Cara Mudah Uji Kecepatan Internet Anda Hanya Dengan 1 Ketukan!.

Uji kecepatan internet adalah cara pengguna internet untuk mengecek kecepatan koneksi internet mereka sebelum mereka mengakses internet. Kecepatan atau kelambatan dari koneksi internet umumnya menjadi salah satu pertimbangan pengguna untuk memilih ISP yang memadai.
uji kecepatan internet
Table of Contents

Pada dasarnya kecepatan koneksi internet disebabkan oleh banyak faktor. Selain karena faktor bandwidth, banyak faktor lain yang juga turut berkontribusi dalam kecepatan internet. Sehingga, cukup penting untuk Anda mengetahui cara uji kecepatan internet agar terhindari dari kendala-kendala yang dapat mengganggu Anda selama melakukan kegiatan di internet.

Artikel di bawah ini akan mengulas tentang apa itu uji kecepatan internet, cara kerja, cara cek, dan juga hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menguji kecepatan internet.

Definisi

Kecepatan internet adalah sesuatu yang penting bagi setiap pengguna internet di dunia ini. Setiap pekerjaan di kehidupan kita banyak mengandalkan internet, mulai dari berbelanja, berkomunikasi, menonton drama kesayangan, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Ditambah lagi saat ini banyak tersedia platform menonton yang hanya bisa diakses menggunakan koneksi internet. Untuk itu, dirasa sangat perlu untuk memiliki kecepatan internet yang cukup kencang untuk memadai kebutuhan sehari-hari kita.

Kecepatan internet di Indonesia berdasarkan laporan dari Speedtest Global Index yang dirilis Mei 2022 menyebutkan bahwa peringkat Indonesia di kategori mobile internet menempati posisi ke-105 dengan kecepatan 16,52 Mbps, sedangkan di kategori fixed broadband menempati posisi ke-177 dengan kecepatan unduh 21,03 Mbps dan kecepatan unggah data 9,82 Mbps serta latensi 7 ms.

Dilansir dari gartner.com, uji kecepatan internet adalah pengukuran yang dilakukan pada kecepatan mana data terunggah dan terunduh. Uji ini juga mengukur seberapa lama mendapatkan respon ke sinyal dari sebuah perangkat ke server tes. Uji kecepatan internet menggunakan server terdekat untuk mengukur kecepatan dari koneksi perangkat saat itu (saat melakukan pengecekan). Kecepatan memuat (loading speed) dihitung menggunakan satuan megabits per second dan waktu respon atau latensi (latency) dihitung menggunakan satuan milliseconds.

Baca juga:
5 Cara Terampuh Untuk Mempercepat Loading Website Anda
Tips Efektif Ganti Password WIFI di Berbagai Perangkat

Cara Kerja

Uji kecepatan internet cukup berguna bagi siapapun. Hal ini akan menjadi suatu yang krusial apabila digunakan untuk mengunggah data yang sensitif. Mengetahui kecepatan internet juga sangat baik karena umumnya banyak ISP memberikan garansi untuk aspek ini.

Uji kecepatan internet bekerja dengan mengukur seberapa lama respon ke sinyal dari sebuah perangkat ke server. Terdapat 3 bagian dari hasil yang diukur, yaitu Ping, Download, dan Upload.

Bagian ping mengukur waktu reaksi dari koneksi Anda. Ping menunjukkan seberapa cepat Anda mendapatkan tanggapan ketika Anda mengirimkan permintaan. Semakin cepat ping, maka semakin responsif koneksi internet Anda. Ping merupakan aspek yang penting bagi aplikasi yang membutuhkan timing, contohnya pada aplikasi video games.

Kemudian bagian download mengukur seberapa cepat Anda mengunduh sebuah data dari server ke perangkat Anda. Uji kecepatan internet ini pada dasarnya untuk mengukur kecepatan unduh sebuah koneksi internet karena banyak orang lebih banyak mengunduh data daripada mengunggah data. Memuat sebuah laman websites atau melakukan streaming video dan musik adalah bentuk mengunduh data.

Yang terakhir adalah bagian upload. Bagian ini mengukur seberapa cepat Anda mengirimkan data atau mengunggah data dari perangkat ke internet. Kebutuhan kecepatan dalam proses mengunggah data ini termasuk aspek penting. Contohnya saat kita akan melakukan video conferencing, kita membutuhkan kecepatan di aspek download dan upload. Kecepatan unggah ini menentukan kualitas dari gambar dan kualitas suara yang dilihat oleh orang lain.

Cara Menerjemahkan

Setelah mengetahui cara kerja bagian-bagian di tools uji kecepatan internet, kita perlu mengetahui bagaimana kita menerjemahkan apakah kecepatan internet kita cepat atau lambat. Kecepatan internet menjadi bagian dari iklan sebuah ISP dalam memasarkan produknya, sehingga sangat perlu untuk mengetahui kecepatan koneksi internet dari ISP tersebut.

Perlu diingat bahwa internet dengan kecepatan baik dapat disebabkan oleh banyak faktor. Faktor-faktor tersebut meliputi:

  • Modem

Kecepatan modem yang digunakan dapat bervariasi, namun yang paling sering ditemukan kecepatan modem adalah 56 Kbps. Semakin cepat modem, maka semakin cepat pula akses yang diperoleh.

  • Besar Bandwidth

Bandwidth adalah luas jangkauan frekuensi yang digunakan oleh sebuah sinyal dalam transmisi yang diukur dengan satuan Hertz. Semakin besar bandwidth ISP yang digunakan, maka semakin cepat kecepatan internet yang didapat.

  • Jumlah Pengguna yang Menggunakan Koneksi Internet

Faktor lain yang dapat mempengaruhi kecepatan internet adalah jumlah pengguna yang menggunakan koneksi internet secara bersamaan. Pada waktu-waktu tertentu ada waktu sibuk internet karena koneksi yang digunakan bersama diakses pada waktu yang sama. Hal ini dapat menyebabkan kecepatan internet yang Anda gunakan menjadi melambat.

  • Jaringan yang Digunakan

Terdapat layanan jaringan komunikasi yang digunakan, yaitu satelit, GPRS, CDMA, dan line telephone. Dari masing-masing jaringan tersebut menawarkan macam-macam kecepatan. Kecepatan internet paling lambat adalah line telephone.

Kecepatan internet yang ditunjukkan di hasil uji kecepatan internet umumnya beragam. Berikut minimal kecepatan internet yang dibutuhkan berdasarkan kebutuhan, yaitu:

  • 1 – 5 Mbps dapat digunakan untuk mengecek e-mail dan menjelajah internet.
  • 15 – 25 Mbps dapat digunakan untuk melakukan streaming video dengan resolusi 4K.
  • 40 – 100 Mbps dapat digunakan untuk melakukan streaming video dengan resolusi 4K dan bermain video games.
  • 200 Mbps ke atas dapat digunakan untuk melakukan streaming video resolusi 4K, bermain video games, dan mengunduh files yang berukuran besar.

Umumnya setiap rumah membutuhkan kecepatan internet sebesar 25 Mbps untuk melakukan aktivitas seperti mengecek e-mail, menjelajahi internet, dan streaming video.

Cara Uji Kecepatan Internet

Mengukur kecepatan internet umumnya bisa digunakan menggunakan aplikasi maupun website. Di bawah ini akan diulas cara menguji kecepatan internet.

1. Menggunakan Aplikasi

Aplikasi yang sering digunakan untuk mengukur kecepatan internet adalah Speedtest by Ookla. Aplikasi ini bisa didapatkan di App Store atau Google Play Store di perangkat Anda. Cara untuk mengukur kecepatan internet menggunakan aplikasi ini sebagai berikut:

  • Mengunduh aplikasi Speedtest by Ookla
  • Menginstal aplikasi
  • Buka aplikasi
  • Klik pada bagian awal halaman aplikasi yang bertuliskan “Go”
  • Tunggu hingga proses selesai
  • Hasil akan muncul keluar setelah proses selesai

2. Menggunakan Website

Selain menggunakan aplikasi, mengukur kecepatan internet bisa menggunakan tools yang berbasis website, seperti Speedtest by Ookla, Speedtest by CBN, Fast.com, atau Google Fiber. Cara untuk mengukur kecepatan internet menggunakan website di atas sebagai berikut:

  1. Speedtest by Ookla
  • Menuju website www.speedtest.net
  • Klik pada bagian awal halaman yang bertuliskan “Go”
  • Tunggu hingga proses selesai
  • Hasil akan muncul setelah proses selesai
  1. Speedtest by CBN
  • Menuju website www.speedtest.cbn.id 
  • Klik pada bagian awal halaman yang bertuliskan “Go”
  • Tunggu hingga proses selesai
  • Hasil akan muncul setelah proses selesai
  1. Fast.com
  • Menuju website fast.com
  • Tunggu hingga proses selesai karena ketika kita masuk website-nya, maka pengukuran langsung berjalan
  • Hasil akan muncul setelah proses selesai
  • Klik “Tampilkan lebih lengkap” untuk melihat informasi selengkapnya
  1. Google Fiber
  • Menuju website www.fiber.google.com
  • Klik “MULAI”
  • Tunggu hingga proses selesai
  • Hasil akan muncul setelah proses selesai

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kita mengukur kecepatan internet, seperti:

1. Melakukan restart modem. Restart modem akan membantu dalam proses pengukuran agar modem dapat berjalan dengan baik.

2. Melakukan restart perangkat. Perangkat yang akan digunakan juga pernah di-restart agar dapat memuat data dengan lebih optimal.

3. Jangan lakukan uji kecepatan saat sedang melakukan proses unduh/unggah data. Hal ini dapat mempengaruhi kestabilan kecepatan internet dan dapat mempengaruhi hasil yang akan muncul.

4. Membersihkan cache pada perangkat. Cache ini akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet, sehingga ada baiknya untuk rajin membersihkan cache agar tidak menumpuk.

Kesimpulan

Uji kecepatan internet adalah cara yang dilakukan oleh pengguna internet untuk mengecek kecepatan koneksi internet yang sedang dipakai. Uji ini juga mengukur seberapa lama mendapatkan respon ke sinyal dari sebuah perangkat ke server tes. Uji kecepatan internet menggunakan server terdekat untuk mengukur kecepatan dari koneksi perangkat saat itu (saat melakukan pengecekan).Uji kecepatan internet bekerja dengan mengukur seberapa lama respon ke sinyal dari sebuah perangkat ke server.

Ada 2 cara untuk melakukan pengecekan kecepatan internet, yaitu dengan aplikasi atau dengan website. Pada hasil yang ditunjukkan nantinya terdapat 3 bagian dari hasil yang diukur, yaitu Ping, Download, dan Upload. Bagian ping mengukur waktu reaksi dari koneksi Anda. Sedangkan bagian download mengukur seberapa cepat Anda mengunduh sebuah data dari server ke perangkat Anda dan bagian upload mengukur seberapa cepat Anda mengirimkan data atau mengunggah data dari perangkat ke internet.

Sekawan Studio menawarkan jasa maintenance website untuk memaksimalkan organic channel pada mesin pencarian Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.