Tahapan Mengubah Struktur Permalink pada WordPress.

permalink
Table of Contents

Permalink pada website seringkali menunjukkan error atau tidak dapat diakses. Kesalahan pada script maupun kode program menyebabkan url tidak dapat diakses dan alhasil website juga berpengaruh untuk tidak bisa diakses. WordPress menjadi salah satu platform paling populer untuk membuat sebuah website. 

Sebelumnya, pengguna masih merasa bingung mengenai apa itu permalink, tanpa kita sadari setiap harinya ketika ingin mengakses laman website pasti akan menjumpainya. Salah satunya yaitu dengan alamat website. Pada umumnya, sebuah website mempunyai alamat. Alamat tersebut menggunakan url, yang digunakan sebagai lokasi laman Anda, sehingga keberadaan permalink sangatlah penting. 

Alamat website tidak akan berubah, meskipun isi konten pada laman tersebut diubah. Biasanya kita sering menemui dalam link tidak bisa diakses dan muncul error pada halaman tersebut. Seringkali muncul halaman web dengan tulisan “404 Page Not Found” hal itu merupakan salah satu eror pada URL yang digunakan. Adanya hal seperti itu, pemilik website harus bisa mengetahui penyebabnya dan bila perlu untuk mengubah link URL yang digunakan untuk mengakses halaman tersebut. Pada artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai struktur permalink dalam website beserta proses optimasinya. 

Apa itu Permalink

Permalink adalah alamat website yang seringkali disebut dengan URL (Uniform Resource Locator), selain itu permalink adalah permanen link dari sebuah alamat website. Setiap laman website mempunyai alamat URL yang berbeda-beda. Ketika akan mengakses halaman suatu website, misalnya kita membuka URL dengan menuliskan sebagai berikut “https://sekawanstudio.com/blog/”.

Biasanya URL adalah terdiri dari protokol https, hostname, serta nama domain yang dipakai pada website tersebut. Nama URL akan disesuaikan dengan halaman yang saat itu kita buka, karena setiap halaman berbeda-beda link URL yang dipakai sesuai dengan kategori yang digunakan. Selain itu, untuk masuk ke dalam halaman yang akan dituju seperti contohnya Anda ingin mengunjungi halaman blog pada sekawan studio, maka bisa langsung memasukkan link URL pada mesin pencari tanpa harus mengunjungi home website sekawan studio terlebih dahulu. 

Penggunaan URL pada wordpress, juga berbeda-beda setiap laman yang ada. Namun, Anda akan mendapatkan alamat wesbite secara otomatis tetapi Anda bisa mengatur permalink wordpress dengan mengatur di dalam wordpress sesuai dengan kebutuhan pada laman.

Fungsi Permalink 

Ada beberapa fungsi permalink bagi pengguna website, terutama jika kita sebagai orang awam pengguna maupun pemilik laman akan sangat bermanfaat. Adapun beberapa fungsinya antara lain :

1. Memudahkan Menemukan Situs

Ketika kita akan membuka sebuah situs, maka akan terasa lebih mudah jika kita memiliki permalink sebelumnya. Tanpa harus mengunjungi home website terlebih dahulu, kita bisa langsung membuka halaman yang ingin kita cari. Disamping mempermudah untuk bisa menemukan serta membuka situs website, waktu yang digunakan akan semakin efektif yang tidak perlu untuk membuang-buang waktu. Sehingga, kita bisa mengunjungi halaman yang dicari dengan waktu lebih banyak. Website yang kita cari bisa ditemukan dengan mudah sekali.

2. Metriks dalam Website SEO Friendly

Selain memudahkan penemuan situs, juga berfungsi sebagai pendukung website yang SEO (Search Engine Optimization). Penggunaan link URL dengan tepat terkait dengan pemilihannya akan membantu website bisa semakin optimal dalam sisi SEO. Mesin pencari akan semakin cepat untuk mencari artikel ataupun konten yang sesuai dengan kata kunci yang ada. Permalink adalah alat untuk memudahkan untuk menunjukkan letak situs tersebut yang berisi artikel yang dicari berdasarkan kata kunci yang dimasukkan dalam mesin pencari (google).

3. Memudahkan Google Memberi Index

Selain memudahkan dalam penemuan situs pada mesin pencari, permalink juga dapat memudahkan google melakukan index website. Jika, tanpa menggunakan URL tersebut maka mesin pencari akan sulit melakukan index dan kemungkinan terbesar halaman website juga akan sulit muncul pada halaman pertama mesin pencarian.

Pentingnya Permalink WordPress

Pentingnya mengubah permalink adalah untuk memberikan dampak keterkaitan dengan SEO. Pada versi wordpress yang lama kurang memberikan dampak pada sisi ramah SEO. 

Selain itu, sebagai pengalihan halaman. Misalnya, ketika kita membuat link URL dengan strukturnya terdiri dari numeric yang merupakan tanggal memposting konten yang ada. Disamping sebagai URL , juga untuk mengalihkan halaman ke lokasi lain. 

Paling penting adalah sebagai salah satu keperluan branding. Permalink atau slug, semua orang mengerti namun keperluan dari sisi lain tidak semua orang juga akan mengerti kepentingannya. Disamping itu juga dapat berfungsi sebagai rebranding dari bisnis yang sedang dijalankan. 

Baca juga :
Mengenal URL dan Cara Membuat Struktur Website yang SEO friendly
Memahami Konsep Dasar SEO dalam Kebutuhan Digital Marketing
Mengenal URL dan Cara Membuat Struktur Website yang SEO Friendly

Cara Mengubah Permalink 

Ketika situs tidak bisa diakses atau error, salah satunya berada pada link URL yang digunakan. Salah satu cara untuk mengatasinya Anda dapat mengatur slug pada wordpress, dibawah ini merupakan langkah-langkah dalam proses setting permalink yang ideal pada wordpress.

A. Mengubah Struktur pada WordPress

1. Membuka Akun WordPress

Pertama, Anda harus melakukan login dan masuk ke dalam akun wordpress untuk masuk ke dalam halaman beranda. Masukkan username atau email yang digunakan pada saat mendaftar. Lalu, masukkan password yang telah terdaftar pada akun.

2. Pilih Menu Setting

Selanjutnya, anda dapat memilih menu permalink pada settings di halaman beranda wordpress. Pada menu permalink, akan ditampilkan beberapa pilihan pada list common settings

3. Pilih Setting Permalink

Cara setting permalink wordpress, terletak pada pilihan setting yang dipilih. Terdiri dari 5 setting yang disediakan antara lain :

  • Plain

Pilihan mengatur permalink wordpress dengan menggunakan ID nomor pos atau urutan halaman yang dibuat

  • Day and name 

Mengatur permalink wordpress ini dengan menggunakan susunan tanggal, bulan tahun dan nama halaman.

  • Month and name

Cara mengatur permalink wordpress, yang hanya menggunakan bulan dan nomor tidak menggunakan tambahan tanggal dalam url yang digunakan. 

  • Numeric

Pada setting ini, menggunakan urutan nomor konten yang di post dan halaman yang telah dibuat. 

  • Post name 

Pada post name, mengubah permalink dengan menggunakan nama sendiri yang biasanya disesuaikan dengan dengan kata kunci yang digunakan pada isi konten tersebut. Setting ini paling banyak digunakan, karena menggunakan aturan sesuai dengan sisi optimasi SEO pada website

  • Custom Structure 

Cara setting permalink wordpress, dengan menuliskan nama sendiri tanpa memperhatikan sisi SEO friendly.

Berdasarkan beberapa penjelasan jenis konfigurasi yang ada, pilihlah yang paling baik untuk penggunaannya. Terutama pilih jenis url yang mendukung SEO friendly, untuk memudahkan keterbacaan dalam mesin pencari. Selain itu, tidak disarankan untuk memilih tipe plain ataupun numeric, yang menyebabkan halaman website sulit untuk keterbacaan pada ramah SEO.

4. Preview  

Setelah mengatur slug yang digunakan, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu pada post maupun halaman konten Anda. Dalam melakukannya, bisa membuka menu post untuk melihat struktur meta slug yang sudah dirubah.

B. Menonaktifkan Plugin

Salah satu penyebab situs tidak dapat diakses atau link error, adalah setelah melakukan instalasi plugin baru. Hal tersebut dapat mempengaruhi permalink rusak pada halaman website wordpress Anda, sehingga cek kembali setelah memasang plugin pada URL website Anda. Berikut tahapan untuk proses menonaktifkan plugins:

  • Masuk ke dalam akun wordpress
  • Pilih menu plugins, kemudian pilih pada installed plugin 
  • Anda dapat menonaktifkan salah satu, dengan memilih deactivated 
  • Simpan perubahannya dengan klik ‘save change’ 

Lihat kembali pada halaman yang error, jika sudah tidak terjadi error maka cara setting permalink wordpress tersebut sudah berhasil. Tetapi, jika masih terjadi error maka lakukan cara tersebut untuk melakukan deactive plugin yang lainnya untuk menemukan penyebabnya.

C. Mengubah Tautan Rusak “301”

Pada dasarnya, halaman bertuliskan redirected 301 merupakan halaman dipindahkan ke alamat yang lainnya. Hal ini terjadi karena apa itu permalink yang seharusnya digunakan tidak bisa diakses atau halaman ‘error 404: not found’. Langkah untuk mengalihkannya yaitu dengan menggunakan bantuan plugin ‘simple 301 redirects’ atau ‘redirection’

Langkah awal dengan melakukan instalasi dan mengaktifkan plugin 301 pada wordpress. Secara langsung pada dashboard wordpress akan ada menu Request dan Destination. Keduanya, berfungsi untuk menambahkan nama domain untuk pengalihan. Pada kolom Request mengenai Month dan Nama permalink yang tidak bisa diakses. Sedangkan pada Destination alamat URL yang bisa diakses sebagai alamat pengalihan. Sehingga, tautan redirect 301 akan menautkan pada alamat yang bisa diakses yang sudah ditambahkan pada destination. 

D. Mengubah Index

Jika dalam mengatur permalink wordpress masih terjadi error, maka Anda dapat mengatasinya melalui sitemap atau Peta Situs XML kemudian dilanjutkan untuk mencari pada mesin pencari. Namun, jika terus mengalami kendala pada halaman website, bisa dilakukan restore backup agar halaman website bisa diakses kembali. Permalink adalah sebagai alamat situs, jika situs terkendala maka akan mengalami penurunan performanya.

Baca juga :
Cara Setting Yoast SEO pada WordPress dengan Benar
Optimasi Anchor Text untuk Meningkatkan UX pada Website
Panduan Menggunakan Google Search Console untuk Monitoring Website

Kesimpulan 

  • Itulah penjelasan mengenai permalink, setelah memahami artikel diatas pastinya sebagai pemilik dari website akan semakin mempertimbangkan penggunaan URL pada website dengan lebih. Selain, dapat digunakan lebih efektif dan efisien juga dapat mendukung penilaian dari sisi SEO pada website.
  • Cara setting permalink wordpress sangatlah mudah jika menggunakan dashboard wordpress, namun ada beberapa kendala dalam sebuah website yang tidak bisa diakses ataupun dikunjungi. Hal itu disebabkan karena adanya error pada link URL yang digunakan sehingga diperlukan cara untuk mengatur maupun mengubah dari link URL website pada akun wordpress.
  • Ada beberapa cara untuk mengubahnya, antara lain menonaktifkan plugin, mengubah index, dan sebagainya. 

Sekawan Studio membuka jasa desain website, pembuatan website, dan maintenance website untuk membantu dalam meningkatkan omset bisnis Anda. Hubungi kontak kami untuk mendapatkan penawaran khusus.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.