Peran Penting Framework bagi Developer.

Framework, sebuah kerangka kerja yang memiliki peran pernting untuk membantu developer dalam membuat perangkat lunak dengan lebeh efektif dan efisien. Keberadaan framework ini membantu developer untuk memulai pekerjaannya dalam pembuatan pondasi perangkat lunak untuk website atau aplikasi.
framework
Table of Contents

Bagi anda yang mengenal dunia programming pasti sudah tidak asing lagi dengan framework. Pada dunia programming terdapat kerangka kerja atau yang sering disebut dengan framework. Kerangka kerja ini digunakan untuk membuat template kode untuk membantu developer dalam membuat perangkat lunak dengan lebih cepat dan praktis. Kode yang dibutuhkan untuk membuat kerangka kerja akan disusun dengan terstruktur dan konsisten. Penguasaan kerangka kerja sangatlah penting bagi developer.

Apa Itu Framework?

Framework atau kerangka kerja dapat diartikan sebagai kumpulan script yang terdiri dari class and function yang membantu developer dalam menangani berbagai masalah mulai dari koneksi ke database, pemanggilan variabel, file dan lain-lain. Framework adalah komponen pemrograman yang siap untuk digunakan kapan saja agar developer tidak harus membuat skrip yang sama untuk tugas yang sama. Kerangka kerja berfungsi sebagai struktur dasar yang mendasari sebuah sistem. 

Fungsi Framework

  • Aplikasi yang dihasilkan lebih baik karena kerangka kerja telah melewati uji stabilitas serta kehandalannya. 
  • Memiliki tingkat keamanan yang lebih karena dapat mengantisipasi cela-cela keamanan yang mungkin akan muncul.
  • Para developer akan dengan mudah membaca kode program dan mencari bugs.
  • Menghemat waktu pengembangan.
  • Mempermudah developer dalam mendokumentasikan aplikasi yang sedang dibangun.
Baca Juga:
Ternyata Big Data Bermanfaat bagi Bisnis!
Bisnis Franchise Bikin Untung atau Buntung?

Jenis-jenis Framework

Jenis Framework
Jenis Framework ©Unsplash

1. Desktop Framework

  1.  Electron

Electron merupakan kerangka kerjaJavaScript yang berguna untuk mengembangkan aplikasi berbasis desktop. Umumnya JavaScript identik dengan pembuatan website. Oleh sebab itu, JavaScript yang digunakan pada elektron ini dirancang dengan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.Padahal elektron dapat ditulis juga dengan menggunakan bahasa C++. Contoh aplikasi desktop yang terkenal dari Elektron adalah Atom, Slack, WordPress, Skype, serta Github desktop.

  1.  Proton Native

Proton native mempunyai fitur native tools dengan ukuran kecil dan menggunakan sumber kekuatan yang lebih sedikit. 

2. Web Framework

Terdapat beberapa daftar web kerangka kerja yang sengaja dirancang guna mendukung pengembangan aplikasi berbasis web yang akan dijelaskan berikut ini.

  1.  Django

Django merupakan kerangka kerja berbasis Python yang mengunakan pola MTV (Model, Template, dan View). Django sendiri menawarkan berbagai macam fitur dalam mengembangakn aplikasi web yang berkualitas, terutama pada bagian keamanan guna mencegah terjadinya eksekusi program lapisan template. Perusahaan besar yang menggunakan web framework ini antara lain: Pinterest, Disqus, Quora, serta Instagram.

  1.  Angular JS

Angular JS merupakan kerangka kerja JavaScript yang memiliki konsep MVC (Model, View, Controller). Angular juga dapat membangun halaman web pada sisi client dengan kinerja yang tinggi. Perusahaan besar yang mempercayai web kerangka kerja ini adalah Weather, Youtube on PS3, serta Netflix.

  1.  Laravel

Laravel merupakan kerangka kerja MVC yang dibuat dengan menggunakan PHP. Pengembangan website berbasis MVP ini dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak, dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan pemeliharaan, meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi yang menyediakan sintaks ekspresif yang tentu saja dapat menghemat waktu. Perusahaan yang menggunakan web framework ini adalah Neighbourhood Lender dan juga Deltanet Travel. 

  1. Rails

Rails mencakup semua yang dibutuhkan dalam membuat aplikasi web berbasis database dengan menggunakan Ruby. Web framework MVC ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan seperti UrbanDictionary, GroupOn, Shopify, GitHub, serta AirBnB.

  1. Spring

Merupakan web kerangka kerja yang dirancang untuk menciptakan aplikasi web berbasis JVM yang sederhana, cepat, portabel, dan juga fleksibel. Web kerangka kerja ini telah digunakan oleh perusahaan Mascus dan Alloice. 

  1.  CodeIgniter

Web framework dengan konsep MVC ini dibuat untuk membuat sebuah website yang dinamis menggunakan PHP. Dengan menggunakan jenis ini, dapat memudahkan para developer dalam membangun aplikasi web meskipun dimulai dari awal. Perusahaan yang memakai web framework ini adalah The Mail and Guardian serta Bufferapp.

Kelebihan Framework

  1. Memudahkan Memahami Mekanisme Kerja Aplikasi

Hal ini tentunya akan membantu proses pengembangan sistem yang dilakukan secara kelompok. Semua anggota di wajibkan untuk memahami dari pola kerja framework, sedangkan anggota team hanya mempelajari proses bisnis yang dikehendaki oleh sistem untuk kemudian dituangkan kedalam kerangka kerja tersebut. Setiap orang harus memiliki metode yang sama dalam menyelesaikan aplikasi tersebut. 

  1. Menghemat Waktu

Setiap anggota sudah memiliki sebuah acuan dalam menyelesaikan modul. Dalam hal ini, semakin banyak library yang ada semakin mempercepat anggota untuk menemukan solusi karena tidak setiap anggota harus membuat Class atau fungsi untuk kasus yang relatif sama. Selain itu,  anggota tidak akan merasa kesulitan karena jika ada anggota yang tidak bisa melanjutkan lagi pekerjaannya anggota yang lain bisa mengisi kekosongan tersebut. 

  1. Menjaga Integritas Modul

Framework akan menjaga integritas dari modul-modul yang dikembangkan. Tentunya hal ini juga tergantung dari metode yang dikembangkan sendiri. Kerangka kerja hanya membantu dan mempermudah proses integrasi.

Kesimpulan

Framework memiliki peranan penting dalam membantu developer untuk menyelesaikan pekerjaannya secara cepat dan lebih efisien. Dengan menggunakan kerangka kerja, developer dapat saling membantu dan mengisi kekosongan jika terdapat anggota lain yang tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya. Developer dapat mengembangkan aplikasi dan webiste menggunakan komponen – komponen yang telah tersedia dalam kerangka kerja sehingga, tidak perlu untuk menyusun ulang dari awal kode program.

Sekawan Studio menawarkan paket jasa pembuatan website terbaik dan profesional di Malang. Kunjungi laman resmi kami dan dapatkan berbagai penawaran khusus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.