SEO dan SEM: Mengenal Perbedaan Beserta Manfaatnya.

SEO dan SEM berperan penting dalam mengoptimalkan content pada Search Engine
SEO dan SEM
Table of Contents

Bagi masyarakat awam melakukan pencarian di sebuah search engine tidak memperhatikan mengenai istilah penulisan SEO dan SEM. Mereka hanya melakukan sebuah pencarian tanpa didasari dengan teknik-teknik atau metode dalam penulisan. Akan tetapi penulisan SEO dan SEM merupakan suatu istilah yang penting dilakukan oleh Content Creator atau Content Marketer.

Kedua teknik ini berperan penting dalam melakukan sebuah pembuatan konten agar konten dapat diterima dan dilakukan sebuah optimasi oleh Google. SEO dan SEM menjadi penting diterapkan oleh pelaku bisnis yang melakukan bisnis mereka melalui digital.

Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah istilah dalam melakukan proses optimasi yang dilakukan pada sebuah web yang kita miliki. Optimasi yang dilakukan di web yang kita miliki bertujuan agar konten atau artikel yang telah kita publish ke dalam sebuah search engine dapat menempati posisi halaman pertama Google.

Selain menempati posisi halaman pertama pada Google teknik SEO ini juga bertujuan untuk meningkatkan trafik yang tinggi dari hasil pencarian. Untuk melakukan sebuah optimasi tidaklah sembarangan untuk dilakukan. Karena ada aturan-aturan yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan sebuah optimasi pada website yang kita miliki.

Teknik SEO dibedakan menjadi dua jenis, yaitu SEO On-page dan SEO Off-page. Dimana kedua jenis SEO ini harus diterapkan agar website dapat dilakukan optimasi dengan optimal. SEO On-page sendiri melibatkan atau berfokus pada struktur yang ada dalam konten  atau web itu sendiri. Sedangkan SEO Off-page adalah sebuah teknik optimasi yang melibatkan faktor atau struktur luar dari konten dan website.

Struktur dan faktor-faktor pada SEO On-page yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Memiliki dan memasukan keyword sebagai salah satu alternatif pencarian pada Title Tag, Meta Description, dan Heading
  2. Memperhatikan topik konten yang sesuai dengan aturan SEO
  3. Memperhatikan Search Intent pada artikel
  4. Melakukan perbaikan format dan nama URL pada website
  5. Meningkatkan serta mengoptimalkan kecepatan website

Sedangkan pada SEO Off-page yang perlu diperhatikan, meliputi:

  1. Menambahkan backlink pada konten yang dimiliki dengan tetap memperhatikan keaslian dan kualitas dari backlink itu sendiri.
  2. Menerapkan peletakan link yang tepat pada sebuah konten.

Manfaat SEO

Dari pengertian dan jenis-jenis SEO yang sudah dijelaskan di atas, lalu manfaat apa yang dapat diambil oleh sebuah website dalam melakukan penerapan SEO. Manfaat-manfaat tersebut antara lain adalah:

  1. Menaikan trafik pada website
  2. Meningkatkan CTR (ClickThrough Rate) pada website
  3. Menjadikan website mudah untuk dikenali dan ditemukan
  4. Dapat mengetahui artikel terkait hanya dengan melakukan pencarian keyword
  5. Menjadikan website terletak pada halaman utama Google

Pengertian Search Engine Marketing (SEM)

Selain adanya istilah SEO, pada proses optimasi juga dikenal dengan istilah SEM. SEM atau search engine marketing adalah bentuk proses optimasi yang dilakukan dalam sebuah konten atau website. Pada teknik SEM dilakukan sebuah strategi untuk melakukan pemasaran pada suatu produk tertentu yang dijelaskan atau dimuat pada website tersebut.

SEM ini memuat strategi pemasaran atau lebih tepatnya banyak memuat iklan yang ada pada website tersebut. Pada SEM mencakup teknik SEO dan ditambahkan dengan teknik dan target marketing dengan tujuan untuk memunculkan konten pada halaman utama Google.

Pada teknik search engine marketing ini penggunaan lebih berfokus pada iklan website tersebut dan memperhatikan Pay Per Click (PPC) atau contoh lainnya ada pada layanan Google itu sendiri yaitu Google Ads.

Penerapan SEM dilakukan secara berbayar oleh website yang menampilkan websitenya kedalam Google. Semakin banyak konsumen yang melakukan pengklikan pada website SEM, maka semakin meningkat pula strategi atau jangkauan dari perusahaan. Pada sebuah konten yang menerapkan SEO sebenarnya juga menerapkan SEM namun pada SEO dilakukan secara organik atau tidak berbayar.

Baca juga :
Memahami Konsep Dasar SEO dalam Kebutuhan Digital Marketing
Panduan Belajar Search Engine Marketing (SEM) dan Implementasinya

Penerapan SEM dalam Optimasi Iklan

Website harus mampu melakukan persiapan yang tepat agar mampu menaikkan traffic, diantaranya:

  1. Menyiapkan kata kunci yang sesuai untuk web sebagai pencarian pada website SEM
  2. Memberikan keterangan harga pada iklan yang disajikan
  3. Menyajikan lokasi atau letak geografis pada iklan tersebut

Beberapa persiapan tersebut harus disiapkan sebelum melakukan sebuah SEM pada website, agar pembayaran yang dilakukan tidak membuang-buang anggaran serta dapat dilakukan secara optimal dan maksimal.

Manfaat SEM

Dalam melakukan SEM, tentunya memiliki manfaat yang didapat oleh website tersebut. Manfaat yang didapat antara lain adalah:

  1. Memperoleh hasil lebih cepat
  2. Membawa brand atau merk ke halaman utama mesin pencarian
  3. Memperoleh target yang diinginkan dan disesuaikan
  4. Kontrol target pemasaran dapat dilakukan melalui web
  5. Hasil yang didapatkan akan berjangka panjang

Dari manfaat-manfaat yang didapatkan, penerapan SEM dalam melakukan iklan sebuah produk atau website merupakan pilihan yang tepat dan sesuai. Lalu apa perbedaan antara SEO dan SEM pada urusan optimasi website?

Perbedaan Utama dari SEO dan SEM

1. SEO gratis dan SEM berbayar

SEO dilakukan secara gratis atau organik dengan pemilik website tidak melakukan pembayaran saat penayangan konten pada Google atau mesin pencarian. Sedangkan SEM dilakukan secara berbayar dengan iklan berbentuk PPC (pay per click) agar iklan dapat dimuat dalam website tersebut.

2. SEM memperoleh hasil yang lebih cepat dari SEO

Penerapan SEM akan menghasilkan proses yang cepat dan dapat dihidupkan lagi sesuai dengan keinginan serta tidak memikirkan pesaing yang memasang iklan lainnya. Pada SEO hasil yang diperoleh akan lebih lama dan hasil yang diperoleh akan tergantung pada banyak faktor sehingga dapat memburuk atau membaik.

3. Icon bertuliskan “Iklan” pada hasil pencarian

Pada website SEM terdapat tulisan “iklan” di bawah hasil pencarian yang menunjukan bahwa website tersebut dianggap sebagai iklan. Sedangkan pada SEO tidak akan ditemui tulisan “iklan” pada hasil pencarian.

4. Potensi Click SEO lebih tinggi dibanding SEM

Pada SEO tidak ada keterangan “iklan” jadi akan memberikan click lebih banyak dibanding dengan website SEM.

Dari perbedaan SEO vs SEM tersebut sebenarnya kedua istilah dan teknik penulisan ini memiliki satu tujuan yaitu menjadi website yang muncul dalam mesin pencarian dan tentunya akan menambah serta meningkatkan trafik pada website.

Baca juga :
Penggunaan dan Pentingnya Metadata dalam Struktur Website
Strategi Pemasaran Produk yang Tepat dengan Internet Marketing

Kesimpulan

  • SEO dan SEM merupakan istilah untuk melakukan optimasi website yang bertujuan menjadikan website pada halaman utama mesin pencarian. SEO dilakukan secara gratis atau organik oleh pemilik website. SEO untuk menaikan trafik pada website yang tersedia.
  • Istilah lainnya adalah SEM yang dilakukan secara berbayar. Hasil dari optimasi SEM lebih cepat diketahui. Optimasi SEM lebih merujuk kepada kampanye iklan produk.
  • Tujuan utama dari kedua metode tersebut sama, yaitu untuk mengoptimalkan sebuah website sehingga masuk dalam organic search dari Google atau mesin pencari lain.

Sekawan Studio membuka jasa maintenance website profesional. Jika anda tertarik, silakan hubungi tim kami untuk mendapatkan solusi terbaik sesuai dengan bisnis anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.