YMYL adalah: Pengertian, Pentingnya & Tips Mengoptimalkannya

Konten YMYL menjadi sebuah poin krusial dalam upaya pengoptimalan mesin pencari atau SEO serta dalam upaya melakukan pemasaran konten. Oleh karena itu, jika ingin konten Anda berada pada peringkat teratas pencarian, penting bagi Anda untuk memahami apa yang dimaksud dengan konten YMYL serta bagaimana Anda dapat menggunakan konten itu untuk mendapat keuntungan dalam proses SEO.
YMYL: Your Money or Your Life
Daftar Isi

Pernah mendengar istilah YMYL? Istilah YMYL atau Your Money or Your Life ini memang memberikan kesan seperti sebuah ancaman, seolah-olah Anda harus memilih antara uang atau hidup Anda. Terkesan demikian, bukan?

Nyatanya, istilah satu ini tidak memiliki makna seperti kesan yang muncul saat pertama kali mendengar atau mengetahuinya.

Singkatnya, algoritma ini merupakan sebuah spesifikasi konten, di mana algoritma tipe ini juga turut andil dalam mempengaruhi hidup seseorang.

YMYL memiliki hubungan dekat dengan konsep E-A-T (Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness) dan teknik SEO.

Lalu, seperti apa Your Money or Your Life yang dimaksud? Apakah YMYL berhubungan dengan konten yang membahas seputar gaya hidup maupun ekonomi atau finansial? Mari berkenalan lebih jauh dengan YMYL!

Apa itu YMYL?

Sama halnya dengan E-A-T, konsep YMYL juga digagas oleh Google pada Search Quality Evaluator Guidelines, sebuah petunjuk yang tak hanya menjelaskan tentang E-A-T dan konten YMYL, tetapi juga berisi tentang cara kerja Google dan upaya membuat website memiliki ranking tinggi pada SERP.

Algoritma YMYL adalah sekelompok topik atau laman yang memiliki potensi dalam memberi dampak pada kebahagiaan, kesehatan, kestabilan finansial, serta keamanan dari seseorang.

Google, dalam menggagaskan konsep itu, tentu memiliki standar tinggi untuk setiap konten. Mengapa demikian? Sebab, jika sebuah konten termasuk dalam kategori algoritma ini memiliki kualitas rendah, tentu saja akan memberikan dampak negatif pada hidup pembaca atau pemirsanya.

Konten seperti ini menjadi sebuah poin atau kunci krusial dalam upaya pengoptimalan mesin pencari atau SEO serta dalam upaya melakukan pemasaran konten.

Oleh karena itu, jika ingin konten Anda berada pada peringkat teratas pencarian, penting bagi Anda untuk memahami apa yang dimaksud dengan konten YMYL serta bagaimana menggunakan konten itu untuk mendapat keuntungan dalam proses SEO.

Artinya, jika Anda ingin mendapatkan peringkat tinggi dalam Search Engine Result Page (SERP), maka buatlah pula konten dengan kualitas tinggi.

Mengapa YMYL Content itu Penting?

Mengapa konten seperti ini penting? Sejatinya, Google, sebagai sebuah mesin pencari, ingin memberikan hasil pencarian berupa konten paling baik untuk kueri serta pengguna.

Google juga mengingingkan agar para pengguna dapat menaruh kepercayaan tinggi pada hasil pencarian yang muncul.

Dalam upaya itu, Google memperbarui pedoman untuk kualitas pencariannya. Pada pedoman tersebut, Google banyak menyebutkan soal E-A-T juga konten YMYL sebagai tolok ukur untuk menentukan keandalan dari sebuah konten. 

Bagi para penghasil atau pembuat konten, dalam upaya memasarkan kontennya, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah fokus untuk memproduksi konten dengan kualitas baik, di mana konten itu dapat masuk pada konten YMY karena algoritma Google saat ini menekankan pada E-A-T dan YMYL.

Apa Saja Topik yang Termasuk dalam Konten YMYL?

Konten Ymyl

Menurut Search Quality Evaluator Guidelines, ada beberapa cakupan topik yang tergolong pada konten your money your life. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Berita dan Acara atau Peristiwa Terkini

Cakupan topik satu ini bisa dibilang cukup luas. Berita yang kita baca setiap harinya tentu tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Subtopik termasuk dalam bagian dari cakupan ini adalah bisnis, politik, sains, teknologi dan lain-lain.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua artikel berita yang tersaji secara daring dapat tergolong pada konten YMYL, contohya seperti konten berita olahraga, hiburan, serta gaya hidup harian.

2. Kewarganegaraan, Pemerintahan dan Hukum

Ketiga topik luas satu ini masuk dalam informasi penting untuk memelihara serta menjaga agar para warga negara tetap terinformasi dengan perkembangan yang ada, khususnya masalah negara, pemerintahan, serta hukum yang berlaku.

Informasi yang masuk dalam topik tersebut meliputi pemilihan umum atau pemungutan suara, lembaga pemerintahan dan publik, layanan sosial yang ada, serta hukum yang berlaku.

3. Keuangan

Subtopik yang masuk dalam topik keuangan dalam algoritma ini biasanya membahas tentang nasihat keuangan atau informasi seputar investasi, pajak, rencana atau perencanaan pensiun, pinjaman, perbankan atau asuransi.

4. Belanja

Topik ini berisi informasi atau layanan yang dapat membantu seseorang dalam melakukan pencarian atau pembelian barang maupun jasa merupakan sebuah konten yang tergolong pada topik belanja.

5. Kesehatan dan Keamanan

Berisi informasi atau nasihat berkenaan dengan isu-isu medis, obat-obatan, rumah sakit, kesiapsiagaan darurat, bagaimana atau seberapa bahayanya sebuah tindakan, dan masih banyak lagi konten lainnya yang berkaitan.

6. Sekelompok orang

Topik tentang sekelompok atau sekumpulan orang adalah konten informasi tentang kasta, etnis, ekspresi gender, status imigrasi, ras, sampai dengan korban dari suatu peristiwa.

7. Lain-lain

Ada banyak sekali topik yang berkaitan dengan pengambilan keputusan atau aspek penting dari hidup seseorang, yang mana bisa saja masuk dalam kategori YMYL.

Misalnya, kebugaran dan nutrisi, informasi tentang tempat tinggal, memilih kampus, mencari pekerjaan, dan lain sebagainya.

Tips untuk Membuat serta Mengoptimalkan Konten YMYL

Teknik Seo

Setelah mengetahui lebih dalam mengenai konsep dari konten algoritma ini, rasanya kurang afdal jika tidak membicarakan tips-tips bermanfaat bagi pembuat konten.

Berikut merupakan beberapa tips dapat Anda lakukan dalam upaya membuat serta mengoptimalkan konten YMYL.

1. Menentukan Jenis Konten yang Termasuk dalam Kategori YMYL

Dalam langkah ini, butuh pemahaman yang mantap mengenai sektor-sektor atau topik-topik yang masuk ke dalam konten YMYL.

Untuk membuat suatu konten yang sesuai dalam kategori ini, Anda harus mengenali jenis topik apa saja yang masuk sebagai konten dari algoritma ini.

2. Pastikan Konten Diproduksi oleh Seorang yang Ahli

Upaya ini dilakukan agar menjaga kualitas dari konten yang dihasilkan oleh perusahaan Anda. Seorang ahli dalam suatu bidang tentunya sudah cakap serta berpengalaman dalam bidang itu.

3. Bangun Citra E-A-T Merek atau Konten yang Anda Miliki

Pastikan beberapa platform pendukung dari merek atau konten yang Anda miliki juga memiliki kualitas yang baik.

Berkenaan dengan ini, perbaiki beberapa sektor atau area yang masih lemah kualitasnya. Perhatikan juga komentar, kritik serta saran yang dibuat oleh pemirsa pada merek atau konten Anda.

4. Pastikan Konten Anda Mengandung Fakta yang Akurat

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, YMYL merupakan sebuah konten dengan kualitas serta standar yang tinggi.

Dalam proses pemeringkatan, tentu saja banyak aspek yang menjadi pertimbangan sehingga sebuah konten dapat menjadi atau muncul pada pencarian paling atas.

Selain itu, konten seperti ini juga berdampak secara langsung pada kehidupan seseorang. Oleh karena itu, sangatlah penting memastikan bahwa setiap fakta yang dipaparkan pada konten Anda memiliki jaminan yang akurat.

Kesimpulan

Dari penjabaran mengenai konten YMYL, dapat kita simpulkan bahwa konten satu ini, jika tidak melalui pengelolaan dan pembuatan yang baik, dapat memberikan dampak buruk bagi setiap pemirsa yang membaca atau menikmati kontennya.

Google menetapkan standar yang cukup tinggi untuk konten-konten yang berdampak pada kategori YMYL agar dapat memastikan bahwa para pengguna yang menikmati dan menerima informasi dengan fakta yang memiliki tingkat keakuratan yang tinggi.

Jika Anda ingin website Anda berada pada halaman pertama SERP, maka penting untuk memperhatikan algoritma YMYL ini. Tapi, jika Anda tak memiliki waktu dan sumber daya yang cukup, serahkan saja pada kami!

Sekawan Studio memiliki layanan jasa optimasi website untuk meningkatkan traffic situs web bisnis Anda. Tentunya, hal tersebut juga dapat menjangkau target pasar yang lebih luas dan meningkatkan konversi penjualan Anda.

Hanya mulai dari 5juta per bulan, Anda sudah bisa mendapatkan strategi optimasi lengkap disertai dengan report dan analisis strategi SEO. Selain itu, Anda juga mendapatkan keyword research detail dan rekomendasi strategi yang tepat untuk Anda.

Tunggu apalagi? Jadwalkan konsultasi dengan kami sekarang juga untuk informasi lebih lengkap!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.