Apa itu Shopify? – Arti, Fungsi, Kelebihan, & Kekurangannya

Shopify adalah sebuah platform perdagangan yang dapat digunakan oleh semua orang dengan mudah. Platform ini memang khusus dirancang untuk membuat toko online tanpa membutuhkan kemampuan coding.
membuat website toko online dengan shopify
Daftar Isi

Bagi pebisnis yang bergerak di bidang penjualan produk, mungkin Shopify merupakan platform yang dapat mendukung bisnis Anda.

Sudah jutaan orang yang menjual produk secara online menggunakan Shopify untuk membantu transaksi mereka, baik dalam negeri maupun lintas negara.

Namun, apakah Shopify itu? Tenang saja, artikel berikut akan memberikan rangkuman informasinya untuk Anda, mulai dari pengertian hingga tips mengelolanya. Simak dengan saksama!

Apa itu Shopify?

Shopify adalah sebuah platform perdagangan yang dapat digunakan oleh semua orang dengan mudah.

Platform tersebut memungkinkan Anda untuk membangun toko online atau e-commerce, memasarkannya kepada para customer, dan mengelola pembayaran dengan banyak metode.

Platform ini memang khusus dirancang untuk membuat toko online tanpa membutuhkan kemampuan coding. Anda hanya perlu mendaftarkan akun dan mulai kustomisasi website melalui dashboard

Shopify adalah platform berbayar, sehingga Anda harus membayar biaya bulanan untuk menyimpan data pada server mereka.

Platform ini menyediakan beberapa paket yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Basic: Paket ini adalah pilihan yang paling murah, tetapi terdapat biaya 2% per transaksinya
  • Shopify: Paket yang lebih mahal daripada basic. Anda dapat menikmati beberapa fitur yang tidak tersedia di paket basic, serta terdapat potongan biaya 1% per transaksi
  • Advanced: Paket ini merupakan pilihan yang paling mahal, tetapi Anda dapat memanfaatkan seluruh fitur di dalamnya. Pada paket ini, Anda juga hanya dikenai potongan biaya 0.5% saja per transaksinya

Fungsi Shopify untuk Bisnis Online

Fungsi utama dari Shopify adalah untuk mengelola dan menjalankan toko online dengan mudah, termasuk untuk mengelola transaksi, pembayaran, pengiriman, pemasaran, dan lain sebagainya. 

Selain itu, beberapa fungsi lainnya dari Shopify adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Katalog Online

Sama seperti toko online lainnya, platform ini juga dapat difungsikan sebagai katalog online untuk menampilkan produk yang Anda jual.

Anda dapat mengunggah foto produk, lalu mengkategorikannya berdasarkan varian, warna, ukuran, dan lain sebagainya.

Dengan fitur ini, Anda dapat mengecek stok barang, menghapus dan menambah produk, menyertakan deskripsi, update harga, dan lain sebagainya.

2. Mengelola Pengiriman

Platform ini juga berfungsi untuk mengelola pengiriman barang yang terintegrasi dengan beberapa jasa layanan pengiriman.

Anda juga dapat menyertakan pelacak untuk mengetahui progress pengiriman barang tersebut.

Selain itu, Anda bisa menyertakan opsi pengiriman berbayar atau gratis berdasarkan lokasi, berat barang, dan juga dimensinya, sehingga biayanya dapat disesuaikan.

3. Mengelola Pembayaran

Tak perlu khawatir dengan pembayaran, karena Shopify adalah platform yang memiliki integrasi dengan berbagai media pembayaran global, seperti PayPal, Xendit, Stripe, dan lain sebagainya.

Tak sampai di situ saja, Anda juga dapat memberikan opsi pembayaran transfer, e-wallet, atau kartu kredit.

4. Analisis Data Pelanggan

Platform ini memiliki alat yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis data pelanggan, meliputi informasi demografi seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi, serta kebiasaan mereka.

Hal tersebut mencakup produk apa yang sering mereka beli, berapa kali mereka melakukan transaksi, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, platform ini akan memberikan diskon atau penawaran tertentu untuk pelanggan yang sering melakukan pembelian di toko online tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Shopify

Platform ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut merupakan masing-masing penjelasannya.

1. Kelebihan

Beberapa keunggulan dari Shopify adalah sebagai berikut.

  • Mudah dikelola: Shopify adalah platform yang mudah dipelajari oleh semua orang, bahkan pemula sekalipun. Anda tak perlu memiliki kemampuan coding untuk membuat toko online melalui platform ini
  • Tidak ada batas produk: Anda bebas menambahkan banyak produk tanpa batasan jumlah. Oleh karena itu, platform ini cocok untuk semua toko online, mulai dari kecil, menengah, hingga bisnis besar sekalipun
  • Pilihan tema yang menarik: Untuk membangun toko online, Anda hanya perlu menggunakan template dan memilih tema yang sesuai dengan bisnis. Tak perlu khawatir, karena platform ini menyediakan banyak pilihan tema yang menarik untuk mempercantik toko online Anda
  • Program coba gratis 14 hari: Anda juga dapat menggunakan fitur trial untuk mencoba gratis selama 14 hari. Fitur ini sangat menguntungkan untuk menentukan apakah bisnis Anda cocok menggunakan platform tersebut

2. Kekurangan

Selain itu, platform ini juga memiliki beberapa kelemahan. Di antara beberapa kekurangan dari Shopify adalah sebagai berikut.

  • Biaya yang cukup mahal: Biaya berlangganannya tergolong mahal. Versi basic-nya saja, Anda harus membayar biaya sekitar 9 dollar setiap bulannya. Tak hanya itu, Anda juga akan dikenakan potongan biaya per transaksinya
  • Tidak menyediakan hosting email: Karena platform ini tidak menyediakan hosting email, Anda perlu menambahkan surel pribadi atau menggunakan layanan pihak ketiga untuk berinteraksi dengan pelanggan
  • Report bulanan terbatas: Pada paket basic, Anda hanya akan mendapatkan report bulanan yang terbatas, sehingga akan lebih sulit untuk memahami dan menganalisis performa toko online
  • Tidak dapat menggunakan mata uang lokal: Platform ini menggunakan metode pembayaran menggunakan mata uang dolar, sehingga pelanggan tidak bisa menggunakan mata uang rupiah untuk bertransaksi

Cara Mendaftar Shopify

Beberapa langkah untuk mendaftar akun Shopify adalah sebagai berikut.

  • Buka situs resmi Shopify
  • Pilih Start free trial

  • Lengkapi data toko online Anda

  • Buat ID dan password untuk membuat akun

Buat Id Dan Password Shopify
Buat ID dan Password
  • Tunggu sebentar hingga pendaftaran berhasil

Tips Mengelola Toko Online Shopify

Setelah berhasil membuat akun, Anda perlu mengikuti beberapa tips untuk membuat toko online Anda lebih menarik.

Beberapa tips untuk mengelola toko online pada Shopify adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan Tema yang Menarik

Platform ini menyediakan banyak tema yang beragam dan menarik, beberapa tersedia secara gratis dan berbayar.

Pilihlah tema yang sesuai dengan bisnis Anda. Jangan lupa untuk kustomisasi tampilan yang sesuai dengan ciri khas brand Anda agar lebih unik dan berbeda dari toko lainnya.

2. Memperhatikan Kualitas Produk

Tak hanya memperhatikan tampilan, kualitas produk juga tak kalah penting untuk diperhatikan.

Oleh karena itu, sediakan produk yang berkualitas dengan menyertakan gambar yang unggul. Sebab, hal tersebut akan menarik minat pembeli.

3. Optimasi SEO 

Anda juga perlu melakukan strategi SEO agar produk tersebut dapat ditemukan oleh pelanggan dengan mudah.

Sertakan alternative text pada gambar, optimalkan metadata, gunakan URL yang mengandung nama produk, dan beberapa teknik lainnya.

4. Mempromosikan Toko

Tips terakhir untuk mengelola toko online Shopify adalah dengan mempromosikannya kepada target pasar yang potensial.

Gunakan juga beberapa metode promosi, seperti diskon atau penawaran menarik, bundling produk, dan lain sebagainya.

Nah, itulah tadi beberapa informasi tentang Shopify. Pada intinya, Shopify adalah platform yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat toko online.

Akan tetapi, meskipun memiliki banyak keunggulan, platform ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu untuk Anda pertimbangkan.

Beberapa pelanggan, terutama di Indonesia, masih belum familiar dan kesusahan untuk menggunakan platform ini.

Salah satu alternatif lain untuk membangun toko online adalah memiliki website sendiri. Dengan itu, Anda dapat mengelola dan mengaturnya secara lebih bebas sesuai kebutuhan. 

Tak perlu khawatir bagi Anda yang tidak memiliki kemampuan coding dan programming untuk membuat website sendiri. Serahkan saja pada Sekawan Studio!

Kami menyediakan layanan jasa pembuatan website toko online untuk memudahkan bisnis Anda. Dengan itu, Anda dapat memiliki e-commerce sendiri.

Selain itu, website dari Sekawan Studio juga dikembangkan dengan standar SEO, sehingga akan lebih mudah ditemukan melalui search engine.

Tunggu apalagi? Hubungi tim Sekawan Studio sekarang juga untuk mendapatkan penawaran menarik sesuai kebutuhan Anda!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda Mungkin juga Menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.