Langkah Mudah Menyusun Strategi Pemasaran Efektif untuk Bisnis Anda

Strategi pemasaran adalah proses perencanaan yang dilakukan untuk mendapatkan target pasar yang tepat, sehingga dapat mengubah mereka menjadi konsumen dari produk suatu perusahaan. Untuk meningkatkan penjualan, Anda dapat mencoba 7 strategi pemasaran yang telah kami rangkum
Strategi Pemasaran
Daftar Isi

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, terdapat banyak sekali hal yang perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis. Strategi pemasaran adalah salah satu hal yang perlu anda cermati lebih dalam. Dengan merencanakan sebuah strategi dengan cermat dan baik, maka proses kegiatan bisnis anda dapat mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Tanpa adanya strategi pemasaran yang baik, maka bisnis yang anda jalankan dapat mengalami kerugian untuk jangka waktu kedepannya. Untuk itulah, pada artikel kami kali ini akan membahas lebih dalam mengenai bagaimana merancang dan menerapkan strategi marketing yang efektif dengan bantuan berbagai teknologi digital saat ini.

Definisi Strategi Pemasaran

Sebelumnya, apakah anda sudah mengetahui apa itu strategi pemasaran? Menurut istilah, strategi pemasaran adalah proses perencanaan yang dilakukan untuk mendapatkan target pasar yang tepat, sehingga dapat mengubah mereka menjadi konsumen dari produk suatu perusahaan. 

Jadi, anda tidak dapat menentukan konsumen produk terlebih dahulu sebelum melakukan riset mengenai target pasar yang dituju. Untuk menentukan transaksi jual beli sebuah produk, terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhinya, meliputi produsen, konsumen, dan pemasaran (marketing).

Setelah anda berhasil menentukan ketiga faktor tersebut, langkah yang selanjutnya adalah menjalankan strategi bisnis dengan memanfaatkan bantuan tools bisnis dan teknologi informasi saat ini. Sebelum masuk pada penjelasan tersebut, anda harus memahami terlebih dahulu tujuan dan fungsi dari pemasaran sebuah produk.

Tujuan Adanya Strategi Pemasaran

Secara umum, terdapat lima tujuan utama dari strategi pemasaran yang berdampak positif bagi perusahaan anda, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memperluas Ekspansi Market Anda

Untuk mempercepat laju pertumbuhan bisnis perusahaan, dimana salah satu aspek yang sangat menentukan adalah dalam proses pemasaran produk. Tentunya sekarang dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan secara konvensional dan melalui online marketing. Dengan pemasaran secara online, diharapkan dapat menargetkan cakupan pasar dan jaringan yang lebih luas.

2.  Memudahkan dalam Memilih Pesaing dan Market Bisnis yang Tepat

Membidik pangsa pasar yang tepat dan sesuai dengan tujuan bisnis anda. Sehingga, perusahaan yang anda kelola mampu untuk mendapatkan target konsumen yang tepat dan membutuhkan produk atau jasa yang anda tawarkan.

3. Meningkatkan Kesadaran Merek secara Optimal

Kemudian, tujuan yang selanjutnya adalah meningkatkan brand awareness untuk perusahaan yang anda bangun. Sehingga, masyarakat luas lebih mengetahui tujuan dan produk bisnis anda. Serta, dapat mengenalkan brand identity bagi perusahaan anda melalui berbagai channel atau media pemasaran online.

4. Menentukan Proyeksi Bisnis dalam Jangka Panjang

Untuk memaksimalkan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga anda dapat mengetahui proyeksi keuntungan bisnis yang dapat dicapai dari resources yang ada. Selain itu, anda juga dapat menghemat dan mengurangi biaya pengeluaran untuk kebutuhan pemasaran produk secara efisien.

5. Membangun Authority dan Kredibilitas Kinerja Perusahaan Anda

Dan yang terakhir, membangun reputasi perusahaan serta menjadi dasar pemikiran untuk pengambilan sebuah keputusan. Yang mana, hal tersebut akan berdampak baik bagi kemajuan bisnis dan usaha untuk jangka waktu yang lebih lama.

Fungsi dari Strategi Pemasaran

Selanjutnya, masuk pada pembahasan mengenai fungsi dari adanya strategi pemasaran bagi pelaku bisnis dan usaha. Kami telah membagi menjadi tiga poin penting, mengapa anda memerlukan sebuah strategi pemasaran produk yang efektif.

1. Dapat Menentukan Target yang Lebih Spesifik

Anda dapat mulai dengan melakukan riset kompetitor pada target pasar anda. Untuk melakukan hal tersebut, dibutuhkan sebuah strategi bisnis yang tepat agar dapat menjadikan pengguna produk anda menjadi konsumen tetap.

2. Mudah untuk Diukur

Untuk saat ini, banyak sekali tools online dan platform yang menyediakan data berupa laporan sebagai bahan dasar dalam menentukan strategi bisnis kedepannya. Laporan tersebut dapat diperoleh dari kampanye bisnis yang telah anda lakukan mulai dari promosi iklan, SEO, content marketing, dan lain sebagainya. Sehingga, dari laporan tersebut anda mendapatkan insight seperti efektivitas pemasangan iklan, target konsumen yang didapat, hingga performa trafik dari optimasi konten website anda.

3. Mengurangi Biaya Pengeluaran Seefektif Mungkin

Menerapkan strategi pemasaran online tidak membutuhkan biaya yang sangat besar, dimana anda akan lebih banyak melakukan kampanye bisnis melalui optimasi SEO dan penerapan digital marketing sesuai dengan market value yang ada. Sehingga, biaya yang anda gunakan untuk kampanye bisnis akan menghasilkan revenue yang lebih besar daripada melakukan pemasaran dengan metode konvensional.

7 Strategi Pemasaran Produk secara Online

Banyak sekali contoh strategi promosi yang dapat anda terapkan untuk bisnis anda, terutama bagi para pelaku UMKM. Kami telah meringkas menjadi 7 jenis strategi pemasaran produk yang paling efektif untuk melakukan bisnis online.

1. Menentukan Tujuan dan Anggaran Bisnis

Hal yang pertama dilakukan adalah dengan menentukan tujuan dari marketing dan perencanaan target anggaran yang digunakan. Kedua poin tersebut sangat menentukan keberlangsungan dari usaha yang akan anda bangun. 

Tahapan yang perlu diperhatikan adalah dengan melakukan riset kompetitor pasar anda, kemudian melakukan promosi produk melalui sosial media maupun SEO campaign. Tujuan dari melakukan hal tersebut adalah untuk meningkatkan brand awareness, revenue, serta nilai konversi yang tinggi.

2. Menyusun Marketing Mix

Marketing mix merupakan kumpulan dari variabel pemasaran yang mencakup harga, tempat promosi, dan produk suatu bisnis untuk mencapai target marketing. Sebagai seorang pengusaha, anda harus menentukan produk dan jasa layanan yang akan dikembangkan. Selain itu, juga anda perlu menentukan bagaimana proses tahapan produksi hingga langkah – langkah dalam menyusun promosi yang tepat kepada pelanggan. 

3. Melakukan Optimasi SEO pada Website

Beberapa tahun ini, SEO (Search Engine Optimization) memiliki peran penting dalam melakukan promosi produk dan mengenalkan brand sebuah perusahaan. Untuk melaksanakan kampanye SEO ini, terdapat dua cara yang digunakan, yaitu melalui SEO On Page dan Off Page. 

Untuk SEO On Page sendiri, anda harus melakukan optimasi pada halaman situs anda agar dapat masuk di page satu mesin pencari Google. Sedangkan untuk SEO Off Page, merupakan strategi dalam memperbanyak situs web yang merekomendasikan halaman situs kita (backlink).

4. Melakukan Riset Keyword dan Content Marketing

Berikutnya, anda juga dapat melakukan riset kata kunci dan menerapkan strategi pemasaran konten. Untuk kedua poin ini, sangat berhubungan dengan optimasi SEO. Dalam menyusun sebuah konten yang menarik dan berkualitas, tentu saja anda harus melakukan riset keyword dengan menggunakan berbagai tools yang telah tersedia, seperti Google Trend, Keyword Planner, Ahrefs, Moz, dan lain sebagainya.

Untuk content marketing sendiri dapat berupa artikel yang ditulis dalam bentuk blog. Tujuan dari pembuatan content marketing ini adalah untuk memberikan informasi kepada user serta meningkatkan brand awareness dan ranking website suatu perusahaan.

5. Membuat Email Marketing

Apakah anda pernah mendapatkan notifikasi melalui email anda yang dikirim oleh suatu brand yang berisi informasi mengenai produk dan kampanye bisnis? Nah, bentuk pesan tersebut merupakan strategi email marketing yang digunakan supaya user dapat mengetahui lebih banyak informasi mengenai produk, serta user lebih tertarik dan masuk pada halaman situs untuk membeli produk tersebut.

6. Memanfaatkan Social Media Ads

Banyak sekali pengguna media sosial dari berbagai kalangan untuk membagikan, memposting, atau hanya sekedar membaca sebuah informasi sesuai dengan topik yang disukai. Berbagai platform media sosial telah menyediakan fitur dan sarana untuk melakukan kegiatan promosi iklan, meliputi Twitter ads, Instagram ads, dan Facebook ads.

Baca juga :
Mengenal Tahapan dalam Penyusunan Design Thinking Beserta Contohnya
Strategi Penyusunan Content Marketing yang Tepat untuk Bisnis
Strategi Tepat untuk Menjalankan Bisnis dengan Social Media Marketing

7. Menerapkan Metode SEM

Dan contoh strategi pemasaran online yang terakhir adalah dengan melakukan metode SEM (Search Engine Marketing). Cara ini tentu berbeda dengan praktik SEO yang lebih mengedepankan pada peningkatan trafik melalui organic search

Sedangkan, SEM mendapatkan trafik melalui paid search atau memasang iklan pada Google Ads. Sebaiknya anda menggunakan metode ini untuk meningkatkan promosi produk pada jangka waktu yang pendek. Dan untuk keuntungan dalam jangka waktu yang lama, anda dapat memanfaatkan SEO yang berperan dalam menghasilkan trafik melalui pencarian secara organik.

Langkah Efektif Menjalankan Strategi Pemasaran dalam Bisnis

Setelah mengetahui beberapa jenis strategi pemasaran online, selanjutnya anda dapat menerapkan tiga tips untuk menjalankan bisnis sesuai dengan langkah – langkah berikut ini.

1. Melakukan Riset Mengenai Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan sebuah upaya untuk membagi pasar menjadi beberapa bagian atau kelompok kecil. Pembagian tersebut dilakukan berdasarkan letak geografis, data demografis, psikografis, dan perilaku. Segmentasi yang paling mudah dilakukan adalah dengan meninjau lokasi geografis dari target pasar yang anda tuju.

Untuk data demografi sendiri meliputi jenis kelamin, tingkat pendidikan, usia, dan lain sebagainya. Untuk pengembangan segmentasi perilaku lebih kepada mempelajari kebiasaan dari suatu masyarakat dalam membeli kebutuhan produk. Dan segmentasi psikografis merupakan tingkatan lanjut dari tahap segmentasi perilaku untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik mengenai perilaku pengguna dalam memilih dan menggunakan produk atau jasa.

2. Menentukan Target Pasar yang Sesuai

Langkah yang kedua, anda dapat menentukan terlebih dahulu target pasar (market targeting) agar lebih mudah dalam menentukan produk yang akan dijual, serta promosi yang akan dilakukan. Target pasar yang berbeda akan sangat menentukan jenis konten yang dibuat, serta cara berkomunikasi yang berbeda pula. 

3. Menjalankan Market Positioning dengan Baik

Dan langkah yang terakhir, menerapkan target positioning yang tepat untuk pemasaran produk. Dimana, anda dapat menunjukkan produk anda berbeda dengan kompetitor lain kepada konsumen. Sehingga brand awareness dari produk anda akan meningkat dengan mengimplementasikan promosi yang tepat.

Salah satu cara yang banyak dilakukan saat ini adalah dengan menggunakan strategi pemasaran 4P. Istilah tersebut memiliki empat poin penting yang mempengaruhi sebuah bisnis, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). 

Kesimpulan

Strategi pemasaran adalah perencanaan untuk menentukan target pasar sesuai dengan produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Dimana, tujuan utama dari penggunaan strategi ini adalah untuk mendapatkan keuntungan bisnis dengan menekan angka biaya pengeluaran dari perusahaan. Terdapat tujuh contoh strategi pemasaran yang dapat anda gunakan, seperti menyusun tujuan dan anggaran, marketing mix, optimasi SEO dan SEM, email marketing, serta memanfaatkan media sosial untuk menunjang kebutuhan bisnis.

Sekawan Media menawarkan paket jasa website development profesional di Indonesia untuk membantu mengatasi permasalahan anda dalam mengoptimalkan peran website anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.