Pentingnya Search Intent dan Implementasinya dalam Keyword Research.

Search intent dan SEO adalah dua poin yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Mereka memiliki hubungan yang erat, terutama pada tujuan meningkatkan peringkat pada mesin pencari dengan melakukan proses optimasi terhadap beberapa komponen terkait.
search intent
Table of Contents

Dalam upaya melakukan pengoptimalan situs web, tahukah anda bahwa selain SEO, search intent juga ikut andil peran? Sejatinya, tren belakangan ini menunjukkan bahwa langkah pengoptimalan berfokus kepada maksud pencarian dan juga user. Mengapa demikian? Lantas, apa yang membuatnya menjadi penting? Untuk itu, mari kita pahami bersama tentang search intent dan juga urgensinya.

Apa itu Search Intent?

Search intent adalah alasan di balik seorang pengguna melakukan pencarian dengan kueri tertentu. Poin yang hendak ditekankan adalah, mengapa seorang pengguna melakukan pencarian terhadap hal ini? Apakah yang ingin mereka capai dengan melakukan pencarian tersebut? Apa mereka ingin mempelajari sesuatu? Atau ingin mencari dan membeli produk terbaik sesuai dengan kebutuhan masing-masing?

Singkatnya, search intent merupakan tujuan dari pengguna dalam melakukan pencarian. Itulah mengapa seseorang melakukan pencarian tertentu. Memahami maksud pencarian dapat menjadi bahan rahasia yang membawa strategi konten anda dari biasa saja menjadi luar biasa. Dengan penyesuaian algoritma Google Hummingbird, Google RankBrain, dan BERT, mesin pencari dapat menginterpretasikan maksud dari pencarian tersebut.

Keyword intent juga dapat menjelaskan kata kunci yang digunakan oleh para pengguna dan prospek di berbagai tahap konversi. Karena pengguna yang melakukan pencarian, memproses, dan menggunakan hasil pencarian secara berbeda berdasarkan tujuan akhir masing-masing. Memahami serta mengoptimalkan maksud pencarian sangatlah penting untuk SEO.

Mengapa Search Intent Penting?

1. Google Peduli Terhadap Search Intent

Memuaskan search intent adalah tujuan utama dari Google, yang nantinya juga menjadi tujuan utama dalam proses SEO. Saat pengguna menelusuri istilah tertentu dan menemukan informasi tidak relevan, hal tersebut akan mengirimkan sinyal kembali kepada Google bahwa maksud tersebut mungkin mengalami ketidakcocokan.

2. Perluas Jangkauan Anda di Seluruh Tahapan Funnel

Saat berbicara tentang menjalankan bisnis serta pembangunan strategi pemasaran untuk konten, semakin spesifik konten anda untuk berbagai maksud penelusuran, maka semakin banyak pula pengguna yang dapat anda jangkau. Anda dapat meningkatkan peluang untuk menjangkau mereka semua dengan memfokuskan upaya anda pada pencocokannya.

Baca juga :
Apa itu E-A-T dan Mengapa Penting dalam SEO Trends 2022
Mengenal Sales Funnel untuk Pengembangan Bisnis Anda
Implementasi Market Research dalam Sistem Informasi Pemasaran

3. Dapat Meningkatkan Peringkat Website

Karena faktor utama dalam menentukan peringkat versi Google adalah relevansi, otoritas, dan kepuasan pengguna, maka mudah bagi anda untuk menghubungkan titik-titik dan melihat bagaimana meningkatkan penargetan kata kunci anda untuk mencerminkan maksud dari pencarian.

Tujuan Google adalah memberikan hasil paling relevan kepada pengguna untuk kueri mereka. Jadi, jika anda ingin sukses dalam upaya SEO dan pemasaran konten, search intent harus menjadi bagian besar dari pendekatan anda. Tidak hanya itu, backlink dan sinyal peringkat tradisional Google lainnya masih penting dalam upaya SEO. Tetapi, jika halaman anda tidak memenuhi search intent, maka hal tersebut tidak akan diberi peringkat.

Jenis-Jenis Search Intent

Berikut ini merupakan 4 jenis dari search intent.

1. Informational

Jenis search intent ini digunakan saat pengguna sedang mencari sebuah informasi. Banyak sekali pencarian yang dilakukan oleh para pengguna di internet untuk mencari sebuah informasi. Hal tersebut bisa berupa informasi tentang cuaca, tentang pola asuh atau pola didik untuk anak, tentang SEO, dan lain sebagainya. Search intent pengguna dengan maksud informasional memiliki pertanyaan secara spesifik atau ingin tahu lebih banyak mengenai topik tertentu. Namun, tidak semua informasi dari pencarian tersebut dirumuskan sebagai suatu pertanyaan. Anda harus paham bahwa pemahaman Google tentang maksud lebih dari sekadar menampilkan hasil yang memberikan informasi tertentu tentang sesuatu.

2. Navigational

Pengguna menggunakan search intent ini saat hendak mencari situs web tertentu. Para pengguna setidaknya sudah tahu ke mana mereka ingin berkunjung. Mungkin lebih cepat dan lebih mudah bagi mereka untuk mencarinya pada mesin pencari seperti Google daripada mengetikkan keseluruhan URL ke bilah alamat. Kondisi ini juga dapat terjadi saat pengguna tidak yakin dengan URL yang tepat.

3. Transactional

Saat pengguna ingin membeli suatu produk atau jasa maupun layanan, search intent inilah yang paling cocok untuk menggambarkannya. Banyak pengguna membeli barang secara online dan menelusuri web untuk menemukan pembelian terbaik. Para pengguna mencari dengan tujuan transaksional ketika tujuan mereka adalah membeli sesuatu pada saat itu.

4. Commercial

Beberapa pengguna mungkin memiliki niat untuk membeli sesuatu dalam waktu dekat dan menggunakan web untuk melakukan pencarian. Pengguna memiliki niat transaksional tetapi masih membutuhkan waktu lebih banyak untuk meyakinkan diri untuk membeli suatu produk. Kemungkinan besar mereka mencari ulasan dan juga perbandingan untuk meyakinkan diri.

Search Intent untuk SEO

Search intent dan SEO adalah dua poin yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Mereka memiliki hubungan yang erat, terutama pada tujuan meningkatkan peringkat pada mesin pencari dengan melakukan proses optimasi terhadap beberapa komponen terkait. Lantas, mengapa search intent dianggap ikut andil dalam proses SEO? Alasan utama di baliknya meliputi;

  1. Memudahkan anda dalam memilah dan memantau kompetitor
  2. Membantu anda dalam melakukan evaluasi terhadap peluang dari kata kunci
  3. Membantu anda dalam membangun kredibilitas sehingga dapat menarik minat para target audiens

Tiga alasan di atas merupakan perwakilan yang memperkuat bahwa search intent dan SEO saling terkait satu sama lain. Jika anda melewatkan search intent dalam upaya SEO, maka rasanya seperti ada yang kurang dalam prosesnya. Sebab seperti penjabaran kami sebelumnya, bahwa search intent juga menawarkan keuntungan yang otomatis menguntungkan pula bagi proses SEO.

Cara Menentukan Intent yang Tepat

1. Pertimbangkan Pengubah Kata Kunci

Pengubah kata kunci dapat menjadi indikator berguna untuk maksud pencarian. Tetapi, ada satu hal lain yang juga haru diperhatikan. Tidak cukup hanya dengan mengetahui istilah-istilah saja, namun asal dari istilah-istilah tersebut berasal. Kini, berbagai alat penelitian kata kunci terpercaya untuk digunakan tersedia secara luas. Selain itu, anda dapat memfilter kata kunci berdasarkan fitur SERP.

2. Bacalah SERP

Selain dengan mempertimbangkan pengubah kata kunci, membaca atau melakukan penelitian terhadap SERP juga merupakan cara lain yang anda dapat lakukan. Ketikkan kata kunci target anda pada bilah pencarian, perhatikan apa apa saja yang muncul pada halaman hasilnya (SERP). Di samping itu, anda mungkin juga dapat mengetahui berdasarkan jenis hasil apa yang dianggap Google sebagai maksud pencarian paling relevan untuk setiap istilah.

Baca juga :
Apa itu SERP? Cara Kerja, Fitur, dan Urgensi

3. Perhatikan Gambarannya Secara Menyeluruh

Perlu diingat bahwa istilah seringkali memiliki lebih dari satu maksud pencarian. Jadi, hanya dengan melihat keyword maupun SERP tidak benar-benar cukup untuk mendefinisikannya. Mengambil pendekatan holistik akan membawa anda lebih dekat pada intent yang paling menonjol. Penting juga untuk dicatat, SERP bersifat fluktuatif, sehingga meskipun kata kunci mungkin diberi peringkat untuk satu maksud saat ini, bisa saja hal tersebut berubah pada hari-hari mendatang.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Search Intent?

Setelah memahami beberapa poin yang sudah kami sebutkan sebelumnya, apakah saat ini anda sedang bertanya-tanya tentang bagaimana cara mengoptimalkannya? Jika iya, beberapa poin di bawah ini bisa jadi jawaban untuk pertanyaan anda.

  1. Periksa apakah SERP dapat diandalkan.
  2. Pastikan bahwa fluktuasi peringkat dari waktu ke waktu yang terjadi kecil atau bahkan tidak ada sama sekali.
  3. Pastikan bahwa konten anda selaras dengan 3C dari maksud dalam melakukan pencarian; content type, content format, content angle.
  4. Dapatkan petunjuk dari hasil pencarian dan halaman peringkat teratas.
  5. Cocokkan metadata dan content type dengan maksud pencarian.
  6. Periksa kompetisi yang terjadi.
  7. Format konten untuk fitur SERP yang lebih relevan.

Kesimpulan

Dalam upaya SEO, terdapat berbagai macam elemen maupun hal-hal yang harus anda perhatikan guna mencapai hasil lebih maksimal. Tiap-tiap elemen serta poin tersebut pastinya memiliki urgensi serta kegunaannya masing-masing. Sama halnya dengan search intent. Perlu anda ketahui bahwa penting untuk memastikan konten anda agar sesuai dengan istilah yang dicari oleh para pengguna, serta maksud atau search intent dari pencarian mereka.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.