Apa itu FAQ? Simak Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya!

Frequently Asked Question atau FAQ adalah kumpulan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen maupun klien lain, kemudian disediakan serta solusi atau jawabannya pada satu halaman tersebut. Ada beberapa manfaat yang diperoleh adanya penggunaan Frequently Asked Question, khususnya untuk mengembangkan bisnis.
Q&A FAQ question in website
Daftar Isi

FAQ setiap perusahaan berbeda-beda hal itu merupakan sebagai layanan untuk pelanggannya, tetapi bentuk yang diberikan tidak semuanya sama.

Ada beberapa perusahaan menggunakan peran customer service, tetapi ada juga yang menggunakan self-service. Hal ini penting adanya, untuk melihat penilaian customer terhadap layanan maupun produk yang diberikan. 

Menyisipkan FAQ akan membuat website Anda menjadi informatif dan menarik bagi para calon pelanggan.

Oleh karena itu, simak artikel berikut ini untuk mengetahui apa itu FAQ beserta contoh, manfaat, serta tips dan trik membuat FAQ agar terlihat efektif.

Apa itu FAQ?

FAQ adalah singkatan dari Frequently Asked Question yang berarti kumpulan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen maupun klien, disertai serta solusi atau jawabannya.

Screenshot 503
Contoh FAQ

Secara istilah, FAQ adalah persoalan yang sering diajukan oleh orang. Hal ini memuat tentang layanan, produk, kegunaan, bahkan biasanya mencapai mekanisme proses kerja sama maupun layanan.

Banyaknya halaman website memungkinkan pengguna merasa kesulitan dalam menemukan jawaban dari permasalahanya.

Nah, adanya halaman frequently asked questions ini menjadi mempermudah konsumen dalam menemukannya. Biasanya, halaman ini merupakan halaman khusus dan lain dari halaman website lainnya.

Fungsi FAQ

Ada beberapa fungsi adanya penggunaan FAQ icon, maupun contoh frequently asked questions. Sebuah website terlebih dalam bisnis, mempunyai peranan penting pada halaman ini.

Halaman ini mempunyai manfaat yang sangat berguna bagi perkembangan bisnis Anda, antara lain: 

1. Mendukung SEO

Halaman frequently asked questions dapat mempengaruhi peringkat SEO (Search Engine Optimization) dalam website tersebut.

Sebab, sebagian besar konten yang ditulis dalam frequently asked questions bisa disisipkan kata kunci atau keyword untuk mendukung peringkat SEO pada mesin pencari. 

Kata kunci tersebut memberi peluang untuk bisa mencapai posisi pertama website pada mesin pencari (search engine). Semakin optimal kata kunci yang digunakan, maka semakin baik dalam sisi SEO friendly.

Namun, pastikan untuk tidak menggunakan kata kunci dalam frequently asked questions secara berlebihan karena dapat mempengaruhi SEO.

2. Authority 

Fungsi kedua yaitu dapat membangun pemahaman yang lebih pada pelanggan mengenai masalah yang sering dihadapi terkait dengan topik maupun layanan tawaran pada website.

Pasalnya, frequently asked questions berisi informasi yang bermanfaat dan berguna bagi pengguna website.

Hal ini juga berfungsi untuk memberikan informasi dengan sumber dipercaya karena diberikan melalui laman resmi website perusahaan.

Informasi diberikan sebagai solusi untuk permasalahan dan berhubungan dengan produk maupun layanan yang ditawarkan pada bisnis Anda. 

3. Efisiensi Waktu

Frequently asked questions dapat mengefisiensikan waktu. Sebab pada dasarnya, semua pelanggan adalah orang asing.

Oleh karena itu, tempatkan pemikiran Anda sebagai orang asing yang membutuhkan informasi lebih lanjut, tetapi tidak memiliki banyak waktu luang untuk berlama-lama berada pada laman tersebut.

4. Membentuk Kepercayaan Konsumen 

Kepercayaan dibentuk untuk membuat konsumen semakin yakin akan membeli maupun menggunakan layanan yang Anda tawarkan.

Menunjukkan FAQ icon pada web merupakan salah satu cara terbaik untuk memperoleh kepercayaan dan loyalitas dari konsumen. 

5. Membangun Hubungan dengan Konsumen 

Salah satu manfaat FAQ adalah sebagai alat komunikasi antara konsumen dengan perusahaan. Dengan adanya FAQ, Anda sebagai pemilik bisnis dapat memperlihatkan kemampuan dan pengetahuan Anda terhadap kebutuhan konsumen. 

Cara Membuat FAQ di WordPress

Setelah mengetahui apa itu FAQ, Anda dapat membuatnya menggunakan WordPress agar lebih mudah dan cepat untuk mengimplementasikan pada website Anda. Berikut langkah-langkahnya :

1. Login WordPress

Buka halaman wordpress, kemudian masuk dengan menggunakan username atau email dan password yang telah terdaftar. 

2. Aktifkan Plugin 

Anda dapat mengaktifkan plugin jika belum memiliki plugin untuk FAQ. Untukmenambahkannya, klik Add New pada menu Plugins. Carilah plugin dengan nama ‘Quick and Easy FAQ’ lalu pilih dan aktifkan pada WordPress Anda.

3. Buat Daftar Pertanyaan 

Setelah plugin aktif, secara otomatis akan muncul menu baru pada halaman dashboard dengan nama FAQs. Kemudian, buat daftar pertanyaan baru dan pilih Add New

Tambahkan pertanyaan dan jawaban pada halaman tersebut, tulis judul atau pertanyaan yang diajukan dan jawaban pada kolom dibawahnya.

Setelah selesai menuliskan pertanyaan dan jawaban baru, Anda dapat menyimpan dan publikasikan dengan klik publish

4. Kategorikan Pertanyaan 

Untuk memudahkan pembaca, Anda dapat membuat kategori berdasarkan pertanyaan yang ada.

Isi kolom Categories dengan menambahkan kategori baru ataupun yang sudah ada. Contoh kategori yaitu, branding, SEO, marketing, dan lain sebagainya.

5. Tampilkan pada Website

Anda dapat menampilkan contoh FAQ dalam website agar dapat dilihat oleh pembaca, dengan klik menu Pages lalu pilih Add New.

Lalu, tuliskan judul yang muncul pada website. Judul tidak harus bertuliskan FAQ, ini dapat disesaikan dengan gaya penulisan konten pada website Anda. 

Akan tetapi, Anda bisa juga langsung menuliskannya dengan Frequently Asked Question. Sebelum mempublikasikan, terlebih dahulu tambahkan tags kode pada badan teks [faqs].

Lalu, klik publish untuk menampilkan pada website. Sehingga, semua pertanyaan yang ada akan muncul ketika pembaca membutuhkannya dengan sekali klik pada halaman FAQ. 

Tips dan Trik Membuat FAQ

Anda dapat mempelajari dan mengimplementasikan agar FAQ terlihat efektif di mata pengguna. Selain itu, bisnis yang Anda miliki akan semakin baik dengan adanya halaman ini.

Ada beberapa cara dapat dilakukan dalam website bisnis, antara lain:

1. Mengumpulkan Pertanyaan 

Kumpulkan beberapa pertanyaan yang masuk. Biasanya perusahaan menyediakan ulasan maupun kritikan konsumen.

Ada juga sebagian konsumen memasukkan pertanyaan pada kontak layanan perusahaan terkait dengan permasalahan, ketidakjelasan informasi, dan pertanyaan lainnya.

Tipsnya, jangan hanya memasukkan pertanyaan berdasarkan perspektif dari perusahaan tanpa adanya masukan dari konsumennya.

Perusahaan membuat daftar pertanyaan sendiri yang memiliki anggapan juga akan ditanyakan oleh konsumen.

Akan tetapi, pertanyaan pada daftar tidak sepenuhnya akan relevan pada konsumen tersebut. Lakukan survei kepada pelanggan terkait dengan layanan atau produk yang diberikan serta kesalahan sering dihadapinya. 

2. Uraikan Jawaban dengan Jelas

Sampaikan jawaban atas pertanyaan dengan kalimat jelas, ringkas, dan mudah dipahami oleh semua kalangan khususnya bagi masyarakat awam.

Gunakan dengan bahasa standar, jangan menggunakan istilah rumit memungkinkan pembaca sulit mencerna.

Halaman frequently asked questions adalah laman untuk menemukan solusi dari konsumen. Jadi, hindari kalimat bertele-tele dan tidak penting digunakan di dalamnya.

Sebab, hal tersebut akan membuat pembaca sulit menemukan solusi dan hanya menimbulkan sifat tidak relevan. 

3. Evaluasi dan Sesuaikan Kebutuhan Konsumen

Terakhir, Anda dapat melakukan pembaharuan serta memantau pertanyaan yang masuk secara berkala. Halaman pada FAQ perlu untuk dipantau, kemudian buat analisis untuk tetap dioptimalkan apa sebaliknya.

Anda juga mungkin untuk menambah atau mengurangi daftar pertanyaan dalam halaman FAQ seiring waktu berjalan berdasarkan keadaan saat ini.

Pada dasarnya FAQ, telah dipahami oleh sebagian orang, tetapi kita sebagai pemilik laman website juga perlu untuk memperbaiki pertanyaan yang ditampilkan.

Terlebih pada pertanyaan sering ditanyakan dan dialami oleh pengguna terkait layanan pada bisnis. Anda harus bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan konsumen. 

Contoh FAQ 

Setiap perusahaan mempunyai permasalahan berbeda-beda, termasuk dengan pertanyaan yang sering diajukan oleh klien atau konsumen.

Pertanyaan diajukan biasanya tidak jauh beda dari bisnis yang dijalankan. Contoh FAQ dalam perusahaan startup yang sering ditanyakan oleh klien, antara lain :

  • Metode apa paling efektif untuk dapat menghubungi tim?
  • Berapa lama penyelesaian proyek?
  • Apakah saya mengalami jika menghubungi diluar jam kerja?
  • Berapa lama estimasi waktu mendapatkan respon balasan setelah menghubungi tim?
  • Bagaimana cara agar pesan saya dapat terbaca dengan cepat?
  • Bagaimana caranya untuk meminta demo proyek sebelum memesan jasa Anda?

Itulah dia penjelasan lengkap tentang apa itu FAQ beserta fungsi, cara membuat, tips dan trik, dan cara membuatnya.

FAQ memiliki peran yang sangat penting dalam suatu website untuk memberikan informasi terkait suatu produk dalam bisnis Anda.

Sisipkanlah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para konsumen terkait produk dalam bisnis Anda agar calon konsumen berdatangan dan penasaran terhadap bisnis Anda.

Jika Anda ingin menjangkau target pasar yang lebih luas lagi, Sekawan Studio solusinya! Anda bisa menggunakan layanan jasa SEO dengan menerapkan teknik SEO friendly dan mobile responsiveness agar peringkat website Anda menjadi naik.

Dengan menerapkan teknik SEO friendly tersebut, website Anda akan semakin sering muncul di bagian paling atas pada search engine.

Kunjungi website Sekawan Studio untuk mendapatkan layanan jasa SEO dengan harga yang terjangkau yang dikerjakan oleh tenaga ahli profesional di bidangnya sekarang!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.