Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Project Manager untuk Bisnis

Dalam membangun sebuah produk yang optimal, terdapat peran penting seorang pimpinan dan anggota tim untuk dapat mengembangkan proyek dengan baik. Posisi yang berperan penting untuk mengatur jalannya proyek agar dapat berjalan dengan semestinya adalah project manager. Pada artikel ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai salah satu pekerjaan yang banyak perusahaan butuhkan, khususnya di bidang […]

project manager
Daftar Isi

Dalam membangun sebuah produk yang optimal, terdapat peran penting seorang pimpinan dan anggota tim untuk dapat mengembangkan proyek dengan baik. Posisi yang berperan penting untuk mengatur jalannya proyek agar dapat berjalan dengan semestinya adalah project manager.

Pada artikel ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai salah satu pekerjaan yang banyak perusahaan butuhkan, khususnya di bidang teknologi informasi. Kami juga akan menyajikan beberapa informasi mengenai gaji, tugas, dan tanggung jawab pekerjaan tersebut.

Pengertian Project Manager

Project Manager
© Unsplash

Project manager adalah orang yang bertanggung jawab dalam untuk dapat menggerakkan strategi manajemen proyek secara sistematis. Tujuan utamanya ialah untuk dapat menyelesaikan proyek dan anda dapat menyerahkan kepada klien secara maksimal dan tepat waktu.

Secara sederhana, project manager berperan sebagai ujung tombak sebuah proyek karena sangat mempengaruhi dari sisi arah bisnis dan tercapainya goals perusahaan atau organisasi. Pekerjaan ini juga bertanggung jawab kepada atasan untuk menyelesaikan proyek dan mengatur jalannya aktivitas kerja setiap tim sebaik mungkin.

Gaji Project Manager

Gaji Project Manager
© Unsplash

Menurut sumber dari website Indeed, gaji rata-rata dari IT project manager di Indonesia mencapai Rp 8.539.046,- per bulannya. Angka tersebut juga dapat menyesuaikan dari setiap perusahaan berdasarkan faktor pengalaman dan kemampuan (skill) yang anda miliki. Tentunya, jika telah menjadi senior project manager, rata-rata gaji yang didapatkan juga akan jauh lebih besar.

Tugas dan Tanggung Jawab Project Manager

Setidaknya, terdapat 6 tugas dan tanggung jawab utama seorang project manager, antara lain:

1. Membuat Rencana Proyek

Rencana Project Manager
© Unsplash

Pertama, jika anda bekerja sebagai IT project manager, maka anda bertanggung jawab dalam mengembangkan rencana proyek seefektif mungkin dengan mempertimbangkan sumber daya (resource) yang ada. Mulai dari kebutuhan SDM, tools, sarana, dan fitur pendukung yang lainnya.

Sebelum memasuki tahap eksekusi program, proyek manager harus menentukan besaran biaya yang akan dikeluarkan (budget), scope business, penentuan timeline, hingga tujuan proyek untuk dapat mencapai target bisnis yang telah disepakati bersama dengan stakeholders.

2. Mampu Mengalokasikan Tugas Setiap Unit Tim

Kedua, project manager tentu saja tidak dapat bekerja sendiri, melainkan terdapat peran besar dari tim hebat di baliknya. Sebagai pemimpin proyek, anda harus menentukan terlebih dahulu komposisi tim yang akan anda bentuk menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis. 

Proyek manager harus bisa menempatkan setiap bagian tim yang relevan dengan spesifikasi dan kebutuhan proyek. Selanjutnya, setelah tiap unit tim telah terbentuk, anda dapat melakukan monitoring dan pengawasan pada setiap pekerjaan dari masing-masing tim yang anda pegang.

Apabila terdapat kendala teknis atau hal yang lain, maka anda dapat memberikan solusi dan menyelesaikan permasalahan dengan cepat dan tanggap.

3. Membentuk Komunikasi Antar Tim yang Efektif

Komunikasi Antar Tim Project Manager
© Unsplash

Ketiga, komunikasi menjadi faktor penting kesuksesan dalam memulai sebuah bisnis. Komunikasi tentu saja harus tetap terjaga pada setiap komponen tim dari atas hingga lapisan divisi terbawah. 

Proses komunikasi terjalin mulai dari penyusunan jadwal kegiatan, pembagian tugas, dan deadline yang telah ditentukan berdasarkan hasil kesepakatan bersama. Komunikasi yang efektif mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas dari tiap pemangku kepentingan untuk dapat menyelesaikan proyek secara terstruktur.

4. Monitoring Perkembangan Proyek Aplikasi

Monitoring Project Manager
© Unsplash

Keempat, project manager bertanggung jawab untuk mengawasi dan melakukan monitoring terhadap setiap kegiatan dalam proses pengembangan proyek aplikasi atau website milik customer. Biasanya, anda dapat melakukan monitoring berdasarkan blueprint yang telah dibuat sebelumnya.

Blueprint sendiri merupakan sebuah kerangka kerja yang menjadi landasan dasar dalam penyusunan strategi, pelaksanaan program kerja, serta implementasi proses bisnis pada setiap unit kerja. 

5. Melakukan Mitigasi Masalah dan Krisis

Kelima, pada saat proses pengembangan proyek tengah berjalan, maka sudah barang tentu dapat terjadi sebuah permasalahan atau krisis yang muncul karena suatu sebab. Dengan demikian, peran dari project manager menjadi sangat penting untuk dapat memetakan masalah dan mencari jalan solusi yang paling optimal.

Dengan melakukan pemetaan dan melakukan audit secara bertahap, maka dapat mengurangi resiko terjadinya kegagalan dalam suatu proyek. Oleh karena itu, project manager juga harus memiliki pemikiran yang kritis dan solutif, untuk dapat mencari, serta mengatasi setiap permasalahan dengan pikiran yang terbuka (open minded).

6. Menyusun Laporan untuk Stakeholder

Laporan Project Manajer
© Unsplash

Yang terakhir, tidak lupa juga seorang proyek manager mempunyai tugas untuk menyusun laporan serta dokumentasi proyek yang hasilnya nanti diserahkan kepada stakeholder. Pembuatan laporan (report) mampu memberikan informasi mengenai kemajuan proyek yang dikerjakan dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Baca juga:
Langkah Mudah Menyusun Strategi Pemasaran Efektif untuk Bisnis Anda
Strategi Pemasaran Produk yang Tepat Dengan Internet Marketing

Kesimpulan

  • Project manager adalah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab besar dalam menyelesaikan proyek tepat pada waktunya dengan menyusun strategi bisnis yang tepat.
  • Apabila anda mengajukan lamaran atau tertarik menjadi IT project manager, maka anda harus memiliki kemampuan dan pemahaman dasar dalam mengembangkan sebuah aplikasi atau website dari sisi algoritma dan struktur data.
  • Tugas dan tanggung jawab yang paling utama untuk pekerjaan ini adalah mampu menyelesaikan proyek tepat waktu, menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya, dengan effort sekecil-kecilnya.

Sekawan Studio membuka jasa maintenance website secara profesional dan menggunakan tools yang tepat. Jika anda mempunyai proyek, silakan hubungi tim admin kami untuk mendapatkan penawaran khusus.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.