Memahami SEO dalam Menyusun Strategi Digital Marketing yang Tepat.

apa itu seo
Table of Contents

Apa itu SEO menjadi hal yang sering ditanyakan dalam optimasi website. Istilah optimasi website saat ini sudah semakin marak dan terkenal, hampir semua pemilik dan pengelola  website berlomba-lomba melakukan optimasi pada website yang dimiliki. 

Optimasi website berarti sebuah kegiatan untuk melakukan pengoptimalan terhadap website yang dimiliki. Melakukan sebuah pengoptimalan tidak bisa sembarangan, dan memiliki teknik atau cara tertentu, agar hasil optimasi lebih maksimal. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi website adalah sebuah cara untuk melakukan pengoptimalan sebuah website atau blog dan menjadikan website menjadi halaman utama serta meningkatkan peringkat pada mesin pencarian atau SERP.

Dalam istilah SEO juga dikenal istilah SERP atau Search Engine Result Page merupakan hasil yang muncul dalam proses pencarian pada mesin penelusuran. Dengan penggunaan teknik optimasi website akan memunculkan pada halaman pertama Google dan menjadikan website meningkat ke peringkat teratas.

Selain bertujuan untuk meningkatkan posisi dan peringkat website, penggunaan teknik SEO juga meningkatkan trafik website yang dilakukan optimasi. Melakukan sebuah teknik SEO harus terus menerus dilakukan karena adanya aturan yang selalu diperbarui dan disesuaikan dengan algoritma pada mesin pencarian atau Google.

SEO memiliki cara kerjanya sendiri yang dalam penggunaanya akan memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian hanya dengan mencari kata kunci atau keyword. Oleh sebab itu dalam penggunaan kata kunci pada website harus sesuai tujuan atau konsep pembuatan website.

Maka website yang menerapkan teknik SEO harus selalu diperbarui agar tetap naik ke posisi atas dan halaman utama Google. Selain itu, agar kata kunci yang dipakai selalu menjadi kata kunci yang terbaru dan sesuai dengan jumlah pencarian.

Metode SEO

SEO memiliki dua jenis metode yang harus diterapkan dalam melakukan optimasi website agar hasil lebih maksimal. Metode SEO tersebut adalah on page dan off page.

1. SEO on Page

SEO on page adalah teknik yang berhubungan permasalahan dari dalam website tersebut serta mengenai struktur maupun isi konten dalam website. Penerapan SEO on page akan memudahkan pembaca atau pengunjung website dalam mengunjungi website tersebut. SEO on page ini harus diterapkan dengan maksimal karena akan mempengaruhi performa website.

Melakukan penerapan SEO on page harus memperhatikan faktor-faktor yang akan mempengaruhi tingkat dari website tersebut. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah:

a) Melakukan keyword research atau riset kata kunci

Kata kunci berpengaruh besar pada trafik dan posisi website pada Google, pemilihan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan tingkat permintaan pencarian tentunya akan mempengaruhi pengunjung dari website itu sendiri.

Pemilihan kata kunci atau keywords pada sebuah website atau konten tidak bisa sembarangan, harus memperhatikan jumlah dari pencarian dan tentunya yang sesuai dengan konsep konten pada website tersebut. Dalam melakukan riset keyword dapat menggunakan tool atau website bantuan dalam mencari permintaan dari kata kunci tersebut.

b) Memperhatikan Title Tag

Pembuatan title tag haruslah menarik serta sesuai dengan pemakaian kata kunci yang telah digunakan. Title tag juga akan mempengaruhi jumlah klik pada website yang kita miliki, dengan memiliki title tag menarik maka jumlah klik juga akan meningkat.

c) Memiliki Meta Description

Dengan adanya meta description pada pembuatan konten akan memberikan penjelasan bahwa konten tersebut menggunakan teknik yang tepat dan lebih teratur daripada website lain.

d) Meningkatkan kualitas konten

Tentunya dalam website akan diisi sebuah konten, pengisian konten juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan kualitas konten. Konten tidak hanya memiliki tampilan menarik, tetapi juga memperhatikan tentang isinya yang memperhatikan keaslian atau orisinalitas, lebih baik dari konten yang dimiliki kompetitor.

e) Menambah gambar atau video

Adanya gambar atau video pada konten atau website akan menarik pembaca dan menambah informasi kepada pengunjung. Penambahan video dan gambar harus juga dilakukan optimasi agar memiliki kualitas terbaik. Selain itu, penambahan gambar atau video memudahkan dalam melakukan Google Image Search.

f) Menyusun struktur heading dan subheading

Memanfaatkan struktur heading dan subheading berguna sebagai penjelasan kepada pembaca, sehingga tata letak konten akan lebih tersusun dengan rapi dan menarik.

g) Meningkatkan kecepatan website

Kecepatan website harus ditingkatkan untuk mengoptimalkan dalam penggunaanya. Peringkat SEO berbanding lurus dengan tingkat kecepatan halaman website, yang berarti semakin cepat tingkat akses website juga akan menempatkan pada halaman utama mesin pencarian.

h) Memperhatikan search intent artikel

Pemilihan konten harus tepat dengan search intent yang akan dipilih. Dengan memperhatikan search intent pastinya akan menunjukan untuk apa sebuah konten tersebut dibuat.

Faktor-faktor diatas harus dilakukan sebagai upaya pengoptimalan SEO pada website, karena kembali lagi bahwa on page optimization berpengaruh besar dalam kualitas website.

Baca juga :
SEO dan SEM: Mengenal Perbedaan Beserta Manfaatnya
Tahapan Optimasi Permalink pada Website Anda
Apa itu Bounce Rate dan Cara Mengoptimalkannya untuk Website dan Blog

2. SEO off Page

Selain jenis on page, ada juga istilah yang dinamakan off page optimization. Pada optimasi jenis ini tidak kalah penting karena juga berpengaruh pada optimasi website. Off page optimization adalah sebuah teknik pengoptimalan yang berhubungan dengan pihak luar website. Meskipun berhubungan dengan luar, teknik ini menjadi penting dilakukan karena juga akan mempengaruhi performa dari website.

Faktor-faktor yang mempengaruhi off page optimization adalah sebagai berikut:

a) Pemberian link pada website

Pemberian backlink pada sebuah website tidak boleh sembarangan, karena akan menentukan kualitas dari website yang kita miliki. Oleh sebab itu, pemilihan backlink harus tepat dan sesuai dengan mengambil dari website yang sudah terverifikasi serta berkualitas.

b) Penempatan link

Link yang sudah diambil dan dijadikan backlink harus ditempatkan pada posisi yang tepat dan sesuai. Selain agar untuk memberikan tatanan yang tepat pada link juga akan berdampak pada ketertarikan pembaca dalam mengunjungi website tersebut.

Fungsi SEO pada website

Dalam penerapannya, tentu SEO memiliki fungsi yang dapat diambil dan dimanfaatkan. Pada sebuah website, penerapannya memiliki banyak fungsi yaitu

  1. Menaikan peringkat website pada halaman mesin pencarian
  2. Meningkatkan trafik pada website
  3. Menghemat anggaran karena optimasi dilakukan secara gratis
  4. Menjadi tempat promosi usaha
  5. Meningkatkan target penjualan

Untuk meningkatkan target penjualan serta promosi usaha, penerapan SEO dipergunakan sebagai sarana digital marketing atau pemasaran secara online. 

SEO dalam digital marketing

Digital marketing dalam SEO adalah penerapan teknik-teknik penulisan dan optimasi website yang diperuntukkan sebagai digital marketing atau pemasaran secara digital. 

Cara penerapannya sama dengan SEO pada umumnya, yang membedakan adalah website yang dilakukan optimasi adalah website untuk marketing atau pemasaran. Pemilihan kata kunci juga disesuaikan dengan isi konten digital marketing yang ingin dipromosikan. 

Digital marketing akan bermanfaat bagi perusahaan yaitu dengan peningkatan jangkauan lebih luas, meningkatkan target penjualan karena banyak pelanggan mengetahui usaha yang dipromosikan, meningkatkan fungsi brand awareness  pada produk milik kita, dan terpenting menghemat anggaran karena promosi digital marketing dapat dilakukan secara organik atau tidak berbayar. 

Kesimpulan

  • Jika ingin mengoptimalkan situs bisnis atau personal brand kita, maka tentunya harus menerapkan strategi SEO yang tepat dan sesuai dengan algoritma dari search engine Google. 
  • SEO terbagi menjadi dua jenis, yaitu On-Page dan Off-Page, dimana kedua tipe tersebut mempunyai teknik dan cara optimasi yang berbeda, serta mempunyai objektif yang berbeda juga.
  • Selain anda menerapkan teknik optimasi SEO untuk mempermudah mesin penelurusan mengenali situs anda, maka perlu juga untuk memberikan konten dan topik bahasan yang lebih user friendly dengan menggunakan bahasa yang lebih manusia.

Sekawan Media membuka jasa optimasi website dengan menerapkan teknik SEO friendly dan mobile responsiveness.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.