Apa itu Web Page? Ini Pengertian, Fungsi, & Komponennya

Web page atau yang disebut juga halaman web merupakan sebuah dokumen yang mengandung informasi penting dan spesifik. Halaman ini bisa diakses dengan memasukkan URL tertentu.
tampilan web page di laptop
Daftar Isi

Berbicara soal IT ada banyak istilah yang harus Anda pahami. Dalam hal ini, web page adalah salah satunya. Mungkin Anda sudah familier dengan istilah ini. Namun, apakah Anda paham apa arti dari web page?

Tak sedikit orang yang mengira bahwa website dan web page adalah dua hal yang sama. Padahal keduanya merupakan istilah yang berbeda.

Nah, agar Anda paham serta bisa membedakan webpage dan website, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Apa itu Web Page?

Saat berselancar di internet, Anda tentu pernah mengunjungi berbagai halaman yang ada dalam sebuah website.

Bahkan, saat membaca artikel ini, Anda sedang membuka halaman artikel. Nah, halaman inilah yang disebut dengan webpage.

Contoh Tampilan Web Page
Contoh tampilan web page | sumber: Freepik

Secara sederhana, web page adalah dokumen atau halaman yang bisa diakses di internet menggunakan Uniform Resource Locator (URL).

Web page (webpage) atau page web sendiri mengandung teks, graphic, dan bahkan hyperlinks yang menuju ke halaman atau file lainnya.

Jadi, dapat dikatakan, web page adalah halaman yang mengandung informasi penting dan spesifik terkait suatu hal tertentu untuk para pengguna.

Setiap webpage akan menyajikan informasi yang berbeda-beda tergantung kebutuhan yang dicari oleh pengguna.

Nah, untuk menyajikan informasi tersebut, webpage dibantu oleh web browser, seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Pertanyaannya, apakah webpage sama dengan website? Jawabannya adalah berbeda. Lantas, apa bedanya web page dan web site?

Website merupakan kumpulan dari beberapa webpage yang dihubungkan menggunakan hyperlink. Jadi, website ini lebih besar dan menyajikan lebih banyak informasi untuk para pengguna.

Komponen Web Page

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, web page adalah halaman yang memuat berbagai informasi penting untuk para pengguna.

Selain itu, webpage juga memuat berbagai elemen atau komponen. Elemen atau komponen tersebut berkaitan dengan struktur dan konten yang ada di dalamnya.

Adapun komponen yang ada dalam web page adalah sebagai berikut:

1. Konten

Dari segi konten, terdapat dua komponen utama, di antaranya yaitu hypertext dan hyperlink. Berikut penjelasannya.

  • Hypertext. Istilah ini merujuk pada isi webpage berupa teks digital yang mengandung informasi dalam berbagai format media, seperti warna, animasi, video, suara, graphic, teks, dan hyperlinks
  • Hyperlinks. Hyperlinks adalah link dari hypertext untuk menuju file atau halaman lain yang ada di dalam website

2. Struktur

Secara struktur, berikut komponen yang ada dalam sebuah webpage:

Struktur Komponen Dalam Web Page
Struktur komponen dalam sebuah web page
  • Halaman Judul. Komponen utama yang ada di page web adalah judul yang biasanya ditampilkan di hasil pencarian
  • Header. Komponen ini biasanya berupa 1-2 kata atau bahkan gambar yang ditujukan untuk menyampaikan tujuan dari webpage dan biasanya terletak di bagian paling atas halaman
  • Badan Halaman. Bagian inilah yang berisi informasi sesungguhnya dari suatu konten. Misalnya, jika Anda membuka halaman artikel, maka informasi yang disajikan di badan halaman adalah artikel-artikel dari website tersebut
  • Link Navigasi. Dalam suatu webpage biasanya terdapat navigasi link yang berupa hyperlink untuk menuju ke webpage atau dokumen lain
  • Footer. Nah, bagian paling bawah dari web page adalah footer. Bagian ini biasanya mengandung informasi mengenai kontak dan copyright notice

Contoh Web Page

Saat Anda mengunjungi sebuah situs, Anda akan melihat beberapa pilihan halaman di dalamnya. Nah, halaman tersebutlah yang disebut dengan webpage.

Lebih jelasnya, Anda bisa menyimak beberapa contoh webpage berikut ini:

1. About Us Page

Contoh web page yang pertama, yaitu About Us Page atau dalam bahasa Indonesia biasanya disebut dengan halaman Tentang Kami.

Jika Anda membuka halaman ini, informasi yang ditampilkan biasanya berupa identitas atau penjelasan singkat mengenai situs tersebut.

Sebagai contoh, jika mengunjungi website perusahaan sepatu, maka halaman About Us dari situs tersebut akan memberikan informasi mengenai sejarah atau deskripsi singkat tentang perusahaan.

Halaman ini sangat penting dalam sebuah website. Sebab, dengan halaman about us ini, pengunjung jadi lebih tahu mengenai situs yang mereka kunjungi.

2. Contact Page

Contoh lain dari web page adalah contact page. Halaman ini dapat Anda temui hampir di semua jenis website, baik itu website instansi pemerintah maupun bisnis.

Halaman ini biasanya berisi kontak perusahaan atau organisasi yang berupa nomor HP, e-mail, atau tautan media sosial.

Dengan adanya halaman ini, pengunjung bisa menghubungi pemilik website untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program atau produk yang disediakan.

Itulah kenapa, halaman ini menjadi salah satu webpage penting yang harus disertakan dalam sebuah website.

3. Product Page

Product Page
Contoh halaman web berupa product page

Pernahkah Anda mencari jasa layanan atau produk dari sebuah perusahaan melalui website mereka? Jika pernah, halaman yang Anda kunjungi itu disebut dengan product page.

Melalui halaman ini, perusahaan atau organisasi bisa menyampaikan informasi mengenai produk-produk atau jasa yang ditawarkan.

Dengan begitu, para pengunjung bisa memahami produk yang ditawarkan dan secara tidak langsung akan meningkatkan awareness mereka.

4. Registration Page

Contoh yang terakhir, yaitu registration page. Jenis webpage ini biasanya digunakan untuk bergabung atau berlangganan produk dari suatu perusahaan.

Sebagai contoh, untuk mengakses website e-commerce Anda perlu membuat akun terlebih dahulu dengan cara melakukan registrasi atau sign-up.

Nah, halaman yang Anda buka saat melakukan registrasi, disebut dengan registration page atau sign-up page.

Perbedaan Web Page dan Web Site

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa web page adalah istilah yang berbeda dengan website. Yang mana, website merupakan entitas yang lebih besar dari webpage.

Namun, apakah perbedaan webpage dan website hanya sebatas itu saja? Tentu tidak. Berikut beberapa perbedaannya.

1. Definisi

Perbedaan pertama, bisa Anda lihat dari definisinya. Page web adalah halaman yang menyediakan informasi tertentu berupa teks, gambar, dan hyperlink ke halaman lainnya.

Sementara itu, website adalah kumpulan webpage yang saling terhubung dengan hyperlink di bawah satu domain yang unik. Dengan kata lain, website adalah domain tunggal yang menaungi berbagai webpage yang berbeda.

2. URL

Selanjutnya, perbedaan website dan web page adalah URL yang digunakan. Website sendiri menggunakan URL tanpa ekstensi apapun.

Sedangkan URL dalam halaman website disertai dengan ekstensi yang menunjukkan halaman atau file tertentu.

Sebagai contoh, URL untuk website Kampus Merdeka, yaitu kampusmerdeka.kemendikbud.go.id. Sementara URL untuk registration page-nya, yaitu kampusmerdeka.kemendikbud.go.id/register.

3. Isi Konten

Website biasanya menyajikan konten dari berbagai entitas, seperti produk, kontak, artikel, dan lain sebagainya.

Sementara itu, webpage hanya menyajikan informasi atau entitas tunggal. Misalnya, product page hanya akan menyajikan informasi mengenai produk-produk yang tersedia.

4. Kegunaan

Hal lain yang membedakan website dan web page adalah kegunaannya. Website digunakan sebagai lokasi pusat konten.

Sementara itu, webpage digunakan untuk menyimpan resources yang akan ditampilkan di halaman website.

5. Kompleksitas Pengembangan

Melansir dari GeeksforGeeks, pengembangan website lebih kompleks dan sulit jika dibandingkan dengan webpage.

Pengembangan website membutuhkan waktu yang lama karena harus membuat struktur dan melakukan coding.

6. Address Dependency

Perbedaan yang terakhir, yaitu address dependency. Jika website down, maka Anda tidak akan bisa mengakses halaman yang ada di dalamnya.

Namun, hal ini tidak akan berlaku jika yang terjadi adalah sebaliknya. Anda akan tetap bisa mengakses website meski ada webpage yang dihapus atau dialihkan.

Demikian ulasan mengenai apa itu web page mulai dari arti, komponen, contoh, hingga bedanya dengan website. Dapat disimpulkan, website dan web page adalah dua hal yang berbeda.

Web page adalah halaman website yang menyajikan informasi mengenai entitas tunggal. Sementara website adalah kumpulan dari webpage yang terhubung dengan hyperlink.

Dalam sebuah website perlu adanya webpage untuk memberikan informasi penting yang dibutuhkan oleh pengunjung atau pengguna.

Dengan demikian, setiap webpage ini perlu disesuaikan dengan jenis bisnis atau instansi agar selaras dengan kebutuhan para penggunanya.

Nah, berkenaan dengan ini, Sekawan Studio menyediakan Jasa Pembuatan Website yang bisa disesuaikan dengan cakupan dan jenis bisnis Anda.

Sekawan Studio andal dalam pembuatan website untuk pemerintah, perusahaan, portal berita, hingga restoran.

Layanan ini juga dilengkapi dengan fitur eksklusif yang dapat meningkatkan kenyamanan para pengguna website Anda. 

Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi web Sekawan Studio atau menghubungi kami melalui WhatsApp sekarang juga!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.