Kenali Pekerjaan dari WordPress Developer, Skill, dan Gaji-nya

Wordpress Developer adalah salah satu pekerjaan yang saat ini banyak diminati untuk dapat mengembangkan website dengan menggunakan CMS Wordpress. Profesi ini juga mempunyai banyak plugin tools, dan skill yang wajib dimiliki mulai dari pemahaman terkait coding, hingga SEO.
Wordpress Developer
Daftar Isi

WordPress developer adalah salah satu pekerjaan yang termasuk dalam bidang web developer atau pengembang website. Era kemajuan teknologi ini menjadikan pekerjaan sebagai web developer sering terdengar. Web developer menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan dengan kebutuhan teknologi saat ini yang semakin maju dan canggih.

Web developer adalah sebuah pekerjaan membuat website, program, atau aplikasi. Seorang web developer menjadi programmer yang mengelola dan mengembangkan sebuah web. Pekerjaan mereka berhubungan dengan coding, pembuatan fitur, menyusun tatanan website, melakukan pengelolaan server, dan mengelola konfigurasi jaringan.

Dalam pembuatan website atau aplikasi, seorang web developer harus membuat dan menampilkan website yang menarik dengan fitur-fitur yang easy to use dan desain yang user-friendly. Jenis pekerjaan web developer salah satunya adalah WordPress Developer.

Apa Itu WordPress Developer

Mengenal Platform Website Berbasis Cms
Tools WordPress sebagai CMS © Unsplash

Sebelum melangkah lebih dalam mengenai wordpress development, kita harus mengetahui apa itu WordPress. 

WordPress merupakan sebuah website CMS (Content Marketing System) yang dalam pembuatannya tidak perlu melakukan sebuah coding atau pemahaman mengenai bahasa pemrograman. 

Penggunaan CMS pada wordpress akan memudahkan dalam mengelola wordpress tanpa harus memahami HTML terlebih dahulu. WordPress menjadi website favorit karena pengaksesannya dan tersedia plugin gratis untuk menambah fitur pada website itu sendiri. 

Dalam membuat dan mengelola sebuah wordpress, tentunya anda membutuhkan seorang pengembang yang ahli dalam pengembangan wordpress. 

Orang yang ahli dalam bidang tersebut dinamakan dengan WordPress Developer, yang berarti sebagai sebuah pekerjaan yang bertugas mengembangkan website, khususnya adalah website yang berupa WordPress. Pekerjaan dari wordpress developer juga bersangkut paut dengan pembuatan plugin pada wordpress, menentukan tema wordpress, dan mengatur tata letak website. 

Plugin adalah sebuah kode software dalam menjalankan sebuah layanan pada aplikasi tersebut. Kode ini juga dipakai pada software selain wordpress, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan yang lainnya.

Dalam mengerjakan tugasnya, seorang developer harus dapat menggunakan plugin sesuai dengan jenisnya yang ada pada sebuah wordpress. Jenis plugin dalam wordpress juga disesuaikan dengan konsep pembuatan wordpress.

WordPress Developer Plugins

Berikut ini terdapat beberapa plugin yang bisa anda gunakan dalam pengembangan website menggunakan WordPress, antara lain:

1. Plugin Backup

Tujuan dari pemasangan plugin ini adalah langkah untuk mengantisipasi terjadinya error atau kehilangan data pada website.

2. Plugin untuk Optimasi Kecepatan Website

Plugin ini berguna untuk menjadikan kecepatan wordpress lebih meningkat dan juga dapat meningkatkan performa website itu sendiri. 

3. Plugin SEO

Penerapan plugin SEO di sebuah wordpress berguna untuk sebuah website dapat menempati halaman pertama pada mesin pencarian yang akan menambah trafik dari website itu sendiri.

4. Plugin Keamanan

Keamanan Wordpress Developer
Plugin untuk mengatur keamanan website © Unsplash

Memasang plugin keamanan pada website akan menghindari peretasan dan pembobolan website.

Dari beberapa jenis plugin untuk penerapan pada wordpress, seorang developer harus dapat menyesuaikan penggunaan pada website yang mereka kelola. Oleh karena itu, seorang wordpress developer harus memiliki skill atau keahlian dalam pengembangan website.

Baca Juga:
Panduan Membuat WordPress dengan Mudah untuk Berbisnis
Apa Itu Bahasa Pemrograman? Yuk, Cari Tahu Disini!

Skill Wajib untuk WordPress Developer Profesional

Keahlian penting dan utama yang harus seorang wordpress developer kuasai, antara lain:

1. Hard Skills

Dalam penguasaan Hard Skills, seorang wordpress harus mampu menguasai dan mempelajari tentang keahlian-keahlian yang mendukung sebuah website. Hard Skills tersebut, antara lain:

a. HTML (Hyper Text Markup Language)

Kemampuan dalam menguasai HTML dapat memudahkan anda dalam melakukan penyusunan aspek-aspek atau elemen yang berhubungan dengan pembuatan paragraf, halaman judul, heading dan tatanan gambar atau video pada web tersebut.

b. PHP (Hypertext Preprocessor)

Php Wordpress Developer
Bahasa Pemrograman PHP © Unsplash

Penerapan PHP pada sebuah website menjadikan kemudahan dalam melakukan akses database dan memberikan keragaman bahasa pada website. PHP juga menjadi sebuah bahasa pemrograman yang harus dikuasai saat ini.

c. CSS (Cascading Style Sheet)

Css Wordpress Developer
Bahasa Markup CSS (Cascade Style Sheet) © Unsplash

Bahasa pemrograman ini berfungsi mengatur dalam pembuatan halaman, jenis font, layout, dan warna font pada website. CSS juga berfungsi sebagai kode untuk mendesain halaman web yang dibuat HTML dengan memberikan warna, mengubah jenis font, dan menentukan tata letak dari sebuah website.

d. Javascript

Bahasa pemrograman web Javascript menjadikan web lebih interaktif dan dinamis sehingga ramah bagi pengguna dan dapat menambahkan animasi, video, audio bahkan games agar website yang menggunakan Javascript dapat lebih fungsionalitas.

e. Pemahaman Penggunaan Framework

Framework menjadi fasilitas untuk menjadikan proses pembuatan tampilan website menjadi lebih cepat sehingga dapat menghemat waktu. Oleh karena itu, website menjadi lebih tertata dengan baik dan tidak perlu menulis kode secara berulang ulang pada halaman web yang lain. 

Framework memiliki banyak jenis, seperti framework front-end dan framework Javascript. 

f. Pemahaman SEO

Seo Wordpress Developer
Pemahaman SEO untuk WordPress developer © Unsplash

Pemahaman SEO sangatlah penting dalam membangun sebuah website karena akan mempengaruhi peringkat atau posisi halaman sebuah website.

g. Testing/Debugging

Proses ini bertujuan untuk melakukan sebuah pengecekan website atau aplikasi yang berfungsi sebagai proses identifikasi masalah yang muncul pada website tersebut.

Kemampuan ini harus dipahami oleh seorang developer untuk mengetahui error pada website dan akan memudahkan dalam memperbaiki kesalahan yang ada.

h. Tingkat Performa Website

Kemampuan ini cukup penting agar website memiliki tingkat performa yang tinggi dan memiliki kecepatan akses yang optimal sehingga para pengunjung website dapat mengakses dengan mudah dan tentunya secara nyaman tanpa terkendala oleh tingkat kecepatan website.

Baca Juga:
6 Perbedaan Coding dan Programming Beserta Penjelasannya
5 Cara Terampuh Untuk Mempercepat Loading Website Anda

2. Soft Skills

Selain hard Skill yang harus dimiliki, seorang wordpress developer harus memiliki Soft Skill untuk membuktikan bahwa dia adalah seorang developer yang ahli dan berkompeten. Berikut adalah Soft Skill yang harus dimiliki oleh seorang developer

a. Memiliki Strategi

Strategi Wordpress Developer
Perancangan Strategi yang tepat untuk Tim Developer © Unsplash

Kemampuan memiliki strategi harus dimiliki untuk dapat bertahan dan bersaing dengan kompetitor yang sudah ada. Dengan memiliki strategi yang baik, tentunya sebuah website akan menjadi website terbaik.

b. Memiliki Tujuan

Dalam membuat website, tentunya harus memiliki tujuan agar isi dari website lebih terarah dan sesuai dengan konsep. Selain itu, dengan memiliki tujuan akan mudah dalam menentukan berfokus seperti apakah website yang kita miliki.

c. Berpikir Kreatif dan Inovatif

Pemikiran kreatif serta inovatif penting dalam menentukan tata letak atau tema dalam penerapan di website. Tema website yang menarik dan unik tentunya akan menjadi sebuah keunggulan dan kelebihan dari website kompetitor.

d. Menerima Saran dan Kritik

Menjadi seorang developer berarti harus siap untuk menerima kritik. Hal ini agar website dapat lebih berkembang dan pastinya akan lebih dipilih oleh pengunjung.

e. Memahami Target atau Pengunjung

Memahami User Intent Untuk Meningkatkan Pengalaman Saat Menggunakan Website
Memahami User Intent untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan website © Unsplash

Mengetahui target akan memudahkan dalam melakukan konten dari website sehingga lebih terarah dan lebih fokus pada tujuan.

f. Berkeinginan Belajar Hal-Hal Baru

Teknologi yang terus maju dan berkembang menjadikan perubahan terjadi secara cepat sehingga selalu menguasai dan belajar hal-hal baru akan berdampak baik dalam melakukan update website. Oleh karena itu, website akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi

Perkembangan WordPress Developer di Indonesia

Kemajuan teknologi dan pemanfaatan teknologi sebagai peluang bisnis serta usaha dapat menciptakan pekerjaan baru yang dapat memperlancar dan mendukung proses dari teknologi. Terutama dengan pekerjaan pengembangan dan pengelola sebuah website.

Kemajuan teknologi juga terasa di Indonesia dengan saat ini banyaknya pengusaha dan pebisnis menggunakan teknologi serta internet sebagai ajang mempromosikan usaha mereka. Dalam penggunaanya memanfaatkan pembuatan website yang ahli di bidangnya yaitu web development. 

Perkembangan web development Indonesia sangat maju dan semakin berkembang karena banyaknya penggunaan web sebagai pilihan efektif promosi usaha pebisnis. 

Selain kemajuan pekerjaan pada web developer, juga berkembang wordpress developer di Indonesia yang semakin luas karena memiliki gaji yang sangat menjanjikan. WordPress developer Indonesia berkembang dengan sendirinya, terdapat yang mempelajari bidang ini secara khusus di lingkungan formal. Akan tetapi, juga banyak yang belajar secara otodidak.

Kisaran gaji wordpress developer Indonesia perbulannya adalah sekitar 5.000.000 sampai dengan 8.000.000 perbulan. Dengan kisaran gaji wordpress developer tersebut, maka semakin berkembang pesat pula karir wordpress developer.

Kesimpulan

  • WordPress Developer adalah pekerjaan yang bertugas untuk mengelola CMS WordPress dan mengoptimalkan website secara maksimal (SEO friendly).semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.
  • Selain berkembangnya web developer, juga terdapat wordpress developer sebagai pengelola wordpress.
  • Seorang developer harus memiliki kemampuan berupa hard skills dan soft skills untuk meningkatkan performa kerja mereka
  • WordPress developer Indonesia semakin berkembang dibuktikan dengan banyaknya penggunaan website sebagai media promosi.
  • Gaji wordpress developer Indonesia sangat menjanjikan.

Sekawan Studio membuka jasa pembuatan website profesional di Kota Malang. Jika anda tertarik, silakan hubungi kontak kami yang telah tersedia.

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.