Apa itu Visual Search? Penjabaran dan Hubungan dengan SEO

Visual search merupakan salah satu bentuk berkembangnya teknologi dalam hal pencarian pada mesin pencari. Tidak jarang bisnis menggunakan media ini untuk menarik banyak pelanggan. Beberapa platform besar pun telah mengadaptasi jenis pencarian ini untuk diterapkan.
visual search
Daftar Isi

Sudahkah anda familiar dengan visual search? Pastinya anda pernah beberapa kali melakukan pencarian namun tidak menggunakan kata kunci atau kueri yang anda ketik langsung pada bilah pencarian? Pencarian satu ini tentu berbeda dengan pencarian sehari-hari yang anda lakukan. Menggunakan media visual, anda dapat melakukan pencarian akan suatu informasi sesuai dengan kebutuhan. Lantas, apakah pencarian visual penting untuk diketahui? Mari kita simak bersama pembahasan tentang visual search berikut ini!

Apa itu Visual Search?

Visual search merujuk pada suatu teknologi yang mengandalkan artificial intelligence (AI) guna ikut serta dalam membantu pengguna melakukan pencarian menggunakan imajiner dunia nyata daripada menggunakan sebuah teks. Anda mungkin sedikit asing dengan istilah ini, atau malah menyimpulkannya sama dengan image search, penelusuran menggunakan gambar. Namun, pencarian visual tentunya memiliki perbedaan signifikan.

Google Lens menjadi alat bantu paling ampuh untuk jenis pencarian satu ini. Dengan menggunakan Google Lens, seorang pengguna dapat menangkap suatu gambar dari objek. Nantinya, gambar itu akan diidentifikasi dan menghasilkan informasi serta hasil pencarian tertentu kepada para pengguna. Salah satu platform yang telah menerapkan jenis pencarian satu ini adalah Pinterest.

Saat melakukan pencarian visual, algoritma akan menjawab pertanyaan berupa objek teridentifikasi. Atau, jika ditafsirkan menjadi suatu kalimat, pertanyaan yang muncul akan berbunyi, “Tampilkan hal-hal seperti artificial intelligence namun dalam bentuk berbeda.” Dengan kata lain, pada beberapa kasus, para pengguna mungkin saja tidak mengetahui apa yang hendak dicari namun paham maksud serupa dari informasi itu.

Peluang besar dari teknologi pencarian visual yang dioptimalkan dengan baik akan sangat menguntungkan bagi e-commerce. Proses optimasi pada konten-konten yang berkaitan khususnya gambar dengan objek tertentu merupakan kunci utama untuk meraup keuntungan dari fitur satu ini. Saat menduduki posisi paling atas pada kueri penelusuran, suatu perusahaan dapat mendapatkan keuntungan yang banyak.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, mengambil gambar tidak hanya berguna untuk kepuasan akan keindahan semata, atau untuk disimpan sebagai bukti pengalaman. Teknologi membuatnya lebih dari sekadar bukti pengalaman atau potret kenangan, salah satunya melalui visual search. Tidak hanya itu, pencarian satu ini juga menjadi tren dalam hal digital marketing belakangan ini.

Tidak hanya bermanfaat bagi suatu perusahaan, visual search juga bermanfaat bagi para pengguna yang sedang melakukan pencarian. Pencarian jenis ini dapat mempermudah mereka dalam mencari suatu informasi atau saat hendak melakukan pembelian atas suatu produk. Selain itu, visual search menawarkan kemudahan berupa hasil spesifik yang ditampilkan oleh algoritma mesin pencari.

Teknologi visual search kian berkembang. Buktinya adalah visi atau algoritmanya yang mengenali berbagai macam informasi seperti rincian produk, biografi publik figur seperti selebriti, sebuah logo dari brand, serta berbagai entitas lainnya.

Baca Juga:
Apa itu Branding, Jenis dan Pentingnya dalam Bisnis
Brand Awareness : Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya
Ingin Optimasi Gambar Website dengan SEO? Simak 5 Caranya!

Perbedaan dengan Image Search

Saat membahas seputar pengertian visual search, pastinya anda sudah bertanya-tanya tentang apa apa saja yang menjadi pembeda di antara keduanya? Selanjutnya, kami akan memberikan penjabaran yang berkaitan dengan perbedaan di antara dua jenis pencarian itu.

Visual search masuk ke dalam kategori pencarian sensorik, di mana pencarian tidak hanya melibatkan gambar, tetapi juga suara, teks, serta penglihatan. Memang betul jika baik visual search maupun image search berbasis gambar. Saat melakukan image search, kadang kita harus memasukkan teks tambahan untuk memperjelas informasi sehingga mesin pencari dapat menampilkan hasil lebih akurat. Sedangkan visual search hanya memerlukan sebuah gambar.

Seperti yang kita telah ketahui sebelumnya, bahwa visual search merupakan pencarian berbasis computer vision, di mana, saat memproses gambar yang anda masukkan, komputer tidak hanya melihat gambar, tetapi juga dapat membantu dalam menginterpretasikannya.

Visual Search untuk Bisnis

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa visual search akan sangat menguntungkan bagi e-commerce atau pelaku bisnis lainnya. Dalam catatan, pemilik bisnis dapat dengan maksimal melakukan pengoptimalan pada visual search. Kami sajikan beberapa tips untuk para pelaku bisnis yang menggunakan visual search.

  1. Pastikan bahwa anda memahami audiens yang anda targetkan pada platform tertentu
  2. Buat target iklan yang sesuai dengan kebutuhan para target audiens
  3. Fokus pada periklanan di beberapa platform dengan fitur visual search
  4. Fokus pada langkah pengoptimalan gambar produk milik anda
  5. Pastikan segala macam aspek pada gambar produk sudah tepat dan maksimal
  6. Perhatikan kecepatan memuat dari situs bisnis anda
  7. Gunakan structured data
  8. Tambahkan teks alternatif
  9. Perhatikan keaslian gambar yang anda muat
  10. Gunakan nama dokumen yang deskriptif
  11. Perhatikan aksesibilitas situs bisnis anda
  12. Perhatikan konten (pastikan tetap mengikuti perkembangan tren)
  13. Fokus pada performa situs bisnis anda

Saat anda melakukan upaya dalam mengoptimalkan pencarian visual dengan tepat dan maksimal, teknologi satu ini tentu akan menguntungkan bagi bisnis anda. Terdapat beberapa keuntungan dari visual search yang bisa dinikmati oleh bisnis anda maupun para konsumen, antara lain;

  1. Dapat menarik serta mempertahankan lebih banyak konsumen, khususnya konsumen muda
  2. Dapat meningkatkan keterlibatan para konsumen
  3. Menawarkan penemuan produk dengan nyaman dan mulus
  4. Menghemat waktu pencarian (bagi konsumen)
  5. Bentuk pencarian yang tidak rumit atau bersifat sederhana
  6. Meningkatkan pendapatan

Visual Search dan Image SEO

Tidak dapat dipungkiri bahwa pencarian visual memiliki hubungan yang erat dengan gambar. Sebab gambar menjadi salah satu media yang berguna dalam melakukan pencarian visual. Agar para pengguna atau calon pengguna dapat menemukan bisnis anda dengan mudah, langkah yang wajib dilakukan adalah melakukan optimasi pada gambar-gambar pada situs anda.

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, di mana kualitas dan komponen pada suatu gambar banyak disebutkan dalam upaya pengaplikasian visual search untuk bisnis. Hal itu berarti gambar yang memiliki kualitas serta tingkat relevansi tinggi dapat membuat anda meraih keuntungan dari pencarian visual. Oleh karena itu, jangan sampai terlewat dalam melakukan optimasi pada setiap gambar yang situs bisnis anda miliki, entah itu gambar produk maupun gambar penunjang lainnya.

Tidak jauh berbeda dengan langkah optimasi komponen penting lainnya, yang harus anda perhatikan dalam optimasi gambar meliputi;

  1. Gunakan teks alt untuk mendeskripsikan gambar pada situs anda
  2. Pastikan gambar yang anda tampilkan pada situs memiliki kualitas tinggi, jelas, dan tidak membingungkan
  3. Tempatkan gambar-gambar pada tempat yang tepat, sesuai dengan konteks halaman anda masing-masing. Jika perlu, tambahkan pula teks guna memperjelasnya
  4. Jangan lupa untuk menggunakan nama dokumen yang bersifat deskriptif
  5. Tambahkan caption
  6. Jangan lupa untuk sesuaikan ukuran dan melakukan kompres pada gambar anda

Kesimpulan

Teknologi kini tidak henti-hentinya berkembang. Ada beragam fitur yang mungkin asing dan baru bagi anda. Visual search merupakan salah satu bentuk berkembangnya teknologi dalam hal pencarian pada mesin pencari. Tidak jarang bisnis menggunakan media ini untuk menarik banyak pelanggan. Beberapa platform besar pun telah mengadaptasi jenis pencarian ini untuk diterapkan. Jika bisnis anda memiliki rencana untuk memanfaatkan pencarian visual, perhatikan kembali poin-poin penting dalam langkah optimasinya.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.