Mengenal Perbedaan Proxy dan VPN, Mana yang Lebih Aman?

Perbedaan proxy dan vpn terletak pada keamanan, cara kerja dan fitur-fiturnya. Di samping perbedaannya tersebut, penggunaan proxy dan vpn memiliki tujuan yang sama yaitu mengganti alamat IP asli menjadi alamat IP lain sesuai server yang digunakan.
perbedaan proxy dan vpn
Daftar Isi

Penggunaan internet kini telah menjadi hal utama yang wajib dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari mencari berita hingga hanya untuk sekadar bermain game online. Namun, seringnya anda mengakses internet dapat membuat alamat IP (Internet Protocol), server/router/ISP asli anda akan mudah terdeteksi oleh website yang anda kunjungi.

Tentunya hal ini sangatlah merugikan kita jika identitas asli yang kita gunakan diketahui oleh orang lain bahkan dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh orang lain. Untuk mencegah hal tersebut perlu memakai proxy dan VPN saat mengakses internet. Proxy dan VPN merupakan server yang bertujuan menjaga privasi saat mengakeses suatu website, namun keduanya memiliki banyak perbedaan dalam definisi, cara kerja dan fitur. Simak perbedaan proxy dan vpn di artikel berikut ini.

Perbedaan Proxy dan VPN

Proxy adalah server yang menjadi penengah antara pengguna dan internet dengan tujuan menyembunyikan identitas asli pengguna, sehingga data yang dikirim ke website tujuan akan menggunakan alamat IP dari proxy server yang dipilih.

Sedangkan VPN merupakan server yang bertujuan untuk menyembunyikan alamat IP asli dengan membuat aktivitas pengguna berasal dari negara lain yang pengguna pilih. VPN akan memberikan akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

Demikian merupakan perbedaan proxy dan vpn berdasarkan pengertian umumnya, berikut ini merupakan perbedaannya secara lebih rinci.

  • Proxy tidak memiliki fitur pengalihan lokasi, sedangkan VPN memiliki fitur pengalihan lokasi hingga ratusan pilihan lokasi atau negara,
  • Proxy tidak mengenkripsi data sehingga memungkinkan hacker tetap bisa melacak pengguna. Sedangkan VPN mengenkripsi seluruh data demi melindungi privasi pengguna sepenuhnya,
  • Proxy memiliki rute dari server ke komputer secara terus menerus mengakibatkan koneksi lambat sedangkan kecepatan jaringan pada VPN lebih cepat dan stabil,
  • Proxy memberikan layanannya secara gratis sedangkan penggunaan beberapa VPN terpercaya cenderung mahal,
  • Penggunaan Proxy cenderung lebih rumit sedangkan penggunaan VPN lebih mudah. Selengkapnya akan dijelaskan pada perbedaan cara kerja keduanya di bawah ini.

Perbedaan Cara Kerja Proxy dan VPN

Pada dasarnya prinsip proxy hampir sama dengan VPN. Keduanya akan menyembunyikan alamat IP pengguna, namun keduanya berbeda dalam cara kerja. Proxy banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin mengunjungi situs yang telah diblokir di wilayah tertentu. Banyak perusahaan dan bisnis juga dapat menggunakan proxy untuk membuat jaringan bisnis yang tertutup

a. Cara Kerja Proxy dan Penggunaannya

Dalam menjalankan tugasnya, proxy membutuhkan sebuah server yang disebut dengan proxy server. Proxy server merupakan layanan berupa alat tertentu atau komputer untuk memproses permintaan menggunakan proxy.

Perbedaan Proxy Dan Vpn, Proxy Bekerja Tanpa Mengenkripsi Data
Cara Kerja Proxy (Foto: top10vpn.com)

Dalam penggunaannya, Anda perlu memasukkan alamat website tujuan pada situs proxy. Selanjutnya proxy akan memproses permintaan Anda ke server website tujuan Anda dengan menggunakan alamat IP proxy tersebut. Jika Anda ingin mengakses halaman website lain, maka Anda perlu melakukan langkah yang sama.

Baca Juga:
Apa Itu Server? Cara Kerja, Komponen, dan Jenisnya
Cara Kerja SSH dan Manfaat Penggunaannya pada Server

b. Cara Kerja VPN dan Penggunaannya

Pada VPN Anda perlu melakukan instalasi software atau aplikasi. Selanjutnya pilih lokasi atau negara yang nantinya akan terdeteksi sebagai lokasi Anda berkativitas di internet. Dengan ini, VPN akan menyembunyikan alamat IP terlebih dahulu dengan dengan mengalihkan data internet melalui tunnel terenkripsi.

Perbedaan Proxy Dan Vpn, Vpn Bekerja Dengan Mengenkripsi Data
Cara Kerja VPN (Foto: top10vpn.com)

Dengan menggunakan VPN, alamat IP akan tersamarkan pada seluruh traffic jaringan. Berbeda dengan proxy bekerja per aplikasi di mana perlu memasukkan setiap alamat tujuan ke layanan proxy untuk menyamarkan alamat IP.

Manakah yang Lebih Aman? Proxy atau VPN?

Berdasarkan artikel yang tertera di atas dapat disimpulkan bahwa VPN dinilai lebih baik karena memberikan privasi dan keamanan dengan mentraffic pengguna melalui perantara yang dapat mengenkripsi. Jika dibandingan dengan proxy, VPN lebih aman karena menawarkan perlindungan ekstra.

Namun semua hal tersebut tergantung kebutuhan, jika Anda tidak memiliki informasi sensitif dan hanya ingin menerobos pemblokiran geografis cukup gunakan proxy karena gratis.

Sekawan Studio menyediakan jasa maintenance website untuk meningkatkan keamanan website Anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.