Lebih Aman Pakai Proxy atau VPN?.

Proxy berfungsi sebagai perantara dan untuk menghalangi website mencatat alamat IP asli anda agar tidak terdeteksi oleh website yang anda kunjungi. Dengan kata lain anda akan melakukan koneksi online secara anonim. Hal ini dilakukan agar data pribadi dan alamat IP anda tetap aman.
perbedaan proxy dan vpn
Table of Contents

Penggunaan internet kini telah menjadi hal utama yang wajib dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari mencari berita hingga hanya untuk sekadar bermain game online. Namun, seringnya anda mengakses internet dapat membuat alamat IP (Internet Protocol), server/router/ISP asli anda akan mudah terdeteksi oleh website yang anda kunjungi.

Maka website tersebut akan mengetahui lokasi, jenis perangkat bahkan data informasi anda. Tentunya hal ini sangatlah merugikan kita jika identitas asli yang kita gunakan diketahui oleh orang lain bahkan dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh orang lain. Untuk mencegah hal tersebut perlu memakai proxy dan VPN saat mengakses internet.

Perbedaan Proxy dan VPN?

Perbedaan antara proxy dan VPN terletak pada bagaimana cara mereka dalam menyamarkan. Proxy hanya akan membuat alamat IP anda tidak terlihat dan aktivitas internet akan tetap terlihat dan tidak terenkripsi. Sedangkan VPN akan membuat traffic internet anda berasal dari lokasi jauh atau negara yang anda pilih tetapi aktivitas yang dilakukan akan terenkripsi. Berikut beberapa perbedaan antara keduanya:

1. Proxy

Proxy adalah sistem yang menjadi penengah antara pengguna dan internet yang berfungsi untuk menyembunyikan identitas asli pengguna, sehingga data yang dikirim ke website tujuan akan menggunakan alamat IP dari proxy server dan menyembunyikan alamat IP asli pengguna. Dalam menjalankan tugasnya, proxy membutuhkan sebuah server yang disebut dengan proxy server.

Proxy server merupakan layanan jaringan untuk menyediakan layanan proxy yang berupa alat tertentu atau komputer untuk memproses permintaan menggunakan proxy. Identitas dan IP adress pengguna akan disembunyikan oleh proxy. Pada cara kerjanya proxy banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin mengunjungi situs yang telah diblokir di wilayah tertentu. Banyak perusahaan dan bisnis juga dapat menggunakan proxy untuk membuat jaringan bisnis yang tertutup. Proxy tidak memiliki fitur pengalihan lokasi, tidak semua proxy menggunakan SSL sehingga memungkin hacker tetap bisa melacak pengguna. Rute yang terus menerus berasal dari server ke komputer atau sebaliknya akan membuat koneksi lebih lambat.

2. VPN

Vpn Adalah

Virtual Private Network (VPN) pada awalnya merupakan alat yang dibuat dengan tujuan untuk menyambungkan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan dapat menggunakan jaringan kantor dari rumah atau tempat lain. Namun, kini VPN telah banyak digunakan masyarakat umum dengan tujuan akan mendapatkan koneksi internet secara aman, pribadi dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote.

VPN akan memberikan akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. VPN akan membuat aktivitas pengguna terdeteksi berasal dari negara lain yang pengguna pilih. Terdapat ratusan pilihan lokasi server yang dapat dipilih. VPN akan mengenkripsi seluruh data dan menyembunyikan IP sehingga privasi akan terjaga. Selain itu, VPN akan memberikan koneksi jaringan yang sangat cepat.

Cara Kerja Proxy dan VPN

Proxy server pada umumnya terletak di antara local computer dan jaringan internet. Tanpa proxy server, informasi dari komputer anda akan diteruskan melalui router penyedia layanan internet (ISP) lebih dulu, baru kemudian diteruskan ke server situs yang akan dikunjungi. Jadi, saat anda ingin mengakses sebuah sebuah website, permintaan anda akan dikirim ke proxy server untuk diproses. Lalu, permintaan data yang telah dirubah akan diteruskan ke website yang akan dituju. Dengan demikian, website hanya akan melihat alamar IP dari proxy server dan menyembunyikan alamat IP asli pengguna.

Pada dasarnya prinsip proxy hampir sama dengan VPN. Perbedaannya VPN akan mengamankan seluruh traffic jaringan, sedangkan proxy akan bekerja per aplikasi. Keduanya akan menyembunyikan alamat IP pengguna, namun VPN akan mengalihkan data internet melalui tunnel terenkripsi. Proxy lebih cocok digunakan untuk menjelajah internet, namun lebih aman menggunakan VPN. Tetapi beberpa perlindungan tambahan hanya bisa kita dapatkan dengan proxy dan bergantung pada jenis proxy masing-masing. 

Baca Juga:
Mengenal Istilah Server dan Penggunaannya dalam Dunia IT
Software Engineer: Profesi Masa Depan yang Menjanjikan.

Kelebihan dan Kekurangan

A. Kelebihan Proxy

1. Mengontrol penggunaan internet anak

Orang tua dapat membatasi akses internet anaknya dengan menggunakan proxy server untuk mengakses website tertentu melalui perangkat. Dengan demikian, para orang tua dapat mencegah anak untuk mengakses situs-situs berbahaya atau dewasa.

2. Meringankan Bandwith

Pengguna dapat memperoleh bandwith dan jaringan internet dengan lebih baik menggunakan proxy server. Proxy server juga dapat digunakan untuk menyimpan salinan website secara lokal, khususnya bagi website yang sering dikunjungi.

3. Memberikan perlindungan tambahan

Menambahkan proxy pada jaringan internet dapat membuat koneksi internet yang lebih aman saat browsing internet. Bagi perusahaan atau instansi, sistem yang aman untuk menjamin keamanan data sangat diperlukan agar data-data yang bersifat sensitif tidak bocor ke kompetitor atau negara lain.

4. Mengakses website yang terblokir

Proxy server juga dapat dimanfaatkan untuk membuka website yang diblokir pemerintah. Sebab, permintaan yang dikirim menggunakan proxy akan melewati proxy server dan bukan server ISP yang kemungkinan dikontrol pemerintah.

B. Kekurangan Proxy

1. Tidak sepenuhnya aman dari serangan cyber

Meski bisa mengakses internet lebih aman dengan proxy server, nyatanya masih banyak proxy server yang belum menggunakan sistem enkripsi. Akibatnya data pribadi dapat bocor apabila hacker menggunakan teknik hacking yang lebih canggih.

2. Proxy gratis beresiko

Proxy gratis pada umumnya tidak menggunakan enkripsi back-end yang canggih. Pengguna akan sering mengalami masalah kinerja dan keamanan data. Sebisa mungkin hindari proxy gratis.

3. Mudah dilacak dan dibajak

Sebagai perantara yang menghubungkan pengguna dengan internet, proxy server menyimpan banyak data termasuk informasi pribadi para penggunanya. Jika hacker dapat menyusup ke server proxy maka dapat dipastikan hacker akan mendapatkan seluruh informasi pribadi pengguna.

4. Proxy memantau aktivitas internet pengguna

Proxy menyimpan data pengguna saat terhubung ke internet sehingga data yang anda miliki akan sangat beresiko dan dapat dipantau oleh hacker atau bahkan dicuri dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

C. Kelebihan VPN

  • Data aman
  • Dapat mengakses hampir seluruh situs bahkan yang terblokir
  • Identitas alamat IP tidak langsung diketahui
  • Akses jaringan berasal dari lokasi yang berbeda

D. Kekurangan VPN

  • Koneksi lambat dan tidak stabil
  • Konfigurasi manual yang rumit
  • Terdapat batasan pengguna

Kesimpulan

Berdasarkan artikel yang tertera di atas dapat disimpulkan bahwa VPN dinilai lebih baik karena memberikan privasi dan keamanan dengan mentraffic pengguna melalui perantara yang dapat mengenkripsi. Jika dibandingan dengan proxy, VPN lebih aman karena menawarkan perlindungan ekstra. Jadi manakah yang anda pilih, proxy ataukah VPN?

Sekawan Studio menyediakan jasa pembuatan website profesional dan terpercaya untuk membantu tingkatkan organic traffic secara maksimal.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.