Blueprint: Pengertian, Komponen, Manfaat, dan Pentingnya

Apabila suatu perusahaan ingin mencapai tujuan sesuai dengan tujuan awalnya, maka perusahaan tersebut memerlukan adanya pedoman untuk mencapai tujuan tersebut yaitu menggunakan blueprint. Blueprint adalah detail informasi mengenai suatu rencana yang berperan sebagai Basic Integrity pada suatu bisnis perusahaan. Blueprint memberi banyak manfaat mulai dari memberi peluang optimasi hingga memberikan feedback.
blueprint
Daftar Isi

Seringkali dalam perusahaan membutuhkan suatu gambaran awal sebagai acuan dalam mengerjakan proyek, salah satunya dengan menggunakan blueprint.

Apabila suatu perusahaan ingin mencapai tujuannya sesuai dengan tujuan awalnya, maka perusahaan tersebut memerlukan adanya pedoman untuk mencapai tujuan tersebut. 

Selain pendidikan, setiap orang juga memiliki “blueprint”. Sebanyak 90% orang atau perusahaan tidak mampu mencapai tujuan yang jelas dan tidak mempunyai blueprint mengenai impian ataupun tujuan untuk mencapai kesuksesan bisnis perusahaan mereka.

Sebagai pemula yang mengawali karir maupun bisnis, kita harus memperhatikan hal tersebut agar mampu bersaing dengan para kompetitor maupun pesaing sejenisnya.

Banyak perusahaan yang mulai menerapkan service ini pada bisnisnya agar mampu mengikuti perkembangan bisnis serta mampu menjadi bisnis yang terbaik di antara lainnya.

Artikel ini akan menjelaskan mengenai kesuksesan dalam mencapai bisnis, salah satunya dengan mempunyai tujuan jelas, seperti melalui blueprint, maupun sejenisnya, serta dapat memperoleh banyak manfaat dalam bisnisnya.

Apa itu Blueprint?

Blueprint adalah detail informasi mengenai suatu rencana yang meliputi penetapan tujuan, sasaran, menyusun strategi, proses melakukannya, serta suatu strategi untuk mendapatkan konsumen maupun klien dengan ciri khas brand perusahaan tersebut.

Biasanya, blueprint berperan sebagai basic integrity pada suatu bisnis perusahaan. Brand pada bisnis juga akan kuat jika memiliki blueprint.

Pada pembuatan blueprint, harus memperhatikan target konsumen maupun klien, rencana, serta kriteria target. Ini biasanya tersedia dalam bentuk diagram dengan maksud informasi. 

Setiap perusahaan biasanya mempunyai karakter ataupun ciri khas sendiri dalam membuat blueprint atau sejenisnya.

Karakter setiap blueprint bersifat unik dan berbeda dengan lainnya sehingga dapat digunakan dalam identitas produk mereka ataupun layanan yang mereka tawarkan kepada klien.

Komponen Blueprint

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan terkait beberapa komponen di dalam blueprint yang berkaitan dengan pembuatan service blueprint pada perusahaan, antara lain:

1. Target Pasar

Ruang merupakan tempat bertemunya antara perusahaan, pengguna, maupun pekerja untuk melakukan kerjasama.

Biasanya tempat ini dapat anda gunakan untuk melakukan tawaran mengenai produk atau layanan perusahaan.

Berkaitan dengan hal tersebut ruang tidak selalu berupa tempat fisik, bisa berupa email, sosial media, notifikasi, dan sebagainya

2. User Interaction

Komponen kedua yaitu aksi dari user saat berada dalam tempat tersebut. User dapat melakukan keputusan pada tempat tersebut, entah hanya melihat, melakukan transaksi, atau bahkan sedang melakukan aktivitas lainnya.

3. Respon Perusahaan Terlihat

Selain tempat dan user, perusahaan juga menjadi komponen penting dalam pembuatan service blueprint. Respon perusahaan yang terlihat merupakan respon dari sebuah perusahaan ketika bertemu dengan klien atau konsumen. Perusahaan harus menyambut dan menawarkan produknya dengan sebaik-baiknya. 

Hal ini adalah front stage employee action karena melakukan beberapa aksi untuk pelanggan. Akan tetapi, aksi tersebut tidak berasal dari perusahaan secara fisik karena peran ini dapat tergantikan dengan suatu sistem.

4. Sistem Perusahaan

Sebelum sistem maupun website launching dan digunakan, banyak peran perusahaan di belakang pembuatan. Perusahaan memiliki programmer, developer, untuk membuat sistem.

Selain itu, juga ada content writer maupun copywriting yang berperan dalam mengelola konten tersebut. Hal tersebut juga masuk dalam aksi perusahaan dari sisi tidak terlihat.

5. Pendukung

Pendukung ada dari beberapa sisi, seperti layanan dari pihak ketiga. Biasanya menggunakan jasa freelance, vendor, ataupun pihak ketiga lainnya yang berfungsi untuk memperlancar kegiatan.

6. Garis

Garis Blueprint

Garis berfungsi dalam membuat kategori dalam service blueprint. Banyak kategori dan garis yang ada akan membedakan setiap kategorinya. Meskipun terkesan remeh, namun komponen ini juga penting adanya. 

7. Komponen Lain

Selain komponen-komponen sebelumnya, dalam membuat blueprint kita juga harus memperhatikan hal lain, seperti jadwal atau timeline, target, serta metrik dalam mengukur kesuksesan bisnis.

Manfaat Blueprint

Ada beberapa manfaat service blueprint, dapat diterapkan dalam bisnis perusahaan Anda antara lain :

1. Dapat Menemukan Kesalahan

Service blueprint adalah sebuah diagram dan adanya diagram tersebut dapat anda jadikan sebagai peta harta karun untuk membuat menemukan kesalahan.

Dari gambaran diagram tersebut, anda dapat menjadikan acuan peta dengan jelas untuk masalah hingga pada detailnya.

2. Sebagai Pembanding

Pembanding Blueprint

Manfaat lainnya yaitu dapat membandingkan bisnis kita dengan bisnis kompetitor lainnya melalui alur ataupun diagram yang ada.

Pelaku bisnis dapat memperoleh gambaran bisnis yang akan mereka jalankan seperti apa. Kemudian, membandingkan dengan pesaing lainnya dan dapat mengambil keputusan paling baik.

3. Sebagai Alat Pendeteksi Masalah

Adanya diagram yang ada dapat membuat anda mampu melihat bagian mana yang mungkin terjadi masalah pada saat itu.

Masalah yang muncul akan mudah terdeteksi berasal dari mana serta pelayanan apa saja yang sedang terjadi masalah.

4. Dapat Memberi Peluang Optimasi

Dengan adanya gambaran pada diagram, maka anda bisa membuat percepatan dan melakukan optimasi untuk kegiatan selanjutnya. Semua proses dapat mendapatkan optimasi sehingga dapat melakukan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

5. Dapat Membuat Keterikatan Berbagai Peran

Keterikatan akan tercipta pada semua departemen di perusahaan. Service blueprint akan membutuhkan banyak peran dari beberapa orang, fungsi, dan bahkan organisasi. Semua akan terlibat dan saling bergantung satu sama lainnya.

6. Dapat Memberikan Feedback

Feedback Blueprint

Manfaat lainnya yaitu dapat memberikan feedback baik atau buruk bagi bisnis karena blueprint juga membutuhkannya.

Feedback tersebut berfungsi sebagai perbaikan untuk sistem selanjutnya. Pengaruh feedback sangatlah besar pada perusahaan dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis yang tengah berjalan.

Pentingnya Blueprint dalam Perusahaan

Layanan ini digunakan sebagai paparan melibatkan beberapa konsep bisnis. Selain itu, digunakan sebagai sarana klarifikasi atau menjelaskan interaksi, pengguna layanan, pekerja, hingga aktivitas yang mempunyai dampak langsung kepada konsumen.

Tanpa melihat bentuk yang disajikan, mulai berbentuk digital maupun blueprint. Apa pentingnya keberadaan di perusahaan:

  1. Sangat berguna untuk peningkatan perusahaan terkait tawaran layanan;
  2. Merancang layanan baru;
  3. Koordinasi sistem internal perusahaan;
  4. Mempublikasikan sistem atau layanan baru perusahaan.

Kesimpulan 

Blueprint adalah detail informasi mengenai suatu rencana yang meliputi penetapan tujuan, sasaran, menyusun strategi, proses melakukannya, serta suatu strategi untuk mendapatkan konsumen maupun klien dengan ciri khas brand perusahaan tersebut.

Biasanya blueprint juga berperan sebagai Basic Integrity pada suatu bisnis perusahaan. Manfaat yang anda peroleh juga banyak, terutama untuk mengembangkan bisnisnya sendiri.

Service tersebut penting keberadaannya pada perusahaan termasuk dalam pembuatan blueprint, yang dapat meningkatkan perusahaan dengan layanan tertentu.

Selain membuat blueprint, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan bisnis adalah dengan membuat website perusahaan.

Berkenaan dengan ini, Sekawan Studio menawarkan jasa pembuatan website murah dan berkualitas untuk membantu meningkatkan produktivitas perusahaan atau organisasi Anda.

Yuk, kunjungi laman web kami untuk informasi selengkapnya!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda Mungkin juga Menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.