Pedoman dan Cara Riset Keywords untuk SEO

Riset keyword perlu dilakukan untuk menentukan target dan kebutuhan konten Anda sehingga perlu dilakukan pemaksimalan dengan menggunakan tools terbaik. Beberapa tool riset keyword yang dapat digunakan sangat beragam, mulai dari Google Trends hingga Ubersuggest. Dengan pemanfaatan tool riset keyword dengan baik, dapat menjadi salah satu faktor yang berguna untuk optimasi SEO.
tools riset keyword
Daftar Isi

Saat ini, pemasaran produk ataupun jasa dari suatu perusahaan dilakukan secara digital (digital marketing) karena teknologi telah berkembang dengan sangat cepat. Salah satu jenis digital marketing yang banyak digunakan adalah SEO (Search Engine Optimization).

Dalam penggunannya, terdapat beberapa faktor yang dapat dilakukan untuk optimasi SEO, salah satunya yaitu dengan memaksimalkan riset keyword menggunakan research keyword tools.

Riset keyword perlu dilakukan untuk menentukan target dan kebutuhan konten Anda sehingga perlu dilakukan pemaksimalan dengan menggunakan tools terbaik.

Tools tersebut dibuat oleh Google untuk memudahkan para penggunanya untuk melakukan riset keyword yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Dengan demikian, apa saja tools terbaik yang dapat digunakan untuk riset keyword? Bagaimana cara menggunakannya? Semua akan dibahas di dalam artikel ini.

Ayo, simak dan pelajari lebih lanjut!

Sekilas Tentang SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan upaya peningkatan peringkat website agar menempati peringkat teratas atau tampil pada halaman pertama mesin pencari. SEO dapat mengarahkan pengunjung ke situs Anda ketika menampilkan sesuatu yang menyiratkan bahwa mereka sedang menelusuri produk yang relevan. 

Dalam SEO, anda diharuskan untuk meneliti dan menimbang berbagai faktor yang berpengaruh dalam pencapaian ranking teratas. Oleh karena itu, SEO dapat juga didefinisikan sebagai upaya meningkatkan peringkat website dengan menggunakan kata kunci dan frasa populer. 

Dengan menggunakan kata kunci atau keyword yang tepat, maka Anda dapat menggunakan SEO untuk meningkatkan visibilitas secara besar-besaran dan memulai hubungan dengan pelanggan. Strategi SEO yang kuat sangat berpengaruh dalam kampanye digital marketing karena visibilitas merupakan langkah pertama menuju hubungan dengan pelanggan yang baik.

Fungsi Keyword dalam SEO

Keyword adalah kata atau frasa tertentu yang digunakan oleh pengguna internet ketika mereka mencari informasi, produk, atau layanan di mesin telusur seperti Google. Penggunaan keyword yang tepat dan relevan dalam konten website Anda memiliki beberapa fungsi kunci dalam SEO:

1. Identifikasi Inten Pengguna

Keyword berfungsi sebagai jendela ke dalam pikiran dan niat pengguna. Saat seseorang memasukkan kata atau frasa tertentu ke dalam mesin telusur, mereka secara tidak langsung memberikan petunjuk tentang apa yang mereka cari atau butuhkan. Dengan menganalisis kata kunci yang digunakan, bisnis atau pemilik situs web dapat lebih memahami inti dari apa yang pengguna cari. Informasi ini menjadi landasan untuk mengarahkan jenis konten yang dibuat.

2. Meningkatkan Visibilitas di Mesin Telusur

Penggunaan keyword yang tepat dan relevan dalam konten dapat meningkatkan visibilitas suatu situs web di mesin telusur. Algoritma mesin telusur, seperti Google, akan memindai dan mengindeks konten berdasarkan kata kunci yang ada. Ketika kata kunci tersebut sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna, peluang muncul di halaman hasil pencarian yang lebih tinggi menjadi lebih besar.

3. Penentu Relevansi Konten

Keyword berfungsi sebagai penghubung antara konten yang dibuat dan apa yang dicari oleh pengguna. Dengan memilih kata kunci yang tepat dan relevan, Anda memberikan petunjuk kepada mesin telusur tentang topik dan isi konten Anda. Ini membantu memastikan bahwa konten yang Anda sajikan kepada pengguna benar-benar relevan dengan apa yang mereka cari.

4. Peningkatan Trafik Organik

Trafik organik merupakan lalu lintas yang diperoleh situs web secara alami melalui hasil pencarian mesin telusur. Dengan menggunakan keyword yang tepat dan menargetkan, situs web memiliki peluang lebih besar untuk muncul di halaman hasil pencarian yang relevan. Semakin banyak halaman yang muncul di posisi atas hasil pencarian, semakin besar peluang mendapatkan klik dan trafik organik.

5. Meningkatkan Kualitas Pengunjung

Pengguna yang menemukan situs web Anda melalui pencarian kata kunci yang relevan cenderung lebih tertarik dengan konten Anda. Mereka datang dengan ekspektasi yang sesuai dengan kata kunci yang mereka gunakan, sehingga ada potensi lebih besar untuk retensi pengunjung yang lebih tinggi dan peluang konversi, apakah itu pembelian produk, berlangganan, atau tindakan lainnya.

Jenis-jenis Research Keyword Tools

Sebelum menentukan keyword yang akan dipakai, Anda sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu mengenai keyword tersebut. Riset tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis research keyword tools terbaik. Berikut merupakan jenis-jenis alat yang dapat anda gunakan untuk riset kata kunci:

1. Google Trends

Google Trends merupakan salah satu tools yang diciptakan oleh Google. Tools ini dapat membantu Anda dalam mencari, membandingkan, dan menentukan kata kunci yang tepat sebelum menulis sebuah artikel atau blog. Anda cukup memasukkan kata kunci yang ingin dicari, lalu akan muncul traffic pengguna beserta kata kunci lain yang relevan dengan kata kunci tersebut.

2. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah salah satu fitur yang terdapat pada Google Ads. Anda dapat mencari dan menentukan keyword mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tools ini juga menampilkan kata kunci terkait yang masih relevan dengan kata kunci utama Anda sehingga dapat menjadi referensi tambahan.

3. Ubersuggest

Ubersuggest merupakan tools yang juga diciptakan oleh seorang Digital Marketer yaitu Neil Patel. Dengan tools ini, Anda dapat mengetahui search volume, SEO difficulty, cost difficulty, dan CPC (Cost Per Click). 

Di samping itu, tools ini juga menampilkan keyword ideas dengan saran dan keyword lain yang relevan, serta content ideas yang dilengkapi dengan backlinks. Namun, Anda tidak bisa menggunakan tools ini secara sempurna karena Anda harus berlangganan agar mendapatkan akses keseluruhan.

Pentingnya Riset Keyword

Riset keyword adalah proses mendalam untuk menemukan kata kunci yang paling relevan dan berpotensi memberikan dampak positif terhadap strategi SEO Anda. Berikut adalah alasan mengapa riset keyword sangat penting:

1. Memahami Intensi Pengguna

Riset keyword membuka jendela yang memberikan wawasan mendalam tentang apa yang pengguna cari ketika mereka menggunakan mesin telusur. Dengan memahami kata kunci yang mereka gunakan, Anda dapat mengidentifikasi niat dan kebutuhan mereka. Ini membantu Anda menciptakan konten yang relevan dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh target audiens.

2. Menghindari Penargetan yang Salah

Tanpa riset keyword, Anda mungkin berisiko menargetkan kata kunci yang kurang relevan atau tidak efektif. Ini dapat menyebabkan usaha optimisasi Anda menjadi sia-sia dan menghabiskan waktu dan sumber daya yang berharga. Riset keyword membantu Anda menghindari penargetan yang salah dan memfokuskan upaya pada kata kunci yang memiliki potensi nyata.

3. Membangun Konten yang Relevan

Konten adalah raja di dunia digital, dan riset keyword membantu Anda membangun konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pengguna. Dengan memahami kata kunci yang paling banyak dicari, Anda dapat mengembangkan artikel, blog, video, atau konten lainnya yang benar-benar berguna bagi pengunjung Anda. Konten yang relevan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan perhatian dan berbagi di media sosial.

4. Bersaing dengan Pesaing

Riset keyword juga membantu Anda memahami kata kunci yang digunakan oleh pesaing Anda. Ini memberikan pandangan tentang bagaimana pesaing mengarahkan upaya SEO mereka. Dengan memahami lanskap persaingan, Anda dapat mengidentifikasi peluang yang belum dimanfaatkan dan merancang strategi yang lebih efektif.

5. Meningkatkan Trafik Organik

Penggunaan kata kunci yang tepat dan relevan dalam konten Anda dapat meningkatkan peluang muncul di halaman hasil pencarian yang lebih tinggi. Ini berarti lebih banyak peluang untuk mendapatkan klik dan meningkatkan trafik organik ke situs web Anda. Trafik organik adalah sumber lalu lintas yang sangat berharga karena datang dari orang-orang yang secara aktif mencari informasi yang Anda tawarkan.

Cara Menggunakan Masing-masing Research Keyword Tools

Anda sudah mengetahui jenis-jenis tools terbaik yang dapat digunakan dalam memaksimalkan riset keyword. Mungkin Anda masih bingung bagaimana cara menggunakan tools tersebut, berikut penjelasan dan langkah-langkah dalam menggunakan masing-masing tools:

1. Google Trends

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengunjungi situs https://trends.google.com/trends/?geo=ID. Anda akan menjumpai halaman utama dari Google Trends.

Halaman Utama Google Trends

Kemudian, Anda dapat mengetikkan keyword pada kolom yang telah disediakan dan tekan “enter”. Anda akan melihat grafik tingkat pencarian kata kunci tersebut. Anda juga dapat mengatur data yang ingin Anda ketahui, seperti 7 hari terakhir atau lainnya.

Hasil Google Trend Corona
Atur Waktu Google Trends

Selain grafik, terdapat pula daerah serta topik dan queri yang relevan dengan kata kunci Anda.

Sub Region Corona Google Trends
Related Corona Google Trends

Anda juga dapat membandingkan antara satu kata kunci dengan kata kunci yang lain dengan menggunakan fitur “compare”.

Compare Google Trends

Baca Juga: Ingin Optimasi Gambar Website dengan SEO? Simak 5 Caranya!

2. Google Ads

Silakan mengunjungi situs https://ads.google.com/intl/en_ID/home/ dan Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.

Main Page Google Ads

Silakan klik “Get Started” untuk memulai. Google akan meminta Anda untuk login menggunakan akun E-mail Anda.

Login Google Ads

Kemudian, Anda akan menjumpai laman berikut ini dan silakan klik “Switch to Expert Mode”. Setelah itu, Anda harus meng-klik “Create without a campaign” dan anda akan langsung berada di halaman utama Google Ads.

Halaman Utama Google Ads

Selanjutnya, klik “Tools and Settings” di bagian atas dan pilih “Keyword Planner”.

Tools And Settings Google Ads

Kemudian, pilih “Discover new keywords” dan Anda akan langsung berada di laman pencarian Keyword Planner.

Discover New Keywords Google Ads

Anda dapat langsung memasukkan keyword yang ingin anda cari. Kemudian, tools ini akan menyajikan data pencarian, kompetisi, bid range, dan sebagainya.

Hasil Google Ads

3. Ubersuggest

Silakan Anda mengunjungi situs https://neilpatel.com/ubersuggest/ dan Anda akan menjumpai laman utama dari situs tersebut.

Main Page Ubersuggest

Anda dapat langsung memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari. Namun, jangan lupa untuk mengubah lokasi sebelum melakukan pencarian. Setelah itu, Anda akan menjumpai data yang meliputi data pencarian, tingkat kesulitan, CPC, dan sebagainya.

Hasil Pencarian Ubersuggest
Baca Juga:
Manfaat Digital Marketing untuk Peningkatan Bisnis Anda
Long Tail Keyword: Kenali Implementasinya dalam Optimasi SEO
Mengenal Google Trends untuk Riset Keywords

Tips Riset Keyword

Riset keyword adalah langkah kunci dalam membangun strategi optimisasi mesin telusur (SEO) yang berhasil. Dengan memahami kata kunci yang relevan dan dicari oleh audiens Anda, Anda dapat mengarahkan upaya SEO Anda dengan lebih efektif. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda melakukan riset keyword yang sukses:

1. Definisikan Tujuan dan Niche Anda

Sebelum memulai riset keyword, pastikan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan situs web atau bisnis Anda serta niche atau industri yang Anda bidik. Ini akan membantu Anda merinci jenis kata kunci yang paling relevan dan sesuai dengan audiens target Anda.

2. Gunakan Alat Riset Keyword

Manfaatkan alat-alat riset keyword yang tersedia, seperti Google Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs, Ubersuggest, atau Moz Keyword Explorer. Alat-alat ini memberikan wawasan tentang volume pencarian, tingkat persaingan, dan saran kata kunci terkait yang dapat membantu Anda dalam pemilihan kata kunci.

3. Pilih Kata Kunci Berdasarkan Intensi Pengguna

Fokus pada kata kunci yang sesuai dengan niat dan kebutuhan pengguna. Pilih kata kunci yang mencerminkan apa yang pengguna cari secara spesifik. Misalnya, pilih kata kunci yang lebih long-tail seperti “cara merawat kulit kering” daripada yang lebih umum seperti “perawatan kulit.”

4. Pertimbangkan Kata Kunci Long-Tail

Kata kunci long-tail adalah frasa lebih panjang dan spesifik yang menggambarkan permintaan yang lebih tepat dari pengguna. Meskipun memiliki volume pencarian yang lebih rendah, kata kunci long-tail sering kali lebih relevan dan dapat menghasilkan trafik yang lebih terarah.

5. Analisis Pesaing

Teliti situs web pesaing Anda dan identifikasi kata kunci yang mereka targetkan. Ini dapat memberi Anda ide tentang tren kata kunci dalam industri Anda serta peluang yang belum dimanfaatkan.

6. Gunakan Variasi Kata Kunci

Jangan hanya fokus pada satu kata kunci. Gunakan variasi kata kunci yang terkait dengan topik utama Anda. Ini membantu Anda mencakup berbagai aspek dan memberikan peluang lebih besar untuk menjangkau berbagai audiens.

7. Pantau Trend dan Musim

Beberapa kata kunci mungkin menjadi tren atau populer hanya pada musim tertentu. Pantau tren dan musim dalam industri Anda dan sesuaikan strategi riset keyword Anda sesuai dengan perubahan tersebut.

8. Jangan Melupakan Kata Kunci Lokal

Jika Anda memiliki bisnis lokal, jangan lupa untuk mencari kata kunci lokal yang dapat membantu Anda menjangkau audiens yang berada di area tertentu.

9. Gunakan Pertanyaan sebagai Kata Kunci

Pertanyaan sering kali menjadi pencarian umum pengguna. Gunakan pertanyaan yang relevan sebagai kata kunci untuk menarik trafik yang mencari solusi atau informasi.

10. Tetapkan Prioritas

Setelah Anda mengumpulkan sejumlah kata kunci potensial, tetapkan prioritas berdasarkan volume pencarian, relevansi, dan persaingan. Fokuslah pada kata kunci yang memberikan potensi terbaik untuk hasil yang baik.

Studi Kasus: Contoh Keyword untuk Artikel menurut SEO

Dalam contoh ini, mari kita bayangkan Anda memiliki blog tentang perjalanan dan ingin menulis artikel tentang destinasi liburan yang eksotis di Asia Tenggara. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan riset dan pemilihan kata kunci untuk artikel tersebut:

Langkah 1: Identifikasi Tujuan dan Niche Artikel

Tentukan tujuan artikel Anda, yaitu memberikan informasi menarik tentang destinasi liburan eksotis di Asia Tenggara kepada pembaca Anda yang tertarik dengan perjalanan.

Langkah 2: Gunakan Alat Riset Keyword

Gunakan alat riset keyword seperti Google Keyword Planner atau SEMrush untuk mencari kata kunci yang relevan dengan topik. Beberapa contoh kata kunci yang mungkin muncul adalah:

  1. “Destinasi liburan eksotis Asia Tenggara”
  2. “Tempat liburan terbaik di Asia Tenggara”
  3. “Destinasi wisata unik Asia Tenggara”
  4. “Pantai indah Asia Tenggara”
  5. “Wisata budaya Asia Tenggara”

Langkah 3: Evaluasi Volume Pencarian dan Persaingan

Evaluasi volume pencarian bulanan dan tingkat persaingan untuk setiap kata kunci. Pilih kata kunci yang memiliki volume pencarian yang cukup tinggi, tetapi juga persaingan yang masih terkelola.

Langkah 4: Pertimbangkan Variasi dan Kata Kunci Long-tail

Pertimbangkan kata kunci long-tail atau variasi lain yang masih relevan dengan topik. Misalnya:

  1. “Tempat menarik di Asia Tenggara untuk liburan”
  2. “Wisata off-the-beaten-path di Asia Tenggara”
  3. “Destinasi eksotis di Asia Tenggara yang belum ditemukan banyak orang”

Langkah 5: Gunakan Pertanyaan yang Relevan

Pilih pertanyaan yang relevan sebagai kata kunci, karena banyak orang mencari dengan menggunakan pertanyaan. Misalnya:

  1. “Apa saja destinasi liburan eksotis di Asia Tenggara?”
  2. “Bagaimana cara menemukan tempat-tempat unik di Asia Tenggara?”
  3. “Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi pantai-pantai Asia Tenggara?”

Langkah 6: Pilih Kata Kunci Prioritas

Setelah melakukan evaluasi, pilih beberapa kata kunci prioritas yang memiliki potensi terbaik untuk memberikan hasil yang baik. Misalnya:

  1. “Destinasi liburan eksotis Asia Tenggara”
  2. “Tempat liburan terbaik di Asia Tenggara”
  3. “Wisata off-the-beaten-path di Asia Tenggara”

Langkah 7: Integrasi Kata Kunci dalam Konten

Pastikan kata kunci yang Anda pilih diintegrasikan secara alami dalam judul artikel, subjudul, paragraf utama, dan beberapa kali dalam artikel sesuai konteks.

Kesimpulan

Memaksimalkan riset keyword merupakan salah satu cara yang ampuh dalam upaya optimasi SEO. Seperti yang telah anda ketahui, terdapat berbagai macam tools yang dapat digunakan dalam memaksimalkan riset keyword tersebut, seperti Google Trends, Google Keyword Planner, dan Ubersuggest.

Masing-masing tools memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga dalam hal pemilihan tools yang hendak Anda gunakan itu merupakan wewanang Anda pribadi. Silakan pilih dan gunakan tools sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda atau perusahaan Anda.

Jangan lupa untuk terus belajar karena mengingat SEO sangat berikaitan erat dengan algoritma Google yang setiap waktu akan terus berkembang. Semangat!

Sekawan Studio menawarkan paket jasa SEO terpercaya untuk membantu optimasi traffic dan kecepatan situs di SERP Google.

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.