainnya jadi lebih cepat.

2. Skalabilitas yang Fleksibel

Skalabilitas hosting cloud yang fleksibel akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan kebutuhan dengan ketersediaan resources.

Pasalnya, pihak penyedia hosting cloud bisa mengalokasikan lebih banyak atau sedikit sumber daya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai contoh, jika Anda mendapatkan lonjakan traffic, maka Anda bisa meningkatkan kapasitas server tanpa harus menambah server fisik.

Nanti, jika traffic turun, Anda juga bisa menyesuaikan kapasitasnya lagi. Nah, skalabilitas yang fleksibel ini dapat membantu Anda untuk mencegah downtime.

3. Pemulihan Data Lebih Mudah

Pernahkah Anda mengalami kesulitan untuk memulihkan data yang hilang? Jika pernah, Anda tak perlu khawatir hal ini terjadi ketika menggunakan cloud hosting.

Hal ini dikarenakan, pemulihan data pada hosting cloud relatif lebih mudah dibandingkan dengan hosting tradisional.

Bagaimana bisa? Ketika Anda menggunakan hosting ini, pihak penyedia layanan akan membantu mencadangkan data di lokasi lain.

Jadi, Anda tidak akan kehilangan data sepenuhnya. Itulah kenapa, pemulihan data dalam jenis hosting satu ini lebih mudah dilakukan.

4. Biaya Lebih Efisien

Kelebihan selanjutnya, yaitu biaya penggunaan cloud hosting lebih efisien dibandingkan dengan web hosting lainnya.

Sebab, kebanyakan penyedia layanan ini memungkinkan Anda untuk menggunakan metode pay-as-you-go, yang berarti pembayarannya tergantung penggunaan.

Dengan kata lain, Anda hanya perlu membayar biaya sesuai dengan penggunaan Anda dalam kurun waktu tertentu.

5. Aman

Penyedia cloud hosting biasanya menyediakan layanan keamanan fisik dan virtual untuk server yang ada di jaringan mereka. Layanan inilah yang akan melindungi data website atau aplikasi Anda.

Mereka juga akan terus memperbarui sistem keamananya, sehingga data Anda akan dilindungi dengan sistem keamanan terbaru.

6. Ketersediaan Tinggi

Cloud hosting menawarkan ketersediaan tinggi karena para penyedia layanan ini memiliki pusat data di seluruh dunia.

Bahkan, saat satu server down, server lain akan menggantikannya dan menyediakan resource yang diminta pengguna.

7. Uptime Stabil

Di awal telah disebutkan bahwa, hosting cloud bisa mendistribusikan beban kerja ke seluruh server secara merata. Hal inilah tidak hanya membuat waktu loading jadi lebih cepat, tapi juga uptime yang lebih stabil.

Kekurangan Cloud Hosting

Berikut beberapa kekurangan cloud hosting yang perlu Anda ketahui:

1. Dipengaruhi Koneksi Internet

Cara kerja dan kecepatan cloud hosting sangat bergantung pada jaringan internet. Dengan demikian, jika koneksi Anda lelet, maka kecepatannya juga akan menurun.

2. Rawan Terkena Cyber Attack

Saat menggunakan hosting cloud, semua data server tersedia secara online. Nah, setiap hal yang tersedia online pasti rawan terkena serangan cyber.

Meski sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang tinggi, kemungkinan untuk terkena cyber attack tetap tidak dapat dihindari.

3. Biaya Bisa Melonjak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebagian besar layanan hosting cloud menyediakan pembayaran dengan metode pay-as-you-go

Dengan metode ini, Anda tidak dikenai biaya bulanan pasti layaknya di layanan web hosting lainnya. Besaran biaya layanan hosting cloud sendiri akan bergantung pada penggunaan Anda. Hal ini berarti, biaya yang harus dibayarkan bisa saja melonjak atau melebihi budget.

Jenis Situs yang Cocok Menggunakan Cloud Hosting

Setelah memahami beberapa penjelasan sebelumnya, mungkin Anda penasaran, hosting semacam ini cocok digunakan untuk situs seperti apa?

Pada dasarnya, hosting cloud ini bisa digunakan untuk berbagai jenis website atau aplikasi yang membutuhkan banyak ruang disk, bandwidth, dan daya pemrosesan.

Biasanya, jenis website atau aplikasi yang membutuhkan beberapa hal tersebut, yaitu portal berita, media sosial, dan toko online.

Website Media Sosial

Keberadaan hosting cloud dalam situs semacam ini, bisa mengantisipasi lonjakan traffic yang terjadi karena peristiwa-peristiwa tertentu, seperti saat ada event diskon atau postingan yang viral.

Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting

Web hosting adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk menyimpan data website dan membuatnya mudah diakses oleh pengguna melalui berbagai perangkat, seperti laptop, HP, ataupun tablet.

Nah, web hosting sendiri terdiri dari beberapa jenis atau tipe. Tipe hosting tradisional sendiri biasanya dilakukan dengan menggunakan satu server yang bisa memuat semua data sebuah website.

Sementara itu, cloud hosting dilakukan dengan metode cluster yang menggabungkan beberapa server menjadi satu server virtual pusat.

Dari penjelasan ini, dapat disimpulkan bahwa, tidak ada perbedaan web hosting dan cloud hosting. Sebab, hosting cloud sendiri merupakan salah satu jenis yang ada dalam web hosting. Jadi, jangan bingung lagi, ya!

Bagaimana? Setelah membaca semua penjelasan di atas, apakah Anda sudah paham mengenai apa itu cloud hosting.

Singkatnya, cloud hosting adalah layanan yang menggabungkan beberapa server menjadi satu server virtual pusat untuk digunakan meng-hosting sebuah situs.

Jenis web hosting ini memiliki banyak keuntungan bagi para penggunannya, salah satunya yaitu mempercepat waktu loading.

Waktu loading ini merupakan salah satu hal krusial yang bisa memengaruhi kenyamanan pengguna saat mengunjungi situs Anda.

Oleh karena itu, penggunaan cloud hosting ini cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan loading time.

Di samping menggunakan hosting yang cocok, Anda juga bisa mempercepat load speed dengan memperbaiki hal-hal teknis pada website Anda. Nah, kalau soal ini, Anda bisa mengandalkan Sekawan Studio.

Sekawan Studio menyediakan Jasa Pembuatan Website yang dirancang dengan coding yang ringan, sehingga website Anda akan memiliki kecepatan akses tinggi.

Dengan layanan ini, Anda bisa melakukan personalisasi website eksklusif yang bisa mendukung perkembangan bisnis yang masif.

Jika masih ragu, silakan mengunjungi laman kontak untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.